Manajemen Inventaris

Aplikasi inventaris barang multifungsi

Fitur aplikasi inventaris barang berbasis web dengan multifungsi, dari manajemen aset barang dan pengelolaan stok barang. Software program inventaris dari Jurnal memudahkan pekerjaan Anda dalam mengelola aset kantor dan bisnis.

Aplikasi inventaris barang multifungsi

Manajemen inventaris barang dengan cepat dan terstruktur

Kelola aset inventaris barang dengan pelacakan dan perhitungan. Aplikasi inventaris memudahkan Anda mengelola dan memantau semua barang lewat daftar berdasarkan status masing-masing aset. Berikut daftar keuntungannya.

Manajemen inventaris barang dengan cepat dan terstruktur
Mudahnya pencatatan data aset baru

Mudahnya pencatatan data aset baru

Setiap aset baru yang Anda miliki, bisa dengan mudah Anda tambahkan ke daftar aset lewat sistem otomatis, mudah dan lengkap dengan penghitungan nilainya. Tak perlu lagi melakukan pencatatannya secara manual, manfaatkan fitur aplikasi invetaris barang untuk aset kantor dan usaha Anda.

Pilihan metode perhitungan depresiasi

Pilihan metode perhitungan depresiasi

Mudahnya menghitung depresisi aset dengan pilihan metode perhitungan yang disediakan. Hitung nilai dari masing-masing aset maupun barang secara keseluruhan dengan metode depresisi Garis Lurus (Straight Line) atau Salso Menuru (Reducing Balance).

Hitung penyusutan aset otomatis

Hitung penyusutan aset otomatis

Perhitungan penyusutan aset dapat terakumulasi dan terjadwal secara otomatis oleh program inventaris Jurnal di akhir bulan. Tidak ada lagi perhitungan dan manajemen aset inventaris secara manual dan melelahkan, fitur aplikasi inventaris Jurnal meringankan pekerjaan kantor dan usaha Anda.

Aplikasi inventaris terintegrasi

Aplikasi inventaris terintegrasi

Dengan software Jurnal, Anda bisa juga mengelola stok barang dan multi gudang sekaligus. Dilengkapi fitur aplikasi online berbasis web, serba otomatis dan mudah digunakan, Jurnal memberikan solusi dengan paket lengkap untuk manajemen inventaris juga stok barang dan gudang.

Manfaat program manajemen aset

Ketahui nilai aset menyeluruh

Ketahui nilai aset menyeluruh

Ketahui nilai aset keseluruhan dari awal untuk semua barang inventaris yang Anda miliki atau kelola.

Efisiensi pekerjaan

Efisiensi pekerjaan

Tingkat pekerjaan yang besar dapat memperlambat bisnis, dengan manajemen invetaris, aset lebih mudah dikelola.

Pelacakan aset yang mudah

Pelacakan aset yang mudah

Aset inventaris dapat terhitung dan tersimpan dengan rapi, akses dengan cepat dan mudah kapanpun Anda perlukan.

Lebih efisien dengan automasi

Tinggalkan cara lama dalam pencatatan & penghitungan nilai aset secara manual yang repot dan melelahkan. Dapatkan informasi lengkap data aset kantor atau bisnis Anda dengan praktis & otomatis.

  • Fitur tag memberikan laporan yang lebih rinci
  • Rincian nilai aset setiap per tahun yang terukur
  • Sistem multifungsi terintegrasi dengan fitur lain Jurnal
  • Jaminan kemanan untuk data aset inventaris kantor dan bisnis

Apa itu aplikasi inventaris?

Aplikasi inventaris (aset barang) adalah sebuah program software yang dapat mengolah data termasuk menghitung nilai semua barang yang dimiliki kantor, usaha, perusahaan dan sebagainya yang dipakai dalam kegiatan bisnis atau suatu tugas kegiatan.

Secara umum kata “inventaris” artinya daftar yang memiliki data keseluruhan barang yang dimiliki oleh kantor atau perusahaan, sekolah dan sebagainya, yang terkait dalam pemakaian barang tersebut dalam usaha atau urusan pekerjaan (kegiatan).

Menggunakan aplikasi inventaris barang dapat memberikan banyak manfaat yang menarik. Dibandingkan melakukan proses tersebut secara manual, jauh lebih banyak manfaat yang ditawarkan jika menggunakan bentuk aplikasi atau software inventaris online ini. Secara umum, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika menggunakan aplikasi inventaris barang dengan basis online.

  1. Membantu meningkatkan kinerja dalam proses melakukan inventaris secara optimal
  2. Dapat melakukan akumulasi penyusutan aset secara otomatis di akhir bulan.
  3. Perhitungan metode untuk depresiasi dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut merupakan contoh barang milik perusahaan yang dapat digunakan untuk produktivitas atau operasional perusahaan dan dikategorikan ke dalam inventaris aset perusahaan.

  1. Komputer
  2. Mobil
  3. Meja kantor
  4. Printer
  5. Alat tulis kantor
  6. Gedung

Manajemen inventaris adalah metode mengelola, melacak dan mengontrol inventaris perusahaan Anda saat dibeli, diproduksi, disimpan, dan digunakan.

Manajemen inventaris yang baik juga dapat membantu perusahaan dalam memotong biaya yang dihasilkan.

Berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi inventaris barang terbaik yang dapat Anda gunakan:

    1. Jurnal by Mekari: Aplikasi inventaris pertama yang layak dipertimbangkan bagi perusahaan di Indonesia datang dari Jurnal by Mekari. Sebagai salah satu software yang berbasis cloud dengan banyak fitur, tentunya menggunakan aplikasi besutan Jurnal by Mekari akan sangat membantu perusahaan dapat melakukan proses inventaris barang yang cepat, mudah, efisien, dan tentu saja otomatis.
    2. Equip: Aplikasi ini merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi yang dapat ditemukan dengan mudah di Playstore. Sehingga siapa saja dapat dengan mudah melakukan download dan menggunakan aplikasi tersebut untuk bisnis ataupun perusahaan. Sebagai salah satu aplikasi yang direkomendasikan untuk inventaris, Equip dilengkapi dengan fitur pemantauan jumlah stok dan fitur scan barcode.
    3. Stockpile: Bagi yang mencari aplikasi inventaris perusahaan yang cukup lengkap, maka Stockpile adalah salah satu yang layak dipertimbangkan pula. Dengan aplikasi ini maka menambah dan mengatur jumlah stok inventaris tentu jauh lebih mudah. Apalagi aplikasi ini juga menggunakan fitur untuk melakukan scan pada barcode barang.
    4. Netsuit: Untuk yang menginginkan aplikasi inventaris dengan banyak pilihan bahasa, maka Netsuit adalah salah satu pilihan yang tepat. Karena di dalamnya ada kurang lebih 19 macam bahasa yang bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang berbasis online tersebut. Hal ini pastinya memudahkan perusahaan yang memiliki cabang di berbagai negara.
    5. Zoho Inventory: Pasti sudah cukup banyak juga perusahaan yang mendengar tentang aplikasi inventaris besutan dari Zoho Inventory. Berkat sinkronisasi yang cukup baik, ada banyak perusahaan yang tertarik menggunakan Zoho Inventory. Melakukan pelacakan stok aset inventaris manapun akan terasa jauh lebih mudah dan cepat.
    6. Inventory Now: Sebagai salah satu aplikasi inventaris yang dirancang secara sederhana dan mudah dipahami, aplikasi ini cocok sekali diterapkan untuk para pebisnis pemula. Ada juga fitur scan barcode yang memudahkan proses inventaris secara cepat. Belum lagi proses pengambilan data dan laporan yang cepat kapan saja.
    7. My Stock Inventory Manager: Aplikasi inventaris barang berikutnya yang dapat dipakai dalam berbagai bisnis kecil atau bisnis pemula yaitu My Stock Inventory Manager. Sesuai dengan namanya maka pengguna aplikasi tersebut dapat mengatur manajemen inventaris barang dengan optimal. Seperti misalnya mengelompokkan barang dan membuat klasifikasi dan kategori dari barang.
    8. Delivrd: Berikutnya ada pula Delivrd yang juga menyajikan aplikasi inventaris online untuk berbagai jenis perusahaan. Dalam aplikasi ini perusahaan dapat mencoba gratis selama 30 hari terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melanjutkan dengan paket yang berbayar. Maka dari itu bagi yang ingin mencari solusi untuk sistem inventarisnya bisa mempertimbangkan aplikasi yang satu ini.
    9. SAP Business One: SAP Business Online merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi inventaris barang yang dikenal banyak perusahaan. Menggunakan aplikasi yang satu ini terbukti meningkatkan sistem inventaris yang lebih optimal dan cepat. Sehingga karyawan juga lebih efektif dalam melakukan proses inventarisasi.
    10. Deskera: Untuk aplikasi inventaris lainnya yang tidak kalah menarik yaitu Deskera. Aplikasi ini juga menggunakan sistem online berbasis cloud yang dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Cukup memasangnya pada gadget yang dimiliki, maka proses inventarisasi dapat dikerjakan dengan mudah.

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda  langsung dengan sales kami

Jadwalkan demo
WhatsApp Hubungi Kami