Contoh Inovasi Bisnis, Alasan Menjalankannya, dan Tips Agar Sukses!

Inovasi bisnis merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar dapat membuat bisnis tetap berkembang, maju, serta semakin menguntungkan.

Ada berbagai macam contoh inovasi bisnis yang bisa kita terapkan.

Namun, sebelum melihat contoh dari inovasi bisnis, Anda harus mengetahui pengertian hingga tips untuk menjalankan inovasi ini agar proses inovasi bisnis berjalan lancar.

contoh inovasi bisnis

Pengertian Inovasi Bisnis

Inovasi bisnis sebenarnya merupakan proses penerapan ide baru, gagasan dan kreativitas segar yang berkaitan dengan peningkatan produk maupun layanan dari sebuah merek. Tentu saja tujuan melakukan proses inovasi ini adalah untuk memenuhi kebutuhan konsumen, memperoleh keuntungan serta tetap eksis di tengah persaingan pasar.

Setiap pengusaha, apapun bidang yang mereka miliki harus melakukan inovasi dari waktu ke waktu agar dapat mempertahankan serta meningkatkan kesuksesan usaha.

Pentingnya Melakukan Inovasi Bisnis

Sebelum masuk pada contoh inovasi bisnis, ada beberapa hal yang membuat inovasi bisnis ini penting bagi perusahaan, seperti:

  • Menjaga Keutuhan Bisnis

Tidak sedikit brand yang berhenti melakukan inovasi dan akhirnya mereka tenggelam begitu saja di dalam persaingan pasar yang begitu pesat. Inovasi memiliki arti terus menerus mencari ide serta pembaharuan. Dengan begitu, bisnis yang dimiliki sesuai dengan pasar serta kebutuhan konsumen.

  • Membuat Bisnis Lebih Unggul Dibandingkan dengan Kompetitor

Melakukan inovasi juga dilakukan untuk memproduksi maupun menyediakan produk yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Minimal, produk yang kita miliki sama levelnya dengan produk yang dimiliki oleh kompetitor.

Dengan membuat bisnis lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor, brand yang Anda miliki menjadi tetap diperhitungkan dalam ranah bisnis.

  • Agar Dapat Memenuhi Kebutuhan Konsumen

Merek yang Anda miliki tidak akan menonjol serta dilirik oleh konsumen bila tidak terdapat peningkatan kualitas. Baik dari segi produk maupun gagasan-gagasan tertentu. Inovasi di dalam bisnis juga menjadi cara mempertahankan konsumen serta menjangkau calon konsumen baru sehingga mereka menjadi tertarik dengan produk yang Anda miliki.

  • Agar Dapat Mengakomodir Karyawan

Karyawan lebih-lebih kaum milenial serta generasi Z begitu kompetitif. Mereka ingin membuat karya serta bekerja di perusahaan yang dapat menampung ide serta gebrakan baru yang diyakini memiliki potensi yang cerah di masa mendatang.

Selain itu, karyawan yang selalu melihat passion dalam dirinya akan selalu tertantang serta bersemangat untuk memecahkan masalah, hingga ikut berkontribusi agar mencapai tujuan perusahaan.

  • Semakin Meningkatkan Brand Awareness

Tidak sedikit konsumen yang lebih suka brand yang terkenal disebabkan karena inovasi serta kesadaran sosial. Lebih-lebih inovasi yang paling kuat dapat dilihat dari menariknya strategi pemasaran sehingga akan membuat konsumen menjadi penasaran.

Akhirnya, semakin banyak calon konsumen yang ingin mengenal merek yang Anda miliki. Tentu saja ini menjadi keuntungan tersendiri.

  • Memecahkan Masalah

Tidak sedikit contoh inovasi bisnis yang juga dapat memecahkan masalah. Inovasi bisnis bertujuan untuk memahami masalah serta menemukan cara agar dapat memecahkan masalah tersebut secara efektif.

Contohnya saja seperti belajar cara yang efisien untuk melakukan pemasaran yang baru serta menjangkau target konsumen yang jauh lebih luas. Seperti halnya menggunakan sosial media sebagai media promosi.

Contoh Inovasi Bisnis Pada Produk

Ada berbagai macam contoh dari inovasi bisnis terutama dari segi produk seperti:

  1. Pengusaha di bidang kuliner khususnya makanan seperti roti dan donat, donat yang biasanya memiliki bentuk bulat dan melingkar, namun dibuat tidak dengan bentuk bulat.
  2. Usaha di bidang pariwisata. Dulunya, usaha pariwisata hanya mengadakan kegiatan dari pagi hingga sore hari, Anda dapat melakukan inovasi dengan memberi layanan wisata malam, sehingga suasana akan jauh lebih berbeda.
  3. Sekarang ini terdapat kue cubit yang memiliki berbagai macam rasa modern mulai dari red velvet, keju dan tiramisu. Upaya contoh inovasi bisnis ini dilakukan agar makanan tradisional tetap diminati serta tidak ketinggalan dengan makanan luar negeri.
  4. Makanan abon. Dulunya makanan ini dibuat dari bahan daging ayam dan daging sapi. Namun sekarang terdapat abon yang dibuat dari sayuran, pepaya hingga jantung pisang.
  5. Lele goreng. Dulunya, menu lele goreng hanya disajikan dengan sambal terasi biasa. Namun sekarang terdapat varian menu sambel lele goreng sehingga rasanya jauh lebih pedas dan digemari oleh pecinta makanan pedas.

Contoh Inovasi Bisnis pada Proses

Inovasi bisnis bukan hanya dari produk saja. Namun, inovasi bisnis ini juga dapat dilakukan pada bagian proses. Berikut beberapa contoh inovasi bisnis dari segi proses, yaitu:

  1. Contoh inovasi bisnis pertama, toko offline berubah menjadi toko online. Hal yang paling terlihat dari inovasi bisnis di bagian proses adalah proses penjualan yang dulunya dilakukan secara offline, sekarang dilakukan secara online.

Dulunya menjual barang dengan menggunakan sistem online dianggap sebagai hal yang tidak biasa. Namun, sekarang sudah banyak marketplace sehingga menjual barang secara online dianggap sebagai hal yang lumrah. Lebih-lebih setelah adanya pandemi, proses bisnis justru lebih banyak menggunakan sistem online dibandingkan dengan offline.

  1. Contoh inovasi bisnis berikutnya, cara pembayaran. Selain sistem berjualan, cara pembayaran juga berubah. Dulu, kita banyak menemukan sistem pembayaran secara tunai. Namun sekarang kita sendiri lebih nyaman melakukan pembayaran dengan menggunakan scan barcode atau menggunakan fitur transfer.

Contoh Inovasi Model Bisnis

Inovasi bisnis juga dilakukan untuk memperoleh keuntungan dan menghasilkan uang. Berikut beberapa contoh inovasi bisnis dari segi modal usaha, antara lain:

  1. Brand baju yang menyediakan layanan sewa. Sekarang, brand terkenal bukan hanya menjual baju, namun mereka juga menyediakan layanan sewa baju. Khususnya baju yang memiliki harga mahal.

Dengan adanya layanan ini, tentu saja konsumen akan merasa diuntungkan karena bisa lebih hemat. Selain itu, brand juga memperoleh keuntungan meskipun tidak menjual baju.

  1. Contoh inovasi bisnis berikutnya penawaran waralaba. Pada bisnis makanan atau minuman yang sudah besar, biasanya mereka bukan hanya menjual makanan atau membuka cabang, namun juga membuka layanan kemitraan seperti waralaba.

Dengan adanya layanan kemitraan ini, keuntungan yang diperoleh pebisnis akan jauh lebih besar lagi karena bukan hanya ada pada penjualan produk, namun juga penjualan kemitraan.

  1. Membuka reseller. Contoh inovasi bisnis yang lainnya adalah membuka sistem reseller. Dengan membuka sistem reseller, penjualan produk bisa dilakukan dalam jumlah lebih banyak. Selain itu produk juga bisa lebih cepat dikenal oleh masyarakat karena banyaknya reseller yang bergabung.

Contoh Inovasi Bisnis pada Bidang Pengiriman

Sedangkan bila dilihat dari inovasi bisnis di bidang pengiriman, sekarang ini konsumen tidak perlu datang ke toko secara langsung karena barang dapat dikirim dengan cepat. Berikut beberapa contohnya:

  1. Contoh inovasi bisnis pertama, Tesla melakukan inovasi pembelian mobil secara online. Salah satu brand besar yakni Tesla juga melakukan inovasi ini. Pembeli mobil Tesla dapat melakukan pembelian secara online. Dengan inovasi ini, perusahaan menjadi jauh lebih efisien, untung dan maju.
  2. Contoh inovasi bisnis lainnya, layanan pengiriman dengan pembayaran COD. Inovasi yang lainnya adalah layanan pengiriman yang disertai dengan pembayaran sistem COD. Dengan adanya layanan ini, pembeli merasa lebih yakin, karena barang yang mereka pesan berada di depan mata terlebih dahulu kemudian baru melakukan pembayaran.

Tips Melakukan Inovasi Bisnis

Setelah melihat berbagai contoh inovasi dalam bisnis di atas, apakah Anda ingin melakukan inovasi bisnis? Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan ketika sedang melakukan inovasi bisnis, seperti:

  • Terus Gali Kreativitas

Bisnis tidak hanya mengenai perhitungan matang antara laba dan modal. Tetapi, juga membutuhkan proses kreativitas agar dapat memajukan bisnis. Bentuk kreativitas sangat diperlukan ketika menjalankan teknik pemasaran.

Contohnya saja seperti produksi iklan, mendesain kemasan produk, menulis teks yang menarik, hingga meningkatkan kualitas produk serta layanan. Sehingga, pelaku usaha harus mempunyai kreativitas serta bekerjasama dengan tim dengan visi serta misi yang sama agar bisa meningkatkan nilai bisnis.

  • Melakukan Analisis Kompetitor

Ketika melakukan salah satu contoh inovasi bisnis, Anda harus melakukan analisis kompetitor terlebih dulu.

Anda dapat menganalisis produk seperti apa yang kompetitor miliki, detail produk, layanan hingga fitur yang dimiliki. Bahkan strategi pemasaran yang dimiliki oleh competitor juga harus diketahui.

Jika sudah memahami apa yang kurang di merek yang Anda miliki namun dikuasai oleh kompetitor, Anda dan tim harus mulai melakukan inovasi agar dapat lebih unggul dari mereka.

Minimal, level produk yang Anda miliki tidak berbeda jauh dengan kompetitor di mata konsumen. Anda dapat mengadopsi strategi yang sama dengan kompetitor, bahkan berpikir semakin kreatif agar dapat menyajikan hal yang baru untuk konsumen.

  • Lihat Testimoni Konsumen

Dari testimoni yang diberikan konsumen, Anda bisa memperoleh ide baru untuk dipelajari. Seluruh opini yang diberikan konsumen, entah opini yang baik maupun buruk, harus dipertimbangkan dengan baik untuk melakukan inovasi.

Hindari mengabaikan kolom review di situs jual beli maupun komentar di media sosial. Anda harus menampung seluruh saran agar bisa membuat strategi yang lebih hebat untuk usaha yang Anda miliki di masa depan.

  • Optimalkan Teknologi

Seperti dalam contoh inovasi bisnis, mengoptimalkan teknologi dapat dilakukan. Di era yang semakin canggih ini, sebagai pebisnis Anda juga harus melakukan pendekatan digital marketing agar bisa meningkatkan cakupan bisnis.

Anda bisa memulainya dengan memasarkan produk serta layanan di platform digital seperti website atau media sosial. Jika belum memiliki website, Anda bisa mulai membuat website.

Dengan memiliki website, konsumen akan lebih mudah mengakses informasi produk yang Anda sediakan. Selain itu konsumen juga semakin mudah melakukan transaksi pembelian secara online.

  • Jangan Ragu Melakukan Perubahan

Bisnis yang telah sukses juga harus tetap melakukan inovasi. Jangan ragu ketika ingin melakukan inovasi. Anda dapat melakukan perubahan positif agar bisa menyesuaikan bisnis sesuai dengan permintaan konsumen sekarang ini.

Mungkin Anda tidak dapat merubah layanan atau produk yang disediakan. Tetapi, beberapa aspek seperti teknik marketing dapat diubah serta disesuaikan.

  • Bentuk Tim yang Solid

Seluruh tim dari atasan sampai bawahan memiliki peran ketika melakukan inovasi bisnis. Anda dapat melakukan brainstorming selama beberapa hari agar bisa menampung ide serta saran yang dimiliki pegawai.

Selain itu pelatihan karyawan yang sesuai dengan bidang yang dimilikinya juga dapat menjadi aset perusahaan, sehingga mereka dapat berkembang untuk mengembangkan bisnis.

  • Tingkatkan Kualitas Produk

Pastikan selalu memperbaiki apa yang kurang dari produk, layanan maupun jasa yang sekarang ini Anda sediakan. Anda dapat mencari inovasi dan ide agar bisa meningkatkan kualitas produk agar dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

Anda tidak perlu menciptakan produk baru yang berbeda dari yang diciptakan saat ini. Namun, Anda dapat memperbaiki kualitas produk yang sudah dikeluarkan agar semakin bagus.

  • Lakukan Strategi Pemasaran yang Baru

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, strategi pemasaran merupakan bentuk inovasi bisnis yang terlihat serta kuat. Satu produk bisa dipasarkan dengan berbagai macam metode berbeda agar dapat menarik perhatian konsumen.

Ada berbagai macam inovasi ketika melakukan strategi pemasaran, seperti:

  • Menggunakan media pemasaran berbeda-beda. Anda dapat menggunakan media pemasaran mulai dari yang konvensional seperti di koran hingga menggunakan iklan digital seperti di media sosial.
  • Menggunakan model iklan. Salah satu bentuk pemasaran yang sekarang ini sangat digandrungi adalah menggunakan model iklan seperti tokoh berpengaruh baik influencer maupun yang lainnya.
  • Menggunakan copywriting yang sesuai dengan target konsumen serta mengikuti trend sekarang ini.
  • Menciptakan iklan video.

Begitu banyak inovasi ketika melakukan strategi pemasaran. Anda beserta dengan tim harus membuat formula yang pas agar bisa menarik banyak calon konsumen yang terlihat potensial.

  • Ikuti Perkembangan Zaman

Ketika berhasil melakukan sebuah inovasi, hindari berhenti begitu saja. Anda sebagai seorang pelaku bisnis tentu harus mengikuti trend yang terjadi sekarang ini.

Contohnya saat ini semua bisnis mempunyai website official. Bila tidak melakukan adaptasi dengan perkembangan pasar, brand yang Anda miliki bisa tertinggal serta mudah dilupakan oleh konsumen begitu saja.

  • Jadwalkan Program Inovasi Internal

Sebagai pemilik usaha, Anda dapat mencetuskan ide sehingga setiap tim melakukan program inovasi internal dengan teratur. Langkah ini dilakukan agar bisa menampung energi kreatif karyawan serta melakukan eksekusi ide brilian yang dapat direalisasikan.

  • Penuhi Fasilitas Kantor

Sebisa mungkin, buat kantor menjadi nyaman serta sesuai dengan persona dari brand yang Anda miliki. Sehingga pegawai atau konsumen yang datang langsung bisa lebih nyaman. Kantor yang nyaman bisa meningkatkan persepsi konsumen akan merek atau brand yang Anda miliki.

  • Lakukan Laporan Kinerja

Laporan per kuartal diperlukan agar bisa menilai seperti apa grafik pertumbuhan perusahaan. Anda dapat mencatat apa saja yang menjadi faktor kenaikan serta cara untuk mempertahankannya.

Jika grafik mengalami penurunan, laporan tersebut dapat digunakan untuk mencari solusi serta membuat rencana bisnis yang jauh lebih potensial.

contoh inovasi bisnis

Indikator Keberhasilan Inovasi Bisnis

Setelah melihat contoh inovasi bisnis, bahkan tips untuk menjalankannya, hal lain yang harus Anda ketahui adalah indikator yang menunjukkan apakah inovasi yang dilakukan tergolong berhasil atau tidak. Berikut beberapa indikator yang menandakan inovasi bisnis Anda berhasil, antara lain:

  • Adanya Laba Atau Keuntungan yang Meningkat

Ketika selesai melakukan inovasi bisnis, kemudian beberapa waktu kemudian laba yang dimiliki perusahaan mengalami peningkatan. Hal ini menunjukkan jika inovasi yang dilakukan berjalan sesuai dengan rencana. Namun, bila mengalami kerugian, Anda dapat melakukan evaluasi mengenai inovasi yang sudah diterapkan.

  • Adanya Perubahan Review ke Arah Positif

Bukan hanya masalah laba, indikator lain yang menunjukkan jika inovasi yang dilakukan berhasil adalah adanya perubahan review yang diberikan pelanggan. Anda dapat memperhatikan seperti apa pandangan pelanggan pada produk yang dimiliki.

Bandingkan dengan tanggapan yang mereka berikan sebelum melakukan inovasi. Jika pelanggan memberikan ulasan positif mengenai bisnis yang Anda miliki, hal ini dapat menunjukkan jika inovasi tersebut berhasil.

  • Jaringan Bisnis Menjadi Semakin Kuat

Salah satu tujuan dari melakukan inovasi bisnis adalah agar bisnis menjadi semakin kuat. Hal ini termasuk jaringan bisnis yang Anda miliki. Bila jaringan pasar Anda menjadi lebih luas, dapat dikatakan jika inovasi bisnis berjalan dengan lancar.

Contoh Bisnis Inovatif

Selain melakukan berbagai contoh inovasi bisnis beserta dengan tipsnya, Anda juga dapat mencoba bisnis-bisnis yang inovatif, seperti:

  1. Cemilan Unik

Bisnis kreatif yang secara terus menerus mengalami perubahan ialah makanan. Tidak sedikit cemilan unik yang bermunculan secara tiba-tiba mulai dari camilan basah sampai camilan kering.

Anda dapat melakukan inovasi dengan membuat camilan unik namun sesuai dengan perkembangan trend. Contoh inovasi bisnis adalah memproduksi makanan bercita rasa pedas hal ini disebabkan karena sekarang masyarakat sedang menyukai camilan keripik pedas aneka rasa.

  1. Usaha Kue Dan Roti

Di dalam dunia kuliner, ide bisnis memang selalu muncul. Salah satunya adalah bisnis kue dan roti yang sekarang menjadi trend. Mulai dari kue yang diubah menjadi menu baru hingga adonan kue dengan aneka rasa.

Anda dapat menciptakan kreasi sendiri agar bisa membuat sesuatu yang berbeda. Bukan hanya itu, keinginan dan kebutuhan pelanggan yang terus menerus mengalami perubahan juga dapat dijadikan sebagai peluang agar bisa menjual produk baru.

  1. Desain Uang Mahar

Tidak sedikit pasangan yang ingin desain uang mahar menjadi unik. Bila Anda ahli membuat desain yang kreatif, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini. Namun, bisnis ini membutuhkan keterampilan tinggi karena kerajinan tangan yang dibuat sama sekali tidak mudah.

  1. Thrift Store

Ide bisnis yang lainnya adalah thrift store. Thrift store merupakan bisnis yang menjual baju bekas import namun masih layak pakai. Modal yang dibutuhkan untuk bisnis ini juga kecil.

Dalam mengelola bisnis, Anda memerlukan aplikasi bisnis yang di dalamnya terdapat fitur seperti invoice online dari Mekari Jurnal. Anda juga dapat bergabung ke program referral Mekari Jurnal dan dapatkan keuntungannya.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo