Jurnal Enterpreneur

Sudah Siap dengan Akhir Tahun? Inilah Laporan Keuangan yang Perlu Anda Siapkan!

Seperti apa contoh laporan akhir tahun perusahaan atau contoh laporan akhir tahun perusahaan? Berikut akan dibahas cara pembukuan, contoh neraca, contoh laporan keuangan akhir tahun dan cara membuat laporan akhir tahun.

Akhir tahun akan segera tiba, artinya kegiatan-kegiatan seperti membuat laporan keuangan, tutup buku, audit dan lainnya akan menghiasi para pelaku usaha, manajemen dan akuntan.

Membuat laporan keuangan bukanlah hal yang mudah, tidak bisa satu atau dua hari selesai, tetapi membutuhkan waktu bahkan tak jarang perlu lembur untuk menyelesaikan segala kegiatan akhir tahun.

Sebenarnya laporan keuangan apa saja yang harus disiapkan pada akhir tahun? Bagi beberapa pelaku usaha, terutama pengusaha baru yang baru terjun di dunia bisnis, akan merasa bingung.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal, Software Akuntansi Online Terpercaya!

Seperti Apa Neraca, Pembukuan Dan Contoh Laporan Keuangan Akhir Tahun Itu?

Untuk itu artikel ini akan membahas mengenai laporan apa saja yang harus Anda siapkan di akhir tahun dan mengapa Anda harus membuatnya.

Baca juga: Pentingnya Laporan Keuangan Tahunan Bagi Perusahaan

Laporan Keuangan yang Harus Disiapkan Di Akhir Tahun

Laporan keuangan adalah merupakan laporan yang berisi kondisi keuangan pada suatu periode.

Laporan keuangan sendiri wajib dibuat oleh perusahaan yang ditunjukkan kepada stakeholder sebagai bentuk pertanggungjawabannya selama periode berjalan.

Menurut SAK Umum dan SAK ETAP, komponen laporan keuangan terdiri dari laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan aliran kas, neraca dan catatan atas laporan keuangan.

Baca juga : Jenis-Jenis Laporan Keuangan Dalam Akuntansi

Adapun informasi yang ada pada setiap laporan keuangan akan dibahas secara singkat sebagai berikut:

  • Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi operasional usaha Anda selama satu periode.

Adapun informasi yang disajikan dalam laporan laba rugi, yaitu jenis dan jumlah pendapatan yang didapat dalam satu periode serta jenis dan jumlah pengeluaran.

Informasi-informasi tersebut kemudian akan menunjukkan kondisi bisnis Anda, apakah mengalami laba atau rugi.

Baca Juga : Contoh dan Tahapan dalam Membuat Pembukuan Sederhana

  • Laporan Perubahan Modal

Laporan perubahan modal ini berisi informasi tentang jumlah modal yang dimiliki perusahaan serta penyebab modal tersebut berubah.

Informasi yang ada di dalam laporan ini, antara lain:

  • Jenis dan jumlah setiap modal
  • Jumlah rupiah yang berubah
  • Sebab-sebab perubahan modal
  • Jumlah modal setelah adanya perubahan

Baca juga : Manfaat & Langkah Menyelesaikan Pembukuan dengan Tutup Buku

  • Neraca

Neraca atau biasa disebut balance sheet adalah merupakan laporan keuangan yang berisi informasi mengenai harta, kewajiban atau utang, dan modal.

Jadi, didalamnya berisi informasi rinci dari akun-akun tersebut, beserta jumlahnya.

Seperti namanya, balance sheet, maka laporan keuangan ini juga harus sama jumlahnya (seimbang).

  • Laporan Arus kas

Laporan Arus Kas merupakan laporan keuangan yang menunjukan aliran atau arus kas masuk (pendapatan) dan arus kas keluar (biaya).

Pada laporan ini, terdapat tiga aktivitas utama yang dimasukan yakni aktivitas/kegiatan operasional, aktivitas investasi dan aktivitas pendanaan.

  • Catatan Atas Laporan Keuangan

Terakhir, yakni catatan atas laporan keuangan, merupakan laporan yang berhubungan dengan informasi pengungkapan mengenai laporan keuangan.

Laporan ini berisi penjelasan yang dianggap perlu, sehingga jelas mengenai alasan atau sebabnya.

Misalnya, informasi mengenai kebijakan akuntansi, sumber estimasi ketidakpastian, dividen, dan sebagainya.

Baca Juga : Ketahui Karakteristik Kualitatif Yang Harus Ada Pada Laporan Keuangan

Tujuan Membuat Laporan Keuangan 

Tujuan Membuat Laporan Keuangan di Akhir Tahun

Mungkin beberapa dari Anda bertanya-tanya mengapa perusahaan atau pelaku usaha harus membuat laporan keuangan.

Memang apa sebenarnya tujuan pembuatan laporan keuangan?

Menurut Standar Akuntansi Keuangan, tujuan dibuatnya laporan keuangan adalah sebagai berikut:

Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan

Tujuan laporan keuangan yang pertama adalah menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan sehingga informasi tersebut relevan dan reliabel untuk digunakan dalam pengambilan keputusan.

Baca Juga : Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana

  • Memenuhi kewajiban

Sebuah bisnis atau perusahaan yang didirikan pasti mempunyai akibat hukum tersendiri.

Salah satu kewajiban yang harus dibuat oleh pelaku usaha adalah laporan keuangan usaha, sehingga tujuan dibuatnya laporan keuangan yakni memenuhi kebutuhan bersama baik perusahaan sendiri maupun stakeholder.

Namun, laporan keuangan juga tidak menyediakan semua informasi yang dibutuhkan stakeholder karena didalam laporan keuangan tidak diwajibkan untuk menyediakan informasi yang bersifat non keuangan.

Baca juga : Tips Membuat Laporan Keuangan Akhir Tahun dengan Cepat & Akurat

  • Bentuk tanggung jawab manajemen atas perusahaan

Laporan keuangan juga merupakan tanggung jawab manajemen atas perusahaan.

Para pemakai laporan keuangan biasanya menilai apa yang sudah dilakukan oleh manajemen, sehingga mereka dapat membuat keputusan ekonomi terkait dengan perusahaan.

Baca Juga : Pengertian Laporan Keuangan dan Fungsinya bagi Perusahaan

Misalnya, keputusan untuk menahan atau menjual investasinya atau keputusan mengganti manajemen atau tidak, maupun keputusan-keputusan lain.

Itulah jenis-jenis laporan keuangan juga pembukuan yang dibuat di akhir tahun dan tujuan dari pembuatan laporan keuangan.

Seperti yang kita tahu bahwa membuat laporan memerlukan waktu yang banyak, tetapi, sayangnya, Anda harus membuat laporan-laporan tersebut.

Untuk memudahkan Anda dalam membuatnya dengan cepat dan otomatis, Anda dapat menggunakan aplikasi laporan keuangan, seperti Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Gunakan Aplikasi Akuntansi Jurnal By Mekari Untuk Permudah Pembuatan Laporan Keuangan Akhir Tahun

Dengan Jurnal, Anda dapat membuat laporan keuangan secara instan dan realtime.

Jurnal juga dapat diakses di manapun dan kapanpun dengan menggunakan koneksi internet.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur aplikasi Jurnal selengkapnya, silahkan klik di sini.

 

Kategori : Akuntansi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo