Daftar Isi
4 min read

Penerapan Artificial Intelligence (AI) dalam Dunia Bisnis

Tayang 28 Mar 2023
Diperbarui 19 Oktober 2023

Teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence atau AI) adalah salah satu inovasi teknologi yang penerapan di real worldnya paling menjanjikan untuk peningkatan dalam dunia bisnis dalam beberapa tahun terakhir.

Sebuah analisis yang dilakukan oleh Gartner menyebutkan bahwa, “Dalam 5 tahun ke depan, 50% dari keputusan analitis akan didasarkan pada AI.”

Kemampuan AI untuk memproses data besar dengan cepat dan akurat mengubah cara bisnis bekerja di berbagai sektor industri.

Dari pengolahan data hingga analisis pasar, teknologi AI telah membantu perusahaan dalam banyak hal seperti AI akuntansi.

contoh penerapan ai dalam bisnis

Keunggulan Menggunakan Artificial Intelligence (AI) dibandingkan dengan Sistem Manual

Penggunaan teknologi AI (Artificial Intelligence) memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan cara manual dalam berbagai aspek, seperti:

  • Efisiensi dan kecepatan: AI dapat melakukan tugas secara bersamaan dan dengan kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada manusia sehingga dapat menghemat waktu dan biaya operasional.
  • Akurasi dan konsistensi: Mesin tidak terpengaruh oleh emosi, kelelahan, atau bias manusia, sehingga dapat menghasilkan output yang lebih akurat dan konsisten.
  • Kapasitas skala: Teknologi AI dapat dengan mudah diatur untuk mengelola data dalam jumlah besar dan kompleks, sedangkan manusia mungkin kesulitan untuk melakukan tugas tersebut.
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik: Teknologi AI dapat memproses data dalam jumlah besar dan menghasilkan wawasan yang lebih baik dalam pengambilan keputusan bisnis. Hal ini dapat membantu organisasi dalam membuat keputusan yang lebih cerdas dan efektif.
  • Personalisasi: Memberikan rekomendasi produk yang tepat atau layanan yang disesuaikan dengan preferensi pelanggan.

Penerapan Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Dunia Bisnis

Apa saja peran teknologi artificial intelligence (AI) dalam transformasi dunia bisnis?

Efisiensi Operasional Melalui Otomasi

Teknologi AI dapat membantu perusahaan dalam mengotomatisasi tugas-tugas yang rutin dan berulang, seperti pengisian data, pengolahan informasi, dan pemrosesan transaksi, yang dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan manusia.

Selain itu, perusahaan dapat menganalisis data yang besar dan kompleks dengan cepat dan akurat.

Hal ini dapat memungkinkan perusahaan untuk mengambil keputusan bisnis yang lebih baik dan mempercepat pengambilan keputusan.

Teknologi AI juga dapat memprediksi perilaku pelanggan atau tren pasar di masa depan, sehingga perusahaan dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang penjualan, persediaan, dan strategi bisnis.

Personalisasi Pelayanan Pelanggan 

Teknologi AI mengumpulkan data perilaku dan preferensi pelanggan, menganalisis data tersebut, dan menyajikan rekomendasi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing pelanggan.

Dengan informasi yang didapatkan, perusahaan dapat menyarankan produk yang relevan dengan pembelian sebelumnya atau menyesuaikan pesan pemasaran dengan demografi dan minat pelanggan.

Pemahaman lebih terhadap preferensi dan perilaku pelanggan membuat perusahaan dapat menyesuaikan banyak aspek seperti warna, ukuran, dan fitur produk, gaya komunikasi yang digunakan, waktu pengiriman sesuai dengan jadwal yang disukai oleh pelanggan, hingga jenis konten yang ditampilkan dalam situs web atau aplikasi.

Hal ini tentunya meningkatkan customer experience dan kepuasan pelanggan.

Pemasaran 

Perusahaan dapat memanfaatkan teknologi AI dalam menganalisis data tentang perilaku konsumen, tren pasar, dan preferensi produk dengan lebih cepat dan efektif.

Kampanye pemasaran dapat dilakukan secara lebih optimal dengan adanya rekomendasi tentang waktu, lokasi, dan pesan pemasaran yang tepat.

Perusahaan juga dapat melakukan forecast terhadap permintaan pasar sesuai tren maupun historical data.

Virtual assistance

Salah satu penerapan teknologi artificial intelligence (AI) dalam dunia bisnis yang sering ditemukan adalah layanan virtual assistance.

Hal ini memungkinan Interaksi antara manusia dan mesin menjadi lebih lancar, personal, dan efisien.

Contohnya seperti chatbot yang dapat menyelesaikan tugas-tugas tertentu atau memberikan jawaban atas pertanyaan pelanggan.

Chatbot dilengkapi dengan pemahaman bahasa alami dan kemampuan untuk belajar dari interaksi sebelumnya dengan pelanggan, sehingga semakin lama semakin mampu memberikan respons yang lebih akurat dan efektif.

Teknologi AI juga dikembangkan sebagai asisten pribadi seperti Siri atau Google Assistant, yang dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu, seperti menemukan informasi, mengatur jadwal, atau memutar musik.

Tidak hanya itu, pengembangan sistem pengenalan suara yang dapat membantu pengguna untuk mengontrol perangkat atau sistem.

Baca juga: Teknologi Konstruksi untuk Tingkatkan Produktivitas

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh penerapan artificial intelligence (AI) dalam dunia bisnis.

Penerapan sistem AI dan otomasi dapat membantu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan.

Namun, sebelum memutuskan untuk beralih ke sistem AI dan otomasi, ada baiknya perusahaan melakukan evaluasi menyeluruh mengenai manfaat dan risiko yang terkait dengan penerapan teknologi artificial intelligence (AI) tersebut dalam dunia bisnis, termasuk biaya investasi, keamanan data, dan pelatihan karyawan.

 

 

 

 

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal