Jurnal Enterpreneur

4 Strategi Multi-Channel untuk Pengalaman Belanja yang Lebih Baik

Kebiasaan konsumen di zaman sekarang adalah mengecek produk yang ingin mereka beli melalui online, bisa dari website, social media, ataupun meminta rekomendasi dari teman dekatnya sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Mereka kini akan lebih mencari tau dan meneliti dengan baik apa yang akan mereka rencanakan untuk membeli suatu produk. Konsumen akan mencari pengalaman belanja mereka secara lengkap, jika mereka menemukan produk secara online, mereka akan mencari tau langsung ke tokonya, dan begitupun sebaliknya. Sebuah penelitian dari Google yang dilakukan oleh Ipsos Media CT dan Sterling Brands, menunjukkan bahwa 75% pembeli yang menemukan informasi bermanfaat dalam hasil pencariannya akan cenderung mengunjungi toko-toko tersebut. 

Jadi, sebagai pemilik perusahaan, Anda harus bisa menjadi konsumen, dengan begitu Anda bisa lebih mudah memberikan layanan dan pengalaman berbelanja yang diinginkan pelanggan Anda. Buatlah pengalaman pelanggan menjadi lebih mudah dengan memberikan informasi melalui media online, dan buat toko offline Anda terintegrasi ke dalam pembelian online. Misalnya, stok barang yang Anda miliki di toko online sesuai dengan yang ada di toko offline. Berikut adalah empat cara yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa bisnis Anda memiliki strategi pemasaran multi-channel yang sukses.

 

Merek yang Sama

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk pemasaran multi-channel adalah memastikan bahwa tampilan pada merek Anda dipasarkan secara konsisten, baik dalam toko online maupun toko offline. Apa yang akan pelanggan katakan setelah berinteraksi dengan perusahaan Anda? Masalah apa yang bisa dipecahkan oleh produk Anda? Siapa target audience Anda? Bagaimana pelanggan menilai perusahaan? Biarkan pelanggan Anda mengidentifikasikan diri mereka sendiri dengan merek melalui personalisasi pengalaman pelanggan. Melalui website, Anda bisa dengan mudah mengenali pelanggan Anda melalui teknologi cookies, namun di toko offline ini menjadi sulit. Namun, dengan adanya multi-channel strategi, pelanggan berharap mereka bisa dikenali, terlepas dari bagaimana metode interaksinya.

 

Informasi yang Sama Tersedia Di Mana Saja

Strategi kedua yang bisa Anda lakukan untuk memastikan multi-channel ini berjalan dengan baik adalah pastikan  informasi yang Anda miliki tersedia dan sama tersedia di toko maupun melalui website dan channel online lainnya. Misalnya, konsumen online dapat menemukan informasi tentang harga, ketersediaan produk, dan lokasi outlet terdekat. Jangan sampai, informasi di online tidak terupdate dan jauh berbeda seperti di offline.

 

Layanan Pelanggan yang Sama

Dengan menggunakan strategi multi-channel, pelanggan Anda akan lebih mudah untuk berkomunikasi dengan bisnis, mulai dari melalui telepon, email, live chat, social media, dan sebagainya. Namun bagaimana dengan bisnis kecil? Seberapa besar dan kecilnya skala bisnis, di zaman teknologi seperti saat ini, Anda harus memiliki pelayanan yang sama di berbagai channel. Karena masing-masing channel memiliki harapan dan waktu pelayanan yang berbeda. Misalnya, pelanggan yang menghubungi melalui live chat pada website berharap segera dilayani dalam beberapa menit. Sedangkan pelanggan yang menghubungi melalui email akan lebih ingin menunggu balasan hingga maksimal 2 hari. 

 

Alasan Membeli Di Mana Saja

Setelah pengalaman di atas dilalui pelanggan Anda, berikan alasan kepada konsumen untuk datang langsung ke toko untuk membeli. Di mana, dengan membeli di toko secara langsung, pelanggan akan mendapatkan pengalaman belanja yang lebih baik dibanding belanja online. Namun, sebelum Anda meminta pelanggan untuk datang, pastikan Anda melakukan beberapa hal di bawah ini agar pengalaman berbelanja pelanggan lebih maksimal.

  1. Training staf: Setelah pelanggan mencari informasi mengenai produk yang mereka inginkan melalui online, terkadang mereka juga masih sering bertanya dan meminta pendapat staf dalam toko untuk menemukan produk yang tepat. Keterlibatan karyawan secara langsung inilah menjadi keunggulan kompetitif yang sangat besar. Jadi, pastikan seluruh staf toko Anda memahami dengan baik produk yang ada di dalam toko, serta informasikan mereka mengenai beberapa kompetitor online yang sering menjadi bahan pertimbangan pelanggan. Dengan begitu, staf Anda akan lebih mudah menjelaskan produk.
  2. Berikan pembelian dan pembayaran instan: Anda bisa mencoba dengan menghilangkan metode barisan untuk pembelian. Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan, mulai dari menyiapkan staf untuk membantu melakukan pembayaran ke kasir, atau siapkan perangkat tablet atau smartphone yang bisa membantu staf Anda untuk melakukan checkout saat pelanggan telah selesai berbelanja. 
  3. Tawarkan Wi-Fi gratis: Anda juga bisa menggunakan tablet, pengeras suara, ataupun alat lainnya untuk meningkatkan pengalaman di dalam toko, serta manfaatkan media tersebut untuk memberikan informasi tambahan atau diskon di dalam toko.

Meski saat ini banyak orang yang belanja melalui online. Faktanya, lebih dari 50 persen dari semua pencarian dilakukan melalui online, namun 70 persen penjualan masih dilakukan secara offline. Karena itulah Anda membutuhkan strategi pemasaran multi-channel untuk pengalaman berbelanja pelanggan Anda. 

Untuk mempermudah Anda dalam melakukan strategi ini, Jurnal sebagai software akuntansi online juga memiliki solusinya, terutama dalam membantu Anda memberikan informasi yang sama. Di mana, dengan Jurnal Anda bisa dengan mudah menghitung stok barang dengan mudah tanpa perlu melakukan perhitungan manual. Ini juga bisa langsung terintegrasi dengan aplikasi penjualan seperti POS, sehingga ini bisa mempermudah bisnis dalam memberikan informasi stok yang sama hingga strategi keuangan bisnis yang tepat. Jadi tunggu apalagi? Coba gratis 14 hari sekarang!

[adrotate banner=”19″]

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo