7 Tips Work From Home Agar Pegawai Tetap Produktif Pandemi menghantarkan pemilik bisnis untuk menjalankan usahanya di rumah. Agar bisnis tetap produktif, simak tips work from home berikut ini! Work from home adalah suatu tren kerja saat ini di mana karyawan atau pekerja menjalankan kewajiban kerjanya di rumah. Beberapa manfaat dari work from home adalah waktu kerja fleksibel dan work life balance. Meski pekerjaan jarak jauh bisa penuh dengan tantangan, ada juga hal-hal yang relatif cepat dan murah yang dapat dilakukan business owner untuk memudahkan transisi dan membuat pegawai tetap produktif. Agar bisnis tetap berjalan secara produktif, berikut tips work from home yang business owner terapkan dalam menjalankan bisnisnya! 1 . Tingkatkan Komunikasi antar Pegawai Berikan beberapa opsi teknologi komunikasi yang berbeda. Bagi beberapa tugas, mungkin email atau fitur kolaborasi berbasis saja cukup. Namun untuk pekerjaan lain yang membutuhkan detail visual, pekerja jarak jauh bisa memanfaatkan teknologi yang “lebih kaya”, seperti konferensi video. Yang perlu Anda lakukan adalah menginventarisasi infrastruktur apa saja yang telah dimiliki oleh pegawai dan atau perusahaan, sehingga mengetahui sejauh mana perusahaan harus turut campur tangan dan mana yang tidak. Tentu saja akan baik, apabila perusahaan memiliki platform dimana pegawai dapat berkolaborasi dan berbagi data dengan aman seperti penggunaan software keuangan. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi yang bebas, sebaiknya Anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dari penggunaan data pihak ketiga. 2 . Menjaga Psikologi Pegawai Penelitian tentang kecerdasan emosional oleh Daniel Goleman memberi insight bahwa pekerja akan meniru bagaimana manajer/ business owner bereaksi terhadap perubahan mendadak atau situasi krisis. Pemimpin sebaiknya, tetap berempati dan mengakui stres yang mungkin dirasakan pekerja dalam keadaan sulit dan memberikan penegasan kepercayaan diri mereka pada tim mereka. Dengan dukungan ini, karyawan lebih mungkin untuk menerima tantangan dengan tujuan dan fokus. Hal ini penting, karena bekerja jarak jauh mungkin adalah hal yang sangat baru bagi banyak bisnis. Kebingungan dan trial error adalah hal yang wajar. Maka dari itu, salah satu tips wfh yang dapat Anda terapkan adalah dengan menjaga psikis para pegawai Anda tetap sehat. 3 . Kembangkan Fleksibilitas Mengingat bekerja dari rumah, dengan berbagai kondisi yang ada seperti pemberlakukan sekolah dari rumah, tidak adanya daycare, dan lain-lain akan membuat waktu kerja menjadi lebih fleksibel jika dibandingkan dengan ketika pekerja hadir secara fisik di kantor. Oleh karena itu, Anda perlu menetapkan beberapa peraturan terkait “engagement” atau keterlibatan karyawan. Aturan keterlibatan ini menyangkut bagaimana frekuensi, sarana, dan waktu komunikasi yang ideal untuk tim mereka. Dan seperti apa harapan Anda jika terdapat hal-hal mendesak yang harus segera dilakukan. Sehingga ada persamaan persepsi dan ekspektasi antara manajer, pegawai dan antar pegawai dalam hal komunikasi. Anda sebaiknya menetapkan “aturan keterlibatan” ini dengan pekerja sesegera mungkin, idealnya selama pertemuan check-in online pertama. 4 . Buat Ritme Kerja Terkait dengan poin sebelumnya. Tips wfh selanjutnya adalah membuat ritme kerja yang ideal. Selain pengaturan keterlibatan, Anda juga perlu membuat jadwal “check in” dengan sistem absen online kehadiran kerja kantor yang banyak tersedia. Anda bisa melakukannya seperti sistem absensi online dimana pagi hari dan sore hari pekerja melakukan report. Atau dengan cara lain, seperti memberikan arahan dengan chatting (secara personal atau kelompok). Fitur penting adalah bahwa check in tersebut dilakukan secara teratur dan dapat diprediksi Lebih baik lagi apabila jadwal tersebut sekaligus dapat digunakan sebagai masa pekerja dapat berkonsultasi. 5 . Berikan Peluang untuk Interaksi Sosial Jarak Jauh Bukan hanya absensi secara online saja, namun salah satu langkah paling penting yang dapat diambil seorang manajer adalah menyusun cara bagi pekerja untuk saling berinteraksi secara sosial sambil bekerja dari jarak jauh. Misalnya saja, Anda dapat membuat jam after meeting yang lebih santai dimana setiap pekerja bisa “minum kopi bersama” secara online dari rumahnya masing-masing dengan video conference. Selain menurunkan stres, sesi ini dapat Anda gunakan untuk menjaga motivasi dan semangat pekerja. 6. Terapkan Inemuri! Apa itu inemuri? Inemuri adalah istilah yang berasal dari bahasa Jepang.Mengartikan “hadir saat tidur”, pada dasarnya inemuri bertujuan untuk beristirahat dengan tidur di sela-sela waktu senggang pada jam kerja. Banyak manfaat dari menerapkan inemuri ini, seperti badan terasa lebih segar dan bertenaga, memperkuat memori, dan meningkatkan konsentrasi. Jika dapat menerapkan budaya inemuri pada pegawai Anda, Anda dapat meningkatkan produktivitas dan peforma kerja pegawai. 7. Manfaatkan Teknologi Dukung Pekerjaan dan Operasional Bisnis Sebagai business owner, aplikasi software keuangan seperti Jurnal akan sangat membantu memperlancar bisnis Anda. Anda dapat secara langsung mengawasi pekerjaan yang memang membutuhkan pengawasan yang lebih ketat seperti keuangan. Mulai dari laporan keuangan, pembelian, penjualan hingga ketersediaan stok barang dapat langsung diketahui secara real-time. Penggunaan teknologi memang menjadi salah satu tips terbaik agar pegawai UKM Anda agar tetap produktif selama work from home dan membuat Anda lebih bisa memantau kinerja dan kondisi bisnis di mana saja dan kapan saja. Itulah ulasan mengenai tips work from home yang dapat Anda terapkan untuk pegawai usaha Anda. Ketahui lebih lanjut mengenai software akuntansi terbaik dari Mekari Jurnal dan kembangkan bisnis Anda dengan lebih mudah! Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! atau Konsultasi dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!