Cara Terbaik agar Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula

Dalam pengertiannya, ekspor merupakan suatu proses perdagangan barang atau komoditas dari dalam negeri ke luar negeri. Ekspor adalah salah satu proses bisnis yang penting karena menghasilkan banyak keuntungan dan peluang bisnis bagi negara asal komoditas tersebut. Negara atau orang yang melakukan ekspor disebut dengan eksportir.

Proses ekspor bukan hal yang baru di dalam dunia bisnis. Ada banyak perusahaan yang sudah melakukan ekspor produk ke luar negeri. Proses ekspor ini telah dilakukan sejak lama, tidak hanya oleh perusahaan kecil, tetapi juga perusahaan besar.

Barang-barang atau komoditas yang diekspor bisa jadi produk jadi atau pula bahan mentah untuk diolah. Semua barang atau komoditas yang diekspor wajib melewati jalur yang legal dan telah diatur prosesnya oleh pemerintah.

Setiap eksportir juga wajib menaati peraturan ekspor agar tidak melanggar kebijakan yang berlaku.

Peluang Bisnis yang Bisa Diciptakan dari Ekspor

Meskipun proses ekspor sudah memiliki regulasi dan peraturan yang jelas, tetapi tidak semua orang bisa melakukan ekspor dengan mudah.

Dalam kegiatan ekspor, eksportir perlu menetapkan ke negara mana ekspor akan dilakukan, bagaimana proses pemasaran, dan berapa harga penjualannya.

Penerima barang hasil ekspor dapat diperoleh dari konsulat dagang negara pembeli yang berkedudukan di dalam negeri.

Ekspor memang terdengar rumit. Tetapi jika Anda bisa mempelajarinya aktivitas ekspor, Anda bisa memperoleh peluang bisnis yang bagus. Beberapa peluang bisnis yang bisa diciptakan dengan adanya ekspor antara lain:

Eksportir

Menjadi seorang eksportir adalah salah satu peluang bisnis yang terlihat dengan jelas. Baik mendirikan perusahaan perorangan maupun kemitraan, eksportir akan banyak mendapat keuntungan jika Anda memiliki pelanggan yang rutin melakukan ekspor barang atau komoditas tertentu.

Akan tetapi, Anda tetap harus teliti ketika menjadi eksportir. Perhatikan kualitas barang dan komoditas yang diekspor, dan monitor perkembangan peraturan yang berlaku setiap saat agar aktivitas ekspor Anda bisa berjalan secara legal.

Jasa Pengiriman Internasional

Membuka jasa pengiriman internasional juga bisa dijadikan peluang bisnis dengan memanfaatkan aktivitas ekspor. Setiap proses ekspor maupun impor pasti memerlukan jasa pengiriman.

Adanya jasa pengiriman akan sangat diuntungkan dengan banyaknya proses ekspor yang dilakukan.

Persewaan Kontainer

Ekspor tidak selalu dilakukan lewat udara. Ada juga yang dilakukan lewat laut dan darat. Tergantung bagaimana demografi suatu negara.

Penyewaan kontainer bisa dijalankan jika ekspor lewat darat dan laut cukup tinggi.

Dengan mengambil peluang bisnis persewaan kontainer, Anda akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang memerlukan ekspor lewat jalur darat dan laut, tetapi tidak memiliki kontainer sendiri.

Baca Juga: Kiat Sukses UMKM Penuhi Pasar Ekspor Impor saat Lockdown

Jasa Asuransi Barang Ekspor

Jaminan keselamatan suatu barang selama masa ekspor bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan.

Selama ekspor, barang berada  dalam proses pengiriman dengan waktu yang lama, sehingga rawan terjadi kerusakan dan hilang. Memiliki jasa asuransi barang ekspor bisa membantu pelanggan yakin dengan proses ekspor.

Anda hanya perlu mencari pelanggan yang sering melakukan ekspor barang rentan rusak dan hilang selama pengiriman.

Biasanya, target pasar peluang bisnis ini akan lebih tepat sasaran pada individu yang perlu mengirim satu atau dua barang ke luar negeri.

Cara Terbaik agar Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula

Cara Membuat Neraca Saldo dengan Mudah bisnis ekspor

Saat ini peluang bisnis ekspor masih terbuka lebar, mengingat bahwa ada beberapa bisnis yang pasarnya tidak hanya berkembang pada lokal saja.

Banyak produk-produk lokal yang justru banyak diminati di skala global. Contohnya adalah bisnis furnitur atau tekstil dari Indonesia yang punya target pasar di luar negeri.

Bisnis UKM juga memiliki peluang besar untuk dikembangkan menyasar pasar luar negeri. Namun, semua membutuhkan proses dan perencanaan yang matang agar bisnis berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah tips bagi Anda yang ingin membangun bisnis ekspor.

  • Memilih dan Menetapkan Produk untuk Negara Tujuan

Pertama kali yang harus Anda lakukan ketika akan membangun bisnis ekspor adalah dengan melakukan penetapan produk dan negara tujuan ekspor.

Dengan cara ini, selanjutnya Anda dapat lebih fokus mengembangkan teknik penjualan dan pemasaran.

Informasi tentang tren bisnis ekspor hingga kebutuhan masyarakat luar negeri bisa didapatkan dengan melakukan survey di internet atau forum bisnis.

  • Melengkapi Legalitas Usaha

Dalam kegiatan bisnis ekspor sangat penting untuk memiliki legalitas usaha. Persiapkan mulai dari SIUP, NPWP, Nomor Induk Kepabeanan, TDP, dan sejenisnya.

Dokumen ini sangat penting karena menyangkut proses administrasi bisnis antar negara. Sebagus apapun produk Anda tidak akan diterima secara resmi di suatu negara jika tidak memiliki legalitas usaha.

Nomor Induk Kepabeanan bisa Anda dapatkan dengan mendatangi Kantor Bea Cukai.

Baca juga: Panduan Membuat Business Plan untuk Mendirikan Usaha

  • Menyiapkan Dokumen Ekspor

Ketika legalitas usaha sudah lengkap, selanjutnya adalah menyiapkan dokumen-dokumen ekspor. Tujuannya adalah untuk memudahkan proses administrasi ketika produk Anda akan masuk ke negara tujuan.

Dokumen ekspor yang harus Anda siapkan di antaranya adala invoice, packing list, dan  bill of landing.

  • Membuat dan Mendaftarkan Website Bisnis ke Portal Internasional

Guna memudahkan pembeli untuk mengakses produk Anda, sebaiknya buat website bisnis dan katalog online. Anda bisa mencantumkan semua informasi produk mulai dari deskripsi, harga, hingga contact person.

Beberapa platform bisnis dapat Anda kunjungi untuk mempromosikan bisnis, seperti www.alibaba.com atau www.portal.co.id. Anda dituntut untuk cekatan menemukan forum online bertemunya para eksportir dan importir.

  • Manfaatkan Fasilitas Pemerintah

Dalam rangka mendukung bisnis lokal bisa go to internasional, pemerintah Indonesia dan pihak swasta telah menyediakan berbagai fasilitas bisnis. Khususnya bisa digunakan oleh eksportir pemula.

Melalui www.djpen.kemendag.go.id, Anda bisa melihat perwakilan perdagangan dari Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional yang ada di lima benua.

Jangan lupa untuk memanfaatkan pameran-pameran internasional yang difasilitasi oleh pemerintah Indonesia. Contohnya adalah Trade Expo Indonesia.

  • Manfaatkan Media Sosial sebagai Pemasaran Online Berkelanjutan

Sebagai bisnis yang berjalan tingkat internasional, Anda dapat memantau hubungan dengan konsumen melalui media sosial.

Dengan akses internet yang tidak terbatas, bisnis Anda dapat dikenal lebih luas lagi oleh konsumen di belahan bumi lainnya.

Buat konsumen lebih percaya pada bisnis Anda dengan melakukan komunikasi dan pemasaran lewat sosial media bisnis.

Contohnya adalah instagram, LinkedIn, Facebook, dan beberapa media sosial lainnya yang sesuai dengan jenis bisnis Anda.

Ekspor banyak memberikan peluang bisnis bagi masyarakat. Jika Anda cermat, maka Anda bisa mengambil peluang yang tepat.

Namun tak hanya selesai sampai di sana, Anda juga perlu mengelola keuangan bisnis Anda agar berjalan dengan lancar.

Andalkan Software Akuntansi Online untuk Mengelola Bisnis Ekspor

Dalam menjalankan bisnis ekspor, Anda akan berhubungan dengan berbagai pihak. Para supplier dan pelanggan adalah orang yang berada di luar negeri.

Dibutuhkan software akuntansi yang memiliki fitur multi uang atau multi currency yang terintegrasi dengan nilai kurs online dari Bank Indonesia.

Dalam mencatat transaksi keuangan bisnis, Anda tidak perlu lagi melakukan penghitungan kurs manual.

Caranya, Anda bisa memanfaatkan bantuan dari software akuntansi online Jurnal by Mekari untuk mendukung setiap proses keuangan bisnis ekspor Anda agar tercatat dengan baik.

Anda juga tidak perlu melakukan pelaporan keuangan secara manual, karena Jurnal akan membantu Anda secara otomatis.

Penggunaan berbagai fitur pendukung seperti fitur laporan keuangan, invoicing, program inventory, dan pencatatan persediaan barang mampu membantu Anda meningkatkan performa bisnis yang terkait ekspor.

Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat menelusuri website Jurnal dan coba gratis software Jurnal selama 14 hari.

Banner Blog

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo