Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

8 Cara Mudah Dapat Passive Income Dengan Teknologi AI

Tayang 19 Jun 2023
Diperbarui 17 Oktober 2023

Artikel ini akan mengulas mengenai cara mudah mendapatkan passive income dengan menggunakan teknologi AI, simak berikut ini!

Anda mungkin sudah sering mendengar mengenai teknologi AI, bukan?

Saat ini, beberapa industri sedang mengalami peningkatan oleh adanya kecerdasan buatan (AI).

Berdasarkan statistik yang dikeluarkan oleh Forbes mengenai dampak dari AI, 60% pemilik usaha mengatakan bahwa AI meningkatkan customer relationship dan produktivitas bisnis.

Peluang ini yang akhirnya membuka prospek baru untuk pendapatan pasif atau passive income melalui teknologi AI.

Bagaimana Bisa Mendapatkan Uang Dengan Memanfaatkan AI

Passive income berarti dapat memperoleh pendapatan melalui hasil usaha atau kerja yang sedikit atau bahkan tidak sama sekali.

Cara memperoleh ini yang biasanya sering di terapkan oleh orang-orang di samping memperoleh uang dari pekerjaan tetapnya.

Beberapa contoh sumber passive income seperti investasi, penyewaan properti, hingga bunga bank.

Lalu, pertanyaan paling penting dalam artikel ini adalah, bagaimana bisa mendapatkan uang dengan teknologi AI?

Pada dasarnya, mendapatkan passive income melalui AI tidak semudah seperti mendapatkan bunga bank melalui deposito bank.

Perlu ada pengembangan suatu produk terlebih dahulu kemudian jika berhasil, dapat didistribusikan kepada klien atau pelanggan yang membutuhkan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa fungsi AI adalah membantu orang dapat menghasilkan suatu produk atau menjalankan suatu jasa dengan meringankan pekerjaannya.

Mulai dari menghasilkan pemasaran konten dalam berbagai platform hingga mengembangkan produk baru seperti aplikasi AI chatbots. Berikut beberapa contoh adaptasinya!

Cara Mudah Dapat Passive Income Dengan Teknologi AI Pada Beberapa Jenis Pekerjaan

1. Content Writer dan Copywriter

Menulis blog adalah cara yang cukup mudah untuk menghasilkan passive income.

Walaupun terlihat mudah, menulis sebuah artikel dalam blog memerlukan beberapa teknik tersendiri mulai dari teknik penulisan yang engaging, tipe penulisan, keyword yang ingin ditargetkan, teknik copywriting, dan lainnya.

Namun, upaya-upaya tersebut dapat lebih efektif dengan menggunakan AI untuk menunjang pekerjaan seorang content writer atau copywriter.

Mengutip dari Forbes, 54% responden percaya menyempurnakan konten tertulis berdurasi panjang, seperti konten situs web.

Salah satu aplikasi AI untuk menunjang pekerjaan ini adalah ChatGPT atau Copy.ai yang membantu dalam memberikan insight terkait topik yang ingin disampaikan.

Melalui aplikasi ini, Anda dapat menghasilkan tulisan dengan topik yang lebih dalam dan efektif sehingga meningkatkan kualitas konten.

Pembuatan konten juga menjadi lebih cepat dan mampu meningkatkan produktivitas kerja Anda.

2. Illustrator

Illustrator menjalankan pekerjaannnya dengan membentuk dan menghasilkan berbagai seni gambar dan ilustrasi.

Seni ini membantu membangun sebuah konten untuk menyampaikan isi pesannya tanpa harus melalui teks tertulis saja.

Zaman dahulu, membuat gambar memerlukan teknik yang tinggi serta memakan waktu dan energi yang cukup besar.

Seiring perkembangan AI khususnya AI image generator, orang-orang dapat menghasilkan sebuah gambar berkualitas hanya bermodalkan ide kreativitasnya.

Beberapa generator seperti Stable Diffusion, Midjourney, atau Canva AI text generator dapat membantu menghasiilkan gambar melalui perintah dari teks.

3. Programmer

Jika Anda memahami berbagai percodingan dan programming, Anda dapat membuat aplikasi yang memanfaatkan AI untuk menawarkan layanan khusus.

Contohnya, Anda dapat membuat aplikasi yang membuat rekomendasi produk atau layanan yang dipersonalisasi berdasarkan preferensi pengguna.

Cara ini membantu Anda dalam mendapatkan passive income melalui pembelian dalam aplikasi atau iklan setelah aplikasi berhasil dibuat dan dirilis.

Kembangkan Bisnis Anda dengan Pengelolaan Keuangan yang Tepat dan Akurat Melalui Mekari Jurnal Sekarang Juga!

4. Predictive Modelling

Anda dapat menggunakan AI untuk membuat model prediksi yang dapat digunakan untuk melakukan forecast keuangan.

Nantinya ini dapat dijual kepada investor, lembaga keuangan, dan perusahaan lain yang berkaitan dengan keuangan atau perekonomian.

Melalui AI, nantinya  dapat berfungsi untuk dapat melihat perilaku pelanggan saat ini dan di masa depan. Melalui data yang sudah tersimpan tersebut nantinya akan di analisa lebih dalam dan menentukan prediksi-prediksi yang relevan dengan pengambilan keputusan pelanggan.

5. Marketing Affiliate

Anda dapat menggunakan AI untuk menghasilkan pendapatan pasif melalui pemasaran afiliasi atau marketing affiliate.

Marketing affiliate adalah sebuah strategi pemasaran di mana Anda mendapat komisi untuk mempromosikan produk atau layanan orang lain.

Pemasaran dilakukan melalui berbagai platform media sosial yang saat ini sedang trendi seperti Instagram, Facebook, Tiktok, dan sebagainya.

Dengan menggunakan tools yang ditunjang AI yang dapat menganalisis strategi pemasaran online, Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran Anda.

6. Chatbots atau Virtual Assistant

chatbots menjadi salah satu cara mudah untuk dapat passive income dengan teknologi AI

Cara lain mendapatkan passive income dengan AI adalah dengan menggunakan chatbots atau virtual assistant.

Chatbots adalah sistem obrolan otomatis yang dapat mengumpulkan data dan menjawab seputar pertanyaan FAQ, memberikan dukungan pelanggan, dan menjual produk.

Sedangkan fungsi virtual assistant kurang lebih sama dengan fungsi dari chatbots.

Anda perlu mengembangkan aplikasi ai chatbots/virtual assistant terlebih dahulu, setelah itu Anda dapat menjual produk atau layanan tanpa harus terlibat secara langsung dengan pelanggan.

7. Email Marketing Affiliate

Email marketing affiliate merupakan metode lain yang efektif untuk menghasilkan passive income dengan memanfaatkan ChatGPT.

Memiliki konsep yang sama dengan marketing affiliate, namun fokus utamanya terletak dalam channel email sebagai media penyampaian pesan.

Dengan menyusun email yang menarik, Anda dapat berinteraksi dan menarik calon pembeli untuk mengeklik tautan afiliasi Anda dalam pesan email.

Melalui konversi yang berhasil melalui tautan tersebut, Anda mendapat komisi untuk setiap penjualan yang dilakukan.

Memulainya juga cukup mudah, Anda tinggal melakukan program afiliasi, menyusun list alamat email yang mau ditargetkan, kemudian menyusun brief email yang menarik dibantu dengan ChatGPT.

8. Membuat Konten Video

Teknologi AI memungkinkan siapa saja untuk menciptakan sebuah video yang dapat di publish di platform penyampaian video, seperti Tiktok, IG Reels, dan Youtube.

Ada dua platform AI yang dapat membantu Anda dalam memudahkan pembuatan video. ChatGPT untuk menghasilkan ide dan skrip teks, dan AI Synthesia yang dapat menghasilkan suatu video dari teks.

Video yang dihasilkan nantinya akan dapat diposting di berbagai platform media sosial yang sudah Anda targetkan. Nantinya, video yang evergreen (selalu relevan dan akan terus dicari setiap waktu) akan mendapatkan passive income yang berulang.

Baca Juga: Strategi Video Marketing: Jenis, Teknik, dan Langkah Membuatnya

Kesimpulan

Dengan kemajuan teknologi AI yang terus berkembang, peluang untuk menghasilkan passice income semakin luas dan beragam.

Ada beberapa cara yang mudah dilakukan ada beberapa cara yang memerlukan effort lebih dalam melakukannya. Tentunya hal itu akan selaras dengan hasil yang akan didapat.

Anda juga bisa menyesuaikan bagaimana cara mendapatkannya dengan kapabilitas maupun bidang pekerjaan yang Anda geluti saat ini.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tetap mengikuti tren dan perkembangan AI saat ini.

Anda juga dapat membaca artikel-artikel berikut yang dapat menginspirasi Anda untuk mengenal lebih dalam mengenai AI dan beserta rekomendasi aplikasinya:

Itulah ulasan lengkap mengenai cara mudah mendapatkan passive income dengan teknologi AI saat ini. Semoga bermanfaat!

Bantu Kelola Passve Income Anda dengan Aplikasi Akuntansi Mekari Jurnal

Untuk membantu mengelola pemasukan pasif dan transaksi Anda, gunakan aplikasi akutansi online Mekari Jurnal!

Melalui Mekari Jurnal, Anda dapat dengan mudah mengakses keuangan Anda melalui mobile apps di mana saja dan kapan saja.

Anda juga dapat memantau transaksi pembayaran melalui fitur invoice & faktur online yang ter-update secara realtime.

Mekari Jurnal juga sudah didukung dengan fitur Mekari Pay yang dapat melakukan mengelola transaksi bisnsi secara otomatis.

Untuk informasi selengkapnya mengenai fitur-fitur pada Mekari Jurnal, segera hubungi tim kami atau segera daftarkan perusahaan Anda sekarang!

Kategori : Technology
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Pembukuan Online, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini

 

Klaim Promo

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal