Definisi Ekspor dan Ragam Peluang Bisnisnya

Dalam pengertiannya, ekspor merupakan suatu proses perdagangan barang atau komoditas dari dalam negeri ke luar negeri. Ekspor adalah salah satu proses bisnis yang penting karena menghasilkan banyak keuntungan dan peluang bisnis bagi negara asal komoditas tersebut. Negara atau orang yang melakukan ekspor disebut dengan eksportir.

Proses ekspor bukan hal yang baru di dalam dunia bisnis. Ada banyak perusahaan yang sudah melakukan ekspor produk ke luar negeri. Proses ekspor ini telah dilakukan sejak lama, tidak hanya oleh perusahaan kecil, tetapi juga perusahaan besar.

Barang-barang atau komoditas yang diekspor bisa jadi produk jadi atau pula bahan mentah untuk diolah. Semua barang atau komoditas yang diekspor wajib melewati jalur yang legal dan telah diatur prosesnya oleh pemerintah. Setiap eksportir juga wajib menaati peraturan ekspor agar tidak melanggar kebijakan yang berlaku.

Peluang Bisnis yang Bisa Diciptakan dari Ekspor

Cara Membuat Neraca Saldo dengan Mudah

Meskipun proses ekspor sudah memiliki regulasi dan peraturan yang jelas, tetapi tidak semua orang bisa melakukan ekspor dengan mudah.  Dalam kegiatan ekspor, eksportir perlu menetapkan ke negara mana ekspor akan dilakukan, bagaimana proses pemasaran, dan berapa harga penjualannya.

Penerima barang hasil ekspor dapat diperoleh dari konsulat dagang negara pembeli yang berkedudukan di dalam negeri.

Ekspor memang terdengar rumit. Tetapi jika Anda bisa mempelajarinya aktivitas ekspor, Anda bisa memperoleh peluang bisnis yang bagus. Beberapa peluang bisnis yang bisa diciptakan dengan adanya ekspor antara lain:

Baca Juga: Cara Terbaik agar Sukses Membangun Bisnis Ekspor Bagi Pemula

Eksportir

Menjadi seorang eksportir adalah salah satu peluang bisnis yang terlihat dengan jelas. Baik mendirikan perusahaan perorangan maupun kemitraan, eksportir akan banyak mendapat keuntungan jika Anda memiliki pelanggan yang rutin melakukan ekspor barang atau komoditas tertentu.

Akan tetapi, Anda tetap harus teliti ketika menjadi eksportir. Perhatikan kualitas barang dan komoditas yang diekspor, dan monitor perkembangan peraturan yang berlaku setiap saat agar aktivitas ekspor Anda bisa berjalan secara legal.

 

Jasa Pengiriman Internasional

Membuka jasa pengiriman internasional juga bisa dijadikan peluang bisnis dengan memanfaatkan aktivitas ekspor. Setiap proses ekspor maupun impor pasti memerlukan jasa pengiriman. Adanya jasa pengiriman akan sangat diuntungkan dengan banyaknya proses ekspor yang dilakukan.

 

Persewaan Kontainer

Ekspor tidak selalu dilakukan lewat udara. Ada juga yang dilakukan lewat laut dan darat. Tergantung bagaimana demografi suatu negara. Penyewaan kontainer bisa dijalankan jika ekspor lewat darat dan laut cukup tinggi.

Dengan mengambil peluang bisnis persewaan kontainer, Anda akan mendapatkan keuntungan dari perusahaan-perusahaan yang memerlukan ekspor lewat jalur darat dan laut, tetapi tidak memiliki kontainer sendiri.

Baca Juga: Kiat Sukses UMKM Penuhi Pasar Ekspor Impor saat Lockdown

Jasa asuransi barang ekspor

Jaminan keselamatan suatu barang selama masa ekspor bisa menjadi salah satu peluang bisnis yang menguntungkan. Selama ekspor, barang berada  dalam proses pengiriman dengan waktu yang lama, sehingga rawan terjadi kerusakan dan hilang. Memiliki jasa asuransi barang ekspor bisa membantu pelanggan yakin dengan proses ekspor.

Anda hanya perlu mencari pelanggan yang sering melakukan ekspor barang rentan rusak dan hilang selama pengiriman. Biasanya, target pasar peluang bisnis ini akan lebih tepat sasaran pada individu yang perlu mengirim satu atau dua barang ke luar negeri.

Ekspor banyak memberikan peluang bisnis bagi masyarakat. Jika Anda cermat, maka Anda bisa mengambil peluang yang tepat. Namun tak hanya selesai sampai di sana, Anda juga perlu mengelola keuangan bisnis Anda agar berjalan dengan lancar.

Caranya, Anda bisa memanfaatkan bantuan dari software akuntansi online Jurnal by Mekari untuk mendukung setiap proses keuangan bisnis ekspor Anda agar tercatat dengan baik. Anda juga tidak perlu melakukan pelaporan keuangan secara manual, karena Jurnal akan membantu Anda secara otomatis.

Penggunaan berbagai fitur pendukung seperti fitur laporan keuangan, invoicing, dan pencatatan persediaan barang mampu membantu Anda meningkatkan performa bisnis yang terkait ekspor. Untuk informasi lebih lengkapnya, Anda dapat menelusuri website Jurnal dan coba gratis software Jurnal selama 14 hari.

Banner Blog


PUBLISHED03 Aug 2020
Desy
Desy

SHARE THIS ARTICLE: