5 Fungsi Aplikasi Inventory Barang bagi Bisnis e-Commerce

e-Commerce merupakan platform yang cukup naik daun di Indonesia saat ini. Terutama sejak masa pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat tidak bisa pergi kemanapun sehingga mereka harus berbelanja online. Namun, pengusaha seringkali terkendala dengan persoalan inventory barang. Apakah aplikasi inventory barang bisa menyelesaikan persoalan? Simak artikel berikut ini. 

Menggunakan e-commerce sebagai platform untuk menjangkau target pasar adalah pilihan tepat bagi para pemilik bisnis. E-commerce memberikan trafik yang sesuai dengan kebutuhan bisnis. Sehingga akan lebih mudah untuk meningkatkan penjualan lewat platform e-commerce.

Untuk bisa mengelola bisnis e-commerce, tentunya Anda akan memerlukan sebuah aplikasi untuk inventory barang. Meskipun hanya bisnis kecil-kecilan, aplikasi inventory barang bisa sangat membantu kelancaran bisnis Anda. selain itu, akan lebih mudah untuk mengelola bisnis dengan adanya aplikasi inventory barang.

Cermat Kelola Inventori Jelang New Normal

Berikut ini adalah 5 fungsi aplikasi inventory barang bagi Anda yang memiliki bisnis di e-commerce:

Kegiatan Bisnis Lebih Efisien

Saat melakukan bisnis di e-commerce, yang paling penting untuk diperhatikan adalah stok barang. Karena pelanggan akan bertanya apakah barang tersebut tersedia atau tidak dan pelanggan akan kecewa jika produk yang mereka inginkan tidak tersedia.

Ketersediaan stok barang ini menjadi salah satu alasan mengapa Anda memerlukan aplikasi inventory barang. Dengan menggunakan aplikasi inventory barang, Anda akan lebih mudah mencatat barang apa saja yang tersedia dan apa saja yang tidak tersedia serta membutuhkan stok ulang.

Jadi, pada saat pelanggan Anda mencari barang yang Anda jual, Anda bisa tetap menjaga stok barang agar pelanggan bisa membeli kapan saja.dengan aplikasi inventory barang, proses pencatatan stok akan lebih mudah sehingga kegiatan bisnis akan lebih efisien.

 

Menghindari Kesalahan Pencatatan Stok Barang

Jika sebelumnya pencatatan stok barang selalu dilakukan dengan cara tradisional atau dengan pencatatan manual, maka akan besar kemungkinan terjadinya kesalahan terhadap penulisan stok barang. Hal ini bisa berakibat fatal untuk bisnis e-commerce.

Dengan kesalahan update stok, pelanggan bisa membeli barang dengan jumlah yang mereka mau padahal stok yang Anda miliki kurang. Ini bisa berakibat pelanggan yang kecewa dengan bisnis Anda. untuk menghindari kesalahan ini, bisa gunakan aplikasi inventory yang proses pencatatannya terdigitalisasi.

 

Otomatisasi Tugas Manual

Penggunaan aplikasi inventory barang merupakan otomatisasi dari tugas pencatatan stok yang biasanya dilakukan dengan cara manual. Dengan menggunakan aplikasi inventory, proses pencatatan stok barang tidak lagi memakan waktu lama. Sehingga kinerja menjadi lebih produktif untuk mengelola bisnis.

 

Memaksimalkan Penjualan

Salah satu cara sederhana untuk berkompetisi dengan bisnis lain di e-commerce adalah dengan menjaga stok barang tetap ada. Ketika berbelanja di e-commerce, pelanggan akan lebih memilih untuk membeli barang yang sudah tersedia. Bukan barang yang masih pre-order atau dipesan terlebih dahulu.

Hal ini bisa menjadi peluang untuk memaksimalkan penjualan. Dengan menjaga stok barang tetap ada, pelanggan bisa dengan mudah melakukan transaksi. Bisnis Anda Pun bisa lebih dipercaya oleh pelanggan dan mereka bisa terus berbelanja kembali sehingga penjualan bisnis Anda menjadi lebih maksimal.

 

Sistem yang Terintegrasi

Tahukah Anda bahwa beberapa aplikasi inventory telah terintegrasi dengan baik? Aplikasi inventory barang telah terintegrasi dengan aplikasi lain seperti aplikasi akuntansi. Sehingga setiap terjadi pembaharuan stok barang, aplikasi akuntansi akan secara otomatis mencatat dan menghitung barang tersebut.

Rekaman data tersebut akan bermanfaat saat pembuatan laporan keuangan dan laporan laba rugi dari bisnis yang Anda kelola. Sehingga bisa diketahui mana barang yang laku terjual dan mana barang yang tidak.

Salah satu aplikasi akuntansi yang memiliki sistem terintegrasi dengan aplikasi inventory barang adalah Jurnal by Mekari. Aplikasi ini memiliki fitur lengkap untuk kebutuhan pengolahan akuntansi bisnis. Mulai dari inventory barang, pengelolaan pajak, hingga laporan keuangan di setiap akhir periode bisnis.

Software akuntansi online Jurnal by Mekari dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan tersedianya berbagai fitur, seperti laporan keuangan, persediaan barang, rekonsiliasi transaksi, termasuk pula pencatatan faktur pembelian dan pembayaran.

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, Anda bisa menghemat biaya, waktu, dan energi karena data keuangan bisnis diproses dengan baik.

Pada September ini, dapatkan promo diskon hingga 20% dan Cashback mencapai Rp1,5 juta bagi yang berlangganan Jurnal Paket Enterprise+ minimal 24 bulan. Tak hanya itu, Anda juga berhak mendapat diskon 20% dan cashback hingga Rp1 juta jika berlangganan Paket Pro minimal 24 bulan.

Untuk info selengkapnya, Anda bisa mengunjungi website Jurnal atau mencoba demo gratis selama 14 hari dengan mengetuk banner di bawah ini.


PUBLISHED28 Sep 2020
Lavinda
Lavinda

SHARE THIS ARTICLE: