Mekari Jurnal
Daftar Isi
12 min read

Penggunaan Aplikasi AI Image Generator Untuk Digital Marketing

Tayang 16 Jun 2023
Diperbarui 17 Oktober 2023

AI image generator merupakan jenis teknologi AI yang membantu orang dalam mengkreasikan ide dan kreativitasnya melalui gambar dengan lebih mudah.

Kita tahu bahwa dalam bidang profesional, mendesain gambar tentunya membutuhkan teknik dan keterampilan yang tidak terbilang gampang.

Apalagi, jika seseorang sudah menginvestasikan waktunya untuk mendalami bidang yang sudah mereka jalani, contohnya seorang digital marketer.

Adanya AI image generator yang dapat menunjang pekerjaan seorang digital marketer tentunya akan memberikan dampak yang cukup signifikan dalam produktivitas dan kualitas kerja mereka.

Sebagai langkah pertama, Anda dapat mulai dengan memahami terlebih dahulu apa itu AI image generator, dampaknya ke industri digital marketing, dan langkah efektif dalam menggunakannya.

Berikut Mekari Jurnal akan mengulasnya secara lengkap untuk Anda!

Apa Itu AI Image Generator

AI image generator pada dasarnya adalah sebuah perangkat lunak yang dapat membuat gambar berdasarkan deskripsi teks.

Bagaimana bisa mendapatkan gambar yang dibuat? Biasanya, AI image generator mendapatkan aset gambar melalui miliaran gambar yang tersimpan di dalam search engine.

Menurut Lawinsider, AI image generator bahkan memungkinkan untuk menafsirkan gambar melalui audio, visual, bahkan jenis lain selain teks.

Cakupan penggunaan jenis AI ini cukup besar, mulai dari membentuk gambar 3d, menghasilkan gambar untuk kebutuhan blog, hingga media periklanan. Maka tidak salah jika generator ini sudah cukup terkenal pada industri pekerjaan.

Walaupun begitu, masih banyak perdebatan mengenai kebijakan dalam menggunakan jenis AI ini. Ada dua kontroversi dalam implementasi penggunaan AI image generator dalam kehidupan nyata.

Pertama, pengambilan karya yang begitu masif oleh generator AI tanpa mempedulikan hak cipta si pecipta.

Lalu, yang kedua, memanipulasi hasil karya seni yang berdampak pada penurunan kreativitas dan jiwa seni manusia.

Kedua ini bahkan sudah terbukti adanya melalui beberapa kasus yang pernah di bahas dalam artikel di the New York Times, di mana terdapat perlombaan karya seni hyper-realistic dan dimenangkan oleh seseorang yang ternyata karya hasil ciptakan sebuah AI image generator.

Di sisi lain, masih banyak manfaat yang dapat Anda rasakan dari penggunaan AI image generator, di antaranya:

  • AI dapat menghasilkan seni berkualitas tinggi dan gambar realistis jauh lebih cepat sehingga meningkatkan produktivitas.
  • Setiap orang dapat membuat gambar dan karya seni tanpa harus mengetahui keterampilan menggambar teknis.
  • Seorang desainer atau seniman akan lebih fokus pada konsep dan imajinasi sebuah gambar daripada aspek teknisnya.
  • Dapat membantu seniman mengembangkan ide untuk karya baru yang perlu mereka lakukan. Misalnya, seorang seniman atau desainer yang membutuhkan karya dalam waktu yang singkat.
  • Generator gambar AI dapat dengan cepat dan mudah menghasilkan gambar dalam jumlah besar, menjadikannya ideal untuk aplikasi pemasaran dan pekerja di industri digital marketing.

Menggunakan AI Image Generator Untuk Mempercepat Proses Kerja Digital Marketer

Menggunakan AI Image Generator Untuk Mempercepat Proses Kerja Digital Marketer

Seperti yang telah disebutkan di atas, AI image generator memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam industri digital marketing.

Seperti yang kita ketahui sendiri, industri digital marketing berlandaskan teknologi sebagai salah satu pondasinya.

Sehingga tidak salah jika digital marketing dapat bekerja secara berdampingan dengan teknologi AI.

Berdasarkan laporan dalam The AI Marketing Benchmark Report 2023, teknologi AI menunjang dalam pembuatan berbagai konten seperti postingan media sosial, berbagai brief konten, laporan, berita online, dan sebagainya.

Hal ini selaras dengan riset oleh PWC mengenai penerapan AI dalam bisnis, di mana AI meningkatkan produktivitas karyawan sebesar 40%.

Melihat hasil ini, maka tidak salah jika banyak perusahaan mulai menunjang karyawannya dengan teknologi AI, salah satunya pekerja digital marketer.

Adanya AI tentunya tidak akan menggantikan pekerjaan seorang digital marketer, namun hanya mengubah cara mereka bekerja agar lebih produktif dan efektif.

Manfaat AI Image Generator dalam Pekerjaan Digital Marketer

Berikut manfaat dari penggunaan AI image generator dalam ranah digital marketer, yaitu:

Personalisasi Konten

Digital marketer dapat menciptakan gambar yang sesuai dengan preferensi dan karakteristik individu dari target audiens.

Anda tinggal melakukan riset dan mencantumkannya ke dalam teks generator, kemudian generator akan menghasilkan gambar sesuai permintaan.

Ini membatu dalam meningkatkan engagement konten dengan audiens, karena mereka dapat melihat gambar yang lebih relevan dan pribadi bagi mereka.

Stok Gambar yang Berkualitas Tinggi

AI image generator dapat menghasilkan gambar berkualitas tinggi untuk keperluan aset dalam pembuatan konten.

Ini dapat mengurangi estimasi waktu dan sumber daya untuk mencari atau menghasilkan gambar yang sesuai dan kualitas tinggi.

Pembuatan Konten Visual yang Cepat

AI image generator dapat menghasilkan gambar dan grafik dalam hitungan detik. Ini akan membantu digital marketer dalam menghasilkan konten visual secara efisien.

Alur ritme kerja juga akan semakin ringkas dan efektif karena beberapa pekerjaan dalam dilakukan oleh satu orang saja.

Diversifikasi Konten Visual

Diversifikasi konten dibutuhkan bagi perusahaan yang berfokus dalam bidang periklanan dan media.

Hasil konten yang sama dan tidak kreatif akan memberikan dampak pada penurunan engagement dan konversi.

Melalui AI image generator, digital marketer dapat menciptakan variasi gambar dan grafik yang berbeda dengan mudah dan cepat.

Hal ini membantu menghindari kejenuhan visual dalam postingan pada media sosial.

Digital marketer juga melakukan pengujian melalui A/B testing untuk melihat desain dan gaya visual apa yang paling menarik perhatian target audiens.

Menggunakan AI Image Generator Lebih Hemat Biaya

Penggunaan AI image generator dapat mengurangi biaya produksi konten visual, karena digital marketer tidak perlu menyewa seorang desainer grafis atau membeli gambar dari sumber daya luar.

Dengan AI image generator yang tersedia, digital marketer dapat menghasilkan gambar sendiri dengan biaya yang lebih rendah.

penggunaan ai image generator dalam industri digital marketing

7 Jenis AI Image Generator

Ada beberapa jenis generator gambar AI yang umum dan dapat ditemukan saat ini. Beberapa jenis yang paling populer di antaranya:

Text-to-Image Synthesis

Jenis ini yang paling dikenal dan digunakan oleh masyarakat di dunia.

Melalui teks, generator AI image dapat mengubahnya menjadi sebuah gambaran yang diminta.

Model ini menggabungkan teknik generative modeling dengan pemrosesan bahasa alami (natural language processing) untuk menghasilkan gambar yang relevan dengan teks yang diberikan.

Variational Autoencoders

Variational autoencoder (VAEs) merupakan AI image generator yang dapat belajar membuat gambar melalui kumpulan data yang terekam di dalam penyimpanannya.

VAE dapat mempelajari representasi tersembunyi (latent representation) dari data gambar dengan analisa mendalam.

Kemudian dari hasil analisa ini akan menghasilkan variasi gambar baru yang relevan dengan permintaan.

Generative Adversarial Networks (GANs)

GANs meerupakan jenis generator yang hampir sama dengan VAEs di mana dapat belajar membuat gambar melalui kumpulan data yang ada.

Bedanya, GANs bekerja dengan mengintegrasikan dua jaringan sistem untuk menghasilkan gambar yang realistis.

Sistem jaringan pertama menghasilkan gambar baru, yang dapat kita kenal dengan generator.

Serta jaringan kedua untuk membedakan gambar yang telah dihasilkan dengan gambar hasil karya asli, bernama diskriminator.

Deep Dream

Deep Dream adalah teknik yang menggunakan algoritme pembelajaran mendalam menggunakan deep neutral networks.

Melalui sistem jaringan ini, generator dapat memanipulasi gambar dengan mengoptimalkan aktivasi neuron dan jaringan neural.

Melalui teknik ini, Deep dream dapat menghasilkan gambar yang nyata dan memiliki pola realis dan psikedelik.

Style Transfer Networks

Seperti namanya, teknik yang digunakan dalam jenis ini yaitu mentrasfer pola dan gaya satu gambar ke gambar lainnya menggunakan algoritma.

Style transfer networks menggunakan teknologi deep learning untuk menghasilkan gambar yang menggabungkan konten gambar asli dengan gaya yang berbeda.

Teknik ini telah digunakan untuk membuat karya seni yang memukau, menghasilkan lanskap yang realistis, dan bahkan menghasilkan desain mode baru.

Neural Style Transfer

Neural Style Transfer adalah teknik yang menggunakan algoritme deep learning untuk menerapkan gaya satu gambar ke gambar lain.

Menggunakan teknik iteratif, AI image generator membentuk gambar secara terus-menerus agar mendapatkan outcomes yang berbeda.

Teknik ini telah digunakan untuk menciptakan karya seni yang unik dan bahkan foto yang terlihat realistis.

Stable Diffusion

AI generator ini bekerja dengan membuat serangkaian pola difusi dan kemudian memadukannya bersama untuk membuat gambar.

Prosesnya jauh lebih cepat daripada mengedit setiap layer secara manual, memungkinkan Anda dengan cepat membuat gambar yang indah.

Selain itu, generator AI image ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengontrol jumlah difusi dan men-tweak-nya sampai mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Cara Menggunakan AI Image Generator

Cara Menggunakan AI Image Generator

Agar penggunaan generator dapat berjalan secara efektif dan berhasil menciptakan gambar sesuai keinginan Anda, berikut tips cara menggunakannya:

1. Pilih AI Image Generator yang Tepat

Ada berbagai generator yang dapat Anda temukan di dunia internet yang dapat Anda akses dengan mudah.

Namun, menemukan alat yang tepat dengan keinginan Anda membutuhkan banyak pertimbangan.

Untuk memudahkan hal tersebut, sesuaian kebutuhan dengan cara mengakses dan fitur di dalamnya. Jika Anda belum memiliki modal cukup, mengakses AI generator yang berbayar bukanlah suatu keharusan.

2. Pelajari Fiturnya Terlebih Dahulu

Teknologi AI image masih terbilang cukup awam untuk masyarakat. Oleh karena itu, mempelajarinya sedikit demi sedikit melalui blog resmi atau sumber terpercaya lain bisa menjadi langkah pertama.

Setelah itu, Anda dapat mulai mengeksplornya secara langsung  di dalam platform AI generator.

3. Tentukan Gaya dan Tema Gambar

Sebelum mulai mendesain gambar, tentukan terlebih dahulu preferensi gaya dan tema yang ingin Anda angkat dalam gambar.

Ini akan membantu Anda nantinya ketika akan mengedit gambar yang diminta, foto yang dibutuhkan, kualitas, dan tekstur grafik.

Akan semakin mudah jika generator yang Akan digunakan sudah tepat, mengingat beberapa generator punya spesialisasi gayanya sendiri.

4. Edit Hasil dan Buat yang Simple

Hasil yang telah dihasilkan oleh generator biasanya sudah tidak perlu diragukan sebab akan memiliki kualitas yang tinggi.

Namun, pada beberapa aspek, misalnya contrast, brightness, warna, atau teks yang masih kurang tepat dengan konten produk Anda.

Pada beberapa platform generator, melakukan editing dan modifikasi gambar dapat dilakukan. Namun, pada beberapa generator terlebih yang gratis, fitur ini kadang tidak dapat ditemukan.

Analisa kembali baik dari sisi visual dan isi yang ingin disampaikan kepada audience melalui gambar, apakah sudah menarik?

5. Uji dan Analisis

Setelah gambar telah berhasil terbentuk, langkah selanjutnya adalah terapkan dalam content marketing yang ingin Anda pasarkan.

Agar penerapan AI image generator semakin efektif, Anda bisa melakukan A/B testing guna mengetahui bagaimana dampak gambar yang digunakan.

A/B testing sendiri bertujuan untuk mengetahui kinerja dari strategi yang baru diimplementasikan dan dibandingkan dengan strategi sebelumnya.

Itulah tahapan yang bisa Anda lakukan sebagai digital marketer dalam menerapkan AI image generator dalam ranah pekerjaan Anda.

Jangan lupa bahwa masih terdapat beberapa kontroversi dari penggunaan teknologi ini, sehingga gunakan dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

5 Tools AI Image Generator

1. DALL-E Versi 2

Sumber: YT Two Minute Paper

DALL-E versi 2 merupakan hasil dari peningkatan dari DALL-E versi sebelumnya.

Peningkatan ini terlihat dari segi kualitas gambar yang dihasilkan sebesar 4 kali lebih tinggi dibandingkan DALL-E versi pertama.

Walaupun memiliki resolusi dan tekstur yang tinggi, gambar yang dihasilkan terbilang cukup cepat.

Penggunaan DALL-E 2 memerlukan credit di mana pengguna baru wajib membeli 115 credit seharga $ 15. DALL-E 2 juga akan memberikan gratis 15 credit setiap bulan setelahnya.

Kelebihan:

  • Akurasi gambar yang tinggi
  • Kualitas gambar yang cukup tinggi
  • Dapat mengcustom gambar sesuai Anda inginkan

Kekurangan:

  • Tidak ada dasar regulasi pemberian credit yang jelas
  • Tidak memiliki aplikasi

2. Bing Image Creator

Bing Image Creator adalah alat pembuatan gambar yang baru dirilis dari Microsoft dan didukung teknologi dari DALL-E.

Anda dapat menggunakan generator ini melalui webnya dan sign-in menggunakan akun dari Microsoft secara gratis.

Cara kerja dari generator ini cukup mudah, Anda tinggal mendeskripsikan gambar yang diinginkan. Perlu diingat bahwa saat ini Bing Image Creator hanya menjalankan perintah hanya dengan bahasa Inggris saja.

Kelebihan:

  • Mudah untuk diakses
  • Cepat
  • Didukung oleh  teknologi AI generative dari DALL-E

Kekurangan:

  • Akan memakan waktu bagi Anda yang belum memiliki akun Microsoft karena harus meregistrasikannya terlebih dahulu

3. Craiyon

Sumber: zdnet.com

Craiyon merupakan salah satu AI image generator yang dapat menggunakan fiturnya secara gratis.

Aksesnya yang gratis memudahkan orang untuk menggunakannya bagi yang malas untuk membuat akun.

Selain itu, penggunaan Craiyon juga tidak terbatas jumlahnya sehingga cocok bagi bisnis UKM yang sedang menghemat budget dan anggaran.

Kekurang yang paling signifikan dari generator ini adalah kualitas gambar yang tidak sebagus generator lainnya.

Kelebihan:

  • Mudah untuk diakses
  • Penggunaan yang tidak terbatas
  • Semua fitur gratis
  • Dalam satu perintah dapat menghasilkan 9 gambar yang berbeda

Kekurangan:

  • Waktu dalam menghasilkan gambar terbilang lama
  • Gambar yang dihasilkan dapat terdistorsi

4. Midjourney

hasil gambar buatan generator ai image midjourney

Bisa dikatakan bila Midjourney merupakan AI image generator saat ini.

Hasil yang tercipta dari generator ini memiliki kualitas yang sangat tinggi (ultra-resolution) sehingga cukup sulit untuk membedakannya dengan foto yang asli.

Mulai dari resolusi dan tekstur yang tinggi, serta pola dan gaya gambar yang luas.

Bahkan generator ini memliki banyak kabar yang kontroversi karena gambar yang dihasilkan, seperti kasus yang pernah dijelaskan sebelumnya.

Bagi Anda yang rutin menggunakan platform Discord, generator Midjourney dapat diakses dengan mudah di sana.

Namun, jika Anda ingin menggunakannya, siapkan dana karena terdapat biaya berlangganan sebesar $ 8 per bulan.

Kelebihan:

  • Memberikan hasil kualitas gambar yang tinggi
  • Dapat diakses melalui platform Discord dan memiliki komunitas tersendiri di dalamnya
  • Dalam satu perintah bisa menghasilkan 4 gambar dengan cepat dan kualitas tinggi

Kekurangan:

  • Terdapat pengeluaran biaya rutin untuk penggunaannya
  • Pengaturan yang banyak menyulitkan bagi orang yang masih pemula

5. Dream, AI Image Generator Besutan Wombo

ai image generator dream by wombo
sumber: https://dream.ai/

Salah satu kelebihan dari Dream di sini adalah dapat diakses melalui aplikasi di perangkat smartphone.

Dream juga terkenal karena fitur dan hasil gambarnya yang tinggi, maka tidak salah jika Google memberikan penghargaan Google Play’s awards pada tahun 2022.

Adanya template memudahkan pengguna yang masih pemula untuk menentukan gaya dan pola gambar yang akan generator  hasilkan.

Penggunaan dari AI image generator ini juga terbagi ke dalam dua pilihan, versi yang gratis dan versi berbayar.

Untuk versi gratis, Anda hanya dapat menghasilkan satu gambar saja per perintah dan fitur yang terbatas.

Sedangkan versi yang berbayar, Anda dapat menghasilkan empat gambar serta penggunaan fitur yang lebih lengkap.

Ada tiga pilihan pembayaran untuk dapat mengakses fitur Dream, mulai dari paket bulanan sebesar $ 10 hingga paket lifetime sebesar $ 170.

Kelebihan:

  • Memiliki aplikasi yang dapat diunduh di perangkat ponsel
  • Terdapat template yang bisa Anda kreasikan sendiri
  • Gambar yang telah dihasilkan dapat di-remix kembali sesuai keinginan

Kekurangan:

  • Hanya dapat menghasilkan gambar dalam satu perintah untuk versi gratis dan empat gambar untuk versi berbayar
  • Untuk akses gratis hanya mendapatkan fitur yang seadanya

Kesimpulan

Itulah ulasan lengkap mengenai AI image generator yang mungkin dapat menambah ilmu Anda mengenai penerapannya dalam bisnis.

Banyak kemudahan dan manfaat dari keberadaannya pada pekerjaan khususnya sektor kreativitas.

Walaupun begitu, masih banyak juga kontroversi dari penggunaan AI image generator hingga saat ini. Oleh karena itu, gunakan teknologi ini dengan bijak dan sesuai dengan regulasi yang telah diatur.

Maka, AI image generator akan membantu meningkatkan strategi pemasaran dan perkembangan bisnis yang Anda kelola!

Anda juga bisa menggunakan software akuntansi online seperti Mekari Jurnal untuk membantu perkembangan bisnis melalui manajemen keuangan yang akurat.

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat melakukan pembukuan dan pembuatan laporan keuangan yang tepat dan akurat.

Pada Mekari Jurnal juga terdapat fitur anggaran yang dapat membantu Anda dalam mengatur arus kas, memantau transaksi yang sedang berjalan, dan memastikan project yang berjalan tetap on-track.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Mekari Jurnal, konsultasikan dengan tim kami atau daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Konsultasi dengan Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Kategori : Technology
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal