Mengenal Pencatatan Jenis Transaksi Pada Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang memiliki 9 jenis transaksi yang harus ditulis ke dalam masing-masing jurnal yang berbeda. Untuk memahami masing-masing jenis transaksi tersebut dan menghindari adanya kesalahan penulisan dalam kolom debit dan kredit, maka di bawah ini akan kita bahas satu persatu setiap jenis transaksi dalam perusahaan tersebut dan cara penulisannya ke dalam jurnal akuntansi.

 

Transaksi Keuangan Pembelian Barang Dagang

a. Pembelian Barang dagangan dengan cara Tunai

Dalam transaksi pembelian barang dagangan dengan cara tunai berarti perusahaan mengeluarkan sejumlah uang tunai untuk membeli (memperoleh) barang yang bakal diperdagangkan. Pembelian barang dengan cara tunai di Jurnal dengan mendebit pembelian serta mengkredit kas.

b. Pembelian barang dagangan dengan cara kredit.

Dalam pembelian barang dengan cara kredit berarti perusahaan berutang untuk membeli barang dagangan yang bakal diperdagangkan. Pembelian barang dengan cara kredit di jurnal dengan mendebit pembelian serta mengkredit utang dagang.

 

Transaksi Keuangan Penjualan Barang dagang

a. Penjualan barang dengan cara tunai

Dalam penjualan barang dengan cara tunai berarti perusahaan menerima sejumlah uang tunai hasil dari penjualan barang dagangan. Penjualan barang dagangan dengan cara tunai dijurnal dengan mendebit kas serta mengkredit penjualan.

b. Penjualan Barang dengan cara Kredit

Penjualan barang dagangan dengan cara kredit adalah transaksi penjualan yang memunculkan alias meningkatkan piutang dagang perusahaan sebagai pengganti uang tunai dampak dari penjualan barang dagangan. Penjualan barang dagangan dengan cara kredit dijurnal dengan mendebit piutang dagang serta mengkredit penjualan.

 

Transaksi Keuangan Retur Penjualan Barang Dagang

Transaksi ini adalah transaksi yang terjadi sebab faktor khusus, misalnya dari barang dagangan yang telah terjual tersedia berbagai barang dagangan yang keadaannya cacat atau rusak (tidak sesuai pesanan).

a. Apabila barang dagangan yang dikembalikan

Saat penjualan barang tersebut dipasarkan dengan cara tunai dalam transaksi ini dicatat dalam jurnal dengan mendebit retur penjualan serta mengkredit kas.

b. Apabila barang dagangan yang dikembalikan

Ketika menjual barang tersebut dibuat dengan cara kredit. Dalam transaksi ini dicatat dalam jurnal dengan mendebit retur penjualan serta mengkredit piutang dagang.

 

Transaksi Keuangan Retur Pembelian Barang Dagang

Transaksi ini adalah transaksi yang terjadi sebab sebuah faktor yang bersifat khusus, umpama dari pembelian barang yang diperbuat perusahaan terhadap pemasok tersedia berbagai barang yang rusak atau tidak sesuai pesanan.

a. Pembelian barang dagangan dilakukan dengan tunai

Apabila pembelian barang dagangan dilakukan dengan cara tunai, tetapi barang tersebut rusak atau tidak sesuai pesanan jadi barang tersebut dikembalikan terhadap pemasok, maka Jurnal yang dibangun adalah mendebit kas serta mengkredit retur pembelian.

b. Pembelian barang dagangan dilakukan dengan kredit

Apabila setelah  pembelian barang dengan cara kredit, ditemukan barang yang rusak atau tidak sesuai pesanan sehingga barang tersebut dikembalikan terhadap pemasok, maka jurnal yang ditulis adalah mendebit utang dagang serta mengkredit retur pembelian.

 

Transaksi Keuangan Penerimaan Potongan Pembelian Barang

Potongan pembelian barang adalah potongan yang diterima pembeli sebab membeli barang dagangan dengan cara kredit dari penjual dengan syarat saat pelunasan utangnya tetap dalam rentan waktu yang memperoleh potongan harga. Untuk memahami transaksi ini silahkan kamu baca ilustrasi berikut ini:

– Pada Tanggal 3 Januari 2011 dibeli barang dagangan dari toko Maju seharga Rp9.000.000 dengan syarat pembayaran 2/10. n/30.

– Pada tanggal 13 Januari 2011 dibayar pembelian tanggal 3 januari 2011 pada toko maju.

 

Berdasarkan ilustrasi tersebut maka perusahaan bakal membikin jurnal sebagai berikut:

Jurnal tanggal 3 Januari 2011

Pembelian

Rp9.000.000

Utang Dagang

Rp9.000.000

 

Jurnal pada tanggal 13 Januari 2011

Utang Dagang

Rp9.000.000

Kas

Rp8.820.000

Potongan Pembelian

Rp180.000

 

Perhitungan Potongan Pembelian:

Dalam transaksi tanggal 3 januari 2011 tertulis syarat pembayaran 2/10. n/30, Faktor ini menandakan bahwa pembelian barang tersebut diperbuat dengan cara kredit. Makna dari syarat pembayaran 2/10. n/30 adalah bahwa apabila pembeli bayar utangnya mulai dari hari ke 1 s/d hari ke 10 maka akan mendapat potongan pembelian sebesar 2% dari harga barang yang dibeli, serta apabila dibayar setelah hari ke 10 s/d 30, maka tidak mendapat potongan pembelian. Sebab dalam ilustrasi ini pembayaran tetap dalam rentang waktu 10 hari dari pembelian maka mendapat potongan pembelian 2% dari harga beli barang tersebut, dengan demikian perhitungan potongan pembelian adalah sebagai berikut:

 

Potongan pembelian = 2% x 9.000.000

= Rp180.000

Kas yang dibayar = 9.000.000 – 180.000

= Rp8.820.000

 

Transaksi Keuangan Pemberian Potongan Penjualan Barang

Potongan Penjualan barang adalah potongan penjual terhadap pembeli atas penjualan barang dagangan dengan cara kredit dengan syarat saat penerimaan pembayaran tetap dalam rentang waktu yang memperoleh potongan harga.

 

Untuk memahami transaksi ini kita baca ilustrasi berikut ini:

– Pada Tanggal 15 Januari 2011 dipasarkan barang dagangan terhadap toko Jaya seharga Rp11.000.000 dengan syarat pembayaran 3/20. n/60.

– Pada tanggal 21 Januari 2011 diterima pembayaran sebagai pelunasan transaksi tanggal 15 januari 2011 dari toko Jaya.

 

Berdasarkan ilustrasi tersebut maka perusahaan akan membuat  jurnal sebagai berikut:

Jurnal tanggal 15 Januari 2011

Piutang Dagang

Rp11.000.000

Penjualan

Rp11.000.000

Potongan Pembelian

Rp180.000

 

Jurnal pada tanggal 21 Januari 2011

Kas

Rp11.000.000

Piutang Dagang

Rp10.670.000

Potongan Penjualan

Rp330.000

 

Perhitungan Potongan Penjualan:

Dalam transaksi tanggal 15 januari 2011 tertulis syarat pembayaran 3/20. n/60, Faktor ini menandakan bahwa penjualan barang tersebut diperbuat dengan cara kredit. Makna dari syarat pembayaran 3/20. n/60 adalah bahwa apabila pembeli membayar utangnya mulai dari hari ke 1 s/d hari ke 20 maka akan diberi potongan penjualan sebesar 3% dari harga barang yang dibeli, serta apabila dibayar setelah hari ke 20 s/d 60 maka tidak mendapat potongan penjualan. Sebab dalam ilustrasi ini pembayaran tetap dalam rentan waktu 10 hari dari pembelian maka mendapat potongan pembelian 2% dari harga beli barang tersebut, dengan demikian perhitungan potongan pembelian adalah sebagai berikut:

Potongan penjualan = 3% x 11.000.000

= Rp330.000

Kas yang dibayar = 11.000.000 – 330.000

= Rp 10.670.000

 

Transaksi Keuangan Pembayaran Beban Angkut Pembelian

Pembayaran Beban angkut pembelian adalah transaksi dalam perusahaan dagang yang terjadi sebab perusahaan menggunakan jasa angkut barang atas barang dagangan yang dibeli. Jurnal yang dibangun adalah dengan mendebit beban angkut pembelian serta mengkredit kas. Dalam faktor ini beban angkut barang dibayar oleh pembeli barang, biasanya pada kondisi ini sistem penyerahan barang yang dipakai adalah FOB Shipping Point.

 

Transaksi Keuangan Pembayaran Beban Angkut Penjualan

 

Pembayaran beban angkut penjualan adalah transaksi dalam perusahaan dagang yang terjadi sebab perusahaan menggunakan jasa angkut barang atas barang dagangan yang dipasarkan. Jurnal yang dibangun adalah dengan mendebit beban angkut penjualan serta mengkredit kas. Dalam faktor ini beban angkut barang dibayar oleh penjual barang, biasanya pada kondisi ini sistem penyerahan barang yang dipakai adalah FOB Destination Point alias C&F.

 

Persediaan Barang Dagang

Persediaan barang dagang yang tersisa dan belum terjual pada akhir periode akuntansi. Transaksi persediaan barang dagang dicatat dengan bukti memorial.

 

Dengan adanya ke 9 jenis transaksi pada perusahaan dagang, tentunya pembukuan yang dilakukan akan lebih mudah jika menggunakan bantuan software akuntansi online seperti Jurnal. Jurnal akan membantu Anda untuk mencatat setiap jenis transaksi secara cepat dan akurat, kapan pun dan di mana pun. Dapatkan informasi selengkapnya tentang Jurnal di sini.


PUBLISHED18 Sep 2018
Novia Widya Utami
Novia Widya Utami

SHARE THIS ARTICLE: