Mekari Jurnal
Daftar Isi

Bebas dari Masalah Laporan Akhir Tahun dengan 3 Kebiasaan Efektif Akuntansi Ini!

Tayang 03 Apr 2023
Diperbarui 27 November 2023

Dalam setiap akhir tahun periode pembukuan, setiap perusahaan akan selalu sibuk untuk menyiapkan segala macam bentuk contoh laporan keuangan dan mengumpulkan bukti-bukti pembayaran.

Hal ini tentunya tidak akan menjadi sesuatu yang berat jika setiap bulannya pemilik perusahaan selalu teratur membuat laporan dan menyelesaikan kewajiban keuangan dengan baik seperti yang selalu dilakukan oleh para pengusaha professional lainnya.

Dengan membuat pembukuan akuntansi sederhana, pengelolaan keuangan dan inventory perusahaan Anda akan lebih teratur.

Bebas dari Masalah Laporan Akhir Tahun dengan 3 Kebiasaan Efektif Akuntansi Ini!

Di bawah ini akan kita bahas, apa saja kebiasaan efektif akuntansi yang akan mempermudah laporan akhir periode tahunan dalam perusahaan.

1. Selalu Up to Date Melakukan Rekonsiliasi Bank

Proses rekonsiliasi terhadap Bank akan selalu memakan waktu lebih banyak karena melibatkan dua pihak yaitu Bank dan perusahaan.

Aktif melakukan rekonsiliasi terhadap Bank tanpa harus menunggu akhir tahun, selain mempermudah proses pencocokan, juga bisa menghindari kebocoran keuangan maupun faktor lupa dari setiap pembayaran transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan.

Rekonsiliasi bank biasanya dibuat setelah akhir bulan, di mana setelah bank mengirimkan laporan rekening koran beserta cek nasabah yang sudah dibayarkan bank dalam bulan tersebut.

Jika tidak ada kesalahan yang dilakukan nasabah atau pihak bank, setoran dan cek yang ditarik oleh nasabah sudah diterima bank dalam bulan yang sama, tidak ada transaksi yang janggal , maka saldo kas yang dilaporkan bank akan sama persis seperti catatan nasabah.

Selain itu rekonsiliasi bank juga berguna untuk mengetahui penerimaan dan pengeluaran yang sudah terjadi di bank tapi belum dicatat oleh perusahaan.

Baca Juga : Apa itu Rekonsiliasi Bank? Kenali Fungsi dan Istilahnya!

2. Selalu Terdepan dalam Penghitungan & Pembayaran Pajak

Pajak akan selalu terkait dengan keberadaan sebuah bisnis dan pemerintahan.

Jika pajak tertangani dengan benar dan tidak terlambat dalam pembayaran, maka perusahaan akan terhindar dari risiko denda keterlambatan dan faktor hukum yang menyertainya jika terdapat kelalaian.

Membayar pajak tepat waktu dan menghitung jumlah wajib pajak yang harus dibayarkan secara tepat akan mempermudah sebuah perusahaan untuk mendapatkan kenyamanan dan izin operasi dalam sebuah Negara, terutama jika perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan asing.

Selain berhubungan dengan legalitas, adanya penghitungan dan pembayaran pajak secara teratur setiap bulan akan memudahkan perusahaan untuk memiliki pencatatan atau history kewajiban keuangan yang baik, yang akan berguna jika suatu saat ada calon investor yang membutuhkannya.

3. Selalu Memastikan Semua Transaksi Tercatat

Pembukuan atau pencatatan keuangan secara tertib akan selalu berdampak pada banyak hal, antara lain menghindari faktor lupa, kehilangan bukti pembayaran yang belum tercatat, maupun risiko kehilangan kesempatan memperoleh investasi, baik dari pihak Bank maupun investor akibat dari kelalaian atau ketidaksiapan perusahaaan dalam menyiapkan pembuatan laporan keuangan.

Tahukah Anda kalau aplikasi akuntansi online Mekari Jurnal bisa memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan secara lebih praktis dan akurat. Buktikan dengan coba gratis aplikasi Jurnal dengan klik pada tombol atau banner di bawah ini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Salah satu kebiasaan yang bisa juga dikatakan efektif untuk menangani laporan keuangan akhir tahun yang menumpuk adalah dengan menggunakan layanan software akuntansi online seperti Jurnal.

Dapatkan kemudahan untuk melakukan rekonsiliasi terhadap bank secara cepat melalui fitur Cash Link dari Jurnal.

Jurnal juga menyediakan pencatatan laporan keuangan secara instan dan realtime yang selalu bisa di cek dan diperbaharui setiap waktu.

Kemudahan untuk mengetahui jumlah pajak yang harus Anda bayarkan juga akan menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan aplikasi pembukuan keuangan Jurnal sebagai mitra pengelolaan akuntansi perusahaan Anda.

Untuk informasi lebih lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal