21 Ide Usaha Milenial Gen Z Modal Kecil + Tipsnya

Saat ini sebenarnya sudah banyak sekali anak milenial yang memulai usaha atau bisnis. Ada berbagai macam jenis bisnis yang sudah menjamur di pasaran, seperti bisnis kosmetik, fashion, kuliner, hingga bisnis jasa pun juga ada.

Namun, untuk memulai bisnis itu sendiri tidaklah mudah. Dibutuhkan banyak usaha dan upaya agar menghasilkan bisnis yang sukses. Pun ketika memulai usaha harus juga siap menghadapi segala risiko dan tantangan yang mengadang.

usaha milenial

Nah, bagi kamu yang mungkin baru mau memulai usaha, kamu bisa simak tips ini sebelum mempraktikkannya.

Tips Bisnis dan Usaha

1. Cari Tahu Apa yang Kamu Suka 

Bekerja di bidang yang kamu tidak suka pasti isinya mengeluh terus, uring-uringan, dan tidak betah. Begitupun dalam membangun usaha.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis, cari tahu apa yang kamu sukai. Kalau kamu membangun usaha sesuai minat, pasti hasilnya akan positif. Karena kamu menjalaninya dengan penuh rasa cinta dan sepenuh hati.

2. Cari Target Pasar

Setelah tahu ide bisnis apa yang cocok denganmu, cari tahu juga siapa yang akan menjadi target pasarmu. Apakah bisnismu ditujukan untuk segmen anak-anak, remaja, dewasa, atau tua; kalangan bawah, menengah, atau atas; juga jenis kelamin dan pendidikan.

Dengan begitu, kamu akan dapat membuat atau menjual barang atau jasa sesuai target pasarmu. Sehingga tepat sasaran.

3. Cari Informasi yang Relevan 

Langkah selanjutnya yaitu mencari informasi yang berhubungan dengan bisnis yang akan kamu bangun. Dalam hal ini, kamu bisa memperoleh informasi dari internet, teman, keluarga, atau sumber lainnya. Semakin banyak informasi yang kamu dapat, makin banyak pula referensinya.

4. Lanjut Buat Konsep Bisnis 

Jangan ketinggalan membuat konsep bisnis. Dari mulai pra produksi, produksi, sampai pasca produksi. Buat gambaran kasarnya atau kerangka besarnya. Konsep bisnis ini akan membantumu memaksimalkan rencana bisnis yang ingin kamu wujudkan.

5. Hitung Modal Usaha 

Begitu konsep tersusun secara menyeluruh, saatnya menghitung modal usaha. Di antaranya modal pembelian peralatan usaha, pengadaan aset, maupun perlengkapan kantor apabila dibutuhkan.

6. Jangan Takut Gagal

Kegagalan merupakan hal yang lumrah ketika seseorang memulai suatu kegiatan, namun kegagalan ini menjadikan teman-teman dari generasi milenial untuk maju dan belajar dari kesalahan.

Artinya, teman-teman dari generasi milenial harus memiliki beberapa rencana untuk mengantisipasi atau menghadapi kegagalan dari bisnis yang akan dimulai. Jadi, bikin plan sebaik mungkin untuk mencapai keinginan kita.

7. Tidak Ada yang Instan

Segala apa yang terjadi dalam hidup tidak ada serba instan, termasuk kegiatan generasi milenial dalam memulai bisnis.

Kamu harus bisa bersabar dalam membangun bisnismu. Lakukan perlahan dan jangan gegabah dalam mengambil keputusan.

Usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. Mari kita sebagai generasi milenial menghargai yang namanya proses sebelum menuju kesuksesan.

usaha milenial

21 Ide Usaha Milenial dengan Modal Kecil

Apa kira-kira ide usaha milenial dan generasi Z yang paling cocok? Generasi milenial lahir tahun 1980-1995 dan gen Z lahir pada 1996-2015.

Sebagian besar di antara kedua generasi ini mungkin saat ini sedang berada di usia produktif dan tertarik untuk memulai bisnis. Apakah kamu salah satunya? Simak beberapa idenya berikut ini!

Sebagai generasi yang hidup di saat teknologi sudah mulai maju, milenial dan gen Z seharusnya memiliki lebih banyak kesempatan untuk membuka usaha dengan lebih mudah.

Berikut beberapa usaha yang bisa dilakukan dengan modal kecil:

1. Fashion

Produk fashion sangat beragam mulai dari baju, celana, tas, sepatu, topi, dan aksesori lainnya. Selain banyak pilihannya, produk fashion juga merupakan salah satu yang paling umum dijual dengan sistem reseller maupun dropshipper sehingga usaha milenial dan gen z bisa dilakukan meskipun dengan modal yang minim.

Mulailah bisnis dari satu kategori dulu agar lebih mudah. Misalnya kategori pakaian wanita, pakaian anak, aksesori wanita, pakaian kasual, pakaian formal, sepatu wanita, dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

2. Katering

Ide usaha milenial yang kedua bergerak dalam bidang kuliner, yaitu katering. Bisnis ini juga bisa kamu mulai dengan modal yang minim karena bahan makanan bisa dibelanjakan dari uang muka yang biasanya dibayarkan pelanggan.

Pilihan katering juga kini semakin beragam tidak hanya untuk acara tertentu, tapi ada juga katering sehat dan katering diet yang populer. Jenis katering ini bahkan bisa dijual dengan harga yang lebih mahal.

3. Camilan

Selain makanan utama, kita juga butuh camilan untuk sehari-hari. Bisnis yang satu ini juga bisa dilakukan dengan modal yang minim. Selain itu, camilan juga mudah dijual secara online.

Saat ini camilan tradisional bisa dimodifikasi dan dijual dengan packaging yang lebih unik sehingga daya tariknya lebih tinggi. Selain itu, ada juga pilihan camilan sehat yang memiliki peminatnya sendiri.

4. Jasa Foto Produk

Semakin banyak pelaku bisnis online, jasa foto produk pun semakin dibutuhkan. Ada banyak memang bisnis online yang tidak memiliki sumber daya yang cukup untuk melakukan foto katalog.

Padahal, ini merupakan salah satu hal penting dalam bisnis online.

Maka dari itu, bisnis jasa foto produk bisa jadi pilihan yang potensial. Bisnis ini cocok untuk kamu yang punya hobi dalam bidang fotografi.

5. Social Media Management

Selain tidak sempat foto produk, ada banyak juga usaha milenial dan gen z yang ingin merambah pasar online tapi kesulitan mengurus media sosialnya.

Tanpa promosi yang gencar di media sosial, tentu akan sulit bagi sebuah bisnis untuk bersaing.

Jika kamu memiliki kemampuan dalam mengurus media sosial dengan baik, cobalah untuk menawarkan jasa social media management kepada para pelaku usaha tersebut.

Jasa ini juga bisa sama lakunya seperti jasa foto produk.

6. Pembuatan Konten

Jasa lain yang bisa kamu tawarkan adalah jasa pembuatan konten. Jika kamu memiliki kemampuan dalam bidang penulisan, kamu bisa menerima jasa menerima jasa content writing atau copywriting.

Apabila memiliki kemampuan dalam bidang pembuatan video, kamu bisa menawarkan jasa pembuatan atau editing video.

7. Thrift Shop Online

Thrift shop yang menjual barang bekas kini juga semakin banyak bermunculan. Thrifting memang bisa menjadi aktivitas yang melelahkan karena harus mencari barang layak pakai di antara banyak barang yang tidak semua kondisinya masih bagus.

Hal ini lah yang membuat banyak orang lebih memilih berbelanja di thrift shop online.

Cobalah untuk berburu pakaian bekas layak pakai di pasar baju bekas. Setelah itu, cuci dan setrika baju agar bisa difoto dengan bagus dan tawarkan secara online.

8. Kursus Privat

Ide bisnis generasi milenial yang satu ini bisa kamu lakukan tanpa modal sama sekali. Cocok untuk kamu yang suka mengajar dan berbagai ilmu dengan banyak orang.

Jenis kursusnya bisa disesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki, misalnya kursus musik, pelajaran sekolah, bahkan hingga mengaji.

Coba tawarkan kursus online yang pelaksanaannya lebih efisien dari segi waktu dan agar memungkinkan kamu untuk memiliki murid yang jarak tinggalnya jauh.

9. Party Planner

Milenial dan generasi Z yang punya kreativitas tinggi sangat cocok dengan bisnis satu ini. Ushaa milenial dan gen z yang merupakan skala kecilnya dari event organizer ini tidak membutuhkan modal besar untuk memulainya.

Umumnya party planner menangani acara private dengan tamu yang tidak banyak seperti bridal shower, baby shower, hingga ulang tahun.

10. Bisnis Balon Dekor

Ini merupakan versi lebih sederhana dari bisnis sebelumnya. Sejak dulu memang balon identik dengan dekorasi pesta, tapi jika diperhatikan lagi, saat ini bentuk balonnya semakin beragam dan estetik.

Selain menjual balon untuk dekorasi, kamu juga bisa menawarkan parcel balon. Ini menjadi salah satu alternatif hadiah kekinian untuk berbagai kesempatan seperti ulang tahun, kelulusan, dan masih banyak lagi.

11. Buket

Selain parcel balon, buket juga tentunya masih menjadi pilihan hadiah untuk berbagai kesempatan hingga saat ini. Bukan hanya buket bunga yang populer, tapi ada juga buket lainnya seperti buket uang dan makanan.

Ini bisa jadi salah satu ide usaha milenial yang potensial dan tentu tidak perlu modal yang terlalu besar.

Modal awal dibutuhkan untuk membuat beberapa sampel buket. Selanjutnya modal didapatkan dari pembayaran pelanggan karena buket ini dibuat dengan sistem pre-order.

12. Minyak Esensial

Minyak esensial memiliki banyak manfaat langsung maupun tidak langsung pada kesehatan. Peminatnya semakin tinggi, bahkan anak muda pun banyak yang menggunakannya. Kebanyakan orang menggunakannya sebagai aromaterapi.

Umumnya minyak esensial ini dijual bersama dengan diffuser agar aroma minyak tersebut bisa menyebar ke seluruh ruangan.

13. Case Handphone Custom

Seiring dengan semakin banyaknya pengguna ponsel, bisnis case handphone pun semakin berkembang pesat. Kita bahkan kini bisa menemukan case dengan harga yang sangat murah.

Maka dari itu, modal untuk bisnis ini pun tidak harus besar.

Biasanya penjual case handphone menawarkan berbagai desain menarik yang bisa diterapkan untuk semua tipe handphone.

14. Jasa Bersih-Bersih Rumah

Banyak orang yang tidak sempat untuk membersihkan rumah tapi belum merasa membutuhkan ART. Biasanya orang tersebut akan lebih memilih menggunakan jasa ini secara berkala.

Jasa satu ini juga bisa dengan mudah ditawarkan melalui media sosial. Kamu bisa memulai bisnis ini dengan membeli beberapa set alat bersih-bersih dan bekerja sama dengan beberapa tenaga kerja yang profesional dalam bidang cleaning service ini.

15. Personal Shopper

Ide usaha milenial selanjutnya adalah jasa personal shopper. Memang belanja bukan hal sepele dan membutuhkan waktu untuk melakukannya.

Jasa personal shopper dibutuhkan oleh orang-orang yang tidak memiliki waktu untuk belanja seperti pekerja kantoran atau ibu rumah tangga yang memiliki anak kecil.

Bagi kamu yang suka shopping, tak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang satu ini.

usaha milenial

16. Jasa Titip

Selain personal shopper, ada juga usaha milenial jastip atau jasa titip yang sebenarnya memiliki prinsip sama, yaitu kamu membelanjakan produk yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Bedanya adalah biasanya personal shopper berbelanja sesuai dengan daftar yang diberikan pelanggan, sedangkan jastip biasanya hanya perlu belanja barang yang sudah ditawarkan oleh jastip tersebut, tapi ada juga jastip yang mungkin bersedia membelanjakan barang sesuai permintaan pelanggan.

17. Desain Grafis

Ide bisnis selanjutnya masih dalam bidang jasa, yaitu jasa desain grafis. Ini bisa menjadi peluang bisnis para milenial yang memiliki kemampuan desain.

Pekerjaan sebagai graphic designer freelance ini sangat cocok untuk kamu para milenial yang suka bepergian dan ingin dapat bekerja dari mana saja.

18. Hias Mahar

Mahar atau seserahan untuk lamaran dan pernikahan biasanya dihias dengan cantik. Ternyata menghias mahar ini butuh ketelitian yang tinggi sehingga banyak calon pengantin yang tidak sempat melakukannya sendiri dan memilih untuk menggunakan jasa ini. Bisnis satu ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan dekorasi dan kerajinan tangan.

Umumnya mahar yang sudah dihias ini juga dijual beserta isinya. Bebaskan pelanggan untuk dapat memilih sendiri isi dari mahar atau lebih baik lagi jika membiarkan mereka membelinya sendiri.

19. Makeup Artist

Make up artist atau MUA adalah usaha milenial di bidang jasa yang cocok bagi kamu yang memiliki hobi dalam bidang make up.

Modal yang dibutuhkan yang tidak terlalu besar, yaitu cukup dengan peralatan make up dan kemampuan merias.

Harga peralatan make up memang beragam, mulailah dengan dengan yang harganya terjankau. Seiring waktu kamu bisa menambahkan peralatan lain dengan harga yang lebih tinggi agar hasil make up juga semakin bagus.

20. Hadiah Wisuda

Momen wisuda adalah momen membahagiakan bagi siapa pun yang menjalaninya. Biasanya orang-orang akan memberikan hadiah untuk orang yang sedang merayakan kelulusannya tersebut.

Ide bertema wisuda bisa jadi salah satu ide bisnis yang potensial untuk para milenial yang tentunya paham dengan selera anak muda saat ini.

21. Jual Skin Care dan Make Up

Usaha milenial yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan karena peminatnya semakin hari semakin banyak saja. Sama halnya seperti menjual produk fashion, produk kecantikan juga umum dijual oleh reseller hingga dropshipper.

Tidak perlu memikirkan soal produksi, kamu bisa langsung berjualan brand yang sudah ada di pasaran.

Penjual produk perawatan kulit sebaiknya memahami tentang berbagai permasalahan kulit dan solusinya sehingga bisa menawarkan produk yang tepat pada setiap pelanggan.

Tidak sulit kok mempelajarinya, biasanya setiap brand juga sudah memberikan penjelasan rinci tentang bahan aktif produk dan kegunaannya.

Itu dia berbagai ide usaha untuk milenial dan gen Z yang bisa dicoba. Semuanya tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan ada yang tidak membutuhkan modal uang sama sekali.

Intinya kamu harus bisa memanfaatkan waktu dan skills yang dimiliki dengan sebaik mungkin dalam merintis bisnis ini.

Tak hanya butuh skills, usaha ini akan berjalan dengan ringkas jika dibantu dengan aplikasi gudang yang berfungsi untuk mengetahui persediaan barang serta terdapat fitur inventory management system dari Mekari Jurnal.

Siap mulai? Semoga bermanfaat!

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo