9 Peluang Usaha di Bidang Pariwisata

Peluang usaha di bidang pariwisata masih sangat terbuka lebar, meskipun di saat pandemi seperti ini, Indonesia tetaplah sebuah negara dengan banyak lokasi wisata yang bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan terutama bagi UKM.

Industri pariwisata menjadi salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan dan tidak akan pernah sepi akan pengunjung karena kebutuhan akan rekreasi yang tidak akan pernah ada habisnya.

Apalagi bagi Anda yang tinggal di dekat tempat wisata, dan inilah beberapa macam bisnis wisata yang bisa Anda coba.

Macam bisnis wisata berikut bisa Anda coba dan gunakan sebagai salah satu peluang bisnis.

Selain dapat menambah penghasilan, Anda juga bisa membuka lapangan pekerjaan dan menyerap banyak tenaga kerja dengan adanya usaha bisnis yang Anda jalankan. Sangat bermanfaat bukan? Dan berikut ini merupakan ulasannya untuk Anda.

Peluang Usaha di Bidang Pariwisata

Potensi Beberapa Macam Bisnis Wisata

Ketika kita membicarakan masalah macam bisnis wisata, tentu tidak akan ada habisnya karena seperti yang telah disinggung sebelumnya, kebutuhan manusia akan rekreasi dan wisata tidak akan pernah ada habisnya.

Maka dari itulah industri pariwisata bisa menjadi suatu peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk dijalankan.

Benar sekali, peluang usaha di bidang pariwisata masih sangat terbuka lebar bagi siapa saja.

Anda pasti telah sering melihat bahwa tempat-tempat wisata yang sangat populer seperti Borobudur, Bunaken, dan tempat wisata lain pasti akan banyak diikuti banyak bisnis yang berkembang di sekitarnya.

Seperti juga di daerah Bali yang selalu ramai oleh wisatawan mancanegara ataupun domestik juga memiliki industri pariwisata yang sangat tertata dengan baik.

Kepopuleran Bali juga menyebabkan banyaknya macam bisnis wisata yang dibuka di daerah Bali dan menjadi tempat menciptakan serta menyerap banyak lapangan pekerjaan.

Namun, jika Anda merupakan salah satu dari orang yang sudah memiliki modal yang cukup akan tetapi masih kebingungan mencari jenis bisnis wisata yang akan dijalankan, maka ulasan mengenai macam bisnis wisata ini akan sangat cocok untuk Anda.

Peluang Usaha di Bidang Pariwisata

9 Macam Peluang Bisnis Wisata

Berikut ini merupakan 9 contoh macam bisnis wisata untuk Anda yang bisa Anda coba dan lakukan sebagai peluang bisnis:

Bisnis kuliner

Satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari tempat wisata adalah kuliner atau macam makannya. Kebanyakan orang akan mencari tahu mengenai jenis kuliner atau makanan apa yang khas dan banyak ditemukan di sebuah tempat wisata.

Maka tak heran jika kuliner menjadi salah satu dari macam bisnis wisata yang sangat berpotensi dan menjanjikan.

Bisnis kuliner juga dapat menjadi ikon dari suatu tempat wisata, dan untuk itulah dibutuhkan pengelolaan yang benar-benar matang dan baik dari bisnis kuliner di tempat wisata ini.

Karena sepatutnya bisnis yang Kita kembangkan juga harus bisa lebih maju dan tidak hanya terbatas pada tempat wisata itu saja.

Akankah lebih baiknya jika bisnis kuliner yang kita kembangkan mampu menjadi produk unggulan dari tempat wisata tersebut.

Bisnis tempat penginapan

Selain kuliner, tempat wisata juga sangat bergantung pada penginapan. Penginapan berupa hotel, motel, hostel, ataupun guest house bisa menjadi salah satu macam bisnis wisata yang sangat menjanjikan dan menguntungkan.

Hal ini dikarenakan peran krusial yang dipegang oleh peran penginapan tersebut terhadap tempat wisata yang ada.

Para wisatawan yang datang tentunya tidak hanya mengunjungi dalam waktu satu hari saja, pasti diantara mereka ada yang menginap dan menghabiskan waktu lebih dari satu hari di tempat wisata yang mereka tuju.

Inilah peluang usaha di bidang pariwisata yang bisa Anda coba. Selain itu, bisnis tempat penginapan juga akan menyerap banyak tenaga kerja dari warga sekitar yang akan bekerja di tempat penginapan tersebut.

Bisnis penyewaan atau rental kendaraan

Kendaraan atau transportasi akan sama pentingnya dengan peran dari penginapan pada sebuah tempat wisata.

Penyewaan atau rental kendaraan juga bisa menjadi salah satu dari macam bisnis wisata yang sangat menjanjikan sekaligus menguntungkan bagi Anda. Kendaraan yang disewakan bisa berupa mobil, motor, ataupun sepeda biasa. Layanan penyewaan yang diberikan bisa berupa perjam, perhari, minggu, ataupun perbulan.

Dan harga yang diberikan juga akan berbeda pada setiap durasi penyewaan dan jenis kendaraan yang disewa.

Bisnis jasa tour guide

Tour guide merupakan orang yang akan mendampingi para wisatawan untuk mengelilingi tempat wisata. Tak hanya itu saja, tour guide juga akan memberikan banyak informasi kepada para wisatawan mengenai tempat wisata tersebut.

Jika Anda ingin memulai usaha jasa pariwisata yang mudah, maka bisa menjadi tour guide untuk tempat wisata tersebut.

Anda akan memandu para wisatawan dan mengenalkan tempat wisata. Usaha ini cukup menjanjikan mengingat Anda tidak perlu mengeluarkan modal apapun.

Walaupun begitu, usaha ini tetap menguntungkan karena orang-orang akan selalu membutuhkan tour guide untuk berwisata.

Usaha jasa pariwisata ini cukup banyak diminati karena selalu memberikan keuntungan dan tidak pernah sepi peminat.

Bisnis penjualan souvenir dan oleh-oleh

Setiap kita berwisata, pasti oleh-oleh dan souvenir akan menjadi satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari wisata tersebut. Pasti terbesit keinginan kita untuk membawakan souvenir dan oleh-oleh kepada orang yang Kita cintai di rumah.

Dan hal inilah yang menjadikan bisnis ini menjadi salah satu dari macam bisnis wisata yang menjanjikan.

Anda bisa membuka toko souvenir ataupun oleh-oleh yang isinya berkaitan dengan tempat wisata yang ada.

Seperti contohnya di sekitar Candi Borobudur, maka oleh-oleh yang Anda buat juga harus berkaitan dengan Candi Borobudur supaya bisa menunjukkan identitas dari tempat wisata yang dikunjungi oleh wisatawan.

Usaha Jasa Pariwisata Penerjemah

Selain menjadi tour guide, Anda juga bisa menjadi seorang penerjemah di tempat wisata tersebut. Jika Anda mempunyai keahlian menguasai banyak bahasa asing atau bahasa daerah, ini bisa menjadi nilai tambah untuk Anda.

Anda bisa memandu para wisatawan yang berasal dari luar negeri untuk bisa mengenal berbagai tempat wisata yang ada di Indonesia.

Menjadi penerjemah juga sangat mudah untuk dilakukan dan tidak perlu mengeluarkan modal. Anda hanya perlu mengandalkan kemampuan Anda saja dalam menjalankannya.

Usaha Jasa Pariwisata Fotografi

Jika Anda mempunyai kamera maka bisa memulai untuk membuka jasa fotografi pada tempat wisata. Anda bisa memotret para wisatawan dan kemudian memberikan hasil fotonya kepada mereka.

Usaha fotografi juga merupakan usaha pada bidang jasa yang cukup menjanjikan.

Fotografi dianggap penting karena bisa menjadi kenang-kenangan ketika wisatawan pergi ke suatu tempat. Oleh sebab itu, jasa fotografi akan selalu dibutuhkan oleh para wisatawan kapanpun dan dimanapun.

Usaha Penyewaan Kendaraan

Anda juga bisa menyewakan kendaraan Anda kepada para wisatawan untuk memulai bisnis pariwisata. Wisatawan akan diajak untuk mengelilingi banyak tempat wisata dengan menggunakan kendaraan Anda.

Penyewaan kendaraan akan selalu dibutuhkan oleh para wisatawan. Hal ini disebabkan karena dengan adanya kendaraan, mereka akan menjadi lebih mudah untuk mengelilingi berbagai tempat dengan cepat dan nyaman.

Maka, hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang usaha pariwisata.

Usaha Penyewaan Peralatan

Jika Anda tinggal di sekitar tempat wisata seperti misalnya kolam renang, pantai, gunung, dan lain sebagainya maka bisa mencoba usaha penyewaan peralatan.

Misalnya, Anda bisa menyewakan peralatan renang seperti ban, kacamata renang, pelampung, dan lain sebagainya pada wisatawan di sekitar pantai.

Kemudian, Anda juga bisa menyewakan peralatan gunung jika berada di sekitar lokasi wisata pegunungan. Usaha pariwisata penyewaan alat ini juga cukup banyak diminati. Para wisatawan akan selalu membutuhkan peralatan-peralatan penunjang tersebut.

Maka, usaha jasa pariwisata ini akan memberikan Anda keuntungan.

Itulah 9 macam bisnis wisata yang bisa Anda coba untuk jadikan peluang usaha yang sangat menjanjikan dan menguntungkan. Namun jangan lupa untuk mempersiapkan modal yang cukup sebelum menjalankan bisnis tersebut.

 

Peluang Usaha di Bidang Pariwisata

Kelola Bisnis Wisata dengan Jurnal by Mekari

Jurnal by Mekari merupakan software akuntansi yang memiliki fitur aplikasi pembukuan dan fitur aplikasi pajak online untuk pembuatan faktur dan perhitungan pajak otomatis. Apapun usaha Anda terkait tempat wisata dan bidang pariwisata, maka Jurnal siap membantu usaha menjadi lebih mudah, terkendali dan terstruktur.

Nikmati kesempatan free trial aplikasi catatan keuangan Jurnal selama 14 hari.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo