Jurnal Enterpreneur

Dapatkah Pebisnis Wanita Memiliki Hidup yang Seimbang?

Keseimbangan hidup merupakan hal yang harus diperhatikan setiap pebisnis wanita. Keluarga, kehidupan sosial, kehidupan pribadi, dan pekerjaan adalah aspek hidup yang akan membutuhkan waktu dan energi Anda. Terlalu fokus pada salah satu aspek akan mengakibatan ketidakseimbangan hidup yang akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

Wanita Lebih Kuat daripada Pria

Tahukah Anda bahwa wanita lebih kuat daripada pria? Kekuatan wanita dapat dilihat dari sisi multitasking dan ketahanan. Kaum wanita dapat mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus daripada pria. Wanita dianggap lebih mampu untuk menghubungkan perasaan dan pikirannya karena koneksi yang kuat antara bagian-bagian otak tersebut, Anda mampu untuk berpikir, mengingat, merasa, mendengar, dan merencanakan sesuatu secara bersamaan. Wanita tetap dapat fokus dan menyelesaikan semua tugasnya.

Itulah mengapa Anda dapat menemukan seorang ibu yang sedang menggendong anaknya sambil menyetrika baju dan menelepon seseorang. Selain multitasking, wanita dapat bertahan lama dalam mengerjakan sesuatu. Sebuah penelitian wanita dapat menggendong bayi lebih lama daripada pria. Hal ini yang seringkali membuat wanita lebih sibuk daripada pria. Apalagi jika mereka berprofesi sebagai pebisnis. Mereka akan terus bekerja demi memastikan pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar.

Kelemahan Utama: Fokus yang terlalu banyak!

Pernahkah Anda merasa tidak dapat beristirahat karena terlalu banyak urusan yang harus dibereskan? Inilah yang sering dialami pebisnis wanita. Karena pada dasarnya wanita cenderung fokus kepada hal-hal kecil, maka Anda tidak hanya akan melihat gambaran besar saja, tapi hingga ke hal-hal mendetail usaha Anda.

Salah satu masalah utama wanita adalah fokus yang terlalu banyak. Terkadang Anda terlalu ambisius sehingga mengerjakan tugas-tugas yang sebenarnya dapat didelegasikan. Pekerjaan seperti administrasi merupakan salah satu pekerjaan yang dapat dikerjakan orang lain tapi tidak mudah didelegasikan. Biasanya alasan utama Anda untuk ‘mengambil alih’ adalah untuk mengurangi biaya. Hal ini sebenarnya cukup efektif dilakukan saat Anda baru memulai usaha. Namun jika dilakukan terus menerus, Anda tidak akan maksimal dalam melakukan setiap pekerjaan.

Fokus yang terlalu banyak akan mempengaruhi kondisi fisik dan emosi Anda. Meskipun kaum wanita lebih mampu mengerjakan banyak hal, namun fisiknya tidak sekuat kaum pria. Terlalu banyak banyak pekerjaan akan membuat Anda mudah sakit. Selain itu, emosi Anda juga akan meningkat karena kurangnya istirahat akibat fokus yang terlalu lama. Hal ini akan membuat Anda menjadi mudah marah dan mudah stres.

Read More: Berhenti Menjadi Yes Man!

Saatnya Mengendalikan Hidup Anda!

Penting bagi seorang pebisnis wanita untuk mengatur keseimbangan antara hidup dan pekerjaan. Apalagi jika Anda sudah berkeluarga. Berikut ini adalah hal-hal mudah yang dapat Anda lakukan untuk menjaga keseimbangan hidup Anda.

  1. Tentukan Prioritas
    Tentukan prioritas Anda. Multitasking pada saat terburu-buru akan menurunkan produktivitas Anda. Karena itu, tentukan mana hal yang paling penting dan harus segera dikerjakan. Dengan demikian, Anda dapat lebih fokus dalam mengerjakan tugas Anda dan memperoleh hasil yang maksimal.
  2. Delegasikan Pekerjaan Anda
    Kurangi tekanan pekerjaan Anda dengan mendelegasikan tugas. Buatlah daftar kegiatan untuk mengatur jadwal Anda. Urutkan hal yang paling membutuhkan perhatian Anda hingga yang tidak terlalu penting. Anda dapat memperkerjakan asisten untuk membantu pekerjaan Anda, baik asisten kantor atau rumah tangga untuk membantu Anda. Dengan demikian Anda tidak membuang waktu Anda dapat berkonsentrasi mengerjakan hal yang berarti.
  3. Gunakan Teknologi
    Anda membutuhkan teknologi untuk membantu pekerjaan Anda. Dengan adanya teknologi, Anda dapat berkomunikasi dengan pegawai Anda dan mengawasi bisnis Anda tanpa perlu ke kantor setiap hari. Selain adanya perangkat seperti laptop dan smartphone, ada juga software offline maupun online yang digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Belajarlah untuk menyesuaikan diri Anda dengan perkembangan teknologi. Hidup Anda akan lebih mudah dan terkendali.

Read More: Manfaat Teknologi Untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Latihlah diri Anda untuk menyeimbangkan kehidupan dengan pekerjaan Anda. Ingatlah bahwa kesuksesan Anda tidak hanya ditentukan oleh besarnya bisnis, namun dari cara Anda mengatur hidup Anda. Siapkah Anda menjadi wanita sukses?

Sumber:
Koran-Jakarta

Kategori : Uncategorized @id

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo