Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

Mengenal Istilah-Istilah Audit Pada Laporan Keuangan Perusahaan

Tayang 06 Jan 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Kenali dulu istilah-istilah dalam audit dalam laporan keuangan perusahaan agar Anda sebagai pemilik bisnis dapat membaca hasilnya. Simak selengkapnya di Blog Mekari Jurnal.

Laporan keuangan perusahaan akan diaudit oleh auditor pada akhir periode akuntansi.

Tujuannya yakni untuk melihat bagaimana pelaku usaha atau perusahaan menjalankan ketentuan yang ada.

Di sisi lain audit laporan keuangan perusahaan juga memiliki manfaat seperti menambah kredibilitas atas posisi keuangan yang dilaporkan, meningkatkan nilai dan kinerja perusahaan pada periode tersebut, membantu pengambilan keputusan selanjutnya dan masih banyak manfaat lainnya.

Itulah salah satu alasan mengapa banyak perusahaan melakukan audit laporan keuangan, meskipun biaya yang dibutuhkan tidak sedikit.

Karenanya penting untuk Anda sebagai pemilik usaha ataupun stakeholder untuk dapat membaca audit laporan keuangan dengan memahami istilah istilah audit yang ada.

mengenal istilah istilah audit pada laporan keuangan

Mari Mengenal Istilah Istilah Audit Dalam Laporan Keuangan Perusahaan!

Berikut istilah-istilah dalam audit laporan keuangan perusahaan yang perlu Anda tahu:

  • Manajemen audit, merupakan kegiatan evaluasi efektivitas dan efisiensi kinerja operasional perusahaan untuk dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak yang memiliki wewenang yang lebih tinggi dalam suatu perusahaan.
  • Audit investigasi, adalah audit yang digunakan untuk mengidentifikasi atau mengungkapkan adanya tindak kecurangan ataupun kejahatan. Pendekatan, prosedur dan teknik pada audit investigasi berbeda dengan audit lain karena tujuannya juga berbeda.
  • Internal auditor, merupakan individu atau kelompok yang bertugas melakukan evaluasi akurasi data keuangan entitas untuk menghindari masalah hukum dan keuangan.
  • Independen atau eksternal auditor,  biasanya berasal dari kantor akuntan publik dan memberikan jasa audit kepada klien.
  • Performance audit, disebut juga dengan audit kepatuhan yaitu suatu proses penilaian yang sistematis untuk menilai efisiensi dan efektivitas sebuah proses bisnis yang dijalankan. Selain itu, audit ini akan menilai kepatuhan terhadap kebijakan dan peraturan yang berlaku serta hasil kinerja nya.
  • Uji tuntas (due dilligence), merupakan kegiatan penyelidikan kinerja suatu perusahaan, perseorangan, ataupun kinerja program untuk perbandingan terhadap standar baku yang telah ditetapkan.
  • Information risk, istilah audit risiko atas informasi yang digunakan sebagai dasar untuk mengambil suatu keputusan. Adanya informasi yang tidak akurat dapat disebabkan karena jauhnya informasi, keberpihakan individu,  ataupun sebab lain yang membuat pengambilan keputusan menjadi salah.
  • Risiko audit, risiko yang disebabkan oleh auditor atas pemberian opini pada laporan keuangan. Misalnya, auditor memberikan opini wajar tanpa pengecualian pada laporan keuangan yang memiliki salah saji material. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian auditor dalam mendeteksi kesalahan pada laporan keuangan perusahaan.
  • Stock opname, pemeriksaan jumlah persediaan dengan tujuan untuk mencocokkan jumlah persediaan yang dicatat dalam pembukuan dengan bukti fisik yang ada. Lihat juga bagaimana program stok barang dapat membantu pekerjaan anda.
  • Pemeriksaan pajak, merupakan kegiatan pengumpulan dan pengolahan data, keterangan, atau bukti apapun secara objektif untuk menguji kepatuhan perpajakan.
  • Initial audit, merupakan audit pertama atau audit laporan keuangan perusahaan di mana laporan keuangan tersebut belum pernah diaudit sebelumnya.
  • Watch-dog, seorang internal auditor yang ditunjuk menjadi mata-mata pemilik perusahaan dan bertugas melaporkan jika ada tindak kecurangan dalam perusahaan.
  • Kertas kerja (working paper), catatan-catatan yang diselenggarakan auditor mengenai prosedur audit yang ditempuhnya, pengujian yang dilakukannya, informasi yang diperolehnya dan kesimpulan yang dibuat berkenaan dengan pelaksanaan audit.

Baca Juga : Persiapan dan Tahapan yang Harus Anda Ikuti dalam Melakukan Audit Di Perusahaan

Audit Laporan Keuangan Lebih Mudah dengan Aplikasi Akuntansi Jurnal!

Untuk memudahkan Anda dalam membuat laporan keuangan dengan benar dan cepat, Anda dapat menggunakan bantuan aplikasi laporan keuangan seperti Jurnal.

Anda hanya perlu menginput semua transaksi, Jurnal secara otomatis akan mengolahnya menjadi laporan keuangan.

Masih banyak fitur-fitur lain yang akan memudahkan pekerjaan dan kesuksesan bisnis Anda, sehingga dapat memperoleh opini wajar tanpa pengecualian dari auditor pada laporan keuangan perusahaan Anda.

Tunggu apalagi? Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal!

Temukan info dan fitur lengkap Jurnal dengan klik di sini.

 

Itulah beberapa istilah-istilah yang sering digunakan pada saat audit laporan keuangan.

Semoga informasi ini bisa berguna dan jangan lupa untuk dibagikan ke sosial media ya.

 

Kategori : Internal Audit
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal