Daftar Isi

16 Istilah Keuangan Bisnis Umum yang Wajib Anda Ketahui

Tayang 05 Jun 2022
Diperbarui 29 Agu 2024

Memahami istilah akuntansi keuangan bisnis ini membantu Anda mencegah berbagai masalah tersebut dan bisnis menjadi berkembang. Apa saja istilah tersebut? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya disini.

Menurut hasil survey yang dilakukan Small Business Administration dari tahun 2005 – 2017, sebanyak 78,6 persen bisnis kecil hanya mampu bertahan selama satu tahun.

Kemungkinan besar, para pebisnis tidak paham bagaimana cara mengelola keuntungan, pengeluaran, dan hal-hal yang berkaitan dengan akuntansi dan keuangan bisnis lainnya yang mempengaruhi kesuksesan bisnis.

Oleh sebab itu, memahami istilah akuntansi keuangan bisnis ini membantu Anda mencegah berbagai masalah tersebut dan bisnis menjadi berkembang di tahun-tahun yang akan datang.

Berikut Adalah 16 Istilah Keuangan Akuntansi Bisnis Umum yang Wajib Anda Ketahui

Apa saja istilah akuntansi yang perlu diketahui oleh seorang pebisnis?

1. Pembukuan (Bookkeeping)

Pembukuan adalah dokumentasi transaksi secara kronologis.

Sebagai pemilik bisnis, Anda dapat mencatat dan memantau transaksi di buku jurnal atau excel, atau menggunakan software akuntansi yang secara otomatis melacak dan memantau setiap transaksi.

Berikut template pembukuan dalam bentuk excel yang bisa Anda download.

2. Akuntansi (Accounting)

Pemilik bisnis dapat menggunakan salah satu dari dua proses pada bagian akuntansi: akuntansi tunai atau akuntansi akrual.

  • Akuntansi Tunai ( Cash Accounting ). Catatan pendapatan tidak ditambahkan sampai Anda benar-benar menerima cek atau uang tunai, dan pengeluaran tidak dipotong sampai dibayar. Uang tunai mengabaikan piutang atau utang apa pun, yaitu tagihan atau bon faktur yang belum dilunasi.
  • Akuntansi Akrual ( Accrual Accounting ). Menghitung pendapatan dan pengeluaran saat terjadi, bukan saat dibayar. Paling umum diterapkan pada bisnis yang menyediakan dan membeli layanan atau produk yang membutuhkan kredit.

Tahukah Anda kalau program akuntansi Anda membuat laporan keuangan. Buktikan sekarang!

Pastikan Anda sudah pakai Mekari Jurnal, software akuntansi online terpercaya!

3. Jurnal Umum 

Jurnal umum digunakan untuk melacak dan mencatat saldo akun per periode secara kronologis.

Anda harus memantau saldo akun, kredit, dan debit, yang kemudian digunakan untuk mendapatkan gambaran besar dari keseluruhan bisnis Anda.

Baca juga : Mengenal Istilah-Istilah Audit Pada Laporan Keuangan Perusahaan

4. Istilah Akuntansi Aktiva (Assets)

Apapun yang dimiliki perusahaan Anda yang bernilai sesuatu biasa juga disebut sebagai aktiva atau aset.

Ada berbagai cara untuk mengkategorikan aset bisnis, tetapi dua kategori yang paling dasar adalah “lancar” dan “tetap.”

  • Aktiva Lancar ( Current Assets ). Dapat dikonversi menjadi uang tunai dalam satu tahun. Contohnya seperti akun bisnis, stok, dan barang dagangan.
  • Aktiva Tetap ( Fixed Assets ). Penggunaan aset dengan jangka panjang dan berulang tanpa bermaksud menjual. Adapun contoh aktiva tetap seperti ruang kantor Anda atau alat berat.

Baca juga: 8 Kesalahan Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Bisnis

5. Pendapatan (Income)

Penghasilan, pendapatan, dan penjualan adalah semua istilah untuk uang yang dibayarkan orang lain kepada Anda untuk sebuah layanan atau produk, atau investasi yang dilakukan orang lain dalam bisnis Anda.

Jika Anda memberikan kredit kepada pelanggan, berarti mereka berutang kepada bisnis Anda untuk dibayarkan di kemudian hari.

Tagihan yang belum dibayar oleh pelanggan masuk ke dalam kategori yang disebut piutang dagang.

6. Biaya Penjualan ( Cost of Good Sold )

Biaya penjualan adalah biaya variabel yang biasanya naik saat Anda meningkatkan penjualan.

Sebagai contoh, tenaga kerja dan bahan yang terlibat dalam menyusun suatu produk untuk dijual akan dihitung terhadap biaya penjualan.

Memahami istilah akuntansi keuangan bisnis ini membantu Anda mencegah berbagai masalah tersebut dan bisnis menjadi berkembang di tahun-tahun yang akan datang.  

7. Istilah Akuntansi Margin Laba Kotor (Gross Profit Margin)

Margin laba kotor adalah jumlah yang Anda buat sebelum Anda mengurangi biaya barang dan jasa dari penghasilan Anda.

Misalnya, jika Anda membeli mainan dari produsen seharga 100 ribu rupiah, dan kemudian menjual mainan seharga 130 ribu rupiah, marjin laba kotor Anda akan menjadi 30 ribu rupiah.

8. Margin Laba Bersih (Net Profit Margin)

Berapa banyak uang yang dihasilkan bisnis Anda?

Margin laba bersih mengungkapkan jawabannya setelah Anda mengurangi semua pengeluaran dan biaya.

Ini bisa berupa tenaga kerja atau iklan yang Anda beli di media sosial.

Misalnya, jika biaya 30 ribu rupiah untuk membuat mainan 100 ribu rupiah lalu ditambah biaya bagian 20 ribu rupiah untuk pemasaran, margin laba bersih akan menjadi 50 ribu rupiah (100 ribu rupiah – 30 ribu rupiah – 20 ribu rupiah = 50 ribu rupiah).

9. Beban (Expenses)

Pengeluaran atau pembelian tetap yang Anda lakukan untuk bisnis Anda, seperti perangkat Point of Sale Indonesia, atau asuransi.

Jika Anda melakukan pembelian ini secara kredit, biaya ini dikenal sebagai hutang dagang.

10. Istilah Akuntansi Kewajiban (Liabilities)

Setiap hutang yang harus Anda bayar dianggap sebagai kewajiban.

Kewajiban mungkin termasuk upah karyawan atau uang yang Anda berutang kepada pemasok.

Baca juga : Menghitung Keuntungan Bisnis Secara Mudah dengan Indikator Margin Laba

Analisis Laporan Keuangan Bisnis : Prosedur, Dasar dan Metode

11. Penyusutan (Depreciation)

Aset yang mahal, seperti gedung atau laptop, adalah investasi jangka panjang dalam bisnis Anda.

Namun, beberapa aset ( seperti furnitur dan kendaraan ) akan kehilangan nilainya seiring waktu karena usia, usang, atau karena tidak lagi berguna.

Penyusutan atau depresiasi menurunkan nilai-nilai aset tersebut.

12. Istilah Akuntansi Ekuitas (Equity)

Ekuitas adalah bagian yang Anda atau mitra bisnis Anda miliki atau telah diinvestasikan dalam bisnis, dikurangi kewajiban yang dibayarkan.

Ekuitas juga bisa disebut “modal,” dan mungkin termasuk “investasi modal” dalam aset tetap untuk penggunaan jangka panjang, seperti bangunan yang Anda beli untuk kantor Anda.

13. Neraca Saldo (Trial Balance)

Pada akhir periode akuntansi — seperti pada akhir bulan atau kuartal — suatu bisnis menghitung debit dan kredit yang mereka miliki saat ini dalam buku besar.

Jika Anda perhatikan bahwa neraca tidak seimbang, cari kesalahan dan penyesuaian.

Baca juga: Yuk, Kenali Neraca Lajur untuk Laporan Keuangan

14. Neraca Keuangan (Balance Sheet)

Mengenal Lebih Dalam Mengenai Neraca Keuangan Bisnis

Neraca keuangan adalah laporan dari semua aset, kewajiban, dan ekuitas Anda pada titik waktu tertentu, setelah menyelesaikan neraca saldo.

Laporan ini mungkin penting jika Anda berharap untuk menjual bisnis Anda di masa depan.

Neraca keuangan harus menunjukkan apa aset yang bisnis miliki setelah Anda menambahkan kewajiban dan ekuitas bersama.

15. Laporan Laba Rugi (Income Statement)

Laporan laba rugi juga dikenal sebagai laporan keuangan pernyataan untung rugi, yang menunjukkan berapa banyak uang yang Anda hasilkan dan berapa banyak yang telah Anda habiskan selama rentang waktu tertentu, seperti seperempat atau satu tahun.

Laporan ini merupakan penilaian atas laba dan rugi Anda untuk menentukan laba bersih Anda selama seperempat atau satu tahun.

16. Istilah Akuntansi Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement)

Laporan arus kas adalah laporan secara real-time yang memantau berapa banyak uang tunai masuk dan dari mana asal uang tersebut ( bukan kredit ), dikurangi uang tunai yang dikeluarkan.

Arus kas masuk adalah jumlah dari semua uang yang masuk, dari produk atau layanan yang dijual dan langsung dibayar.

Total arus kas keluar adalah jumlah uang yang Anda habiskan untuk bisnis Anda, misalnya, membeli persediaan.

Mempertahankan kondisi arus kas yang sehat dapat membantu Anda menghindari kebangkrutan.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Mekari Jurnal yang menyediakan fitur pengelolaan kas dan transaksi agar perputaran cash flow bisnis lancar.

Keloa kas dan transaksi lebih mudah dan akurat dengan Mekari Jurnal

Nah, di atas adalah 16 istilah akuntansi keuangan bisnis yang wajib anda ketahui.

Semakin baik Anda merencanakan masa depan bisnis Anda dan membuat keputusan bisnis yang sehat berdasarkan perhitungan realistis.

Pemahaman yang kuat tentang prospek keuangan bisnis juga dapat membantu Anda meyakinkan investor, menjadi lebih siap saat membayar pajak, dan memutuskan Anda sebaiknya menginvestasikan uang dalam bisnis.

Semoga bermanfaat! Manfaatkan juga fitur aplikasi stok barang dari Mekari Jurnal untuk pengelolaan inventaris yang lebih baik!

Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Optimal dengan Integrasi Manajemen Supply Chain!

Dapatkan E-book Sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal