Mekari Jurnal
Daftar Isi

Peran Penting Checker Gudang dalam Integrasi Bisnis Keseluruhan

Tayang 30 Apr 2024
Diperbarui 01 Mei 2024

Pengelolaan gudang yang efektif tentunya membutuhkan peran pekerja yang berkualitas dan bertanggungjawab, salah satu profesi yang memiliki peran vital dalam pengelolaan gudang yaitu checker gudang.

Selain checker gudang, sebenarnya masih banyak bidang kerja yang berkaitan erat dengan pengelolaan operasional gudang sehari-hari, seperti helper dan picker gudang.

Namun, dalam artikel ini kita akan membahas secara lebih dalam terlebih dahulu mengenai profesi dan tanggungjawab checker gudang untuk membantu Anda dalam mengoptimalkan operasional bisnis sehari-hari.

Apa itu Checker Gudang dan Perannya?

Sebagai profesi yang bekerja dalam konteks manajemen pergudangan, checker gudang merupakan seseorang yang memiliki peran dan tanggungjawab dalam memastikan keakuratan stok persediaan di dalam gudang.

Lalu, apa saja fungsi dan peran checker gudang dalam pengelolaan operasional bisnis?

  • Pertama, checker gudang mengurus berbagai prosedur mulai dari memproses, menerima, dan menyimpan seluruh barang masuk atau yang keluar dari gudang.
  • Kedua, checker gudang juga membantu menjaga dan mempertahankan kualitas dan kelangsungan barang sewaktu tersimpan di gudang.
  • Ketiga, mereka juga memiliki peran penting yang berkaitan dengan pencatatan dan pembukuan persediaan, ini berfungsi untuk meningkatkan dan mempertahankan tingkat akurasi data yang tersimpan di pencatatan dan penyimpanan sebenarnya.
  • Keempat, peran mereka juga cukup berkaitan dengan praktik akuntansi, karena pemeriksaan persediaan secara berkala, termasuk keseimbangan keluar-masuk persediaan, dan kerusakan stok akan mempengaruhi data yang tercantum dalam laporan keuangan tahunan.
  • Kelima, salah satu pekerjaan harian dari seorang checker gudang adalah memeriksa dan melakukan pemantauan terkait status persediaan yang terdapat di gudang. Ini dikarenakan segala hal yang terjadi di gudang merupakan salah satu tanggungjawab utama checker gudang.

Simak lebih lanjut: Simak Contoh Laporan Stok Barang Gudang untuk Operasional Bisnis

Keterampilan dan Persyaratan yang Dibutuhkan Seorang Checker Gudang

Untuk menjadi seorang checker gudang pada dasarnya tidak terlalu sulit, karena untuk minimal persyaratannya tidak cukup berat.

Mengutip data yang diperoleh dari Zippia, rata-rata orang yang bekerja sebagai checker gudang memiliki kualifikasi lulusan pendidikan tingkat SMA atau bersertifikat GED (General Educational Development).

Untuk latar belakang pendidikan, profesi ini juga dapat berasal dari latar belakang apa saja, mulai dari bisnis, teknik, ilmu komputer, manajemen, hingga ilmu terapan lainnya.

Kemudian untuk persyaratan yang perlu dimiliki, tentunya akan menyesuaikan dengan tugas dan tanggungjawab seorang checker gudang, yaitu:

  1. Memproses, memeriksa, dan menyelesaikan pesanan pelanggan terkait pendistribusian barang.
  2. Mempertahankan kondisi lingkungan gudang yang bersih dan terawat, termasuk suhu udara dan kelembaban.
  3. Memahami proses penyortiran, pelabelan, dan pengkategorisasian seluruh barang yang terdapat di dalam gudang.
  4. Memahami prosedur perlengkapan dan seragam yang aman sesuai aturan pergudangan.
  5. Dapat membangun komunikasi efektif karena aktif dalam berkolaborasi dengan berbagai bidang organisasi mulai dari bagian penjualan, pengadaan barang, atau pengiriman barang.
  6. Membantu mengelola pencatatan barang dan mempertahankan inventory accuracy (akurasi inventaris) antara data yang terdapat di pencatatan dengan kondisi sebenarnya di gudang.

Pemeriksaan Gudang: Poin-Poin Utama

Untuk membantu Anda dalam mengelola lingkungan pergudangan yang optimal, ada beberapa tugas-tugas yang perlu Anda perhatikan dan perlu dikerjakan secara berkala.

Beberapa tugas-tugas yang rutin perlu dilakukan seperti audit persediaan, inspeksi kualitas barang, monitoring stok, dan melakukan pengawasan masuk dan keluar barang.

  1. Periksa stok persediaan apakah ada kerusakan atau kadaluwarsa.
  2. Mengevaluasi produk apakah masih sesuai standar kualitas perusahaan.
  3. Melakukan pemeliharaan kebersihan gudang.
  4. Memastikan bahwa alat keselamatan masih berjalan dengan benar.
  5. Memantau apakah area penyimpanan sudah sesuai dengan prosedur standar penyimpanan.
  6. Menyimpan log dan catatan inspeksi.
  7. Memberi nomor dan label penyimpanan stok.
  8. Memastikan bahwa area penyimpanan dengan suhu yang standar dari produk.
  9. Melakukan perawatan peralatan secara rutin dan berkelanjutan.
  10. Memantau dan mengendalikan alur pengemasan dan bongkat muat barang.
  11. Mengendalikan pembuangan limbah gudang di tempat yang benar.

Mekari Jurnal Bantu Pengelolaan Gudang Secara Optimal

Sebagai seorang checker gudang, tentunya pekerjaannya yang akan dilakukannya setiap hari cukup banyak dan repetitif.

Memang pada dasarnya tugas-tugas tersebut masih dapat dilakukan secara manual, namun jika terus berlanjut dalam jangka panjang tentu akan memicu berbagai risiko yang dapat mengganggu produktivitas, misalnya kesalahan input data atau barang yang hilang.

Terlebih, tekanan akan pekerjaan sehari-hari akan semakin besar jika gudang yang dikelola juga memiliki tingkat kuantitas yang besar dan produk dan yang beragam.

Namun, di era teknologi yang semakin modern, sudah banyak perangkat lunak yang turut diikutsertakan dalam pengelolaan operasional perusahaan, termasuk manajemen gudang.

Penerapan perangkat lunak yang menerapkan sistem manajemen gudang tentu akan banyak membantu pekerjaan checker gudang, salah satu rekomendasi yang bisa Anda gunakan adalah Mekari Jurnal SCM yang memiliki beberapa fitur unggulan, seperti:

  • Proses pemantauan real-time: Kondisi yang terjadi mulai dari keluar-masuk barang dan jumlah barang dapat terpantau secara real-time karena dapat diakses secara online.
  • Notifikasi stok: Sistem dapat memberikan notifikasi secara otomatis jika terdapat produk yang akan habis, kemudian dapat melakukan pemesanan secara langsung.
  • Analisis data yang akurat: Terdapat sentralisasi data produk dari seluruh gudang yang dimiliki oleh perusahaan, serta terintegrasi dengan dokumen transaksi penjualan.

Untuk mengetahui manfaat dari menerapkan software pengelolaan gudang, simak selengkapnya di sini.

Masih terdapat beragam fitur SCM unggulan lainnya yang dapat Anda gunakan, ketahui selengkapnya dengan mendaftarkan bisnis Anda sekarang juga di sini!

Dapatkan free trial selama 7 hari dan eksplorasi berbagai fitur unggulan Mekari Jurnal!

Daftar Gratis Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Zippia, “What is a Warehouse Checker and How to Become One”.

Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal