Daftar Isi
6 min read

Contoh Aplikasi Pendukung Untuk UMKM yang Wajib Ada!

Tayang 12 Feb 2023
Diperbarui 04 Juli 2024

Apa saja contoh aplikasi atau software yang cocok untuk bisnis UKM / UMKM untuk pengelolaan keuangan dan kebutuhan lainnya? Temukan aplikasi dengan fitur yang cocok untuk bisnis Anda di blog Mekari Jurnal ini!

Saat ini pengembangan UMKM menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan di Indonesia.

Pengembangan UMKM sendiri terdiri dari berbagai aspek seperti manajemen pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), modal, pendidikan dan teknologi.

Penerapan teknologi dapat membantu para pelaku bisnis mempercepat produktivitas dalam suatu usaha yang tentu saja akan memengaruhi tingkat pendapatan.

Seperti penggunaan teknologi pada proses akuntansi yang bisa digunakan sebagai alat untuk mempermudah para pelaku bisnis membuat laporan keuangan, bahkan menunjang strategi pemasaran.

Untuk itu lah, penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis UKM untuk mengetahui dan memahami fitur-fitur apa sajakah di aplikasi yang dibutuhkan untuk menunjang tahapan siklus akuntansi usaha Anda.

Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro dan Kecil Anda secara Realtime dengan Mekari Jurnal!

Aplikasi Pajak untuk Bisnis UKM / UMKM – Klikpajak

Mekari Klikpajak merupakan sebuah aplikasi pajak dari Mekari yang merupakan sebuah solusi mudah untuk bayar dan lapor pajak di Indonesia.

Aplikasi ini sudah resmi dari Ditjen Pajak dan bisa memberikan solusi perpajakan yang aman, mudah dan bisa terintegrasi dengan aplikasi akuntansi terbaik Mekari Jurnal.

Beberapa fitur dalam aplikasi Klikpajak yaitu:

  • E-Bupot
  • Faktur Pajak
  • Bayar Pajak Online
  • Lapor Pajak
  • Arsip Pajak

contoh aplikasi pajak umkm

Aplikasi HRIS – Mekari Talenta, Contoh Aplikasi HR Untuk UMKM

Kemudian ada Mekari Talenta, contoh aplikasi untuk UMKM yang bisa bantu mendukung agar bisnis anda senantiasa produktif.

Fungsi utama dari aplikasi Mekari Talenta adalah mempermudah proses payroll dan juga absensi online.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh aplikasi Talenta adalah sebagai berikut ini:

  • Fitur Payroll
  • Fitur HRIS
  • Fitur Performance Management
  • Fitur Expense Management
  • Fitur Attendance
  • Fitur Flexible Benefit
  • Fitur Employee Self Service

Baca Juga : Aplikasi yang Bisa Bantu Bisnis UKM Bertahan saat Pandemi

Contoh Aplikasi Akuntansi untuk Bisnis UMKM – Mekari Jurnal

Software akuntansi tidak hanya digunakan oleh perusahaan industrial berskala besar, namun juga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mempermudah proses akuntansi bisnis UMKM adalah Mekari Jurnal.

Berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan aplikasi Jurnal:

Manajemen Faktur

UMKM perlu software akuntansi yang memiliki fitur manajemen faktur untuk dapat membantu memaksimalkan Anda dalam mengelola berbagai bukti transaksi bisnis seperti faktur pembelian dan penjualan.

Dengan menggunakan fitur manajemen faktur dari Jurnal, Anda dapat:

  • Membuat faktur dengan template profesional yang bisa Anda pilih dan personalisasikan sesuai dengan bisnis dan kebutuhan Anda
  • Membantu mengelola tagihan klien dan melihat bukti transaksi yang sudah dilakukan
  • Memudahkan Anda untuk mengirimkan faktur langsung melalui email
  • Membantu melakukan perhitungan pajak dari faktur, mengintegrasi faktur ke dalam laporan keuangan
  • Membantu mengirimkan pengingat kepada klien Anda untuk faktur yang belum dibayarkan

Aplikasi Akuntansi untuk Bisnis UMKM - Mekari Jurnal

Fitur Manajemen Biaya

Biaya adalah sejumlah uang yang perlu dikeluarkan untuk membuat suatu produk atau jasa, baik yang sudah ada atau dalam proses perencanaan.

Penting bagi Anda untuk memastikan biaya yang Anda dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan, hal ini untuk mencegah keuangan bisnis Anda menjadi tidak sehat.

Karena itulah aplikasi untuk kebutuhan proses akuntansi yang baik haruslah memiliki fitur pengelolaan biaya dan anggaran yang baik pula.

Hal ini menjadi wajib untuk bisa mengategorisasikan biaya dan melacak jumlah biaya yang dikeluarkan untuk suatu barang atau jasa.

Fitur Manajemen Biaya Harus Ada Pada aplikasi Akuntansi UMKM

Pengelolaan Stok Barang

Contoh manfaat keberadaan fitur pengelolaan stok barang pada aplikasi Mekari Jurnal sangat berguna untuk bisnis UMKM karena dapat membantu Anda menghitung jumlah stok secara langsung.

Hal ini Karena data perhitungan jumlah persediaan akan ter-update secara real-time.

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui harga jual rata-rata suatu produk dan mengetahui stok apa saja yang kosong.

Fitur ini juga dapat memberikan data mengenai produk mana yang paling tinggi penjualannya yang akan memberikan insight untuk pergerakan bisnis Anda kedepannya.

Baca juga: Kelola Stok Barang untuk Terhindar dari Produk Out-of-Stock

jumlah stok di aplikasi gudang (warehouse management system)

Manajemen Laporan Keuangan

Contoh fitur yang wajib dimiliki dalam aplikasi akuntansi UMKM adalah fitur manajemen laporan keuangan bisnis.

Ini akan membantu bisnis UKM dalam membuat laporan keuangan dengan mudah.

Anda dapat melakukan pembukuan dan mengukur kas yang digunakan – bagaimana kas tersebut berpindah dalam jangka waktu tertentu.

Alhasil, Anda dalam melihat arus kas bisnis dengan lebih transparan dan mendetail sehingga meminimalisir kemungkinan adanya fraud pada bisnis Anda.

Anda juga akan lebih mudah menghitung laba rugi bisnis lebih mudah memanfaatkan fitur laporan keuangan yang ada.

Tentunya pekerjaan Anda untuk membuat laporan keuangan akan lebih mudah dan efisien.

laporan posisi keuangan usaha - sistem pencatatan akuntansi

Bagaimana? Tertarik menggunakan aplikasi akuntansi Mekari Jurnal?

Daftarkan bisnis Anda sekarang dan dapatkan fitur-fitur yang ditawarkan!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Mekari Jurnal Jadikan Proses Bisnis Lebih Efisien melalui Tools Terintegrasi!

Mengenal Contoh Aplikasi UMKM Lainnya untuk Meningkatkan Efisiensi Bisnis

Teknologi semakin berkembang dan memberikan banyak kemudahan untuk pengelolaan bisnis termasuk bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Aplikasi UMKM dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis, mengurangi biaya operasional, dan memperluas target pasar.

Berikut adalah beberapa contoh aplikasi UMKM yang dapat membantu pengembangan bisnis Anda.

  1. Canva. Canva adalah aplikasi desain grafis yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk membuat materi promosi dan desain grafis dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan template gratis dan fitur-fitur desain yang mudah digunakan bahkan oleh pengguna yang tidak memiliki pengalaman dalam desain grafis.
  2. Trello. Trello adalah aplikasi manajemen proyek online yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengatur tugas dan proyek. Aplikasi ini menyediakan fitur seperti pengaturan jadwal, pengaturan tugas, dan kolaborasi tim yang memudahkan pengelolaan proyek.
  3. Google Analytics. Google Analytics adalah aplikasi analisis web yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk memantau kinerja situs web dan mengukur keberhasilan kampanye pemasaran online. Aplikasi ini menyediakan informasi seperti lalu lintas situs web, konversi, dan profil pengunjung yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk meningkatkan strategi pemasaran online mereka.
  4. Zoom. Zoom adalah salah satu contoh aplikasi video konferensi yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk menjalin koneksi dengan klien dan mitra bisnis dari jarak jauh. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti screen sharing, kolaborasi virtual, dan perekaman video untuk memudahkan komunikasi jarak jauh.
  5. Shopify. Shopify adalah platform e-commerce yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk membangun dan mengelola toko online mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti pembayaran online, manajemen persediaan, dan pelacakan pengiriman.
  6. WhatsApp Business. WhatsApp Business adalah aplikasi yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk menjalin komunikasi dengan pelanggan mereka secara efektif. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti chatbot otomatis, pesan broadcast, dan pengelolaan pesan masuk untuk memudahkan pengelolaan komunikasi bisnis.
  7. Hootsuite. Hootsuite adalah aplikasi manajemen media sosial yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan sosial media mereka. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti jadwal posting, analisis sosial media, dan kolaborasi tim untuk memudahkan pengelolaan akun sosial media bisnis.
  8. Dropbox. Dropbox adalah aplikasi penyimpanan data online yang dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengelola dan berbagi file dengan mudah. Aplikasi ini menyediakan fitur-fitur seperti penyimpanan data online, kolaborasi tim, dan sinkronisasi data antar perangkat untuk memudahkan pengelolaan data bisnis.

Dalam era digital ini, aplikasi UMKM dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengelola bisnis mereka secara lebih efisien dan efektif.

Dengan memilih aplikasi yang tepat, UMKM dapat memperluas pasar, mengurangi biaya operasional, dan meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

Nah, beberapa contoh aplikasi yang telah disebutkan di atas dapat membantu bisnis UMKM baik itu dalam urusan perpajakan, manajemen SDM, hingga proses akuntansi.

Jangan sampai salah pilih, ya!

Kategori : Other
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal