Pantai merupakan salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit banyak orang. Tempat wisata pantai biasanya akan ramai dikunjungi saat weekend atau musim liburan. Pada umumnya, penduduk yang tinggal di daerah pesisir pantai memiliki mata pencarian sebagai nelayan. Namun, karena kebijakan dari pemerintah daerah yang ingin menambah pendapatan daerah, maka kawasan pantai pada akhirnya diberi perhatian khusus untuk diangkat nilai kepariwisataannya. Salah satunya adalah dengan menyediakan peluang bisnis bagi para masyarakat di sekitar kawasan wisata untuk dapat membuka bisnis sampingan. Ada banyak jenis bisnis yang sangat cocok digunakan untuk meraup keuntungan dengan memanfaatkan peluang bisnis wisata pantai. Bagi para penduduk yang ada di sekitar kawasan pantai, hal ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan.

 

Jenis Bisnis Potensial di Kawasan Pantai

Peluang Bisnis di Daerah Wisata Pantai yang PotensialAda banyak sekali jenis bisnis yang cukup potensial untuk dijalankan di kawasan wisata pantai. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Bisnis kuliner

Berkunjung ke tempat wisata pantai tentu saja akan menghabiskan waktu yang cukup banyak. Banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan ketika berlibur di pantai seperti bermain air, bermain pasir, berenang, berselancar dan lain sebagainya membutuhkan banyak tenaga dan waktu. Dengan melihat peluang tersebut, maka menjalankan bisnis kuliner seperti membuka rumah makan atau restoran merupakan pilihan yang tepat. Karena pasti akan banyak disinggahi oleh para wisatawan.

2. Bisnis penginapan

Jenis bisnis yang paling potensial untuk dijalankan di sekitar daerah wisata pantai lainnya adalah penginapan atau homestay. Wisatawan yang berkunjung untuk berlibur berasal dari berbagai macam daerah baik itu lokal maupun internasional. Apalagi bagi wisatawan yang berasal dari tempat yang jauh, maka tidak cukup rasanya jika menghabiskan waktu hanya satu hari saja. Untuk dapat memuaskan diri dalam menikmati objek wisata dalam beberapa hari, maka mereka harus menginap atau tinggal sementara.

3. Bisnis toilet dan kamar mandi

Seorang wisatawan yang melakukan aktivitas di pantai seperti berenang, bermain air, dan selancar pasti membutuhkan toilet dan kamar mandi. Oleh karena itu, peluang bisnis wisata pantai yang satu ini cukup menjanjikan, Membuka jasa sewa toilet dan kamar mandi akan sangat laris dan ramai. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk memperoleh pendapatan tinggi, apalagi saat banyak pengunjung pantai di musim liburan.

4. Bisnis tempat parkir

Minimnya lahan parkir yang ada di daerah pantai membuat bisnis tempat parkir kendaraan menjadi salah satu bisnis sampingan yang potensial. Ditambah dengan medan yang berpasir, membuat kendaraan kesulitan untuk melintas. Sehingga setiap kendaraan para pengunjung pantai harus diparkirkan di kawasan sebelum memasuki pantai. Jenis bisnis yang satu ini sangat cocok bagi para penduduk yang memiliki lahan kosong untuk dijadikan sebagai tempat parkir.

5. Bisnis sewa kendaraan

Peluang bisnis wisata pantai lain yang tidak kalah potensial untuk dijalankan adalah jasa sewa kendaraan. Beberapa wisatawan yang berkunjung akan membutuhkan kendaraan seperti motor atau mobil untuk berkeliling di daerah wisata. Kondisi ini sangat cocok untuk dijadikan peluang dalam menjalankan bisnis sewa kendaraan. Selain mobil dan motor, kendaraan lain yang dapat disewakan biasanya adalah ATV. Para pengunjung pantai akan tertarik untuk menyewa ATV yang dapat digunakan saat ingin mengintari garis pantai.

6. Bisnis sewa peralatan pantai

Para wisatawan yang berkunjung di pantai biasanya tidak hanya menikmati keindahan pemandangannya saja. Pada umumnya mereka juga ingin melakukan berbagai kegiatan lain seperti snorkeling, diving, atau selancar. Tidak semua wisatawan yang datang membawa peralatan sendiri dari rumah. Oleh karena itu, bisnis sewa peralatan untuk berbagai kegiatan wisata pantai sangat berpeluang. Beberapa barang yang dapat disewakan untuk wisatawan diantaranya adalah papan selancar, alat serang, diving, dan lain sebagainya.

Selain menyediakan perlengkapan, menjadi pemandu kegiatan seperti snorkeling juga cukup potensial. Para wisatawan yang kurang cakap dalam melakukan snorkeling akan sangat terbantu dengan adanya seorang pemandu. Bagi para penduduk sekitar yang memiliki kemampuan menyelam yang baik, maka keahlian tersebut dapat dijadikan sebagai sebuah bisnis yang akan mendapatkan sejumlah uang.

7. Bisnis sewa tenda dan perlengkapan berkemah

Bagi para wisatawan yang belum puas menikmati pesona pantai di siang hari, biasanya mereka akan melanjutkan untuk bermalam di pantai. Hal ini tentu saja dapat dijadikan sebagai peluang bisnis wisata pantai yang cukup menjanjikan. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda harus menyediakan berbagai jenis tenda dan perlengkapan pendukung lainnya untuk berkemah. Tenda yang Anda sediakan tidak perlu mewah, yang penting adalah nyaman digunakan oleh setiap wisatawan yang menyewanya.

8. Bisnis sewa tikar dan layang-layang

Para wisatawan yang berkunjung ke pantai biasanya membawa keluarga besarnya. Jumlahnya pun biasanya mencapai 8 hingga 10 orang. Hal ini merupakan salah satu peluang bisnis wisata pantai yang dapat dimanfaatkan. Anda dapat membuka bisnis sewa tikar. Selain itu, berjualan atau menyewakan layang-layang juga dapat Anda coba. Karena bermain layang-layang di pantai ternyata juga diminati banyak orang. Angin pantai yang kencang sangat mendukung Anda untuk berjualan atau menyewakan layang-layang. Agar lebih menarik, Anda dapat menyediakan model layang-layang yang unik. Jangan lupa untuk menyediakan variasi ukuran, mulai dari kecil, sedang, hingga besar sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan para wisatawan.

 

Tips Menjalankan Bisnis di Area Wisata Pantai

Peluang Bisnis di Daerah Wisata Pantai yang PotensialAda beberapa tips yang dapat Anda ikuti saat ingin menjalankan peluang bisnis wisata pantai. Diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Memilih lokasi yang strategis sehingga akan banyak pengunjung pantai yang melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  2. Menjual produk yang sesuai atau yang berhubungan dengan tempat wisata pantai.
  3. Selalu memperhatikan kapan saja waktu pantai ramai oleh pengunjung.
  4. Memperhatikan modal yang akan dikeluarkan. Dengan memperhatikan modal, maka Anda akan lebih mudah dalam memperhitungkan keuntungan yang akan Anda dapatkan. Jangan terlalu berambisi untuk mengeluarkan modal besar karena hal itu justru dapat membahayakan bisnis Anda.
  5. Menjalankan bisnis secara konsisten.

Itulah beberapa informasi penting tentang peluang bisnis wisata pantai yang perlu Anda ketahui. Jika ingin sukses dalam berbisnis, Anda memang dituntut untuk jeli dalam melihat dan memperhatikan peluang yang ada. Jangan lupa untuk melakukan analisis bisnis sebelum benar-benar mulai menjalankan sebuah usaha. Karena bisnis yang dijalankan tanpa persiapan yang matang biasanya tidak dapat berjalan dengan lancar.

Bagi Anda yang telah memiliki sebuah bisnis, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi online Jurnal. Dengan bantuan software ini, Anda dapat membuat pembukuan dan laporan keuangan bisnis lebih mudah dan rapi. Jurnal juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur terbaik yang sangat cocok untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda. Selain itu, Jurnal juga telah dipercaya dan digunakan oleh banyak UKM di Indonesia. Daftarkan bisnis Anda sekarang untuk mendapatkan free trial selama 14 hari. Informasi selengkapnya klik di sini!