Tips Melakukan Manajemen Persediaan Produk dalam Bisnis

Manajemen persediaan produk adalah proses mengelola setiap produk yang Anda perjualbelikan. Proses pengelolaan produk ini dapat membantu Anda untuk mengetahui berapa jumlah produk yang masih dimiliki.

Anda juga dapat mengetahui berapa banyak produk yang habis terjual dalam setahun dan seberapa tingginya permintaan konsumen.

Seorang pebisnis pemula cenderung kewalahan untuk mengatasi membludaknya permintaan konsumen.

Minimnya pengalaman menyebabkan para pebisnis pemula harus berusaha keras untuk membuat manajemen persediaan produk mereka berjalan dengan baik.

Sebuah bisnis tidak akan terlepas dari proses perencanaan produk dan cara mengendalikan persediaan produk.

Hal ini membutuhkan perhatian khusus agar semua bisa tertangani dengan baik.

Peran seorang manajer juga sangat penting dalam urusan ini.

Tanpa seorang manajer dan sistem manajemen yang baik, sebuah perusahaan mungkin saja melakukan pemborosan pengeluaran.

Padahal tujuan diadakannya manajemen persediaan produk adalah untuk meminimalisir pengeluaran.

Berikut beberapa hal tentang manajemen persediaan produk yang sebaiknya dipahami.

Tips Melakukan Manajemen Persediaan Produk dalam Bisnis

Manfaat Manajemen Persediaan Produk

Ada beberapa manfaat dari manajemen persediaan diantaranya mempermudah untuk mengetahui persediaan barang, mengurangi resiko keterlambatan pengiriman, dan mampu mengantisipasi perubahan permintaan secara mendadak.

Jika anda menerapkan manajemen persediaan yang tepat, Anda mampu memaksimalkan persediaan dengan biaya seminimal mungkin.

Baca juga: Cara Membuat Buku Barang Induk Inventaris dan Contoh

Manajemen Persediaan Produk secara Manual

Langkah pertama untuk mengetahui apa yang harus dipesan adalah mengetahui apa yang sudah Anda miliki.

Beberapa bisnis mengandalkan sistem pelacakan inventaris yang ketinggalan jaman, melakukan pencatatan setahun sekali untuk menentukan berapa banyak produk yang hilang selama setahun.

Sistem seperti ini sangat tidak efektif untuk mengetahui berapa jumlah barang yang hilang setiap harinya.

Dalam bisnis skala kecil, manajemen persediaan produk mungkin masih mudah untuk dilakukan.

Juga bukan sesuatu yang mustahil untuk menerapkan sistem manajemen stok barang secara manual.

Namun dalam skala yang lebih besar, tanpa manajemen persediaan produk yang baik maka seorang pebisnis pemula akan berjalan tertatih-tatih.

Akan sangat merepotkan jika dalam perusahaan besar masih menggunakan manajemen persediaan produk secara manual. Selain tidak efektif, sistem tersebut akan sangat memberatkan kerja seorang manajer.

Oleh karena itu penting bagi pebisnis pemula untuk menemukan software mengelola persediaan produk yang efektif untuk bisnisnya seperti pada Mekari Jurnal.

Baik, Saya Mau Coba Fitur Produk Dan Inventory Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Baca Juga : Pengertian, Jenis, Format, Contoh Laporan Keuangan Adalah Berikut

Gunakan Sistem Point-of-Sale (POS)

Sebagian besar perusahaan menggunakan sistem inventaris otomatis dengan pemindai untuk membaca barcode persediaan produk.

Jika alat pemindai gagal dalam menampilkan barang secara real time, manajer akan turun lapangan untuk melakukan pengecekan secara manual.

Hal ini tentunya sangat memberatkan tugas seorang manajer. Untuk mengatasi hal tersebut, hadir sistem point-of-sale (POS) yang memudahkan.

Sistem point-of-sale (POS) atau program toko sejauh ini adalah sistem tercanggih untuk melacak inventaris saat barang terjual. Kecanggihan sistem ini berada pada kemampuannya melacak barang saat tiba dan meninggalkan toko.

Dengan begitu, manager pun dapat mengakses inventaris barang setiap hari. Selain itu, mereka dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi sebelum persediaan semakin menipis.

Manfaatkan juga fitur aplikasi invoice dan kwitansi pada Mekari jurnal untuk membantu Anda dalam pencatatan invoice dan kwitansi.

Baik, Saya Mau Coba Fitur Invoice Jurnal

atau

Saya Mau Bertanya Kepada Sales Jurnal!

Baca Juga : Pengertian Akuntansi dan Pentingnya dalam Bisnis Adalah Sebagai Berikut

Pembelian yang Akurat agar Persediaan Tidak Menumpuk

Permintaan konsumen dalam sebuah bisnis selalu mengalami fluktuasi.

Pada musim tertentu dapat terjadi lonjakan permintaan atau bahkan penurunan permintaan suatu barang.

Sebagai contoh pada musim hujan permintaan terhadap payung atau jas hujan akan melonjak.

Berbeda halnya saat musim kemarau, pakaian yang tipis dan menyerap keringat akan lebih diminati.

Pebisnis akan cenderung terburu-buru untuk memperbanyak persediaan mereka untuk memenuhi permintaan.

Apabila pembelian persediaan ini terlalu banyak, toko akan dipenuhi barang-barang yang mungkin tidak dapat terjual setelah musim berlalu.

Anda akan membuang terlalu banyak modal. Manajemen persediaan produk akan membantu pebisnis untuk melakukan persiapan sebelum datangnya lonjakan permintaan.

Anda dapat memesan cukup barang untuk memenuhi permintaan.

Berangkat dari melihat riwayat pembelian pada tahun-tahun sebelumnya, Anda dapat memperkirakan barang mana yang harus punya persediaan ekstra.

Jika bisnis Anda memiliki sistem POS yang memberikan laporan penjualan harian, melacak persediaan adalah hal yang mudah.

Baca juga: 10 Cara Mudah Mengelola Persediaan Barang dalam Bisnis

Pemesanan Ulang yang Lebih Mudah

Mayoritas bisnis akan melakukan pemesanan ulang produk yang sama secara berkala.

Dengan demikian Anda butuh untuk mengetahui barang apa yang harus dipesan ulang.

Persediaan yang semakin menipis akan mudah dipantau dengan sistem POS otomatis.

Salah satunya melalui aplikasi Jurnal yang juga merupakan aplikasi pengelola keuangan.

Hanya dengan satu klik, maka Anda bisa memesan ulang produk yang dibutuhkan.

Solusi terkini yang telah ditemukan memungkinkan Anda untuk memesan barang secara otomatis saat persediaan Anda menunjukkan jumlah tertentu.

Hal ini membuat Anda lebih tenang karena barang baru sudah di jalan bahkan sebelum Anda menyadari persediaan telah menipis.

Dengan begitu Anda bisa lebih fokus pada variabel lain seperti pelayanan pelanggan.

Manajemen persediaan produk yang efektif seperti aplikasi persediaan barang mampu menunjukkan seberapa berhasil penjualan bisnis Anda.

Anda juga dapat menekan penyusutan pemasukan dengan menggunakan sistem yang sesuai.

Saat Anda memiliki sistem operasi yang otomatis, pekerjaan Anda akan lebih mudah dan sederhana.

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Mekari Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Mekari Jurnal selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo