Mekari Jurnal
Daftar Isi
9 min read

8 Aplikasi AI yang Dapat Menunjang Produktivitas Bisnis

Tayang 12 May 2023
Diperbarui 17 Oktober 2023

Pekerjaan saat ini sudah semakin canggih dengan adanya aplikasi AI sebagai penunjang produktivitas bisnis dan usaha di berbagai lini. Simak manfaat dan rekomendasinya di Blog by Mekari Jurnal!

Implementasi AI dalam ranah pekerjaan memberikan kontribusi yang besar dalam bidang inovasi, produksi, hingga daya saing antar perusahaan di Indonesia.

Berdasarkan salah satu survey mengenai penggunaan AI di Indonesia, memberikan pengaruh sebesar 1,7 kali lipat dalam mendorong peningkatan inovasi.

Keberadaan teknologi AI dalam menunjang bisnis memberikan dampak yang positif dalam hal produktivitas dan efektivitas.

Di sisi lain, implementasi AI yang berlebihan dampak beresiko pada pemutusan kerja massal dan pengangguran besar-besaran akibat pekerjaannya yang sudah tergantikan oleh robot dan teknologi AI.

Oleh karena itu, Anda harus dapat beradaptasi dengan perubahan tren kerja ini.

Berikut Mekari Jurnal akan mengulas mengenai AI, perannya di perusahan, dan rekomendasi aplikasi AI yang dapat menunjang bisnis dan pekerjaan Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Jurnal Sekarang!

Apa Itu AI

Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan adalah cabang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan algoritma dan teknologi untuk membuat komputer atau mesin dapat melakukan tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia.

Mengutip dari Amazon mengenai AI dan Machine Learning, AI memiliki kecerdasan seperti yang hampir seperti manusia dalam hal pemecahan masalah, pembelajaran, dan memahami bahasa alami.

Perkembangan AI juga semakin besar dengan praktik teknologinya yang mencakup Machine Learning, Deep Learning, Natural Language Processing, hingga Computer Vision.

Kelebihan teknologi AI lainnya adalah sistemnya yang dapat terus belajar secara terus-menerus sesuai dengan data yang tersimpan dalam database. Semakin banyak data yang dapat dianalisis, maka akan semakin pintar sistemnya.

Melakukan proses yang rumit, mengalisis data yang kompleks dan mendalam, hingga memprediksi tren dan strategi untuk di masa yang akan datang, AI dapat mengerjakannya secara end-to-end tanpa mengalami kendala atau hambatan yang berarti.

Hanya memerlukan beberapa waktu untuk proses maintenance dan perawatan rutin. Menempatkan teknologi AI sebagai aset terbarukan perusahaan saat ini dan dalam jangka waktu yang panjang.

Saat ini AI dapat mudah diakses melalui berbagai perangkat seperti tab, browser, dan smartphone karena sudah dikembangkan melalui aplikasi berbasis AI.

Kenapa Perusahaan Harus Mulai Menggunakan AI

Tujuan utama dari AI adalah untuk membuat mesin dapat melakukan tugas-tugas kompleks secara mandiri, tanpa menambah porsi kuantitas bantuan dari manusia.

Kemampuannya juga dapat mempermudah pengelolaan operasional perusahaan sebab dapat menjalankan tugasnya secara otomatis dan konsisten, sehingga berjalan secara efektif dan produktif.

Pentingnya menerapkan AI tersebut yang akhirnya dapat ditemukan pada banyak industri seperti bidang kesehatan, otomotif, finansial, dan manufaktur dimana memproduksi produk dalam jumlah besar dalam waktu singkat.

Dengan demikian, AI dapat menjadi investasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan.

Keuntungan dan Kerugian Memanfaatkan Aplikasi AI Sebagai Penunjang Bisnis

Perusahaan harus mulai menggunakan AI karena dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek bisnis.

Kemudahan dalam mengelola berbagai kerjaan yang rumit dengan harga yang terbilang terjangkau, dan dapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa perusahaan harus mulai menggunakan AI:

  • Meningkatkan efisiensi: dengan mengotomatisasi tugas-tugas yang biasanya memakan waktu dan biaya yang cukup besar. Contohnya, dengan menggunakan AI dalam proses produksi, perusahaan dapat mengurangi waktu produksi, biaya produksi, dan biaya overhead.
  • Meningkatkan pengambilan keputusan: AI dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat dengan menganalisis data secara akurat dan cepat. Melalui algoritma AI, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang lebih baik tentang pelanggan, persaingan, dan pasar.
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan: Perusahaan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dengan memberikan solusi personalisasi yang lebih baik. Contohnya, dengan menggunakan AI dalam analisis perilaku pelanggan, perusahaan dapat memberikan rekomendasi produk yang lebih tepat dan menyesuaikan pengalaman pelanggan.
  • Meningkatkan kualitas produk: AI dapat membantu perusahaan meningkatkan kualitas produk dengan memonitor kualitas secara real-time dan mendeteksi cacat pada produk sebelum mencapai pelanggan.
  • Meningkatkan efektivitas pemasaran: Efektivitas pemasaran dapat meningkat dengan memberikan analisis data yang lebih baik dan rekomendasi pemasaran yang lebih akurat. Contoh penerapan AI dalam bidang bisnis, perusahaan dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang preferensi pelanggan dan mengembangkan campaign pemasaran yang lebih efektif.

Dalam rangka untuk mengoptimalkan potensi AI, perusahaan harus memahami kebutuhan bisnis mereka dan memilih solusi AI yang tepat untuk tujuan mereka.

8 Rekomendasi Aplikasi AI Penunjang Produktivitas Bisnis

Anda dapat menggunakan Aplikasi AI berikut yang dapat menjadi andalan bisnis dan usaha agar dapat meningkatkan keuntungan dan mencapai tujuan bisnis Anda.

Chat GPT

aplikasi ai chat gpt

Aplikasi AI yang baru saja rilis di akhir tahun 2022 ini memberikan dampak yang cukup besar dalam industri AI dunia.

Baru saja diperkenalkan, namun Chat GPT sudah menjadi perbincangan masyarakat dunia karena fungsinya yang mampu mengatasi masalah sulit dengan cepat.

Chat GPT menggunakan teknologi Generative Pre-trained Transformer 3 yang dapat merancang mesin algoritma untuk mempelajari bahasa manusia dan meresponnya sealami mungkin sesuai dengan konteks yang diberikan.

Berdasar dari teknologi deep learning, Chat GPT mampu memahami perintah dan menghasilkan teks dari 95 bahasa dunia termasuk bahasa Indonesia dan bahasa Jawa. Proses ini yang menyebabkan Chat GPT dapat merespon secara alami seperti berbicara dengan manusia pada umumnya.

Selain fitur penggunaan bahasa yang alami. Berikut fungsi dari aplikasi AI Chat GPT lainnya dalam menunjang pekerjaan:

  1. Memahami konteks: Chat GPT dapat memahami konteks dari perintah atau percakapan yang dilayangkan padanya, sehingga mampu merespon dengan cepat dan sesuai dengan konteks.
  2. Menerjemahkan teks: Walaupun masih terbatas pada 95 bahasa, aplikasi AI ini mampu menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lainnya dengan cepat dan mudah.
  3. Sumber konten: Khusus pada Anda yang bekerja di dunia digital marketing. Chat GPT memberikan akses ide konten yang tidak terbatas secara cepat. Namun, informasi yang dihasilkan kurang begitu relevan dan akurat dan membutuhkan analisa lebih dalam.
  4. Menjawab pertanyaan yang rumit: Terkadang dalam bekerja, Anda akan menemukan berbagai situasi yang rumit dan membutuhkan solusi dengan cepat. Melalui Chat GPT, Anda dapat mendapat alternatif solusi dengan cepat dan mudah.

DALL-E

dall-e versi kedua

Sama seperti Chat GPT, Dall-e merupakan aplikasi AI yang dibuat oleh perusahaan yang sama yaitu OpenAI.

Rilis pada tahun 2021, Dall-e dapat membantu pekerjaan dengan menghasilkan gambar realistis dari sebuah perintah yang diberikan. Hasilnya-pun dapat terlihat setelah beberapa detik saja.

Kemudian pada Juli 2022, OpenAi kembali meluncurkan Dall-2 versi ke-2 dalam versi beta. Perbedaannya terletak pada peningkatan resolusi gambar dan pengalaman pengguna.

Fitur pada Dall-e 2 yang membantu mengelola bisnis khususnya pada bidang kreatif. Anda dapat mengubah gambar ke Dall-e dan mengubahnya ke gambar dengan artstyle yang serupa.

Selain itu, Anda juga dapat menghasilkan objek gambar yang sulit dan rumit, seperit objek 3D atau ilustrasi yang sangat detail.

Deepfake

deepfake

Rekomendasi aplikasi AI selanjutnya adalah DeepFake.

Deepfake merupakan sebuah aplikasi AI yang memungkinkan Anda untuk dapat merekayasa foto, video, dan audio dari hasil aslinya.

Aplikasi ini memberikan kontribusi yang cukup besar dalam industri digital creative sebab dapat melakukan proses editing dengan cepat.

Padahal, sebelum adanya teknologi AI ini, proses editing foto, video dan audio membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar.

Namun, kabar baiknya adalah hasil dari aplikasi AI ini tidak begitu akurat dan serapih pekerja profesional editor foto dan video.

Deepfake menerapkan teknologi  Generative Adversarial Network yang terdiri dari dua jaringan. Generator yang berfungsi untuk memanipulasi foto/video, dan diskriminator yang menilai apakah foto sudah terlihat nyata atau belum.

Fungsi Deepfake tersebut umumnya dapat ditemukan pada industri kreatif khususnya perfilman.

Outmatch

aplikasi ai untuk bantu proses hr outmatch

Pada bidang HR, terdapat teknologi AI yang dapat membantu dalam proses rekrutmen tenaga kerja, yaitu aplikasi AI Outmatch.

Outmatch dapat membantu mengelola proses rekrutmen secara end-to-end menggunakan AI agar meminimalisir pekerjaan tim HR dan mendapatkan kandidat yang berkualitas.

Mulai dari pemeriksaan riwayat pekerjaan kandidat, menjadwalkan interview, hingga menganalisis kecocokan kandidat dengan pekerjaannya secara otomatis.

Fungsi lainnya yang dapat meningkatkan produktivitas seperti:

  1. Mengurangi tugas-tugas yang dilakukan terus-menerus dan memakan waktu yang lama (contohnya administrasi).
  2. Memproses berbagai pekerjaan yang rumit dalam satu waktu.
  3. Mendapatkan kualitas kandidat yang tepat berdasarkan analisa data yang dikumpulkan.
  4. Mengurangi time-to-hire proses perekrutan yang biasanya memakan waktu lama.
  5. Mengurangi biaya proses rekrutmen yang mahal.

Midjourney

ai midjourney pada platform discord

Aplikasi AI berikut memiliki kesamaan fungsi dan tujuan serta menjadi kompetitor dari Dall-e. Midjourney memiliki tujuan untuk menjadi sebuah platform yang dapat mengubah teks  menjadi sebuah gambar yang detail.

Perbedaan paling signifikan di antara keduanya adalah, hasil dari Dall-e  lebih bersifat realistis, sedangkan Midjourney lebih ke arah artistik.

Oleh karena itu, penggunaannya dapat menyesuaikan dengan hasil gambar yang dihasilkan pada aplikasi AI tersebut.

Rilis pada tahun 2022, Midjourney memiliki sedikit perbedaan dalam pemakaiannya karena dapat diterapkan pada platform Discord. Sebuah platform yang dapat memfasilitasi pengguna untuk saling mengirim percakapan, audio, dan gambar.

Copy.ai

aplikasi ai copy.ai untuk kebutuhan konten

Untuk Anda yang pekerjaannya membutuhkan sebuah penulisan kata yang engaging atau copywriting yang menarik, aplikasi AI Copy.ai solusinya.

Copy.ai merupakan sebuah teknologi AI yang dapat membantu dalam pembuatan konten penulisan yang menarik secara otomatis.

Biasanya, Copy.ai sering dimanfaatkan oleh pekerja digital marketing, content marketing, copywriter, dan social media specialist untuk  menunjang kata-kata yang dapat menarik pengguna untuk menikmati konten yang dibentuk oleh mereka.

Kemudahan dari adanya Copy.ai lainnya adalah dapat memproduksi tulisan dalam waktu singkat, tidak akan mengalami writer block seperti penulis pada umumnya, dan akses udah dari berbagai perangkat.

Walaupun begitu, masih terdapat beberapa kekurangan seperti tulisan yang masih kaku pada beberapa topik dan hasil tulisan yang punya kemiripan dengan orang lain.

Di balik kelebihan dan kekurangan tersebut, Copy.ai masih memberikan kontribusi untuk meningkatkan produktivitas bisnis dan usaha Anda terlebih pada bidang pemasaran dan branding.

Notion.ai

notion ai platform

Notion.ai dapat membantu bisnis Anda lebih produktif karena tujuan dari aplikasi AI ini yaitu mengelola pekerjaan dan produktivitas individu atau tim.

Melalui Notion.ai, Anda dapat mengorganisir informasi, project, tugas, dan jadwal pengguna individu atau kolaboratif secara tim melalui satu tempat saja. Notion.ai juga dapat membuat database, catatan, dokumen, dan agenda meeting.

Penggunaannya yang multifungsi menyebabkan aplikasi AI ini cepat popular dan diterapkan di banyak bidang industri pekerjaan.

Cara penggunaannya adalah dengan menggunakan bentuk perintah teks, dan memasukkan berbagai kode yang dapat menghasilkan konteks perintah yang dituju.

Mungkin akan sedikit rumit bagi pemula beradaptasi dengan aplikasi AI ini, namun hal tersebut tidak menjadi masalah sebab terdapat berbagai template gratis sesuai keinginan dan tujuan.

Gong.io

aplikasi ai khusus sales bernama gong.io

Khusus untuk bidang industri sales dan retail, Gong.io dapat menunjang produktivitas bisnis Anda karena dapat menyusun strategi bisnis yang tepat.

Menggunakan teknologi AI, Gong.io dapat menganalisis interaksi dengan pelanggan, memvisualisasikan alur penjualan, dan memperkirakan transaksi di masa mendatang.

Gong.io juga dapat menafsirkan dan menganalisis gaya penjualan yang optimal melalui berbagai aspek seperti bahasa yang digunakan, tone of voice, dan alur percakapan melalui algoritma canggihnya.

Analisa datanya yang kuat dapat memberikan wawasan untuk menyempurnakan pendekatan penjualan, sehingga dapat menyusun strategi bisnis yang tepat sasaran.

Pengelolaan data penjualan yang komprehensif tersebut memberikan Gong.io kontribusi yang besar dalam mengkonversi penjualan perusahaan yang semakin besar.

Itulah peran teknologi AI dan beberapa rekomendasi aplikasi AI yang bisa Anda pertimbangkan untuk menunjang produktivitas bisnis Anda. Semoga membantu!

Kategori : Technology
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal