4 Alasan Kenapa Bisnis F&B Butuh Software Aplikasi Akuntansi

Bisnis F&B atau food and beverage merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup banyak pemainnya pada industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Agar mampu bertahan di tengah kuatnya persaingan bisnis, dibutuhkan keberadaan software aplikasi akuntansi untuk mengatur keuangan bisnis.

Terdapat banyak alasan kenapa bisnis F&B membutuhkan software akuntansi. Bagi UKM, keuangan bisnis merupakan salah satu pondasi yang harus diperkuat untuk bertahan di tengah persaingan. 

Perlu diketahui, hal yang menjadi penyebab runtuhnya sebuah bisnis salah satunya adalah absennya pencatatan keuangan yang memadai. Padahal catatan keuangan bisnis dapat dijadikan alarm ketika bisnis sedang dalam kondisi kritis. Inilah 4 alasan mengapa software aplikasi akuntansi sangat dibutuhkan oleh bisnis F&B.

Baca Juga: Cara Unik Kopi Chuseyo Dongkrak Bisnis dengan Gaet Komunitas K-Pop

Mengontrol Persediaan

Persediaan bahan baku menjadi hal yang sangat krusial bagi keberlangsungan bisnis F&B. Bisnis F&B identik dengan kepemilikan persediaan maupun bahan baku yang tidak bisa disimpan dalam waktu lama.

Stok yang terlalu banyak tersimpan di gudang menyebabkan kerugian, sementara jika stok kurang akan membuat operasional bisnis terhambat. Di sini pentingnya pemilik bisnis melakukan kontrol persediaan barang dan bahan baku. 

Melalui fitur Inventory yang dimiliki oleh software akuntansi, Anda cukup melakukan update persediaan barang lewat aplikasi. Ketika barang masuk gudang, Anda hanya diminta untuk mengisi data berupa nama produk, satuan, deskripsi, dan kategori. Selanjutnya, jumlah stok barang di gudang dapat Anda akses secara real time. Anda juga bisa melakukan tracking persediaan yang ada, kapan stok akan habis, dan barang mana yang paling laku. 

Laporan Transaksi

Transaksi penjualan yang terjadi pada bisnis F&B tidak perlu Anda catat secara manual ketika sudah menggunakan software aplikasi akuntansi. Melalui fitur transaksi yang terintegrasi, semua transaksi keuangan yang sudah tercatat di aplikasi kasir dapat langsung terhubung dengan sistem.

Seperti halnya pada software akuntansi online Jurnal yang telah terintegrasi dengan aplikasi MokaPos. Oleh karena setiap pencatatan transaksi membutuhkan ketelitian yang tinggi, software akuntansi akan membantu merekam data dan memprosesnya secara otomatis. Anda akan terhindar dari kesalahan akibat pencatatan transaksi secara manual. 

 

Peluang Bisnis Makanan Sahur yang Menjanjikan Saat Bulan Ramadan

Membuat COGS (Cost of Good Sales)

Istilah COGS dikenal dengan nama lain Harga Pokok Penjualan (HPP) yang merupakan bagian dari produksi. COGS memiliki pengaruh pada biaya dan penjualan yang terjadi. Secara definisi, COGS adalah biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk, mulai dari pembuatan hingga distribusi penjualan.

Software akuntansi membantu Anda untuk membuat dan menghitung COGS sehingga Anda dapat menentukan harga jual yang tepat. Tidak hanya itu, dengan COGS yang akurat, Anda akan lebih mudah dalam menyusun laporan laba rugi. 

Baca Juga: Mad Bagel dan Mookie Bagi Rahasia Sukses Bisnis F&B di Era Digital

Budgeting

Penganggaran adalah aktivitas yang sangat penting bagi bisnis F&B yang seringkali terjadi kesalahan. Secara singkat, budgeting adalah perkiraan berapa uang yang harus Anda keluarkan berdasarkan kemampuan Anda mengeluarkan uang tersebut. 

Dengan menyusun anggaran atau budgeting melalui software akuntansi, Anda bisa membuat anggaran dalam satu periode aktivitas. Dengan demikian, anggaran tak bersisa maupun anggaran bersisa yang Anda buat dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Daftar anggaran tersebut terdiri dari modal awal, biaya pemasaran, biaya persediaan, dan biaya periklanan. 

4 alasan inilah yang membuat software akuntansi sangat penting bagi perkembangan bisnis F&B Anda. Mendirikan bisnis F&B memang mudah, siapa saja bisa melakukannya. Namun mempertahankan bisnis F&B di tengah persaingan yang ketat adalah hal yang tidak mudah. 

Gunakan bantuan software akuntansi yang memiliki fitur lengkap sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Sebagai software akuntansi terpercaya di Indonesia, Jurnal by Mekari memiliki paket layanan yang cocok bagi pemilik bisnis F&B.

Khusus periode Agustus 2020, bagi yang berlangganan Jurnal selama 2 tahun, Anda akan mendapat gratis berlangganan 2 bulan dan diskon hingga 25%. Tak hanya itu, dilengkapi juga dengan 4 kali free training dan free 8 users login.

Cari tahu selengkapnya mengenai produk ini di website Jurnal atau coba demo gratis software Jurnal selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.

CTA promo agustus 2020


PUBLISHED07 Aug 2020
Risna
Risna

SHARE THIS ARTICLE: