Laporan keuangan merupakan salah satu bentuk pertanggungjawaban perusahaan kepada para pemangku kepentingannya. Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu entitas yang dapat menggambarkan kinerja entitas tersebut pada suatu periode akuntansi. Laporan keuangan dibuat untuk menyajikan informasi mengenai kinerja perusahaan dan berguna untuk mengambil keputusan bisnis. Selain itu, laporan keuangan juga menunjukan bentuk transparansi dan akuntabilitas perusahaan/entitas/organisasi kepada masyarakat.

 

Secara umum, laporan keuangan wajib dibuat oleh perusahaan, baik perusahaan manufaktur maupun jenis perusahaan lainnya ada empat, yaitu laporan laba rugi, perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas. Namun, laporan keuangan yang dibuat bukanlah hanya dibuat begitu saja. Terdapat karakteristik yang harus dipenuhi dalam laporan keuangan. Adapun karakteristik dasar yang harus dipenuhi dalam sebuah laporan keuangan adalah sebagai berikut.

 

Relevan

Relevan maksudnya adalah laporan keuangan didalamnya harus memuat informasi yang dapat memengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini dan dapat memprediksi masa depan.

 

Andal

Agar informasi dalam laporan keuangan yang dihasilkan dapat dipercaya dan andal, maka penyajian informasi pada laporan keuangan harus dibuat berdasarkan peraturan atau pedoman yang berlaku. Selain itu, laporan keuangan juga disajikan secara menyeluruh. Seperti yang kita ketahui, informasi dalam laporan keuangan harus bebas dari pengertian yang menyesatkan dan kesalahan material, menyajikan informasi secara jujur dan dapat diverifikasi. Sehingga informasi yang relevan saja tidak cukup karena tidak dapat diandalkan. Jika demikian, informasi yang ada pada laporan keuangan dapat menyesatkan dan merugikan pengguna laporan keuangan.

 

Dapat Dibandingkan

Perlu Anda ketahui bahwa laporan keuangan yang dibuat juga harus dibandingkan dengan perusahaan lain. Ini akan berguna untuk menilai perusahaan Anda. Untuk dapat dibandingkan dengan perusahaan lain maka sistem, pedoman, dan kebijakan akuntansi yang digunakan harus sama. Selain membandingkan dengan perusahaan lain, laporan keuangan juga dapat dibandingkan antar tahun. Untuk membandingkan antar tahun, maka penyajian laporan keuangan perusahaan minimal harus disajikan dalam dua periode.

 

Dapat Dipahami

Laporan keuangan juga harus memiliki karakteristik kualitatif yakni dapat dipahami. Adapun lingkup pemahaman yang dimaksud ini adalah pengguna secara umum. Tidak hanya oleh pihak manajemen saja, tetapi masyarakatpun yang ingin mengetahuinya dapat memahami. Informasi dalam laporan keuangan dikatakan dapat dipahami jika semua pengguna mengerti dan memahami isi atau informasi yang ada pada laporan keuangan. Sehingga, salah satu manfaat dari dibuatnya laporan keuangan yaitu membantu dalam pengambilan keputusan dapat tercapai. Untuk memudahkan membuat laporan keuangan yang dapat dibandingkan maka laporan keuangan harus dibuat berdasarkan pedoman dan standar yang berlaku secara umum.

Kini Anda tidak perlu khawatir untuk membuat laporan keuangan. Laporan keuangan kini dapat dibuat dengan lebih mudah, praktis, dan efisien jika Anda menggunakan bantuan Jurnal software akuntansi online. Banyak fitur yang disediakan didalamnya yang dapat memudahkan Anda menyusun laporan keuangan. Cukup memasukan informasi dan data-data keuangan bisnis Anda, Jurnal akan menghitungnya secara otomatis. Terlebih Jurnal juga berbasis teknologi cloud sehingga Anda dapat mengaksesnya kapan pun dan di mana pun secara realtime. Informasi lainnya mengenai Jurnal dapat Anda lihat di sini.