Laporan keuangan perusahaan akan diaudit oleh auditor pada akhir periode akuntansi. Tujuannya yakni untuk melihat bagaimana pelaku usaha atau perusahaan menjalankan ketentuan yang ada. Di sisi lain audit laporan keuangan perusahaan juga memiliki manfaat seperti menambah kredibilitas atas posisi keuangan yang dilaporkan, meningkatkan nilai dan kinerja perusahaan pada periode tersebut, membantu pengambilan keputusan selanjutnya dan masih banyak manfaat lainnya.

Itulah salah satu alasan mengapa banyak perusahaan melakukan audit laporan keuangan, meskipun biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Karenanya penting untuk Anda sebagai pemilik usaha ataupun stakeholder untuk dapat membaca audit laporan keuangan. Bagaimana dengan Anda, apakah sudah memahami tentang audit? Berikut istilah-istilah dalam audit laporan keuangan perusahaan yang perlu Anda tahu:

Manajemen Audit

Merupakan kegiatan evaluasi efektivitas dan efisiensi kinerja operasional perusahaan untuk dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak yang memiliki wewenang yang lebih tinggi dalam suatu perusahaan.

Audit Investigasi

Adalah audit yang digunakan untuk mengidentifikasi atau mengungkapkan adanya tindak kecurangan ataupun kejahatan. Pendekatan, prosedur dan teknik pada audit investigasi berbeda dengan audit lain karena tujuannya juga berbeda.

Internal Auditor

Merupakan individu atau kelompok yang bertugas melakukan evaluasi akurasi data keuangan entitas untuk menghindari masalah hukum dan keuangan.

Independen atau Eksternal Auditor

Auditor yang biasanya berasal dari kantor akuntan publik dan memberikan jasa audit kepada klien.

Performance Audit

Suatu proses penilaian yang sistematis untuk menilai efisiensi dan efektivitas sebuah proses bisnis yang dijalankan. Jadi audit ini akan menilai kepatuhan terhadap kebijakan dan peraturan yang berlaku serta hasil kinerja nya. Sehingga audit ini juga disebut audit kepatuhan.

Uji Tuntas (Due Dilligence)

Merupakan kegiatan penyelidikan kinerja suatu perusahaan, perseorangan, ataupun kinerja program untuk perbandingan terhadap standar baku yang telah ditetapkan.

Information Risk

Adalah risiko atas informasi yang digunakan sebagai dasar untuk mengambil suatu keputusan. Adanya informasi yang tidak akurat dapat disebabkan karena jauhnya informasi, keberpihakan individu,  ataupun sebab lain yang membuat pengambilan keputusan menjadi salah.

Risiko Audit

Risiko yang disebabkan oleh auditor atas pemberian opini pada laporan keuangan. Misal auditor memberikan opini wajar tanpa pengecualian pada laporan keuangan yang memiliki salah saji material. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian auditor dalam mendeteksi kesalahan pada laporan keuangan perusahaan.

Stock Opname

Yakni pemeriksaan jumlah persediaan dengan tujuan untuk mencocokkan jumlah persediaan yang dicatat dalam pembukuan dengan bukti fisik yang ada.

Pemeriksaan Pajak

Merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data, keterangan, atau bukti apapun secara objektif untuk menguji kepatuhan perpajakan.

Initial Audit

Merupakan audit pertama atau audit laporan keuangan perusahaan di mana laporan keuangan tersebut belum pernah diaudit sebelumnya.

Watch-dog

Adalah seorang internal auditor yang ditunjuk menjadi mata-mata pemilik perusahaan dan bertugas melaporkan jika ada tindak kecurangan dalam perusahaan.

Kertas Kerja atau Working Paper Audit

Adalah catatan-catatan yang diselenggarakan auditor mengenai prosedur audit yang ditempuhnya, pengujian yang dilakukannya, informasi yang diperolehnya dan kesimpulan yang dibuat berkenaan dengan pelaksanaan audit.

Itulah beberapa istilah-istilah audit laporan keuangan. Untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan dengan benar dan cepat, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi seperti Jurnal. Jurnal adalah dapat membantu Anda menjalankan sistem akuntansi perusahaan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu menginput semua transaksi, Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan. Dan masih banyak fitur-fitur lain yang akan memudahkan pekerjaan dan kesuksesan bisnis Anda. Sehingga dapat memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dari auditor pada laporan keuangan perusahaan Anda.Temukan info dan fitur lain dari Jurnal dengan klik di sini.