Daftar Isi
6 min read

Rekomendasi AI Chatbots Terbaik Untuk Bisnis

Tayang 05 Jun 2023
Diperbarui 17 Okt 2023

AI Chatbots merupakan sebuah robot pintar yang dikembangkan oleh manusia untuk dapat merespon berbagai pertanyaan FAQ secara otomatis dan alami.

Berbasis deep learning dan Natural Language Processing (NLP), AI Chatbots juga memiliki kemampuan untuk menghasilkan analisa mendalam dengan mempelajari data-data yang tersimpan setiap harinya.

Dengan canggihnya teknologi ini, maka tidak salah jika dapat mengisi berbagai celah dalam tatanan bisnis dan alur sistem kerja perusahaan.

Berikut ulasan lengkap penerapan AI dalam dunia bisnis khususnya chatbots dan rekomendasi aplikasi yang dapat menunjang berbagai pengelolaan sektor bisnis.

Apa Itu AI Chatbots?

Sebelum memahami mengenai AI Chatbots, pahami terlebih dahulu mengenai AI dan Chatbots secara sederhana.

Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang berfungsi memberikan layanan secara otomatis untuk menjawab pertanyaan pelanggan.

Sedangkan AI yaitu sebuah inovasi teknologi berbasis kecerdasan buatan yang memiliki tujuan untuk membantu tugas-tugas manusia sehari-hari.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa AI Chatbots merupakan program kecerdasan buatan yang membantu tugas manusia sehari-hari untuk dapat menjawab dan melayani pertanyaan pelanggan dan belajar

Menurut IBM, AI Chatbots merupakan sebuah pemrograman komputer yang berbasis kecerdasan buatan (AI) dan Natural Language Processing (NLP) untuk memahami pertanyaan yang pelanggan tanyakan dan memberikan tanggapan yang natural seperti percakapan manusia pada umumnya.

Manfaat ai chatbots dalam perkembangan bisnis

Manfaat AI Chatbots Bagi Bisnis

AI Chatbots bekerja melalui algoritme canggih dan diperintah untuk dapat melakukan obrolan dengan pelanggan secara alami.

Adapun manfaat dalam menerapkan AI Chatbots dalam sektor bisnis Anda adalah sebagai berikut:

Menjawab FAQ

Fungsi yang paling umum dapat penerapan AI Chatbots adalah memudahkan perusahaan dalam membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan pelanggan yang bersifat teknis dan umum.

Maksud teknis adalah ketika pertanyaan tersebut sebenarnya sudah dijelaskan pada buku pandual atau instruksi, namun pelanggan masih belum dapat menafsirkannya dengan benar.

Fungsi ini dapat memudahkan perusahaan karena pekerjaan sama yang dilakukan secara terus menerus sudah teratasi melalui AI Chatbots.

Customer Engagement

Melalui AI Chatbots, Anda juga dapat ikut terlibat dengan para pengunjung yang ingin membeli produk Anda.

Ini dapat dilakukan dengan melakukan komunikasi yang interaktif dalam setiap interaksi yang terajdi, seperti mengirim ucapan selamat datang, kemudian dilanjutkan dengan pengenalan produk dan promo yang menarik.

Marketing

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menerapkan AI Chatbots juga membantu dalam mengefisiensikan kampanye pemasaran melalui percakapan dengan pelanggan.

Penawaran diskon menarik, bundling pricebonus item, dan sebagainya. Ini akan membantu meningkatkan peluang dari produk-produk yang sudah tersimpan di dalam keranjang pelanggan yang dikonversikan setelah melakukan check-out.

Jenis Usaha Yang Cocok Menggunakan AI Chatbots

Tidak semua bidang pekerjaan dapat menerapkannya pada prosedur melayani pelanggan. Jika menerapkan secara terpaksa maka penggunaan chatbot akan tidak efektif dan efisien.

AI Chatbots biasanya cocok diterapkan pada jenis bisnis yang kliennya langsung masyarakat itu sendiri (B2C) walaupun tidak menutup kemungkinan digunakan pada perusahaan B2B (Business to Business).

Biasanya pelanggan B2C memberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup umum dan tak terhitung jumlahnya, sehingga teknologi ini masuk dan menjadi solusi untuk mengatasinya.

Beberapa jenis usaha yang cocok menggunakan AI Chatbots, antara lain:

  • Sektor e-Commerce.
  • Perbankan.
  • Industri Kesehatan.
  • Usaha Sektor Turis dan Pariwisata.
  • Real Estate atau Properti.
  • Pelayanan Jasa.
  • Perhotelan.
  • Pendidikan seperti online learning.
  • Logistik
  • SDM dan HR

Rekomendasi Aplikasi AI Chatbots

Berikut beberapa aplikasi AI Chatbots yang bisa Anda gunakan:

1. Drift

aplikasi ai chatbots drift

Cocok untuk: Perusahaan B2B

Aplikasi AI Chatbots yang pertama yaitu Drift dapat membantu perusahaan B2B untuk memulai percakapan dengan pebisnis lain serta menjawab pertanyaan dengan alami.

Melalui Drift, Anda dapat mengumpulkan data penting untuk mempelajarinya lebih lanjut  dan menganalisinya, seperti pola kebiasaan dan menemukan target pembeli yang lebih berkualitas.

Drift juga memilki fitur yang dapat mengatur  pertemuan dengan klien dan terintegrasi dengan berbagai platform untuk keperluan bisnis seperti Google Analytics, MailChimp, dan Zapier.

2. Tidio

tidio

Cocok untuk: E-Commerce

Tidio telah menerapkan teknologi AI berbasis deep learning sehingga data-data yang masuk akan membantu meningkatkan pelayanan pelanggan dan konversi penjualan.

Beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan, antara lain:

  • Natural Language Processing (NLP).
  • Template percakapan yang natural.
  • Sistem drag-and-drop permudah penempatan template percakapan.
  • Terintegrasi dengan berbagai tools digital seperti MailChimp, Zapier, dll.

3. Mobile Monkey

aplikasi ai mobile monkey

Cocok untuk: Manajemen Media Sosial

Mobile Monkey merupakan sebuah aplikasi AI Chatbots yang berfokus dalam memberikan bantuan layanan media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook.

Melalui aplikasi ini, Anda juga dapat mengelola berbagai layanan dari berbagai channel dan mengelolanya dalam satu tempat.

4. Paradox

aplikasi untuk menunjang pekerjaan HR dan recruiter, paradox

Cocok untuk: Rekrutmen dan HR

Paradox membantu tim HR atau recruiter untuk menyediakan sebuah layanan chatbot AI yang dapat membentuk percakapan antar manusia secara lebih natural.

Melalui Paradox, sistem perekrutan suatu perusahaan akan semakin efisien karena membantu merampingkan alur perekrutan, menyaring CV/ Resume, mengatur jadwal interview, dan menjawab pertanyaan seputar alur rekrutmen.

5. Kasisto

chatbot untuk sektor perbankan

Cocok untuk: Sektor Perbankan

Aplikasi AI Chatbots berikut cocok untuk  pekerjaan pada sektor perbankan karena melalui AI, sistem memiliki keahlian dan pengetahuan pada bidang keuangan.

Hal ini memberikan fitur Kasisto untuk dapat menganalisis aktivitas suatu akun dan membuat journey knowledge-nya.

Kasisto juga berfungsi sebagai asisten virtual untuk pelanggan pada sektor perbankan dengan memberikan rekomendasi pertanyaan yang tepat dan sistem FAQ dengan pertanyaan umum yang lengkap.

Kelebihan dan Kekurangan dari AI Chatbots

Di balik semakin canggihnya teknologi AI khususnya Chatbots, terdapat beberapa kelebih dan kekurangan yang sama-sama akan Anda rasakan dalam penerapannya.

Berikut di antaranya:

Kelebihan:

  • Meningkatkan konversi dari sisi KPI pemasaran maupun penjualan.
  • Menghasilkan dan menemukan calon pembeli yang berkualitas.
  • Alur customer journey yang terstruktur secara otomatis berddasarkan data yang didapatkan.
  • Membantu proses pekerjaan manusia pada pekerjaanya yang konsisten dan terus-menerus.
  • Menghemat biaya operasional, tenaga, dan waktu.
  • Mengefisiensikan layanan pelanggan perusahaan.
  • Meningkatkan customer experience dan membangun loyalitas pengguna.

Kekurangan:

  • Tidak dapat merasakan psikologi dan emosi manusia ketika melakukan perbincangan.
  • Teknologi yang semakin kompleks membutuhkan modal awal yang tinggi.
  • Penerapan AI Chatbots yang hanya spesifik pada suatu bidang atau sektor saja.
  • TIdak selalu memberikan solusi yang akurat.
  • Membutuhkan perawatan dan optimasi yang rutin.

Kesimpulan

AI Chatbots menawarkan fitur yang lengkap serta canggih untuk menawarkan pengalaman interaksi antar perusahaan dengan pengguna.

Melalui teknologi terbarukan ini, perusahaan Anda tidak akan tertinggal lagi dengan kompetitor untuk mencapai target penjualan dan profit yang sudah direncanakan.

Selalu sesuaikan modal dan anggaran dengan penggunaan AI Chatbots sebab dalam mengimplentasikan dan mengelolanya tidak mengeluarkan dana yang tidak sedikit.

Tentunya pengeluaran tersebut akan memberikan hasil yang memuaskan baik bagi produktivitas perusahaan maupun kenyamanan pengguna.

Agar Anda dapat mengelola budget dan anggaran sesuai rencanan dengan baik melalui Mekari Jurnal.

Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Mekari Jurnal Sekarang!

Mekari Jurnal merupakan sebuah software akuntansi pengelolaan keuangan online yang memiliki fitur untuk kemudahan manajemen anggaran dan pengeluaran usaha Anda.

Terdapat berbagai fitur lengkap lainnya yang mendukung perkembangan bisnis Anda mulai dari pengelolaan perpajakan, pembuatan laporan keuangan, hingga aplikasi invoice faktur.

Maka dari itu, gunakan Mekari Jurnal sekarang juga untuk mendukung operasional dan produkvitias perusahaan Anda agar lebih tepat dan akurat!

Semoga artikel ini bermanfaat!

Kategori : Technology
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami