Alasan Mengapa Usaha Kecil Perlu Dikembangkan dan Cara Jitu Pengembangannya

Usaha kecil hingga menengah banyak tumbuh di masa pandemi saat ini. Hal ini merupakan salah satu dampak positif yang akan berakibat positif juga untuk perekonomian bangsa secara keseluruhan.

Berikut adalah ulasan tentang mengapa usaha kecil perlu dikembangkan dan beberapa cara jitu yang bisa digunakan dalam proses pengembangannya.

mengapa usaha kecil perlu dikembangkan

Alasan Mengapa Usaha Kecil Harus Dikembangkan

1. Membuka lapangan kerja

Banyak usaha kecil hingga menengah yang mulai tumbuh saat ini seiring perkembangan jaman. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mampu menjadi penunjang ekonomi rakyat dengan baik. Bahkan Tercatat sebanyak 64,13 juta UMKM yang ada di Indonesia perlu untuk dikembangkan untuk kepentingan yang lebih besar.

Salah satu alasan bisnis kecil di Indonesia perlu dikembangkan adalah karena merupakan lapangan pekerjaan bagi banyak orang. Pembukaan lapangan pekerjaan baru ini tentu harus didukung untuk menurunkan angka pengangguran secara signifikan dan untuk menambah kesejahteraan rakyat.

Terbukti bahwa UMKM mampu menyerap lapangan kerja yang lebih banyak. Tingginya perkembangan usaha kecil atau UMKM ini juga didasarkan pada kondisi pandemi yang membuat banyak masyarakat merubah pola konsumsi. Pembelian barang maupun jasa banyak menggunakan cara digital yang dirasa lebih efisien di jaman ini.

2. Mengurangi kesenjangan sosial

Selanjutnya adalah untuk mengurangi kesenjangan sosial. Hal ini tentu akan berkaitan dengan seiring naiknya perekonomian masyarakat bila mempunyai usaha kecilnya sendiri. Membuka lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri sekaligus uang tambahan untuk kebutuhan.

Menjadi wirausaha tentu mempunyai banyak dampak positif khususnya pada tingkat perekonomian seseorang. Sehingga kesenjangan ekonomi di lapisan masyarakat bisa banyak dikurangi dengan seiring pertumbuhan ekonomi yang semakin meningkat. Hal ini jugalah yang mendorong pemerintah dan banyak pihak terkait untuk lebih mengembangkan UMKM.

3. Meningkatkan perekonomian Nasional

UMKM merupakan salah satu bagian dari ekonomi nasional memang hal yang benar. Sesuai dengan UUD 1945 pada pasal 33 ayat 4, menyebutkan bahwa UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian. UMKM juga memiliki potensi yang besar untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Alasan usaha kecil perlu dikembangkan ini juga berkaitan dengan Peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Tercatat data di Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM di Indonesia saat ini bisa mencapai 64,19 juta. Hal ini seiring dengan kontribusi terhadap PDB yang mencapai 61,97% atau setara dengan 8.573,89 triliun rupiah.

Dengan pertumbuhan usaha kecil atau UMKM yang menjanjikan ini, terbukti mampu menyerap hingga 97% dari total jumlah tenaga kerja yang ada. Tak hanya itu, UMKM juga ikut turut serta dalam menghimpun investasi hingga 60,4% dari total investasi. Hal ini tentu menjadi alasan kuat mengapa usaha kecil perlu dikembangkan.

4. Sebagai ajang eksistensi bisnis

Terlepas dari banyak faktor ekonomi bila usaha kecil ditingkatkan, namun terdapat alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan. Salah satunya adalah sebagai ajang membuktikan eksistensi bisnis kedepannya. Pengembangan harus dilakukan agar pelanggan tetap bisa terkoneksi dengan kebutuhannya.

Bisnis yang sudah tumbuh dengan pesat pun perlu melakukan pengembangan. Sehingga bisnis tersebut tidak mudah turun dan tetap bertahap menghadapi iklim ekonomi kedepannya. Pengembangan usaha ini juga akan meliputi pengembangan ide dan inovasi yang mengikuti perkembangan jaman dan pasar.

Namun masih banyak halangan yang menyebabkan UMKM atau usaha kecil susah untuk berkembang. Sebelum masuk pada cara pengembangan UMKM, faktor mengapa banyak usaha kecil yang gagal berkembang dibawah ini harus diketahui terlebih dahulu untuk mencegah bisnis UMKM gagal berkembang.

Faktor Penyebab Bisnis Kecil Sulit Berkembang

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan mengapa bisnis UMKM tidak bisa berkembang. Hal yang utama adalah faktor biaya operasional. Untuk membuka usaha kecil, memang diperlukan biaya yang cukup banyak. Faktor biaya yang harus dipersiapkan ini tak banyak disadari oleh pelaku bisnis.

Sehingga saat membuka usaha, harapan terhadap pemasukan yang akan diterima menjadi tidak realistis. Arus kas keluar dan masuknya uang harus sangat diperhatikan. Hal ini tidak boleh disepelekan, karena akan berkaitan dengan usaha kecil kedepannya. Terkait hal biaya ini pemerintah mempunyai banyak solusi yang ditawarkan.

Solusi dari pemerintah ini akan membuat usaha kecil terbantu secara finansial. Beberapa diantara bantuan tersebut adalah seperti subsidi bunga/margin, belanja Imbal Jasa Penjaminan (IJP), penempatan Dana Pemerintah di perbankan, penjaminan loss limit kredit UMKM, pajang penghasilan hingga program final UMKM yang ditanggung pemerintah.

mengapa usaha kecil perlu dikembangkan

10 Tips Jitu Mengembangkan Usaha Kecil

1. Memilih Jenis Usaha yang Sesuai

Terlepas dari bantuan pemerintah untuk membantu meningkatkan usaha kecil atau UMKM, ada banyak alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan dan cara yang bisa dilakukan pelaku usaha untuk mendorong usahanya agar lebih berkembang. Salah satu tips tersebut adalah dengan memilih jenis usaha yang sesuai dengan keinginan dan kemampuan pelaku bisnis.

Hal ini mungkin sepele namun penting untuk keberlangsungan bisnis UMKM. memilih usaha dengan bidang yang dikuasai atau karena memang kesukaan melakukan bidang tersebut akan memberi motivasi tersendiri bagi pelaku bisnis kecil untuk terus berkembang. Hal ini karena barang yang sedang dijalankan merupakan hal yang disukai dan sudah digeluti sejak lama.

Bila hobi yang dimiliki bisa berpotensi menghasilkan uang, maka tunggu apalagi. Raih kesempatan tersebut dengan mengembangkannya menjadi bisnis kecil yang terus tumbuh dan melakukan inovasi. Misalnya bidang travelling, kuliner makanan atau seni. Dari hobi ini pelaku usaha bisa mengembangkannya menjadi bisnis yang menjanjikan.

2. Melakukan Riset Pasar

Hal penting lainnya untuk faktor dan alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan adalah dengan melakukan riset pasar. Riset pasar harus dan wajib dilakukan sebelum membuka bisnis. Tak hanya itu, riset pasar ini juga harus terus dilakukan saat usaha mulai berkembang. Hal ini bisa dijadikan dasar agar usaha yang dijalankan terus mempunyai inovasi.

Tak hanya itu, dengan melakukan riset pasar, pelaku bisnis juga akan lebih memahami apa yang sedang terjadi dan menemukan peluang bisnis yang baru. Informasi tentang kebutuhan masyarakat, hingga info penting tentang kompetitor akan bisa anda dapatkan sebagai acuan pengembangan bisnis.

Riset yang dilakukan ini juga baik dalam menemukan bahan baku usaha yang berkualitas. Pencarian bahan baku yang berkualitas namun dengan harga yang terjangkau tentu akan malah membuat usaha UMKM punyai lebih banyak untung. Sehingga riset pasar seperti ini harus dilakukan secara rutin agar usaha kecil dapat berkembang.

3. Penganggaran Modal Dengan Tepat

Hal yang tak kalah penting lainnya untuk pengembangan usaha adalah dari faktor modal. Pengelolaan modal atau anggaran ini harus dilakukan secara tepat dan teliti. Faktor modal dan anggaran ini banyak menjadi faktor penyebab UMKM gagal berkembang. Sehingga perlu dilakukan usaha pengelolaan yang lebih baik.

Modal atau anggaran bisnis memang tidak selalu besar. Namun dengan pengelolaan yang baik, modal yang terbatas pun juga bisa menunjang kinerja usaha secara efisien. Menghindari membeli barang barang yang belum diperlukan adalah salah satu tipsnya. Oleh karena itu, penting untuk membuat rencana belanja rutin setiap bulan.

Rencana anggaran dan juga proses pembukuan yang tepat akan membuat bisnis berjalan lebih lancar dan menjadi alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan. Mengelola keuangan harus dilakukan dengan disiplin, agar anggaran yang digunakan bisa tepat sasaran. Dengan rencana anggaran yang tepat juga bisa mencegah pemborosan.

4. Memilih Lokasi Usaha yang Tepat

Banyak faktor lainnya yang bisa membuat usaha kecil bisa terus berkembang. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan pemilihan lokasi yang tepat. Tak hanya terkait modal saja yang penting, namun memilih lokasi yang strategis bisa menjadi faktor yang menentukan. Lokasi usaha yang ramai dan terletak di jalan utama bisa dipilih.

Lokasi strategis yang terletak di keramaian akan bisa lebih cepat menarik pelanggan untuk melihatnya. Namun, bila ingin merintis usaha kecil atau UMKM juga bisa dilakukan dirumah. Banyak usaha besar yang berawal dari proses produksi di rumah. Garasi atau ruang lainnya di rumah bisa juga disulap menjadi lokasi usaha yang menjanjikan.

Namun, jangan lupa untuk terus melakukan inovasi. Lapak usaha yang dibuka dirumah juga bisa menjadi alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan dan masuk ke pasar bisnis online. Penggunaan digital saat ini memang sangat membantu banyak usaha kecil untuk berkembang. Modal perizinan tempat akan lebih bisa dihemat dengan menggunakan lapak online.

5. Memanfaatkan Peralatan yang Sudah Ada

Memulai usaha kecil seperti UMKM memang perlu ide kreatif. Salah satu ide tersebut bisa dimanfaatkan dengan menggunakan peralatan yang sudah ada. Salah satu masalah yang sering ditemui para pelaku bisnis adalah masalah modal. Modal yang terbatas harus dikelola dengan lebih tepat dan efisien.

Memanfaatkan berbagai peralatan yang sudah ada untuk menjalankan bisnis akan membuat pelaku bisnis menghemat banyak anggaran usaha. Bila memang tidak dibutuhkan secara urgent, maka membeli peralatan yang belum dibutuhkan sebaiknya dihindari. Menggunakan bantuan tenaga manual bisa dilakukan untuk membantu.

Walaupun memang lebih repot dan membutuhkan ketelitian lebih, hal ini bisa dilakukan agar bisnis kecil berkembang dan cara menghemat anggaran. Jangan segan untuk menggunakan bantuan tenaga manual untuk merintis usaha awal. Dengan usaha dan tekad yang kuat maka usaha rintisan perlahan akan terus berkembang.

6. Memanfaatkan Social Media Sebagai Sarana dan Kanal Promosi

Perkembangan dunia digital saat ini memang menjanjikan. Tak hanya sebagai media sosial berbagi informasi tentang kegiatan sehari hari, namun penggunaan sosial media saat ini juga membuka banyak peluang bisnis baru. Kemudahan dalam menjangkau banyak orang membuat penggunaan platform digital ini peluang baru promosi.

Promosi usaha produk maupun jasa bisa dilakukan lebih hemat bahkan secara gratis. Sehingga pengembangan usaha bisa dilakukan lebih mudah saat ini bila dilakukan dengan tepat. Beberapa platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan masih banyak lagi lainnya bisa digunakan untuk menjangkau pasar yang lebih luas.

Penggunaan website bisnis juga mulai banyak digunakan untuk mengenalkan produk usaha lebih baik. Penggunaan website ini juga mempunyai banyak fungsinya, tak hanya sebagai media promosi namun juga sebagai branding usaha. Memposting di media sosial bisa menjadi cara yang efisien dan mengikuti jaman.

7. Mengajak Orang Terdekat

Saat merintis usaha kecil pada awalnya memang akan cenderung menggunakan modal yang terbatas. Modal ini tak hanya untuk mengelola produksi saja, namun juga akan berkaitan dengan tenaga kerja. Dengan modal yang terbatas ini masih belum memungkinkan untuk merekrut pekerja tambahan.

Sehingga akan banyak usaha kecil yang akan dilakukan dengan bantuan tenaga pribadi atau memanfaatkan orang terdekat. Bisnis kecil pada awalnya memang dilakukan bersama orang terdekat untuk menghemat biaya dan anggaran. Sehingga anggaran tak banyak habis untuk menggaji pekerja yang pekerjaannya bisa dilakukan sendiri.

Penambahan tenaga kerja akan bisa dilakukan bila usaha sudah mulai berkembang dan membutuhkan bantuan banyak orang. Namun tetap saja, jumlah pekerja yang dibutuhkan harus dihitung dengan teliti dan tidak berlebihan. Sehingga mengapa usaha kecil perlu dikembangkan agar bisa membantu membuka lapangan kerja baru kedepannya.

8. Memaksimalkan Tenaga Pribadi

Merekrut karyawan untuk usaha kecil yang baru merintis memang belum dirasa perlu. Hal ini juga akan berkaitan dengan efisiensi anggaran untuk menggaji karyawan. Daripada mengeluarkan biaya untuk gaji karyawan, maka akan lebih baik bila pekerjaan usaha bisa dilakukan secara mandiri untuk sementara waktu.

Mengerjakan usaha dengan tenaga pribadi memang memerlukan tekad yang kuat. Selain itu, faktor ketelitian juga menjadi dasar yang kuat dalam menjalankan usaha. Sehingga jangan ragu untuk memulai usaha dengan tenaga pribadi, karena selain bisa mengatur jalannya bisnis pelaku usaha juga bisa menekan banyak biaya operasional.

Seiring berjalannya waktu, bila bisnis sudah banyak berkembang dan membutuhkan bantuan karyawan. Maka perekrutan karyawan bisa dilakukan. Efisien dalam menggunakan tenaga kerja adalah kunci usaha kecil bisa terus berkembang dan menjadi alasan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan.

9. Inovasi Produk yang Mengikuti Jaman

Kunci usaha kecil agar bisa terus berkembang adalah dengan terus melakukan inovasi. Ide kreatif harus terus dijalankan dan dilakukan demi membuat usaha terus berkembang. Untuk mendapatkan inovasi terbaru untuk produk usaha, diperlukan adanya riset guna menemukan apa yang sedang pasar butuhkan saat ini.

Customer cenderung mempunyai selera yang mudah bosan pada penggunaan suatu barang. Sehingga produk yang terus berkembang dan mempunyai ide yang baru akan menjadi peluang bisnis menjanjikan. Berbagai langkah inovasi dalam bisnis dilakukan untuk membuat usaha lebih berkembang dan mengikuti trend jaman.

Walaupun begitu, ide kreatif tentang barang yang akan diproduksi ini juga harus diimbangi dengan kualitas yang harus terjaga dengan baik. Kualitas produk yang baik dan terus terjaga juga menjadi faktor penting mengapa usaha kecil perlu dikembangkan dan agar pelanggan tetap percaya untuk membeli produk pada usaha tersebut.

10. Totalitas Dalam Bisnis

Tips menjalankan bisnis atau usaha kecil satu ini tidak bisa disepelekan. Tekad yang kuat dan totalitas dalam menjalankan bisnis merupakan faktor penting yang menentukan keberlangsungan bisnis tersebut. Jangan pernah setengah setengah dalam menjalankan bisnis terlebih untuk usaha rintisan yang baru akan berkembang.

Perhatian khusus dan keuletan akan membuat bisnis semakin berkembang. Selain itu, sifat jangan mudah putus asa juga harus lebih diterapkan. Persaingan bisnis memang hal yang lumrah terjadi. Terlebih dalam era perkembangan digital saat ini yang membuat banyak kompetitor bergerak di bidang yang sama.

Selain itu, faktor yang menentukan mengapa usaha kecil perlu dikembangkan dan keberhasilan bisnis adalah penggunaan waktu. Disiplin dalam mengelola waktu juga menjadi kunci penting. Penggunaan waktu secara efisien akan membuat bisnis anda cepat berkembang, jangan sampai kendor, malas atau menunda pekerjaan saat menjalankan bisnis terutama untuk bisnis rintisan.

Penggunaan software akuntansi online dari Mekari Jurnal akan membantu meningkatkan produktivitas bisnis. Aplikasi yang terintegrasi dengan banyak sistem ini seperti fitur aplikasi laporan keuangan ini mampu membantu dan membuat usaha kecil berkembang hingga tanpa batas yang bisa menjadi salah satu pilihan dan solusi terbaik sebagai partner kinerja perusahaan.

Itulah beberapa informasi penting tentang pengembangan usaha kecil yang bisa anda ketahui. Tingkat produktivitas bisnis atau usaha bisa ditingkatkan bila mengetahui cara dan langkah yang benar sehingga penggunaan cara diatas akan membantu anda untuk mengembangkan usaha yang baru dirintis dengan lebih efisien.

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo