Fashion merupakan hal yang sangat menarik untuk selalu dibahas karena  memiliki pangsa pasar yang luas dan diminati oleh banyak orang. Menjadi seorang desainer fashion ternama, juga merupakan impian bagi beberapa orang yang memiliki minat dan bakat di dalamnya. Di bawah ini akan kita bahas beberapa tips untuk menjadi seorang desainer fashion sukses.

 

Tentukan Bidang Fashion

Ada empat bidang dalam dunia fashion. Bidang tersebut yaitu, haute couture, ready-to-wear, leisure gear, dan mass market. Dari empat bidang masih ada sub-bidang  yang kemudian akan menjadi fokus Anda. Sub-bidang terbagi menjadi beragam busana seperti busana wanita, busana pria, anak-anak, aksesoris, pakaian olahraga, dan lain-lain. Untuk mengetahui bidang apa yang menjadi passion, diperlukan perjalanan panjang. Kenali bidang yang paling Anda kuasai dan jadikan itu sebagai sebuah spesialisasi serta identitas di dunia fashion yang Anda geluti. Spesialisasi menjadikan usaha apapun yang kita jalani akan lebih mudah dikenali.

 

Pahami Konsumen dengan Baik

Jika ingin menjadi seorang desainer fashion sukses, pahami karakteristik konsumen dengan baik. Ketahui kemampuannya dan  berapa harga yang bisa mereka bayar untuk suatu produk, pahami gaya mereka, cari tahu di mana mereka biasa belanja, dan cari tahu apa yang disukai dan yang tidak disukai. Jika berhasil memahami konsumen, Anda akan tahu kebutuhan apa yang harus dipenuhi.

 

Perbanyak Teman, Rekan, dan Kolega

Bagi seorang desainer fashion, kedekatan terhadap klien, media, fashion stylist, public figure, buyer, supplier, dan sesama desainer menjadi bagian yang perlu diperhatikan karena tanpa pendekatan pada pekerja-pekerja tersebut, sebaik apapun hasil karya Anda tentu akan sulit diterima secara luas.

 

Pelajari Sisi Bisnis Dunia Fashion

Karena Anda berniat menjual desain fashion yang dihasilkan, maka Anda perlu melengkapi keahlian dengan mempelajari bisnis dan pemasaran. Menjadi seorang desainer yang memiliki talenta dan kreativitas bagus tanpa ilmu pemasaran sama halnya dengan memproduksi barang tanpa ada usaha penjualan.

 

Selalu Uptodate

Dunia fashion merupakan dunia yang dinamis. Tren busana yang ada didalamnya selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Dalam hal ini, Anda harus bersedia mengikuti perkembangan. Jika sedikit saja tertinggal dari tren fashion yang sedang terjadi, maka akan kecil kemungkinan produk  tersebut akan dicari oleh konsumen.

 

Miliki Originalitas

Seorang desainer fashion yang bekerja secara individu dan menjadikan namanya sebagai label usaha, harus memiliki karya yang original. Jangan menjadi pengikut atau menduplikasi items atau produk dari brand yang sedang ternama atau sedang laku dipasaran. Karena sebagai seorang desainer fashion, tentu harga diri dan nama baik menempel pada produk yang Anda buat. Jika plagiat terjadi, khalayak akan merasa Anda bukanlah seorang desainer yang baik.

 

Kelola Keuangan dengan Baik

Jika memutuskan untuk bekerja sendiri, perhatikan keuangan usaha, minimal perhatikan arus uang yang keluar dan arus uang yang masuk. Hal ini tampaknya sepele namun cukup merepotkan. Sangat disarankan untuk mempekerjakan seorang akuntan atau memiliki program keuangan yang bisa digunakan sewaktu waktu.

 

Meskipun membuat pengeluaran bertambah, menyewa jasa akuntan atau memiliki software program keuangan juga memiliki banyak manfaat dan bisa menjadi sebuah investasi bisnis. Software akuntansi yang dapat Anda gunakan adalah Jurnal. Dengan Jurnal, Anda akan memperoleh kemudahan untuk mengetahui segala jenis transaksi dalam usaha secara realtime melalui berbagai fitur pelaporan keuangan yang telah disediakan. Jurnal juga memberikan free trial 14 hari yang bisa Anda manfaatkan untuk lebih mengenal semua produknya. Dengan Jurnal, dapatkan pengelolaan keuangan secara mudah. Untuk informasi lebih lanjut, bisa Anda dapatkan di sini.