Mekari Jurnal
Daftar Isi
4 min read

6 Langkah Proses Audit yang Harus Anda Ketahui

Tayang 10 Apr 2023
Diperbarui 11 Oktober 2023

Secara umum, audit adalah pemeriksaan formal atas akun laporan keuangan yang dihasilkan oleh suatu individu, bisnis, atau organisasi. Dalam pelaksanaan audit, terdapat serangkaian proses dan langkah-langkah untuk menunjang proses tersebut.

Terdapat dua tipe pekerjaan audit, yaitu audit internal dan eksternal.

Audit internal dilakukan oleh karyawan internal yang berada di dalam organisasi atau perusahaan, sedangkan audit eksternal biasa dilakukan oleh pihak eksternal perusahaan – KAP (Kantor Akuntan Publik) dan BPK (Badan Pengawas Keuangan).

Ada enam langkah spesifik dalam proses audit yang harus diikuti agar pengauditan berjalan dengan sukses.

Proses yang akan dijabarkan adalah yang biasanya dilakukan oleh auditor eksternal.

Berikut enam langkah dalam proses audit secara umum:

1. Meminta Dokumen yang Dibutuhkan

Setelah mengonfirmasi bahwa akan mendatangi klien yang akan diaudit, auditor akan meminta dokumen-dokumen yang dibutuhkan terkait kebutuhan audit.

Bahkan, biasanya auditor sudah mengirimkan daftar dokumen-dokumen yang dibutuhkan terlebih dahulu kepada klien di dalam audit checklist.

Dokumen audit tersebut dapat mencakup beberapa jenis salinan seperti nota keuangan, rekening koran, buku besar, dan laporan audit sebelumnya.

Selain itu, auditor juga dapat meminta bagan organisasi klien bersama dengan daftar nama dewan dan komite terkait.

6 Langkah Proses Audit yang Harus Anda Ketahui - Meminta Dokumen yang Dibutuhkan

2. Mempersiapkan Rencana Proses Audit

Auditor akan memeriksa informasi yang terkandung dalam dokumen dan merencanakan bagaimana proses audit akan dilakukan.

Setiap auditor pastinya memiliki gaya pengauditan yang berbeda-beda dengan tetap mengindahkan kode etik sebagai auditor.

Workshop risiko dapat dilakukan oleh tim Audit untuk mengidentifikasi kemungkinan masalah yang akan muncul selama proses audit dilaksanakan.

Kemudian, auditor akan menyusun rencana audit sesuai workshop atau diskusi yang sudah dilakukan oleh tim audit.

6 Langkah Proses Audit yang Harus Anda Ketahui - Mempersiapkan Rencana Proses Audit

3. Menjadwalkan Rapat Terbuka

Auditor perlu mengundang manajemen senior, general affair, atau staf administrasi utama dari pihak klien ke suatu rapat terbuka.

Di dalam rapat terbuka, auditor akan mempresentasikan ruang lingkup audit (audit scope), lama waktu pelaksanaan audit, dan masalah lain yang perlu dibahas terkait pelaksanaan.

Setiap kepala departemen dari pihak klien dapat diminta tolong untuk mengomunikasikan kepada staf bawahannya tentang kemungkinan adanya wawancara dengan auditor.

persiapan proses audit

4. Mulai Melakukan Kerja Lapangan

Auditor mengambil informasi yang dikumpulkan dari rapat terbuka dan menggunakannya untuk merealisasikan rencana audit.

Kerja lapangan kemudian dilaksanakan dengan berkomunikasi kepada anggota staf dan meninjau prosedur dan proses audit.

Auditor akan menguji kepatuhan klien terkait pencatatan dan pelaporan keuangan yang sesuai dengan PSAK.

Kontrol internal dievaluasi untuk memastikan bahwa hal tersebut benar-benar dijalankan secara reliabel dan memadai.

Auditor dapat mendiskusikan suatu masalah saat masalah tersebut muncul kepada klien untuk memberi klien tersebut kesempatan untuk memberikan feedback.

5. Menyusun Laporan Audit

Auditor menyiapkan laporan yang berisi rincian temuan-temuan selama proses audit dilaksanakan.

Laporan audit akan merangkum segala kesalahan matematis, temuan yang bersifat material dan tidak material, pembayaran yang diotorisasi tetapi tidak dibayar, dan temuan-temuan lainnya.

Auditor kemudian akan menulis komentar terkait temuan-temuan audit dan merekomendasikan solusinya kepada klien.

proses pengecekan audit

6. Menyiapkan Rapat Penutupan Proses Audit

Auditor meminta tanggapan dan persetujuan dari klien terkait masalah dan temuan dalam laporan audit pada rapat penutupan.

Tidak lupa juga untuk menjelaskan deskripsi rencana aksi manajemen untuk mengatasi masalah dan temuan tersebut serta tanggal penyelesaian yang disepakati.

Pada rapat penutupan, semua pihak yang terlibat akan mendiskusikan laporan audit dan tanggapan manajemen secara matang.

Jika terdapat masalah lain, mereka akan langsung menyelesaikan dan mencari solusinya pada rapat penutupan.

Baca juga: Software Akuntansi Berbasis Cloud, Solusi Cerdas Pebisnis Modern

Itulah keenam tahapan dalam melakukan proses audit.

Dalam praktiknya jelas terdapat banyak hambatan yang akan dilalui auditor selama pelaksanaan audit.

Hambatan tersebut tentunya bisa diminimalisir dengan mematangkan persiapan dan perencanaan audit.

Terutama pada saat workshop tim audit sebelum terjun langsung kepada perusahaan klien.

Baik auditor internal maupun eksternal tentu membutuhkan data berupa dokumen seperti buku besar akuntansi ataupun laporan keuangan untuk kebutuhan pelaksanaanaAudit.

Penyertaan data tersebut bisa dilakukan dengan mudah jika perusahaan atau akuntan menggunakan software keuangan modern.

Salah satu software tersebut adalah Jurnal, software akuntansi online berbasis real-time dan cloud-storage yang akan menyediakan laporan keuangan untuk kebutuhan audit secara cepat dan komprehensif.

Dokumen-dokumen seperti nota, bukti pembayaran dan dokumen lainnya bisa ditelusuri secara cepat dan mudah dengan menggunakan Jurnal.

Dapatkan kemudahan pengelolaan keuangan perusahaan. Coba gratis Mekari Jurnal sekarang juga!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya K1e Sales Jurnal Sekarang!

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat!

Nah, itulah penjelasan tentang bagaimana proses audit dilakukan. Semoga bermanfaat!

Kategori : Internal Audit
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal