Setiap orang pasti memiliki hobi masing-masing. Hobi atau kegemaran adalah kegiatan yang Anda sukai dan kuasai. Karena melakukan sesuatu yang merupakan minat dan hobi adalah sesuatu yang menyenangkan. Hobi ini sebenarnya dapat Anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan.

 

Menjalankan sebuah bisnis atas dasar hobi akan memudahkan Anda dalam pengelolaannya, karena Anda telah menguasai hal tersebut. Sehingga peluang keuntungan yang Anda dapatkan akan jauh lebih besar.  Simak berbagai macam hobi yang dapat Anda jadikan peluang bisnis yang prospektif, diantaranya.

 

Menggambar

Ada banyak sekali peluang bisnis prospektif dari hobi menggambar. Peluang bisnis ini termasuk peluang bisnis kreatif yang bisa bertahan lama. Jika ditekuni dengan serius, peluang bisnis ini akan memberikan keuntungan yang besar. Di bawah ini adalah beberapa peluang bisnis yang bisa dimanfaatkan dari hobi menggambar.

a. Pelukis henna

Jika Anda senang menggambar atau melukis sesuatu yang sifatnya detail, menjadi pelukis henna bisa Anda jadikan pilihan peluang bisnis. Sekarang  henna tidak hanya digunakan acara-acara tertentu seperti akad, resepsi pernikahan, tetapi acara-acara lain seperti photoshoot, pagelaran busana, karnaval budaya, dan lain sebagainya. Biaya untuk melukis tangan dengan henna ternyata tidak sedikit, besar biaya yang dikeluarkan tergantung tingkat kesulitan dan kerumitan henna yang diinginkan.

b. Pelukis sketsa wajah

Jika Anda telah menekuni menggambar sketsa wajah sejak lama, manfaatkan hal tersebut untuk peluang bisnis. Mulailah menawarkan jasa melukis sketsa wajah pada teman-teman dan keluarga. Tawarkan jasa sketsa ini untuk hadiah sidang, wisuda, ulang tahun, anniversary, kado

pernikahan, dan lain sebagainya.

c. Menggambar di berbagai media

Menggambar atau melukis tidak melulu di kanvas dan kertas. Anda bisa mengembangkan keahliah dengan mencoba menggambar di berbagai media, misalnya sepatu, tote bag, kaos, bantal, dan lainnya. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Dengan mengedepankan kualitas dan bisa membuat sesuai permintaan pelanggan, maka dijamin pelanggan akan setia memesan demi merayakan hari-hari istimewa mereka.

d. Desain Interior

Jika Anda memiliki kemampuan menggambar yang baik dan suka melihat dan memperhatikan dekorasi bangunan-bangunan, seperti kafe, hotel, atau pertokoan, sebaiknya pelajari lebih dalam bagaimana cara merancang desain interior yang bagus. Peluang bisnis ini sangat prospektif, dan keuntungan yang Anda dapat juga cukup besar.

 

Menulis

Jika kalian hobi atau gemar untuk menulis, cobalah beberapa peluang bisnis prospektif di bawah ini:

a. Blogging

Jika Anda gemar untuk menulis dan gemar untuk berbagi informasi kepada orang lain, cobalah untuk menjadi blogger. Sumber penghasilan dari blogger adalah iklan, maka Anda dapat memulai bisnis dengan menerbitkan konten yang berkualitas dalam blog Anda.

b. Penulis buku

Jika Anda menguasai atau memiliki hobi tertentu, dan bisa menuliskan hal tersebut maka cobalah untuk menjadi penulis buku. Misalnya penulis novel, penulis buku fiksi, penulis buku ilmiah, dan lainya. Jika Anda dapat menghasilkan karya tulis yang berbobot dan berkualitas, karya Anda dapat menjadi best seller yang bisa membuat Anda mendapat royalty besar dari penerbit.

 

Mengambil Foto

Foto tidak akan lekang oleh zaman. Inilah yang mendasari prospek bisnis dunia photography sangat besar. Beberapa peluang usaha yang bisa Anda coba jika gemar menggambil gambar adalah sebagai berikut

a. Fotografer

Jika Anda senang mengambil foto, cobalah untuk memulai binis fotografi. Peluang bisnis ini sangat terbuka lebar dan tidak akan pernah mati. Karena setiap manusia ingin selalu mengenang momen-momen bahagia, indah, dan haru ke dalam sebuah gambar. Anda bisa mencoba untuk menjadi social media photography, food photography, wedding and prewedding photography, matemity photo shoot, graduation photography, dan lain sebagainya.

b. Jual Foto Online

Jika Anda suka mengambil foto dan ingin mendapatkan penndapatan pasif dari foto-foto Anda, cobalah untuk menjualnya secara online. Peluang usaha ini cukup menjanjikan karena banyak orang yang membutuhkan foto berkualitas tinggi untuk digunakan dalam blog, situs ataupun web mereka. Mulai dari usaha perorangan sampai perusahaan. Dengan ini, Anda cukup meluangkan waktu untuk hunting foto.

c. Kursus Fotografi

Jika Anda sudah expert di bidang ilmu fotografi dan memiliki kemampuan untuk membagikan ilmu tersebut, cobalah membuka peluang bisnis degan membuka kursus fotografi. Ada banyak orang yang kurang bisa mengerti jika hanya membaca tutorial atau tips-tips di Internet, biasanya mereka lebih paham jika dibimbing secara langsung. Disinilah peluang bisnis yang dapat Anda ambil.

 

Jika benar-benar ditekuni, hobi dapat Anda jadikan bisnis dan menghasilkan keuntungan yang besar. Karena Anda bekerja dengan apa yang menjadi hobi dan keahlian Anda. Dalam memulai bisnis, rencana bisnis juga sangat diperlukan meski Anda sudah paham seluk-beluk hobi Anda. Salah satu perencanaan yang harus Anda pikirkan adalah perencanaan keuangan. Misalnya manajemen keuangan dan administrasi keuangan bisnis. Dua hal ini penting diperhatikan dan disiapkan untuk mengembangkan bisnis.

Jurnal adalah software akuntansi online yang bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengelola keuangan dan administrasi bisnis. Jurnal telah dilengkapi berbagai fitur yang membantu mempermudah bisnis, seperti fitur stok barang, pengelolaan aset, pembuatan invoice, pembuatan laporan keuangan secara lengkap, dan sebagainya. Daftarkan bisnis Anda sekarang juga dan nikmati free trial selama 14 hari untuk pengguna baru. Untuk info lebih lanjut silakan klik di sini.