Jurnal Enterpreneur

Pengertian dan Pengelolaan Inventaris Pada Sebuah Bisnis

Inventaris adalah kata lain dari stok atau persediaan barang yang dimiliki oleh perusahaan, kantor, atau pabrik. Bagaimana cara mengelola inventaris dengan tepat? Simak di Blog Jurnal by Mekari!

Bagi Anda yang baru memulai bisnis atau usaha, harus belajar dan memahami segala hal mengenai inventaris.

Hal ini akan sangat memudahkan Anda untuk bisa menerapkan ilmu dasar akuntansi dalam usaha tersebut.

Alasannya, karena dari inventaris Anda bisa memantau produktivitas bisnis atau usaha.

Sebab itulah diperlukan pemahaman dan juga pengelolaan yang tepat.

Sebelum beranjak pada cara pengelolaannya agar bermanfaat bagi bisnis Anda, kita akan memahami dulu apa pengertian inventaris.

Kendali Penuh Inventory Barang Ada di Tangan Anda! Kelola dengan Fitur Produk dan Inventory Barang Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pengertian Inventaris Adalah

Terdapat beberapa pengertian dari ahli maupun KBBI. Beberapa pengertian tersebut diantaranya yaitu:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) inventaris adalah daftar keseluruhan barang milik institusi baik itu sekolah, kantor, perusahaan, ataupun pemerintah yang digunakan sebagai alat untuk kegiatan operasionalnya.

Sementara jika ditilik menurut para ahli, ada dua nama tokoh yang menjelaskan pengertian dari inventaris, yakni adalah:

  1. Soemarsono SR.

Beliau menjelaskan, inventaris merupakan keseluruhan barang yang dimanfaatkan kantor dan disertai dengan kondisi barang, jenisnya, harga juga jumlahnya.

  1. Muhammad Ali

Menurut beliau inventaris adalah daftar atau catatan barang milik perusahaan yang dipakai untuk menjalankan kegiatan usahanya.

Daftar atau catatan tersebut, isinya adalah seluruh peralatan maupun bahan yang tersedia dan dimanfaatkan untuk menjalankan kegiatan operasional perusahaan ataupun pengelolaannya.

Sementara menurut sisi IPTEK, inventaris kantor di dalam ilmu akuntansi ialah segala bentuk kegiatan maupun usaha untuk memperoleh data yang diperlukan mengenai persediaan barang yang dikelola ataupun dimilikinya.

Baik barang yang dibeli dengan anggaran belanja ataupun diperoleh secara hibah, untuk kemudian dicatat dengan sebagaimana mestinya.

Maka kesimpulan dari empat pengertian di atas adalah bahwa inventaris merupakan daftar atau catatan sumber daya yang penting bagi perusahaan agar bisa beroperasi dan mengelola sumber daya tersebut.

Pencatatan atau inventarisasi harus dibuat dengan rapi. Tujuannya adalah memudahkan pengecekan juga pengelolaan inventaris barang yang beragam dan berjumlah banyak.

Hasil dari pencatatan tersebut juga akan dijadikan acuan data dalam menyusun laporan keuangan. Dimana data harus valid dan dapat dipertanggung jawabkan.

Dengan demikian, operasional perusahaan akan dapat berjalan lancar sebagaimana mestinya.

Perusahaan akan lebih mudah melakukan evaluasi juga pengembangan berdasarkan data inventaris juga laporan keuangan.

Permudah Pengelolaan Inventori dan Stok Barang dengan Jurnal. Baca Fitur Aplikasi Stok Barang Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Apa Pentingnya Pengelolaan Inventaris?

inventaris barang kantor adalah 2

Ada beberapa alasan mengapa sebuah perusahaan harus mengelola inventaris yang ada.

Selain berhubungan langsung dengan kegiatan usaha dan berpengaruh pada profitnya, juga untuk efektivitas kerja yang bertanggung jawab atas inventaris itu.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa diperoleh ketika perusahaan mengelola inventaris dengan tepat.

Meminimalkan Penyusutan Inventaris

Dalam akuntansi, Anda tentu kerap mendengar istilah penyusutan atau depresiasi. Hal itu berarti berkurangnya nilai jual suatu barang.

Umumnya, penyusutan terjadi pada aset atau aktiva perusahaan yang bersifat tetap.

Kita ambil contoh yaitu kendaraan, makin lama dipakai maka nilai jualnya pun akan menyusut atau menurun.

Sementara yang dimaksud dengan penyusutan pada inventaris, biasanya dikarenakan kelalaian manusia.

Akibat kesalahan tersebut terjadilah pengurangan atau penyusutan jumlah inventaris barang.

Pengurangan atau penyusutan tersebut bisa karena kesalahan dalam pencatatan, kesalahan membuat alur inventarisasi atau bahkan pencurian.

Untuk menghindari berbagai risiko tersebut, maka diperlukan adanya pengelolaan inventaris dengan benar.

Sebab penyusutan tersebut akan diakumulasikan dan muncul pada laporan keuangan di kolom aktiva.

Otomatis jumlah harta perusahaan pun  berkurang. Hal ini bisa saja mempengaruhi kondisi finansial perusahaan secara keseluruhan.

Memudahkan Pengawasan Melalui Tata Letak

Ketika perusahaan memiliki ribuan barang persediaan dan ditempatkan pada gudang yang amat luas, tentu akan sulit mengawasinya. Selain menguras waktu tentu juga menguras tenaga.

Sebagai solusi untuk memudahkannya, maka dilakukan pengelolaan inventaris dengan memberlakukan sistem klasifikasi tata letak.

Bahkan tidak jarang perusahaan yang sudah menggunakan metode barcode.

Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam melakukan pengawasan, pengecekan bahkan saat harus melakukan stock opname atas barang persediaan.

Risiko adanya barang kadaluarsa, rusak atau bahkan tidak layak juga akan lebih terminimalisir.

Peningkatan Pelayanan Terhadap Konsumen

Pada saat Anda berhasil mengelola inventaris dengan tepat dan baik, otomatis persediaan barang akan selalu terpantau.

Hal ini berimbas pada pelayanan terhadap konsumen yang tentunya lebih memuaskan.

Konsumen akan lebih loyal pada produk yang stok barangnya tersedia. Bahkan tidak jarang mereka rela membayar lebih mahal, ketika Anda bisa memenuhi kebutuhannya dengan cepat.

Dengan meningkatkan pelayanan terhadap konsumen dan memberi kepuasan pada mereka, ini bisa menjadi jalan pemasaran dari mulut ke mulut.

Konsumen bisa merekomendasikan produk usaha Anda pada orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu penjualan berpotensi untuk bertambah dan profit perusahaan pun akan meningkat.

Kelola Invoice Terintegrasi Ke Dalam Laporan Keuangan Anda, Pelajari Fitur Invoice Online Jurnal Selengkapnya di sini!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Sebagai Tolok Ukur Kinerja Pengelolaan Inventaris

Pengelolaan inventaris dapat Anda ukur efektifitas kerjanya dengan menggunakan Key Performance Indicator (KPI). Hal ini untuk meningkatkan semangat kerja dan suasana yang lebih kondusif di tempat kerja.

Dengan etos kerja karyawan yang tinggi, Anda akan dipermudah dalam memantau serta mengelola inventaris perusahaan.

Dari angka yang ditunjukkan oleh KPI, maka akan terlihat pencapaian perusahaan Anda dalam mengelola inventaris dan menerapkan fungsi akuntansi dengan lebih mudah.

Cara Mengelola Inventaris dengan Tepat

Sebagai salah satu hal penting dalam perusahaan, maka harus dikelola dengan baik dan tepat.

Berikut ini adalah cara pengelolaan inventaris atau stok barang yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda.

1. Tentukan Penanggung Jawab yang Berkompeten dan Terpercaya

Cara pengelolaan yang pertama yaitu dengan memilih tenaga kerja yang tepat untuk bertanggung jawab atas inventaris perusahaan yang bisa melakukan inventory control.

Pilih yang memang paham seluk beluk inventaris dan mampu memberikan laporan terperinci, akurat dan terpercaya sehubungan dengan stok barang persediaan, termasuk keluar masuknya barang.

Ia juga bertanggung untuk melakukan audit inventaris, pengembalian maupun isi ulang.

2. Tingkatkan Keamanan

Keamanan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Terlebih jika perusahaan Anda memiliki inventaris dalam jumlah besar dalam gudang yang cukup luas.

Anda bisa menggunakan CCTV untuk bisa mengawasi kondisi sekitar. Berikan akses khusus bagi penanggung jawab untuk bisa keluar masuk gudang, sehingga tidak semua orang bebas berkeliaran di gudang penyimpanan.

Hal ini untuk meminimalisir kemungkinan pencurian atau kecurangan yang mengakibatkan penyusutan inventaris barang.

3. Pengklasifikasian Produk

Pemisahan produk berdasarkan warna atau kode SKU juga barcode bisa memudahkan Anda dalam mengelola inventaris kantor.

Dengan dua metode tersebut akan menghemat waktu juga tenaga dalam proses pengecekan.

Kesalahan pencatatan stok atau kemungkinan barang hilang juga lebih bisa diminimalkan.

4. Pantau Stok dan Audit Secara Berkala

Jangan malas untuk selalu memantau ketersediaan barang. Dengan begitu akan meminimalisir kekosongan barang atau bahkan deadstock.

Dengan rajin memantau jumlah stok yang ada, Anda akan lebih mudah membuat estimasi produksi atau pemesanan barang dalam jumlah tepat.

Anda juga harus melakukan audit secara berkala.

Tujuannya yaitu menyesuaikan jumlah stok di gudang dengan catatan pada sistem. Apabila terdapat perbedaan, maka harus segera ditelusuri  di mana letak penyebab ketidaksesuaian tersebut.

Baca juga: Contoh Daftar Inventaris untuk Mencatat Persediaan Barang

Kelola Persediaan Barang Perusahaan dengan Software Jurnal by Mekari!

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola persediaan barang atau inventaris kantor, Anda bisa menggunakan software inventaris barang,salah satunya adalah Jurnal by Mekari.

Dengan menggunakan Jurnal Anda dapat memiliki sistem inventory, di mana Anda akan mendapatkan fitur seperti:

  • Notifikasi atau pemberitahuan dan kalkulasi produk secara langsung.
  • Pelacakan penjualan produk terbanyak, sehingga memungkinkan perusahaan Anda untuk mengantisipasi dengan pemenuhan stok yang lebih besar.
  • Mengimpor data persediaan dalam jumlah besar.
  • Melakukan pelacakan secara cepat terhadap persediaan stok barang dalam beberapa lokasi yang berbeda.
  • Mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu.

Jadi, mulailah kelola persediaan bisnis Anda dengan mudah dan cepat bersama software akuntansi online Jurnal. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Itulah sedikit penjelasan singkat mengenai pengertian inventaris barang atau kantor adalah dan bagaimana cara mengelola dengan tepat.

Bagi Anda yang baru memulai usaha, pastikan untuk menerapkan cara pengelolaan di atas agar usaha Anda dapat bertahan dan makin berkembang.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo