Mekari Jurnal
Daftar Isi
9 min read

Maksimalkan Bisnis dengan Sistem Penjualan Konsinyasi

Tayang 12 Jan 2020
Diperbarui 13 Oktober 2023

Beli putus adalah? Bagaimana cara maksimalkan bisnis dengan sistem penjualan konsinyasi? Blog Mekari Jurnal disini akan mengulasnya dengan lengkap.

Ada banyak macam-macam bentuk kerja sama dalam dunia bisnis, salah satunya adalah penjualan konsinyasi.

Metode penjualan ini merupakan perjanjian antara dua pihak.

Salah satu pihak disebut sebagai pemilik barang yang menyerahkan barangnya ke pihak tertentu untuk menjualnya, lalu akan mendapatkan komisi tertentu.

Pihak pemilik barang biasa disebut dengan consignor, sedangkan pihak yang menjual barang disebut consignee.

Metode penjualan konsinyasi sebenarnya sudah banyak dilakukan. Seperti di bidang makanan, elektronik dan bidang usaha lainnya.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa banyak pelaku bisnis menerapkan sistem penjualan konsinyasi.

Coba Fitur Laporan Keuangan dan Bisnis Aplikasi Jurnal untuk Keputusan Bisnis Lebih Cepat dan Akurat!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Dengan membaca tulisan topik sistem penjualan konsinyasi ini anda akan bisa mejawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Sebutkan bentuk kegiatan penjualan dalam perjanjian konsinyasi?
  • Contoh penjualan sistem konsinyasi?
  • Dalam penjualan dengan sistem konsinyasi ada prosedur sistem berjalan yaitu?
  • Sistem pemasaran dengan cara menitipkan produk atau barang ke toko atau warung yang pembayarannya dilakukan setelah barang laku terjual dinamkan sistem pemasaran apa?

Maksimalkan Bisnis dengan Sistem Penjualan Konsinyasi

Untuk mengetahui hal tersebut, Anda perlu paham lebih lanjut mengenai sistem penjualan konsinyasi.

Berikut beberapa rangkuman mengenai penjualan konsinyasi yang dapat Anda ketahui.

1. Apa Itu Penjualan Konsinyasi?

Bagaimana cara maksimalkan bisnis dengan Sistem Penjualan Konsinyasi? Blog Jurnal By Mekari disini akan mengulasnya dengan lengap. Baca ya!

Sistem penjualan konsinyasi atau biasa disebut penjualan titipan, hingga kini masih terjadi di masyarakat sekitar kita.

Sistem konsinyasi adalah salah satu skema bisnis yang memiliki kelebihan sendiri dibandingkan dengan beli-putus.

Penjualan beli-putus adalah pembeli membeli barang dagangan dari penjual dan seluruh risiko terkait barang langsung pindah ke pembeli.

Baik penjualan yang dilakukan dengan cash atau kredit.

Ada beberapa hal yang terjadi dalam pembelian beli-putus, sebagai berikut.

  • Retur penjualan.
  • Kewajiban kontinjensi (contingency). Saat ada kewajiban konstruktif yang terjadi atas sebuah kejadian sehingga perusahaan harus membayar sejumlah uang pada konsumen.
  • Garansi, di mana ketika barang yang dijual tidak jadi dibeli oleh pembeli (karena cacat atau rusak). Maka perusahaan memiliki kewajiban untuk membeli kembali barang tersebut (refund).

Biasanya, beberapa bisnis menggunakan skema penjualan titipan atau sistem penjualan konsinyasi adalah sebagai berikut.

  • Produk makanan titip jual di supermarket.
  • Produk makanan titip jual di warung atau toko klontong.
  • Surat kabar atau majalah yang dititip jualkan di loper atau agen koran.
  • Buku-buku oleh penerbit titip jual di toko buku atau gerai.
  • Produk obat-obatan titip jual di apotek.

Baca Juga : Kelebihan dan Kekurangannya Penjualan Dengan Sistem Konsinyasi

2. Contoh Akuntansi dalam Penjualan Konsinyasi

Bagaimana cara maksimalkan bisnis dengan Sistem Penjualan Konsinyasi? Blog Jurnal By Mekari disini akan mengulasnya dengan lengap. Baca ya!

Sistem akuntansi atau pencatatan dari semua transaksi dalam penjualan konsinyasi digolongkan dalam beberapa hal, yaitu:

a. Pencatatan Terselesaikan Dengan Tuntas

Jika perjanjian selesai, pihak pemilik barang akan menyusun laporan keuangan pada akhir periode akuntansi.

Maka, prosedur pencatatan dan pos-pos jurnal yang dibuat oleh konsinyor berdasarkan atas pengiriman, penjualan, pembayaran barang, dan penyelesaian keuangan oleh pihak penjual (consignee) pada pemilik barang (consignor), sebagai berikut:

  • Penjualan oleh pihak konsinyi

Seperti penjualan biasa, konsinyi mencatat penjualan konsinyasi.

Masing-masing disertai dengan ayat jurnal untuk mencatat beban yang dikeluarkan oleh pihak konsinyor.

Beban yang dikeluarkan meliputi, barang-barang yang dijual, perkiraan pembelian atau perkiraan harga pokok penjualan didebet dan perkiraan pihak konsinyor dikredit.

Baca Juga : Memilih Syarat Pembayaran yang Tepat

  • Komisi atau laba yang harus diterima bagi pihak konsinyi

Pendapatan atas penjualan konsinyi akan tergambar dalam laba kotor pihak konsinyi atas ayat jurnal yang dibuat.

Maka, pihak konsinyi tidak perlu lagi membuat jurnal untuk komisi atau laba atas penjualannya.

  • Pengiriman uang kas dan perkiraan penjualan konsinyasi oleh pihak konsinyi

Konsinyi mencatat pembayaran pihak konsinyor dengan mendebet perkiraan pihak konsinyor dan mengkredit perkiraan kas.

Pastikan Anda Sudah Pakai Jurnal By Mekari! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

  • Pencatatan buku konsinyor jika transaksi konsinyor diselenggarakan terpisah dari transaksi penjualan biasa

Pada laporan laba rugi, saldo rekening pengiriman barang-barang dikurangkan dari jumlah yang tersedia untuk dijual dalam bentuk besarkan HPP reguler.

Jurnal tetap dibuat meskipun tidak ada barang yang terjual hingga akhir tahun buku yang bersangkutan.

  • Pencatatan buku konsinyi jika transaksi konsinyi diselenggarakan terpisah dari transaksi perjalanan biasa.

  1. Pihak konsinyi mencatat penerimaan barang dengan memorandum dalam buku harian atau dalam buku sendiri yang diselenggarakan untuk penyerahan barang kepada konsinyi.
  2. Beban konsinyi yang harus ditetapkan pada konsinyasi akan dijurnal sebagai berikut: konsinyasi masuk Rp xx, kas Rp xx
  3. Penjualan oleh pihak konsinyi akan dijurnal sebagai berikut: kas Rp xx, konsinyasi masuk Rp xx
  4. Komisi atau laba yang masih harus diterima bagi konsinyi akan di jurnal sebagai berikut: konsinyasi masuk Rp xx, komisi atas penjualan konsinyasi Rp xx
  5. Pengiriman uang kas dan perkiraan penjualan konsinyasi oleh pihak konsinyi akan dijurnal sebagai berikut: konsinyasi masuk Rp xx, kas Rp xx

b. Pencatatan Tidak Terselesaikan Dengan Tuntas

Apabila pihak konsinyor perlu menyusun laporan keuangan pada akhir periode akuntansi, namun jangka waktu perjanjian masih berlangsung.

Maka diperlukan penyesuaian terhadap barang yang terkait pada sebagian produk belum selesai dengan tuntas hingga akhir periode.

Baca juga : Pencatatan Akuntansi Dalam Perusahaan Konsinyasi yang Harus Anda Ketahui!

3. Tips Menjalankan Sistem Penjualan Konsinyasi

Sistem penjualan konsinyasi adalah langkah untuk mengenalkan produk ke pasaran agar pihak toko bersedia menjualkan produk Anda ke konsumen secara langsung.

Sistem penjualan ini adalah langkah tetap untuk mengenalkan produk ke pasaran.

Hal ini dilakukan agar pihak toko bersedia menjualkan produk Anda ke konsumen secara langsung.

Karena biasanya produk baru belum memiliki pasar yang jelas.

Maka hal tersebut akan menimbulkan keraguan pemilik toko jika harus membeli secara langsung dari pemilik pengusaha.

Jika Anda pemilik produk tertarik untuk melakukan penjualan konsinyasi, maka Anda perlu selektif dalam membuat ketentuan agar produk laku terjual.

Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

  1. Pilih toko strategis yang ramai pembeli, diharapkan bisa membawa produk kita mudah terkenal dan terjual
  2. Menjalin relasi baik dengan pemilik toko. Anda dapat menawarkan margin dengan keuntungan yang menarik dan hadiah untuk pemilik toko jika melakukan penjualan dengan jumlah maksimal. Diharapkan cara tersebut, pemilik toko bisa menawarkan produk Anda terlebih dahulu kepada konsumen dan menjadikannya alternatif utama pada setiap penjualan.
  3. Rutin melakukan pengecekan, terutama pada produk yang memiliki masa kedaluwarsa seperti makanan dan minuman. Hal ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan produk kedaluwarsa terbeli, karena bisa menimbulkan kerugian dan citra buruk terhadap produk.

Baca Juga : Langkah-langkah dan Cara Membuat Pembukuan Keuangan Sederhana

4. Kekurangan dan Kelebihan Penjualan Konsinyasi

Sistem penjualan konsinyasi memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda ketahui, yaitu:

a. Kekurangan Bagi Pihak Pemilik Produk (Consignor)

Kekurangan sistem penjualan konsinyasi bagi pihak pemilik produk adalah sebagai berikut.

  • Rentan Kerugian

Kelemahan dari sistem ini adalah resiko kerugiannya cukup besar.

Karena tidak semua penjual (consignee) mengetahui cara promosi barang yang handal.

Akhirnya produk tertahan di tangan konsinyi dalam waktu yang lama.

Maka, sebelum Anda melakukan kesepakatan konsinyasi, pelajari kualitas konsinyi lebih dulu. Jangan mudah percaya.

  • Strategi Pemasaran Kurang Tepat

Tidak semua strategi yang dilakukan konsinyi berjalan lancar.

Hal ini terjadi, karena jika rencana pemasaran produk oleh konsinyi tidak sesuai dengan rencana yang direncanakan konsinyor.

Baca Juga : Ketahui Beda Harga Pokok Penjualan VS Harga Jual

b. Kekurangan Pihak Penjual Produk (Consignee)

Kekurangan sistem penjualan konsinyasi bagi pihak penjual produk adalah sebagai berikut:

  • Hilang Maka Terjual

Sebagai pihak penjual, Anda harus menjaga barang dengan benar dan rutin melakukan pemantauan stok.

Karena, biasanya dalam perjanjian kesepakatan kehilangan produk adalah tanggung jawab penjual.

Maka, pemilik produk akan tetap menagih sebagai barang yang laku terjual.

c. Kelebihan Bagi Pihak Pemilik Produk (Consignor)

Kelebihan sistem penjualan konsinyasi bagi pemilik produk.

  • Memiliki Perhatian Khusus untuk Produksi

Dengan adanya sistem ini, perusahaan bisa fokus pada penyediaan produk.

Karena, untuk pemasaran, penjualan juga pelayanan sudah ditangani oleh konsinyi (pihak penjual).

Hal ini akan membuat pemilik produk fokus untuk meningkatkan kualitas produknya.

  • Mempermudah Strategi Marketing dan Irit Biaya

Pihak pemilik barang akan merasa diuntungkan terkait promosi produk dengan adanya perjanjian tersebut.

Pasaran yang dijangkau semakin luas tergantung jaringan yang dimiliki penjual produk.

Selain itu, pihak pemilik tidak perlu mengeluarkan biaya promo.

Karena, promo sudah menjadi tugas pihak yang diserahi tanggung jawab untuk menjual barang.

  • Bebas Biaya Pelayanan dan Penambahan SDM

Sebagai pemilik produk sistem ini dapat menghemat Sumber Daya Manusia serta biaya pelayanan.

Karena, pihak konsinyor tidak perlu merekrut pegawai baru untuk menjual produknya.

Selain itu, konsinyor juga tidak perlu melayani konsumen secara langsung, hal ini akan meminimalkan biaya layanan usaha.

Baca Juga : Apa yang Dimaksud Harga Pokok Penjualan (HPP)

d. Kelebihan Bagi Penjual Produk (Consignee).

Begini kelebihan sistem penjualan konsinyasi bagi penjual produk.

  • Stok Produk di Toko Bertambah

Penjual tidak lagi kekurangan stok bertambah jika menggunakan sistem ini.

Karena, produk secara rutin dikirim oleh pihak konsinyor.

Untuk memenuhi etalase toko, penjual tidak perlu mengeluarkan modal, karena penjual bukan pemesan barang, melainkan hanya menjualkan.

  • Mendapatkan Profit tanpa Modal

Penjual tidak perlu lagi biaya produksi, karena tugas konsinyi menjual produk.

Biaya produksi dikeluarkan oleh perusahaan konsinyor sebagai pihak pemilik barang.

Walaupun tanpa mengeluarkan modal produksi, penjual tetap mendapatkan komisi dari konsinyor jika melakukan penjualan produk konsinyor.

  • Kerugian Relatif Kecil

Kelebihan dari sistem ini untuk penjual produk adalah risiko rugi yang sangat kecil.

Hal terburuk yang harus dihadapi pada sistem ini yaitu barang tidak laku, maka pendapatannya berkurang.

Karena, metode pada sistem ini konsinyi mendapat komisi apabila barang laku terjual.

Namun, jika barang tidak laku atau rusak tentu komisi tidak akan diberikan.

Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis dengan sistem penjualan konsinyasi, maka Anda perlu juga laporan keuangan yang akurat dan juga aplikasi inventory berbasis web untuk melakukan kontrol terhadap produk.

Mekari Jurnal hadir dengan banyak fitur-fitur aplikasi akuntansi dengan kemampuan yang teruji

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Dengan menggunakan Jurnal Anda dapat melakukan pencatatan transaksi hingga laporan keuangan dengan mudah.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang dapat membantu kebutuhan akuntansi bisnis Anda.

Sekarang anda akan bisa mejawab beberapa pertanyaan seperti:

  • Sebutkan bentuk kegiatan penjualan dalam perjanjian konsinyasi?
  • Contoh penjualan sistem konsinyasi?
  • Dalam penjualan dengan sistem konsinyasi ada prosedur sistem berjalan yaitu?
  • Sistem pemasaran dengan cara menitipkan produk atau barang ke toko atau warung yang pembayarannya dilakukan setelah barang laku terjual dinamkan sistem pemasaran apa?

Semoga informasi aplikasi stok barang maupun aplikasi penjualan ini bisa berguna untuk Anda yang memerlukannya.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal