Dalam setiap akhir tahun periode pembukuan, setiap perusahaan akan selalu sibuk untuk menyiapkan segala macam bentuk laporan keuangan dan mengumpulkan bukti-bukti pembayaran. Hal ini tentunya tidak akan menjadi sesuatu yang berat jika setiap bulannya pemilik perusahaan selalu teratur membuat laporan dan menyelesaikan kewajiban keuangan dengan baik seperti yang selalu dilakukan oleh para pengusaha professional lainnya. Di bawah ini akan kita bahas, apa saja kebiasaan efektif akuntansi yang akan mempermudah laporan akhir periode tahunan dalam  perusahaan.

 

Selalu Up to Date Melakukan Rekonsiliasi Bank

Proses rekonsiliasi terhadap Bank akan selalu memakan waktu lebih banyak karena melibatkan dua pihak yaitu Bank dan perusahaan. Aktif melakukan rekonsiliasi terhadap Bank tanpa harus menunggu akhir tahun, selain mempermudah proses pencocokan, juga bisa menghindari kebocoran keuangan maupun faktor lupa dari setiap pembayaran transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan.

Rekonsiliasi bank biasanya dibuat setelah akhir bulan, di mana setelah bank mengirimkan laporan rekening koran beserta cek nasabah yang sudah dibayarkan bank dalam bulan tersebut. Jika tidak ada kesalahan yang dilakukan nasabah atau pihak bank, setoran dan cek yang ditarik oleh nasabah sudah diterima bank dalam bulan yang sama, tidak ada transaksi yang janggal , maka saldo kas yang dilaporkan bank akan sama persis seperti catatan nasabah. Selain itu rekonsiliasi bank juga berguna untuk mengetahui penerimaan dan pengeluaran yang sudah terjadi di bank tapi belum dicatat oleh perusahaan.

 

Selalu Terdepan dalam Penghitungan & Pembayaran Pajak

Pajak akan selalu terkait dengan keberadaan sebuah bisnis dan pemerintahan. Jika pajak tertangani dengan benar dan tidak terlambat dalam pembayaran, maka perusahaan akan terhindar dari risiko denda keterlambatan dan faktor hukum yang menyertainya jika terdapat kelalaian. Membayar pajak tepat waktu dan menghitung jumlah wajib pajak yang harus dibayarkan secara tepat akan mempermudah sebuah perusahaan untuk mendapatkan kenyamanan dan izin operasi dalam sebuah Negara, terutama jika perusahaan tersebut merupakan sebuah perusahaan asing.

 

Selain berhubungan dengan legalitas, adanya penghitungan dan pembayaran pajak secara teratur setiap bulan akan memudahkan perusahaan untuk memiliki pencatatan atau history kewajiban keuangan yang baik, yang akan berguna jika suatu saat ada calon investor  yang membutuhkannya.

 

Selalu Memastikan Semua Transaksi Tercatat

Pembukuan atau pencatatan keuangan secara tertib akan selalu berdampak pada banyak hal, antara lain menghindari faktor lupa, kehilangan bukti pembayaran yang belum tercatat, maupun risiko kehilangan kesempatan memperoleh investasi, baik dari pihak Bank maupun investor akibat dari kelalaian atau ketidaksiapan perusahaaan dalam menyiapkan laporan keuangan.

 

Salah satu kebiasaan yang bisa juga dikatakan efektif untuk menangani laporan keuangan akhir tahun yang menumpuk adalah dengan menggunakan layanan software akuntansi online seperti Jurnal. Dapatkan kemudahan untuk melakukan rekonsiliasi terhadap bank secara cepat melalui fitur Cash Link dari Jurnal. Jurnal juga menyediakan pencatatan laporan keuangan secara instan dan realtime yang selalu bisa di cek dan diperbaharui setiap waktu. Kemudahan untuk mengetahui jumlah pajak yang harus Anda bayarkan juga akan menjadi salah satu hal yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan layanan Jurnal sebagai mitra pengelolaan akuntansi perusahaan Anda. Untuk informasi lebih lengkap tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.