Jurnal Enterpreneur

Contoh Fitur Aplikasi Software Untuk UMKM Atau UKM Yang Wajib Ada!

Sedang mencari contoh aplikasi software untuk UMKM atau UKM? Pastikan fitur aplikasi software untuk UMKM atau UKM ini ada pada software yang Anda pilih ya.

Jangan sampai salah pilih agar mengelola usaha bisnis UMKM atau UKM Anda bisa lebih mudah dan bisa mendapatkan keuntungan

Software untuk usaha sekarang ini tidak hanya digunakan oleh perusahaan industrial berskala besar, namun juga pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM.

Karena itu penting bagi anda untuk memilih software untuk UMKM atau UKM yang terbaik seperti misalnya Aplikasi Klikpajak, HRIS Talenta dan Jurnal by Mekari, .

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Contoh Fitur Aplikasi Software Untuk UMKM Atau UKM Yang Wajib Ada!

Apa saja? temukan disini, hanya di blog Jurnal By Mekari!

Namun sebelum itu, Anda perlu pelajari apa itu software akuntansi dan UKM atau UMKM ini sendiri adalah apa?

Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau UMKM memiliki peranan yang tidak sedikit dalam pengembangan Indonesia, khususnya pada sektor ekonomi.

UMKM adalah menjadi salah satu aspek penting dalam sistem ekonomi kerakyatan di mana UMKM sendiri memiliki peranan untuk menghilangkan kesenjangan antar golongan, pengurangan kemiskinan dengan cara membuka lapangan pekerjaan yang akan menyerap tenaga kerja, meningkatkan perekonomian daerah, bahkan memberikan dampak positif pada ketahanan ekonomi nasional.

Saat ini pengembangan UMKM menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan di Indonesia, hal ini bukan hanya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah tetapi juga untuk masyarakat Indonesia secara keseluruhan.

Pengembangan UMKM sendiri terdiri dari berbagai aspek seperti manajemen pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), modal, pendidikan dan teknologi.

Teknologi dalam peranannya mengembangkan UMKM adalah untuk membantu para pelaku bisnis mempercepat produktivitas dalam suatu usaha yang tentu saja akan memengaruhi tingkat pendapatan.

Seperti penggunaan teknologi pada proses akuntansi UMKM yang bisa digunakan sebagai alat untuk mempermudah para pelaku bisnis membuat laporan dan alur kas UMKM, atau aplikasi lain untuk menunjang strategi pemasaran UKM.

Untuk itu lah penting bagi Anda sebagai pelaku bisnis untuk mengetahui dan memahami fitur-fitur apa sajakah di aplikasi yang dibutuhkan untuk menunjang proses akuntansi usaha Anda.

Pantau Kondisi Kesehatan Keuangan Usaha Mikro & Kecil Anda secara Realtime dengan Jurnal

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Berikut Fitur Aplikasi Software Akuntansi Untuk UMKM atau UKM Yang Wajib Ada!

Berikut merupakan fitur-fitur penting software akuntansi yang dibutuhkan UMKM.

Baca juga : Software Akuntansi Berbasis Cloud, Solusi Cerdas Pebisnis Modern

Contoh Fitur Aplikasi HRIS Untuk UMKM Atau UKM

Klikpajak adalah sebuah aplikasi pajak dari Mekari yang merupakan sebuah solusi mudah untuk bayar dan lapor pajak di Indonesia.

Aplikasi ini sudah resemi dari Ditjen Pajak dan bisa memberikan solusi perpajakan yang aman, mudah dan bisa terintegrasi dengan aplikasi Jurnal By Mekari.

Lalu contoh fitur aplikasi UMKM atau UKM Klikpajak by Mekari ini adalah sebagai berikut:

  • E-Bupot
  • Faktur Pajak
  • Bayar Pajak Online
  • Lapor Pajak
  • Arsip Pajak

Baca Juga : 5 Tantangan Besar yang Sering Dihadapi Bisnis UMKM

Contoh Fitur Aplikasi Pajak Untuk UKM Atau UMKM

Lalu aplikasi HRIS Talenta adalah salah satu contoh aplikasi untuk UMKM atau UKM yang bisa bantu mendukung agar bisnis anda senantiasa produktif.

Beberapa fitur utama yang dimiliki oleh Talenta adalah untuk proses payrol, absensi online dan beberapa lainnya.

Untuk daftar fitur Talenta HRIS selengkapnya adalah sebagai berikut ini:

  • Fitur Payroll
  • Fitur HRIS
  • Fitur Performance Management
  • Fitur Expense Management
  • Fitur Attendance
  • Fitur Flexible Benefit
  • Fitur Employee Self Service

Baca Juga : Aplikasi yang Bisa Bantu Bisnis UKM Bertahan saat Pandemi

Contoh Fitur Platform App Akuntansi Untuk UMKM atau UKM!

Manajemen Faktur

Faktur adalah perincian pengiriman barang yang mencatat daftar barang, harga, dan hal-hal lain yang biasanya terkait dengan pembayaran.

Karena itulah, faktur merupakan salah satu hal yang sangat terkait pada bisnis UMKM.

Sebuah UMKM perlu software akuntansi yang harus memiliki fitur manajemen faktur untuk dapat membantu memaksimalkan Anda dalam mengelola faktur usaha Anda.

Beberapa keunggulan yang dimiliki fitur manajemen faktur adalah:

  • Terdapat template faktur profesional yang bisa Anda pilih dan personalisasikan sesuai dengan bisnis dan kebutuhan Anda
  • Membantu mengelola tagihan klien dan melihat riwayat transaksi yang sudah dilakukan
  • Terintegrasi dengan email sehingga memudahkan Anda untuk mengirimkan faktur langsung melalui email
  • Membantu melakukan perhitungan pajak dari faktur, mengintegrasi faktur ke dalam laporan keuangan
  • Membantu mengirimkan pengingat kepada klien Anda untuk faktur yang belum dibayarkan.

Lalu contoh fitur aplikasi untuk UMKM atau UKM yang lain apa lagi?

Baca juga: Menjawab 5 Pertanyaan Umum Tentang Faktur Pembelian

Fitur Manajemen Biaya

Fitur Manajemen Biaya Harus Ada Pada Program Akuntansi Yang Anda Pilih

Fitur pengelolaan biaya dan anggaran seperti pada aplikasi Jurnal By Mekari di atas wajib ada. Anda juga bisa mencoba sendiri dengan gratis fitur aplikasi Jurnal By Mekari ini sebelum mencobanya. Tinggal klik saja tombol dibawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Biaya adalah sejumlah uang yang perlu dikeluarkan untuk membuat suatu produk atau jasa, baik yang sudah ada atau dalam proses perencanaan.

Penting bagi Anda untuk memastikan biaya yang Anda dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan, hal ini untuk mencegah keuangan bisnis Anda menjadi tidak sehat.

Karena itulah aplikasi untuk kebutuhan proses akuntansi yang baik haruslah memiliki fitur manajemen biaya yang baik pula.

Hal ini menjadi wajib untuk bisa mengategorisasikan biaya dan melacak jumlah biaya yang dikeluarkan untuk suatu barang atau jasa.

Fitur ini juga akan memudahkan Anda melacak jumlah biaya yang belum terbayar.

Baca Juga : Ini Alasan UMKM Nasional Perlu Pakai Software Accounting

Pengelolaan Stok Barang

Sebagai contoh, keberadaan fitur stok barang pada aplikasi software untuk UMKM atau UKM bisa sangat berguna untuk membantu Anda mendapatkan jumlah stok secara langsung.

Karena data perhitungan jumlah persediaan akan ter-update secara real time.

Hal ini akan memudahkan Anda mengetahui harga jual rata-rata suatu produk dan mengetahui stok apa saja yang kosong.

Selain data mengenai jumlah stok barang, fitur ini juga dapat memberikan data mengenai produk mana yang paling tinggi penjualannya yang akan memberikan insight untuk pergerakan bisnis Anda kedepannya.

Karena itu lah, fitur pengelolaan stok barang juga merupakan salah satu fitur penting yang harus dimiliki software akuntansi yang Anda gunakan.

Baca juga: Kelola Stok Barang untuk Terhindar dari Produk Out-of-Stock

Manajemen Laporan Keuangan

Last but not least, contoh aplikasi umkm untuk akuntansi yang harus dimiliki adalah fitur manajemen laporan keuangan.

Fitur ini akan membantu bisnis UKM Anda membuat laporan keuangan dengan mudah.

Fitur ini akan membantu Anda mengukur kas yang digunakan dan menunjukkan bagaimana kas tersebut berpindah dalam jangka waktu tertentu.

Hal ini akan memudahkan Anda dalam melihat arus kas bisnis dengan lebih transparan dan mendetail sehingga meminimalisir kemungkinan adanya fraud pada bisnis Anda.

Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menghitung laba rugi bisnis lebih mudah memanfaatkan fitur laporan keuangan yang ada.

Apalagi semua ini bisa Anda lakukan secara otomatis karena dibantu oleh sistem yang dimiliki software akuntansi tersebut.

Tentunya pekerjaan Anda untuk membuat laporan keuangan akan lebih mudah dan efisien.

Beberapa fitur yang telah disebutkan diatas bisa sangat membantu dalam mengembangkan bisnis UMKM Anda.

Jadi sebelum memiliki aplikasi akuntansi yang mana yang akan Anda gunakan untuk mengelola keuangan, pastikan sudah memiliki fitur-fitur tersebut.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Jadi sebelum memiliki aplikasi software akuntansi UMKM atau UKM yang mana yang akan Anda gunakan pastikan sudah memiliki fitur-fitur tersebut.

Sebagai salah satu software akuntansi, Jurnal By Mekari telah dilengkapi dengan semua fitur yang ada di atas seperti yang telah diulas disini.

Selain itu, fitur pada contoh aplikasi akuntansi online untuk UKM dari Jurnal by Mekari juga bisa disesuaikan dengan bisnis Anda, sehingga tidak ada lagi yang namanya ‘fitur tidak terpakai’.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Daftarkan bisnis UMKM Anda dalam Aplikasi Jurnal software sekarang dan dapatkan fitur-fitur yang ditawarkan, gratis ujicoba selama 14 hari.

Kategori : Dunia UKM

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo