Mekari Jurnal
Daftar Isi
7 min read

Manajemen Invoice Kunci Perkembangan Bisnis Internasional Anda

Tayang 02 Jun 2023
Diperbarui 28 Maret 2024

Manfaat manajemen invoice untuk bisnis internasional tentunya perlu dipahami secara lebih lagi terutama oleh perusahaan.

Dengan adanya pemahaman ini maka perusahaan bisa lebih memusatkan fokus dalam hal pembuatan invoice terlebih lagi untuk kepentingan bisnis internasional.

Berikut manfaat manajemen invoice bagi bisnis yang telah menjalankan bisnisnya hingga ke tingkat internasional.

Pahami Manajemen Invoice Terlebih Dahulu

Invoice sendiri pada dasarnya merupakan suatu dokumen yang biasanya digunakan untuk menagih pihak pembeli atas barang dan jasa yang telah disediakan atau dikirimkan oleh pihak penjual.

Pada invoice ini sendiri terdapat beberapa komponen penting yang harus terdapat pada sebuah invoice, seperti misalnya nama dan jumlah serta harga produk.

“Untuk memudahkan pembuatan invoice, lihat artikel template invoice berbagai format yang dapat langsung Anda download sekarang!”

Berdasarkan sebuah survei, 82% departemen keuangan perusahaan merasa kewalahan dengan tingginya jumlah invoice yang harus mereka proses setiap harinya.

Untuk meminimalisir rasa kewalahan tersebut, perlu adanya manajemen investaris demi terkelolanya riwayat keluar-masuk invoice perusahaan dengan lebih terperinci.

Manajemen invoice yaitu sebuah metode yang digunakan perusahaan untuk melacak dan mengelola transaksi pembayaran perusahaan dengan supplier.

Proses manajemen invoice biasanya terdiri dari menyederhanakan pembukuan riwayat transaksi, memvalidasi keabsahan, membayar transaksi, dan mencatat traksaksi yang sudah melakukan pembayaran.

Hubungan Manajemen Invoice dengan Bisnis Internasional

Bisnis yang dilakukan sampai ke tingkat internasional juga sudah tentu menggunakan invoice untuk kelancaran proses pembayaran.

Maka sudah seharusnya manajemen invoice dibuat atau difungsikan dengan baik agar dapat berfungsi secara maksimal.

Manajemen invoice untuk bisnis internasional berjalan dengan melalui beberapa proses hingga pada akhirnya terjadi pembayaran dan tercatat transaksi di buku besar.

Prosesnya memang memakan waktu yang lebih panjang namun tentunya bisa memberikan hasil terbaik untuk administrasi perusahaan.

Proses Invoicing Bisnis Internasional Lebih Tepat

Proses Invoicing Bisnis Internasional Lebih Tepat

Berbagai manfaat dari manajemen invoice bisa didapatkan perusahaan jika memang berjalan dengan baik.

Salah satu manfaat dari manajemen invoice ini adalah proses invoicing jadi lebih tepat dilakukan sehingga dapat mendukung bisnis yang sedang dijalankan oleh perusahaan.

Dengan adanya manajemen invoice maka proses invoicing yang meliputi beberapa tahapan dapat dilakukan dengan baik.

Tahapan tersebut antara lain mulai dari verifikasi dokumen lalu approval pembayaran dan juga input data.

Umumnya untuk melakukan manajemen invoice ada baiknya mendapat bantuan atau ditunjang dengan aplikasi invoice sehingga proses invoicing jadi lebih tepat, akurat, dan efisien.

Biaya Lebih Hemat

Seperti yang telah diketahui bersama bahwa adanya manajemen invoice pada bisnis internasional dapat mendukung proses invoicing agar bisa berjalan secara lebih efisien.

Artinya proses invoicing bisa berjalan dengan biaya yang tidak terlalu besar.

Biaya pengeluaran untuk melakukan proses invoicing bisa lebih hemat namun hasilnya tetap maksimal.

Adanya manajemen invoice pada kenyataannya bisa lebih menghemat biaya sebesar 60% hingga 80%.

Beberapa biaya yang bisa dihemat antara lain seperti penghematan atas biaya upah dan biaya atas alat-alat penunjang lainnya serta biaya resiko.

Seluruh biaya ini akan lebih dihemat secara otomatis sehingga anggaran perusahaan tak lagi membengkak. Untuk mendukung hal ini biasanya digunakan sebuah aplikasi bisnis yang bernama aplikasi invoice online.

Proses Pembukuan Lebih Mudah

Hal lain yang bermanfaat dari adanya manajemen invoice adalah semakin mudahnya proses penyusunan pembukuan.

Manajemen invoice pada dasarnya semakin mempermudah proses invoicing sehingga pengelolaannya menjadi lebih mudah.

Semakin mudahnya pengelolaan invoice ini akhirnya akan semakin mempermudah proses pencatatan pembayaran invoice.

Pada akhirnya pembayaran invoice bisa dimasukkan atau dicatat ke dalam transaksi pembukuan perusahaan sehingga perusahaan bisa mengetahui lebih jelas mengenai kondisi finansialnya.

Demikian pula untuk perusahaan yang menjalankan usaha atau bisnisnya hingga tingkat internasional.

Bisnis internasional ini akan semakin lancar karena adanya proses pembukuan yang tepat.

Untuk mendukung hal ini dibutuhkan manajemen invoice sehingga penyusunan pembukuan jadi lebih lancar dan terkendali hingga akhirnya kondisi finansial perusahaan selalu terpantau.

proses pembukuan invoicing lebih mudah

Produktivitas Karyawan Meningkat

Proses invoicing yang menjadi lebih mudah akibat adanya manajemen invoice rupanya juga akan meningkatkan produktivitas karyawan.

Hal ini salah satunya dikarenakan adanya kemudahan yang akan didapatkan oleh karyawan dalam hal melakukan proses invoicing.

Kemudahan yang didapatkan oleh karyawan dalam melakukan proses invoicing ini membuatnya semakin lebih menghemat waktu dalam menyelesaikan seluruh tugasnya.

Alhasil seluruh pekerjaan karyawan bisa terselesaikan dengan baik dan secara tepat waktu hingga karyawan bisa melakukan pekerjaannya yang lain dengan cepat dan tepat pula.

Manajemen invoice yang bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas karyawan ini sudah tentu dapat membuat karyawan jadi lebih bersemangat pula dalam memajukan bisnis perusahaan hingga ke tingkat internasional.

Bisnis Internasional Dapat Terhindar dari Fraud

Adanya penerapan manajemen invoice pada bisnis internasional dapat membantu proses pengelolaan invoice jadi lebih mudah dan otomatis.

Hingga akhirnya bisa diperoleh manfaat lain bagi perusahaan dari upaya manajemen invoice ini yaitu terhindar dari fraud atau segala bentuk kecurangan yang mungkin saja bisa terjadi kapanpun.

Adanya pengelolaan invoice pada dasarnya dapat membantu perusahaan untuk menekan atau meminimalkan peluang terjadinya fraud.

Sebab semua data invoice pastinya bisa tersimpan dengan baik.

Terlebih lagi jika proses ini disertai dengan adanya bantuan software akuntansi terbaik yang akan semakin menjamin keamanan penyimpanan data invoice.

Keamanan yang terjamin inilah yang membuat fraud semakin bisa ditekan dalam suatu perusahaan hingga tidak akan timbul kerugian.

Rekonsiliasi Invoice Lebih Mudah

Dalam proses invoicing tentunya proses rekonsiliasi data finansial menjadi suatu jenis hal yang perlu dilakukan secara rutin.

Termasuk pula di dalamnya rekonsiliasi khususnya untuk pembayaran invoice.

Memang proses rekonsiliasi ini memakan waktu yang cukup panjang atau lama sebab banyak hal yang harus dilakukan dengan sangat teliti.

Misalnya saja pengecekan dokumen fisik hingga seluruh angkanya cocok dan tepat.

Untuk mempersingkat waktu tentunya setiap perusahaan bisa menggunakan software yang dapat membantu proses rekonsiliasi sehingga cenderung real time.

Tentunya proses rekonsiliasi bisa berjalan dengan waktu yang lebih singkat dan dapat membantu perusahaan untuk bisa menjalankan bisnisnya dengan lancar.

Performa Bisnis Internasional Meningkat

Proses yang terjadi dalam manajemen invoice juga memberikan manfaat lain yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Manfaat tersebut yaitu adanya performa bisnis internasional yang semakin meningkat sehingga perusahaan bisa mencapai target.

Dengan adanya proses invoicing yang cenderung lebih tepat dan cepat karena adanya manajemen invoice maka pemilik bisnis dapat lebih fokus dalam melakukan hal lain.

Misalnya saja seperti melakukan penyusunan strategi bisnis sehingga bisnis tingkat internasional nantinya bisa berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

Nantinya kelancaran operasional bisnis dalam perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih cepat dan tepat hingga performa bisnis meningkat dan usaha semakin berkembang.

Kesimpulan

Beberapa manfaat manajemen invoice untuk bisnis internasional seperti di atas tentu akan sangat membantu perusahaan terutama dalam mengembangkan bisnisnya.

Dengan adanya berbagai manfaat dari manajemen invoice seperti halnya yang telah diketahui di atas maka perusahaan tentu bisa lebih meningkatkan penggunaan instrumen manajemen invoice.

Di masa sekarang ini setiap perusahaan bisa memanfaatkan tenaga SDM terbaik untuk melakukan pengelolaan manajemen invoice hingga bisnis bisa berjalan lancar.

Selain itu perusahaan juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi misalnya dengan menggunakan software untuk memanajemen invoice.

Jika manajemen invoice terlaksana dengan baik maka sudah pasti bisnis internasional akan semakin lancar tanpa kendala dan target perusahaan bisa tercapai.

invoice faktur generator indonesia gratis

Anda juga bisa mendapatkan bantuan teknologi yang memiliki fitur pengelolaan invoice, seperti aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal.

Beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan setelah menggunakan aplikasi invoice Mekari jurnal seperti:

  • Lacak dokumen invoice dan faktur secara lebih praktis melalui satu dashboard.
  • Dapat mengkustomisasi berbagai dokumen untuk transaksi pembayaran seperti invoice, nota, faktur, dan struk.
  • Pengiriman invoice yang terjadwal dan status invoice yang ter-update secara otomatis.
  • Laporan invoice lengkap untuk kebutuhan analisa data internal pembayaran perusahaan.

Anda juga dapat mencoba untuk menggunakan invoice generator by Mekari Jurnal yang dapat Anda coba secara gratis!

Tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang dan rasakan berbagai manfaatnya!

Baik, Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi Dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Cost Accounting
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal