5 Hal Penting Laporan Keuangan Perusahaan

Hal apa yang harus ditunjukkan ketika menyampaikan hasil analisis keuangan? Informasi apa saja yang terdapat dalam laporan keuangan?

Pastinya laporan yang baik di perusahaan sebaiknya berisi 5 hal penting seperti laporan jurnal keuangan yang dibahas oleh blog Mekari Jurnal ini.

Setiap bisnis tentu memiliki laporan keuangan perusahaan, yang dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban sekaligus tolok ukur.

Apakah perusahaan yang bersangkutan termasuk perusahaan yang bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama atau tidak.

Coba Gratis Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis Pada Aplikasi Akuntasni

Laporan keuangan adalah hal yang penting dilakukan oleh setiap perusahaan. Penggunaan aplikasi laporan keuangan perusahaan juga sudah umum dipergunakan.

Dalam pembuatannya, ada beberapa beberapa hal yang harus diperhatikan terkait isi dan penggunaannya.

Di bawah ini akan kita bahas beberapa hal penting dalam data keuangan perusahaan.

1. Karakteristik Laporan Keuangan Yang Baik

Hal yang harus ditunjukkan ketika menyampaikan hasil analisis keuangan adalah? Sebutkan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan? Pastinya laporan keuangan yang baik di perusahaan sebaiknya berisi 5 hal penting seperti jurnal laporan keuangan yang dibahas oleh blog Jurnal By Mekari ini.

Laporan keuangan perusahaan harus ditampilkan secara kualitatif dan kuantitatif dengan memiliki karakteristik seperti pada fitur Aplikasi Jurnal di atas dan beberapa hal berikut:

a. Laporan Harus Relevan

Sebuah laporan data keuangan akan dianggap relevan dan sesuai ketika laporan yang disajikan mampu membuat pengambil keputusan dalam sebuah perusahaan menentukan kebijakan baru yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan dan memperbaiki aspek lainnya.

b. Isi Laporan Harus Handal

Sebuah laporan keuangan yang baik akan dinyatakan handal ketika pembuat data keuangan memberikan informasi yang handal dan tepat sasaran.

Terdapat 3 kriteria handal disini yaitu : jujur, dapat diverifkasi dan netral atau tidak berpihak pada kepentingan manapun.

c. Laporan Keuangan yang Baik dan Mudah Dimengerti

Dalam pembuatannya perlu disusun dengan baik sehingga segala bentuk transaksi yang tercatat didalamnya bisa lebih dimengerti oleh setiap pemimpin divisi yang ada di perusahaan bersangkutan.

Ketika laporan bisa terbaca dengan jelas, strategi yang digunakan untuk perencanaan penjualan ke depan juga makin jelas.

d. Unsur Perbandingan Ada Pada Laporan Keuangan yang Baik

Sebuah laporan yang baik perlu memiliki informasi yang lengkap dan tepercaya.

Sehingga laporan yang diberikan pada pihak pengambil keputusan dari perusahaan bersangkutan bisa menjadi perbandingan.

Perbandingan mengenai apa saja yang harus diperbaiki untuk pelaporan ke depan termasuk strategi untuk pemasaran produk.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan Sederhana dengan Ms. Excel

2. Isi Laporan Keuangan Yang Baik Adalah Berikut

Dalam menyusun sebuah data keuangan, isi yang dimasukkan kedalamnya tentu membutuhkan penelitian dan penyusunan yang tepat.

Berikut adalah isi dari laporan dan data keuangan yang baik dan benar di perusahaan.

a. Laporan Laba Rugi

Laporan keuangan perusahaan yang dibuat harus berisi laporan laba rugi yang diperoleh dari jual beli produk atau jasa yang dilakukan perusahaan bersangkutan.

Laporan laba rugi nantinya diperlukan untuk menghitung berapa efisiensi kinerja yang sudah tercapai dan menerapkan strategi bagaimana laba perusahaan bisa ditingkatkan di periode yang berikutnya.

b. Laporan Cash In dan Cash Out

Selain itu, data keuangan juga berisi laporan kas masuk dan kas keluar. Laporan ini umumnya berisi transaksi keuangan yang dilakukan sebuah perusahaan selama periode tertentu.

Untuk laporan kas masuk biasanya berisi pendapatan kotor yang diperoleh dari penjualan jasa dan produk.

Sedangkan untuk arus kas keluar bisa berisi laporan pembayaran pengeluaran tetap atau variabel per bulan seperti biaya listrik, perawatan inventaris di perusahaan, biaya telepon, dan lainnya.

c. Laporan Arus Kas atau Cash Flow

Laporan cash flow adalah kombinasi yang memasukkan cash in dan cash out secara berkesinambungan dan digunakan untuk mengetahui apakah antara cash in dan cash out sudah benar-benar sesuai atau tidak.

Laporan keuangan yang baik terkait cash out juga bisa digunakan untuk mengetahui secara tidak langsung, dana yang tersisa masih dalam kondisi aman atau tidak.

d. Laporan Perubahan Ekuitas

Setiap perusahaan wajib menyertakan laporan perubahan ekuitas, di mana laporan ini berisi laporan perubahan aktiva ataupun modal yang diberikan di awal hingga di akhir periode laporan.

e. Laporan Neraca Total atau Buku Besar

Segala jenis transaksi keuangan yang berlangsung dalam sebuah perusahaan kemudian dirangkum ke dalam sebuah neraca yang menyajikan segala jenis transaksi beserta buktinya.

3. Tujuan Laporan Keuangan

Untuk tujuan laporan keuangan dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada pihak-pihak yang terkait dalam usaha, baik itu pihak internal maupun eksternal.

Sebuah perusahaan akan sangat membutuhkan data laporan yang baik dan disajikan secara lengkap sebagai laporan pertanggungjawaban dari semua divisi atas pengelolaan perusahaan.

Baca Juga : 4 Alasan Pentingnya Pembukuan untuk Kesuksesan Bisnis Kecil

4. Fungsi Data Keuangan yang Baik

Laporan keuangan bukan hanya suatu bentuk pertanggungjawaban.

Laporan ini juga memiliki berbagai macam fungsi seperti membantu pihak manajemen mengetahui resiko keuangan.

Bisa juga membantu seluruh pihak perusahaan untuk mengetahui kondisi keuangan, menilai persentase laba yang bisa dicapai, hingga membuat perencanaan bisnis.

5. Perlunya Penggunaaan Software Akuntansi Untuk Membuat Laporan Keuangan yang Baik

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Ketika sebuah perusahaan telah menjadi besar dan semakin kompleks dengan banyaknya laporan yang harus dibuat dan tidak memiliki sumber daya yang bisa menyajikan laporan data keuangan secara lengkap, jasa penyedia software akuntansi online dan seorang akuntan sangat diperlukan.

Software akuntansi online dapat membantu Anda menyajikan datanya dengan mudah, cepat, dan aman.

Jurnal adalah software akuntansi online yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan sesuai dengan yang perusahaan butuhkan, seperti aplikasi pembukuan usaha kecil.

Dengan software keuangan perusahaan dari Jurnal, Anda juga dapat memonitor keuangan bisnis di mana pun dan kapan pun secara realtime.

Jurnal juga menyediakan jasa konsultan pembukuan hingga konsultan akuntan yang dapat membantu Anda mengelola keuangan bisnis Anda.

Aplikasi keuangan perusahaan dari Jurnal dirancang khusus untuk akselerasi bisnis Anda.

Tunggu apa lagi? Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati kebebasan dalam mengelola keuangan bisnis dengan Jurnal.

Nah, sekarang Anda sudah paham bukan hanya pengelolaan data keuangan yang baik di perusahaan sebaiknya berisi 5 hal penting seperti jurnal laporan keuangan yang sudah dibahas oleh blog Jurnal di atas.

Sekarang Anda juga bisa menjawab beberapa pertanyaan seperti :

  • Sebutkan informasi yang terdapat dalam laporan keuangan?
  • Lembaga yang membantu dalam membuat data keuangan perusahaan publik adalah?
  • Hal yang harus ditunjukkan ketika menyampaikan hasil analisis keuangan adalah?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda yang membutuhkannya. Jangan lupa juga untuk dibagikan di sosial media.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo