Aplikasi Stok Barang: Manajemen Stok Barang Pada Bisnis

 

Sumber daya merupakan inti dari sebuah bisnis, baik itu Sumber Daya Manusia (SDM) maupun sumber daya dalam bentuk barang mentah yang menjadi bahan dasar produk maupun produk itu sendiri. Oleh karena itu, aplikasi stok barang bisa menjadi salah satu pilihan yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan manajemen stok barang pada bisnis.

Apa Yang Dimaksud Dengan Stok Barang?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai aplikasi stok barang dan perannya dalam melakukan manajemen stok barang yang baik bagi bisnis, pertama-tama kita akan membahas pengertian dari stok barang itu sendiri.

Stok barang atau persediaan barang dapat diartikan sebagai sumber daya produksi yang disimpan di dalam gudang berupa barang-barang mentah, barang setengah jadi, maupun barang jadi siap jual yang akan digunakan atau dijual di kemudian hari oleh perusahaan.

Seberapa Penting Menerapkan Manajemen Stok Barang Pada Bisnis?

Manajemen stok barang menjadi penting untuk diterapkan suatu bisnis, secara garis besar manajemen stok barang memiliki berbagai fungsi seperti:

  • Mencegah kemungkinan keterlambatan pengiriman bahan baku atau bahan yang dibutuhkan dalam membuat suatu produk.
  • Mencegah adanya kesalahan pengiriman produk kepada pembeli sehingga dapat meminimalisir tingkat retur barang yang dapat merugikan bisnis.
  • Mengantisipasi kelangkaan bahan baku dalam proses produksi perusahaan/bisnis.

Menerapkan manajemen stok barang merupakan hal yang penting dalam sebuah bisnis untuk mencegah kemungkinan menurunnya profit penjualan karena kehilangan kepercayaan pelanggan, kehilangan bahan baku maupun produk, dan tidak memahami kebutuhan pasar yang dapat merugikan bisnis Anda.

Bagaimana Peran Aplikasi Stok Barang Dalam Bisnis?

Setelah memahami pengertian dan juga manfaat yang bisa diberikan bila Anda menerapkan manajemen stok barang yang profesional, pertanyaan berikutnya adalah bagaimana teknologi dapat membantu bisnis Anda untuk lebih berkembang khususnya pada hal yang berkaitan dengan stok barang? Jawabannya adalah dengan memanfaatkan aplikasi stok barang.

Dengan menggunakan aplikasi stok barang khususnya pada fitur Stok Barang di Jurnal by Mekari, maka Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan sebagai berikut:

Mendapatkan Pemberitahuan dan Kalkulasi Persediaan Barang Secara Langsung

Dengan fitur notifikasi pada aplikasi stok barang, Anda akan langsung mendapatkan update informasi mengenai kalkulasi persediaan barang yang ada, harga jual rata-rata dari setiap barang dan juga pemberitahuan mengenai stok mana saja yang kosong.

Bukan hanya kalkulasi persediaan barang pada satu tempat saja, tapi Anda juga dapat mengetahui kalkulasi persediaan barang secara langsung dari lebih dari satu tempat penyimpanan.

Melacak Penjualan Produk Terbanyak

Keuntungan kedua yang bisa didapatkan bila menggunakan aplikasi stok barang adalah Anda dapat melacak penjualan terbanyak dari setiap produk secara otomatis, fitur ini memungkinkan Anda untuk memahami kinerja setiap produk dan memahami kebutuhan pasar saat ini.

Selain itu Anda juga dapat melakukan penggabungan produk dari unit-unit yang berbeda, sehingga semua jenis produk dari berbagai unit tetap bisa Anda lacak penjualannya. Data dari observasi nilai kinerja produk ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam membuat rencana bisnis kedepannya.

Mempermudah Stock Opname

Stock opname adalah kegiatan memeriksa stok barang yang keluar dan masuk dalam satu periode penjualan. Tujuan dari stock opname juga untuk mengetahui kebenaran catatan dalam pembukuan perusahaan, yang mana termasuk salah satu fungsi untuk sistem pengendalian intern (SPI).

Bagi Anda yang memiliki arus keluar-masuk barang yang cepat, kegiatan stock opname pasti akan sangat merepotkan apalagi jika dilakukan secara manual. Risiko kesalahan hitung pada stock opname pun juga akan mempengaruhi pembukuan penjualan yang dimana juga akan mempengaruhi keuntungan Anda.

Dengan aplikasi manajemen stok barang, Anda bisa melakukan stok opname dengan mudah dan praktis. arus keluar-masuk barang juga dapat dipantau dengan mudah.

Mengimpor Data Persediaan Dalam Jumlah Besar

Bila berhubungan dengan data, maka kesulitan yang sering dihadapi seorang pengusaha adalah melakukan perpindahan atau mengimpor data. Apalagi bila bisnis Anda sudah cukup besar dengan banyak kategorisasi barang dan bahan produksi, maka pengelolaan data khususnya mengimpor data persediaan dalam jumlah yang relatif besar akan memakan waktu lebih banyak serta tidak efisien.

Dengan aplikasi stok barang Anda dapat melakukan impor data persediaan ke dalam spreadsheet yang sudah disediakan dengan lebih cepat dan efisien. Bukan hanya template spreadsheet yang sudah tersedia, Anda juga bisa menggunakan template spreadsheet perusahaan Anda sendiri.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan fitur Stok Barang pada software akuntansi online Jurnal by Mekari. Software Jurnal dapat mempermudah Anda dalam (sesuai bahasan) dengan adanya (sesuai bahasan). Cari tahu selengkapnya mengenai produk Jurnal di website Jurnal atau isi formulir berikut ini untuk mencoba demo gratis Jurnal secara langsung.

 

Blog_Jurnal_Cara_Praktis_Melakukan_Manajemen_Stok_Barang_INFOGRAFIK-1


PUBLISHED03 Jul 2020
Sely
Sely

SHARE THIS ARTICLE: