Karyawan merupakan aset paling berharga yang berperan besar dalam menentukan perkembangan perusahaan, khususnya bagi Anda pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM). Anggaran yang terbatas bukanlah masalah untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda. Berikut ini adalah lima cara efektif yang dapat Anda aplikasikan untuk meningkatkan produktivitas karyawan Anda.

1. Merancang Lingkungan Kerja yang Kondusif

Lingkungan kerja akan mempengaruhi mood karyawan dalam bekerja. Oleh karena itu, ruangan kerja atau kantor harus dapat mendukung pekerjaan mereka. Desain unik ruangan kerja, fasilitas seperti AC atau kursi dan meja kerja yang nyaman, akan membuat karyawan nyaman dan dapat berkonsentrasi pada pekerjaan dengan baik.

2. Menyediakan Layanan dan Fasilitas bagi Karyawan

Layanan atau servis yang diberikan perusahaan akan mempengaruhi tingkat kenyamanan karyawan. Bentuk layanan atau servis dapat berupa tunjangan ekonomi seperti asuransi. Selain itu, dapat juga berupa fasilitas seperti tempat makan dan perangkat elektronik. Dengan demikian, karyawan akan semangat dalam bekerja.

3. Mengasah Kreativitas Karyawan untuk Berinovasi

Karyawan membutuhkan ruang gerak yang luas untuk berinovasi. Bagi para pengusaha, khususnya pemilik UKM, inovasi produk merupakan hal utama yang dilakukan untuk dapat bersaing dalam industri yang dibidangi. Opini karyawan sangat berguna bagi peningkatan kualitas produk atau jasa Anda. Membatasi ruang gerak mereka hanya akan membunuh kreativitas mereka. Hal yang dapat dilakukan untuk memperluas kreativitas karyawan diantaranya melalui seminar, buku-buku, dan mengikuti pelatihan.

4. Buat Acara Kebersamaan

Salah satu cara membangun relasi dengan karyawan adalah melalui acara-acara yang diadakan oleh perusahaan. Melalui hal ini, perusahaan dapat menyampaikan visi dan misinya serta mendengarkan opini dan saran dari karyawan. Buatlah acara yang menyenangkan dan memiliki nilai kebersamaan. Acara dapat berupa makan bersama, pergi ke tempat wisata, atau outbound. Acara-acara ini tidak memerlukan anggaran yang besar dan dapat diadakan di hari libur atau akhir minggu (weekend). Sebagai hasilnya, hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antara perusahaan dan karyawannya akan semakin lekat. Dan tentunya, hal ini yang mampu menjadi motivasi mereka untuk bekerja lebih baik.

5. Berlakukan Sistem Reward and Punishment

Reward and punishment dianggap sebagai metode yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi kerja sekaligus mendidik karyawan. Reward atau penghargaan diberikan bagi karyawan yang berprestasi, sedangkan punishment atau hukuman diberikan kepada karyawan yang melanggar peraturan. Reward dapat berbentuk kenaikan gaji atau pemberian bonus dan komisi, kenaikan jabatan, trofi maupun sertifikat. Punishment, di sisi lain, dapat berbentuk penurunan gaji atau jabatan, penambahan jatah lembur, bahkan dapat berujung kepada pemecatan. Dengan adanya sistem reward and punishment karyawan akan semakin terpacu untuk produktif.

Hal diatas dapat dijadikan pertimbangan untuk bagaimana meningkatkan produktivitas karyawan Anda, tertarik mencoba?

Sumber:

scribd
arozieleroy.wordpress.com
mengelolakaryawan.blogspot.com