Sudah Siap dengan Akhir Tahun? Inilah Laporan Keuangan yang Perlu Anda Siapkan!

Laporan keuangan apa saja yang harus disiapkan pada akhir tahun? Ini dia beberapa tips membuat laporan keuangan akhir tahun dengan cepat dan akurat.

Akhir tahun akan segera tiba, artinya kegiatan-kegiatan seperti membuat laporan keuangan, tutup buku, audit dan lainnya akan menghiasi para pelaku usaha, manajemen dan akuntan.

Membuat laporan keuangan bukanlah hal yang mudah, tidak bisa satu atau dua hari selesai, tetapi membutuhkan waktu bahkan tak jarang perlu lembur untuk menyelesaikan segala kegiatan akhir tahun.

Bagi beberapa pelaku usaha, terutama pengusaha baru yang baru terjun di dunia bisnis, akan merasa bingung.

Oleh karena itu, Blog Mekari Jurnal akan memberikan beberapa tips agar Anda bisa membuat laporan akhir tahun dengan akurat.

Tujuan Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya mengapa perusahaan atau pelaku usaha harus membuat laporan keuangan khususnya pada akhir tahun..

Berikut adalah tujuannya:

  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan, mulai dari cara membuat laporan posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan sehingga informasi tersebut relevan dan reliabel untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.
  • Memenuhi kewajiban, salah satu kewajiban yang harus dibuat oleh pelaku usaha adalah laporan keuangan usaha, sehingga tujuan dibuatnya laporan keuangan yakni memenuhi kebutuhan bersama baik perusahaan sendiri maupun stakeholder.
  • Bentuk tanggung jawab manajemen atas perusahaan, para pemakai laporan keuangan biasanya menilai apa yang sudah dilakukan oleh manajemen, sehingga mereka dapat membuat keputusan ekonomi terkait dengan perusahaan, misalnya, keputusan untuk menahan atau menjual investasinya atau keputusan mengganti manajemen atau tidak, maupun keputusan-keputusan lain.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana

Tujuan Membuat Laporan Keuangan di Akhir Tahun

Laporan Keuangan yang Harus Disiapkan di Akhir Tahun

Laporan keuangan adalah merupakan laporan yang berisi kondisi keuangan pada suatu periode.

Laporan keuangan sendiri wajib dibuat oleh perusahaan yang ditunjukkan kepada stakeholder sebagai bentuk pertanggungjawabannya selama periode berjalan.

Menurut SAK Umum dan SAK ETAP, komponen laporan keuangan terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan aliran kas, neraca dan catatan atas laporan keuangan.

Adapun informasi yang ada pada setiap laporan keuangan akan dibahas secara singkat sebagai berikut:

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi operasional usaha Anda selama satu periode.

Adapun informasi yang disajikan dalam laporan laba rugi, yaitu jenis dan jumlah pendapatan yang didapat dalam satu periode serta jenis dan jumlah pengeluaran.

Informasi-informasi tersebut kemudian akan menunjukkan kondisi bisnis Anda, apakah mengalami laba atau rugi.

Baca Juga : Contoh dan Tahapan dalam Membuat Pembukuan Sederhana

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal berisi informasi tentang jumlah modal yang dimiliki perusahaan serta penyebab modal tersebut berubah.

Informasi yang ada di dalam laporan ini, antara lain:

  • Jenis dan jumlah setiap modal
  • Jumlah rupiah yang berubah
  • Sebab-sebab perubahan modal
  • Jumlah modal setelah adanya perubahan

Baca juga : Manfaat & Langkah Menyelesaikan Pembukuan dengan Tutup Buku

  • Neraca

Neraca atau biasa disebut balance sheet adalah merupakan laporan keuangan yang berisi informasi mengenai harta, kewajiban atau utang, dan modal.

Seperti namanya, balance sheet, maka laporan keuangan ini juga harus sama jumlahnya (seimbang).

Jadi, didalamnya berisi informasi rinci dari akun-akun tersebut, beserta jumlahnya.

Selain itu Anda bisa mengetahui komponen penyusun laporan hingga mengeditnya dengan download neraca keuangan excel secara mudah.

  • Laporan Arus kas

Laporan arus kas merupakan laporan keuangan yang menunjukan aliran atau arus kas masuk (pendapatan) dan arus kas keluar (biaya).

Pada laporan ini, terdapat tiga aktivitas utama yang dimasukan yakni aktivitas/kegiatan operasional, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

  • Catatan Atas Laporan Keuangan

Terakhir, yakni catatan atas laporan keuangan, merupakan laporan yang berhubungan dengan informasi pengungkapan mengenai laporan keuangan.

Laporan ini berisi penjelasan yang dianggap perlu, sehingga jelas mengenai alasan atau sebabnya.

Misalnya, informasi mengenai kebijakan akuntansi, sumber estimasi ketidakpastian, dividen, dan sebagainya.

Baca Juga : Ketahui Karakteristik Kualitatif Yang Harus Ada Pada Laporan Keuangan

Tips Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun dengan Cepat & Akurat

Agar memudahkan Anda membuat laporan keuangan perusahan dengan cepat dan akurat, simak tips berikut ini:

Disiplin, Jangan Buang Waktu

Agar dapat menyelesaikan laporan keuangan dengan waktu yang tinggal sedikit, maka Anda harus disiplin dan jangan membuang-buang waktu.

Siapkan semua informasi tentang data dan bukti untuk membuat laporan keuangan akhir tahun.

Karena seperti yang kita tahu, untuk membuat laporan keuangan memerlukan bukti transaksi sebagai dasarnya.

Setelah itu Anda dapat membuat daftar ceklis seperti jurnal dan buku besar dalam tahun tersebut, juga informasi-informasi lain seperti aset, utang, modal, faktur, dan lain sebagainya.

Semua data tersebut mengumpulkan dengan rapi untuk memudahkan Anda membuat laporan keuangan.

Ini juga merupakan salah satu tips cara membuat laporan keuangan akhir tahun dengan cepat nan akurat.

Berikut Tips Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun dengan Cepat & Akurat

Buat Laporan Sederhana

Setelah mengumpulkan semua transaksi dan informasi tentang keuangan perusahaan.

Maka buatlah laporan yang sederhana, misalnya saja uraikan data-data yang sudah Anda dapatkan dari langkah pertama dengan baik.

Anda dapat menulisnya dengan bahasa yang sederhana. Tujuannya agar Anda mudah memahaminya.

Dengan begitu, Anda tidak akan bingung dan membaca berulang kali.

Selain itu, Anda juga dapat membuat keputusan dengan cepat dan fokus untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga : Sistem Pembuatan Laporan Keuangan Perusahaan

Gunakan Software Akuntansi Mekari Jurnal

Jika Anda menyewa jasa profesional untuk membuat laporan keuangan perusahaan di akhir tahun pasti akan membutuhkan biaya yang cukup besar.

Bagi perusahaan dengan skala besar mungkin bukan suatu masalah.

Tetapi untuk bisnis menengah ke bawah seperti UKM menyewa seorang profesional perlu dipikirkan beribu kali.

Setelah dua tahap di atas sudah melakukan selanjutnya untuk membuat laporan keuangan secara cepat dan akurat adalah hal yang mudah.

Kini dengan majunya teknologi, Anda dapat membuat pembukuan dan laporan keuangan akhir tahun dengan menggunakan software akuntansi.

Setiap aplikasi akuntansi memiliki fitur-fitur yang memudahkan Anda membuat laporan keuangan dengan cepat, mudah dan tepat.

Salah satu software akuntansi yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan tahunan secara cepat adalah Mekari Jurnal.

Jurnal memiliki fitur yang sangat lengkap seperti pembukuan, pembuatan faktur, manajemen persediaan, pembuatan laporan keuangan, Cash Link, dan fitur-fitur lain yang mendukung pengelolaan perusahaan Anda.

Kelebihan lain dari Jurnal yakni aksesnya yang mudah dan merupakan salah satu cara membuat laporan keuangan akhir tahun dengan cepat dan akurat.

Anda dapat menggunakan Jurnal di mana pun dan kapan pun, lewat ponsel ataupun komputer selama ada jaringan internet, bahkan sebagai aplikasi inventaris barang sekalipun.

Sehingga Anda pembukuan dan laporan keuangan perusahaan Anda di akhir tahun dapat melakukan lebih praktis, cepat dan akurat karena perhitungan melakukan oleh sistem yang terotomatisasi via aplikasi pembukuan keuangan Jurnal.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur aplikasi Jurnal selengkapnya, silahkan klik di sini.

Coba Gratis Mekari Jurnal dan nikmati promo menarik lainnya.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Itulah jenis-jenis laporan keuangan juga pembukuan yang dibuat di akhir tahun. Semoga bermanfaat!

 

 

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo