Mencari peluang bisnis yang tepat dan memiliki peluang sukses lebih besar memang tidak mudah. Setiap jenis bisnis memiliki kemungkinan  sendiri-sendiri. Ada orang yang sukses berbisnis katering dan resto, menjadi distributor produk sembako, hingga menekuni bisnis kue. Bisnis kue dianggap menarik, karena margin keuntungan yang ditawarkan dapat mencapai 60% dalam setiap transaksi. Namun karena faktor keuntungan yang menarik itu pula, maka makin banyak orang yang ingin menggeluti bisnis kue tersebut, sehingga memperbanyak jumlah pesaing di pasaran. Bisnis kue, bisa menjadi industri dalam skala kecil atau besar dengan keuntungan yang sangat menggiurkan. Jika dahulu bisnis kue hanyalah bisnis sambilan, kini orang sudah mulai menyadari bahwa bisnis kue adalah peluang bisnis besar yang sangat menggiurkan dengan omzet miliaran rupiah. Apalagi bisnis kue juga selalu memerlukan teknologi dan inovasi dalam berbagai penyajian dan cara pemasaran.

 

Dalam dunia bisnis, salah satu tantangan terberat  yang harus dihadapi adalah munculnya pesaing dalam bisnis serupa. Dalam menjalankan bisnis, adanya persaingan pasar memang bukan hal yang baru. Semakin terkenal sebuah produk, maka semakin besar persaingan bisnis yang harus dihadapi. Keadaan ini tentu saja memaksa para pengusaha untuk menggunakan berbagai cara dalam strategi pemasaran untuk memenangkan sebuah persaingan dalam bisnis kue. Di bawah ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan untuk merebut dan memenangkan persaingan pasar bisnis kue.

 

Konsep dan Perencanaan Matang

Untuk memenangkan sebuah persaingan bisnis, dibutuhkan sebuah konsep dan perencanaan yang matang. Sedangkan dalam menentukan konsep bisnis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain, selera atau minat masyarakat, karakteristik atau gaya hidup masyarakat, daya beli, sumber bahan baku, hingga adanya bisnis sejenis.  Pertimbangan yang dilakukan untuk memiliki sebuah konsep bisnis ini akan membantu untuk menentukan sukses atau tidaknya bisnis yang dilakukan. Selain itu adanya konsep bisnis yang matang akan membantu untuk membuat perencanaan bisnis yang baik dan terukur. Dalam berbisnis ada banyak investasi yang dipertaruhkan Jika perencanaan Anda kurang matang, semuanya akan sia-sia dan rugi besar. Oleh karena itu buatlah sebuah business plan atau perencanaan yang baik untuk memenangkan persaingan bisnis.

 

Evaluasi dan Inovasi

Adanya sebuah persaingan bisnis, mau tidak mau akan membuat Anda jadi lebih inovatif untuk menciptakan sebuah nilai tambah dalam produk yang dijual. Inovasi yang dilakukan dalam berbagai sisi akan menarik pelanggan untuk melirik produk Anda dibanding pesaing. Selain inovasi, sebuah evaluasi terhadap kekurangan dan nilai lebih dalam berbisnis juga diperlukan untuk semakin memajukan bisnis yang dilakukan. Dengan sebuah evaluasi yang dilakukan secara teratur, maka bisnis kue yang Anda kelola akan terhindar dari masalah yang mungkin timbul akibat kelalaian selama proses bisnis. Evaluasi bisnis secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas bisnis itu sendiri baik dari sisi produk maupun kinerja karyawan.

 

Perluas Jaringan Pasar

Ketika menghadapi pesaing bisnis, salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan memperluas pasar produk. Perluasan pasar ini bisa dilakukan salah satunya dengan menambah varian jenis kue yang Anda tawarkan. Sebagai contoh, jika pada awalnya Anda hanya menjual varian kue rasa pandan, maka tak ada salahnya untuk menambah dengan membuat menu kue yang memiliki beberapa varian rasa agar bisa dinikmati oleh semua kalangan. Perluasan pangsa pasar ini juga akan menambah pendapatan dan memberi nilai tambah pada pelanggan.

 

Standarisasi dan Sistem

Standarisasi sangat perlu dilakukan agar para konsumen tidak kecewa ketika membeli produk Anda, standarisasi resep berfungsi untuk menghasilkan rasa yang seragam di semua cabangnya. Setelah bisnis mulai berjalan, maka buatlah sistem bisnis yang stabil dan kuat. Setelah pondasi dirasa sudah kuat, maka lakukan perluasan pasar dengan berbagai sistem bisnis yang diinginkan, misalnya membuka cabang, hingga membuka franchise. Dengan sistem bisnis yang kuat dan konsisten akan menjadi nilai positif bagi para investor yang tertarik berbisnis dengan Anda.

 

Kelola Keuangan dengan Baik

Selain sistem dalam kinerja dan pengolahan produk, sistem keuangan yang baik dalam sebuah bisnis juga turut menyumbang kesuksesan untuk menghadapi persaingan dalam bisnis kue tersebut. Anda bisa menggunakan sistem akuntansi online tepercaya seperti Jurnal untuk memberi dukungan pengelolaan keuangan yang baik dan mudah bagi bisnis Anda. Dengan software akuntansi online Jurnal, dapatkan kemudahan untuk mengetahui jumlah stok barang, besarnya angka pembiayaan, pembuatan faktur, dan berbagai jenis laporan keuangan yang Anda butuhkan secara cepat dan tepat. Menangkan persaingan bisnis secara mudah dengan mempercayakan pengelolaan keuangan pada Jurnal. Untuk informasi penting tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini, dan dapatkan free trial 14 hari.

Author