Bisnis restoran memang sangat menjanjikan dan menguntungkan, karena setiap manusia pasti membutuhkan makanan. Selain itu, orang cenderung memilih makanan siap saji dibandingkan harus memasaknya sendiri. Saat ini tren industri menunjukkan bahwa restoran tidak lagi terbatas hanya pada makanan cepat saji, casual dan fine dining saja. Namun, konsep-konsep baru seperti fast casual, food truck, gastropub, dan pop-up telah menjadi hal biasa bagi banyak pemilik restoran.

Memiliki restoran bukanlah tentang satu orang suka maka semua orang juga suka, namun tentang resep dan bahan-bahan yang digunakan. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin membuka restoran baru, baik dari food truck hingga restoran bintang lima sekalipun.

Modal Awal

Memiliki pemikiran tentang biaya awal dapat membantu pemilik restoran mendapatkan dana yang diperlukan untuk meluncurkan bisnis restoran baru mereka. Melalui pinjaman usaha kecil, investasi swasta, dan perusahaan ekuitas adalah beberapa jenis pendanaan. Selain itu, banyak pemilik restoran mencari mitra untuk membagi biaya dimuka. Biasanya, mitra menginginkan peran aktif dalam pengambilan keputusan untuk memastikan keuntungan mereka. Crowdfunding juga telah menjadi pilihan populer akhir-akhir ini, yang menarik dukungan konsumen lokal.

Biasanya modal awal dihabiskan sebagian besar untuk pembebasan lahan, perbaikan lokasi, dan peralatan dapur yang dibutuhkan. Namun, dengan pindah ke ruang bekas restoran akan mengurangi biaya awal daripada menciptakannya dari awal. Hal ini akan mengurangi risiko komplikasi konstruksi yang dapat menyebabkan pembukaan restoran tertunda.

Jika Anda menyewa lokasi restoran, maka pertimbangkan biaya setor jaminan, sewa bulan pertama, dan utilitas bulan pertama. Harga sewa yang ditawarkan juga bervariasi, tergantung lokasi dan ukuran luasnya. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya yang tidak termasuk biaya sewa, seperti pajak, izin, asuransi, dan biaya terkait bangunan.

Selain itu, pertimbangkan biaya furniture seperti, meja, kursi, dekorasi yang dibutuhkan, juga piring dan peralatan dapur lainnya. Anda perlu memilih peralatan yang dibutuhkan dengan cermat, agar pemakaian tahan lama sehingga tidak perlu sering menggantinya.

Kini, konsumen memilih restoran yang dituju berdasarkan suasana dan pengalaman bersantap secara keseluruhan. Maka, menyewa desain interior untuk pemilihan dekorasi yang estetika, juga untuk merancang ruang agar dapat mengundang pelanggan setia untuk datang.

Jika Anda berniat untuk mengelilingi beberapa rute. Maka, konsep food truck merupakan peluang bagus, sebab modal yang dikeluarkan relatif rendah dibandingkan dengan restoran yang membutuhkan tempat menetap. Namun tetap memberikan keuntungan yang setara.

Penggunaan Teknologi

Kegunaan teknologi restoran yaitu, memastikan bahwa tim depan dan belakang berkomunikasi secara efektif. Hal ini juga memastikan restoran Anda beroperasi pada kapasitas maksimalnya. Temukan sistem point of sale yang paling sesuai dengan staf Anda, dengan memanfaatkan sistem berbasis cloud akan memudahkan pekerjaan Anda. Perangkat lunak berbasis cloud berjalan pada iPad, yang memungkinkan server untuk mengirim pesanan langsung dari meja ke dapur. Hal ini memungkinkan mengurangi kesalahan dan pemesanan akan lebih akurat. Anda tidak perlu khawatir apabila listrik padam atau koneksi internet lambat, karena always on mode masih memungkinkan untuk melakukan pembayaran.

Dengan memanfaatkan teknologi, Anda akan mendapatkan catatan penjualan yang akurat dan Anda dapat memonitornya kapanpun. Menggunakan aplikasi dapat meminimalisir risiko pengambilan langkah finansial yang salah. Anda tidak perlu khawatir mengenai stok pangan di restoran lagi, dengan memanfaatkan teknologi tentu akan membantu perhitungan stok pangan. Biasanya beberapa ada yang menampilkan gambar warning jika stok pangan sudah menipis. Maka dengan begitu tidak ada lagi bahan-bahan yang busuk maupun kedaluwarsa.

Saat ini, konsumen lebih sadar akan pilihan digital mereka saat makan. Dengan adanya pemesanan online dan berbasis seluler akan meningkatkan kenyamanan dan mendorong konsumen. Selain itu, konsumen akan lebih sering makan atau memesan makanan yang dibawa pulang atau take away.

Manajemen Biaya dan Persediaan

Sistem POS yang komprehensif dapat melacak persediaan secara real time dan bahan-bahan akan terlacak sesuai hidangan yang dipesan. Memesan stok sesuai kebutuhan akan menyediakan bahan-bahan yang masih segar dan dapat menghilangkan limbah. National Restaurant Association menyarankan aturan 80/20 saat membuat menu dan melacak persediaan yang artinya 80% dari biaya makanan berasal dari 20% dari barang Anda.

Maka, mengikuti grup pembelian besar atau grosir, dan negosiasikan harga hingga 20%, dengan menandatangani kontrak dengan grup pembelian besar, Anda akan menghindari kenaikan harga mendadak yang disebabkan oleh pola cuaca ataupun biaya transportasi.

Setelah Anda menghasilkan lebih banyak arus kas, pesan volume yang lebih besar untuk mengakomodasi bisnis restoran Anda yang sedang tumbuh. Lalu, nilai kualitas bahan yang Anda pesan. Tak jarang, menampilkan potongan daging yang berbeda dan produk musiman, memungkinkan Anda untuk memastikan kualitas sekaligus menjaga biaya seminimal mungkin.

Hal yang harus dipastikan lagi adalah menyediakan makanan untuk staf restoran, maka pastikan staf Anda melacak persediaan makanan secara akurat. Hal ini dikarenakan agar tidak ada kelebihan saat memperhitungkan inventaris persediaan untuk para staf.

Periklanan dan Pemasaran

Signage dan menu merupakan hal yang termasuk dalam biaya pemasaran Anda. Seringkali restoran mengubah menu mereka yang dicetak pada kertas berkualitas tinggi, dan tahan lama. Maka, jika Anda membuat menu disarankan hanya satu halaman dengan dua sisi karena biaya cetaknya relatif murah. Untuk merancang menu dengan baik, Anda bisa menyewa seorang desainer grafis agar menu yang dicetak terlihat estetik dan mudah dibaca.

Beberapa tahun terakhir ini, media sosial menjadi platform yang sering digunakan untuk mempromosikan sebuah bisnis. Popularitas media sosial seperti Instagram yang memiliki lebih dari 400 juta pengguna, memungkinkan orang untuk memposting foto makanan mereka. Terutama, jika restoran Anda dikunjungi blogger dan kritikus makanan, bahkan sampai diposting melalui Instagramnya, hal tersebut sangat menguntungkan restoran.

Libatkan audiens Anda untuk berbagi foto dan membalas komentar pada postingan Anda. Berikan foto atau visual yang menarik, karena audiens cenderung mengunjungi restoran Anda ketika Anda dapat menetapkan harapan mereka secara visual.

Selain menggunakan media sosial, Anda dapat melakukan strategi promosi dan pemasaran untuk restoran Anda melalui spanduk, pamflet, maupun brosur. Anda juga perlu melakukan pelayanan yang memuaskan, karena pelanggan akan merekomendasikan restoran Anda kepada orang lain setelah mendapatkan pelayanan baik.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memulai bisnis restoran. Namun tidak sampai disitu saja, untuk mengembangkan bisnis Anda perlu mengelola keuangan bisnis dengan baik. Jurnal adalah aplikasi akuntansi online, yang dapat memberikan kemudahan dalam mengatur keuangan bisnis Anda. Jurnal memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda dalam memonitor kelangsungan bisnis kapan saja dan di mana saja. Selain itu, Jurnal akan memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan perusahaan yang lengkap dan akurat. Info lebih lanjut mengenai Jurnal dan berbagai promonya dapat Anda lihat di sini.

Author