Jurnal Enterpreneur

Strategi Pemasaran Anda Gagal? Begini Cara Memperbaikinya!

Strategi pemasaran gagal? Begini cara memperbaikinya akan dibahas di blog Jurnal By Mekari! dikoreksi agar di masa mendatang tidak terjadi kegagalan kembali.

Tidak ada strategi pemasaran yang sempurna meskipun strategi pemasaran tersebut dibuat oleh orang yang sangat pintar dalam bidang pemasaran.

Setiap perusahaan akan membuat strategi pemasarannya masing-masing sesuai kebutuhan perusahaan tersebut.

Jadi meskipun perusahaan bergerak dalam satu jenis usaha tetap saja strategi pemasarannya mungkin berbeda.

Maka janganlah malu untuk mengakui jika strategi pemasaran yang Anda buat gagal.

Karena ada banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi suatu strategi pemasaran menjadi gagal.

Strategi pemasaran yang gagal artinya strategi pemasaran tidak berjalan sesuai dengan rencana yang telah dibuat dan diharapkan.

Sehingga Anda tidak dapat melihat hasil yang Anda prediksikan sebelumnya.

Namun, Anda tidak perlu bersedih terlalu lama jika strategi pemasaran Anda mengalami kegagalan.

Justru adanya kegagalan tersebut merupakan cambuk untuk Anda agar lebih bersemangat lagi.

Oleh karena itu, saat strategi pemasaran Anda gagal maka Anda harus mengoreksi atau memperbaiki nya.

Sehingga untuk masa yang akan datang akan menjadi lebih baik lagi.

Membaca tulisan ini Anda akan bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait Strategi Pemasaran Gagal ini seperti:

  • Langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika kinerja pemasaran itu tidak lagi sesuai dengan target pemasaran perusahaan?
  • Apa yang kalian lakukan jika pemasaran yang kalian lakukan kurang tepat sasaran?
  • Langkah untuk meminimalkan resiko kegagalan produk dengan cara riset kualitatif, pengkategorian dan segmentasi untuk mengetahui peta persaingan dalam industri tersebut, alasan mengapa konsumen membeli produk tertentu, bagaimana mereka menggunakan suatu produk dan kebutuhan mana yang belum terpenuhi disebut langkah apa?
  • Seorang wirausahawan gagal menjalankan usahanya karena kesulitan dalam memasarkan produknya. bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Baca Juga : 6 Strategi Pemasaran Tepat Sasaran Yang Harus Dicoba

Strategi Pemasaran Anda Gagal? Begini Cara Memperbaikinya!

Lalu, bagaimana cara mengoreksi strategi pemasaran yang gagal? Simak uraian berikut:

Berikan sesuatu yang unik

Strategi pemasaran gagal? Begini cara memperbaikinya akan dibahas di blog Jurnal By Mekari! dikoreksi agar di masa mendatang tidak terjadi kegagalan kembali.

Dalam dunia pemasaran, persaingan sangat ketat.

Terlebih pada pemasaran konten dan pemasaran yang menggunakan social media, persaingan di sana sangat kompetitif.

Ada banyak ribuan produk, perusahaan pesaing yang juga melakukan pemasaran sehingga untuk mendapatkan calon konsumen mereka akan berlomba-lomba membuat konten yang menarik perhatian calon konsumen.

Sampai saat  ini, strategi pemasaran apa yang telah Anda buat untuk bersaing dan mendapatkan perhatian konsumen?

Jika Anda menjawab hal yang sama yang dilakukan oleh pesaing atau kompetitor Anda maka dipastikan strategi pemasaran Anda akan gagal.

Anda tidak dapat meniru desain, latar, kalimat persuasif dari kompetitor Anda.

Berikan sesuatu yang unik, yang berbeda dan menjadi ciri khas usaha bisnis Anda.

Sehingga semua orang dapat membedakan antara Anda dan kompetitor Anda.

Baca Juga : Pahami Implementasi Strategi Pemasaran International Sebelum Ekspansi Bisnis

Interaktif

Interaktif ini maksudnya ciptakan hubungan interaksi antara penjual dan pembeli atau calon pembeli.

Biasanya calon pembeli juga memiliki beberapa pertanyaan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk.

Maka Anda dapat membuat kolom atau ruang diskusi sehingga menciptakan hubungan atau interaksi antara pembeli dan penjual.

Selain itu dengan adanya interaksi, sebagai penjual Anda dapat bertanya kepada calon konsumen mengenai produk atau layanan apa yang diinginkan.

Setelah mengetahuinya, selanjutnya Anda dapat jadikan acuan untuk mengaplikasikannya di periode berikutnya.

Adanya ruang diskusi macam hal tersebut, juga akan membuat konsumen atau pembeli merasa diperhatikan dan dihargai.

Baca Juga : 6 Penyebab Terjadinya Kegagalan dalam Bisnis

Membuat Target Baru Yang Lebih Masuk Akal

Salah satu sebab strategi pemasaran gagal yakni mengenai sasaran atau target yang salah.

Coba lakukan evaluasi target audience dari strategi pemasaran yang sebelumnya.

Sesuaikan target audience dengan jenis usaha atau produk Anda.

Jika produk Anda ditunjukkan untuk masyarakat kelas atas maka gencarkan promosi untuk kaum kelas menengah ke atas.

Namun, sebaliknya jika produk Anda merupakan produk umum maka targetkan calon pembeli seumum mungkin sehingga nantinya Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk melakukan penentuan target, Anda juga dapat melakukan penelitian mengenai informasi demografi dari target yang ingin dijangkau.

Baca Juga : 9 Tips Jitu Memulai Usaha dari Nol Secara Efektif

Buat Strategi Baru Ketika Strategi Pemasaran Anda Gagal

Buat Strategi Baru Ketika Strategi Pemasaran Anda Gagal

Jika sudah tidak ada cara atau alternatif strategi pemasaran yang berhasil, Anda dapat membuat strategi pemasaran yang baru.

Strategi pemasaran yang baru ini bisa merupakan strategi yang benar-benar baru atau Anda membuat strategi baru dengan mengoreksi dan memperbaiki strategi lama kemudian memodifikasi nya sehingga strategi tersebut lebih baik dari strategi sebelumnya.

Pasar memiliki kondisi yang sulit untuk ditebak.

Sehingga strategi pemasaran yang dibuat oleh perusahaan – perusahaan pun akan ada yang mengalami keberhasilan dan kegagalan.

Padahal strategi pemasaran dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan.

Namun, tahukah Anda bahwa tidak ada strategi pemasaran yang gagal total dan berhasil semua?

Ya, karena pasar memiliki ketidakpastian dan faktor-faktor yang kadang tidak dapat dijangkau.

Untuk itu, menerapkan ataumembuat strategi pemasaran saja tidak cukup untuk meningkatkan kinerja perusahaan.

Anda juga harus mengelola keuangan perusahaan dengan baik.

Baca Juga : Fitur Aplikasi Inventory Barang bagi Bisnis e-Commerce

Untuk memudahkan Anda mengelola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi Jurnal.

Jurnal menyediakan fitur-fitur lengkap dari mulai pembukuan sampai dengan pembuatan laporan keuangan.

Jurnal juga terintegrasi dengan aplikasi lain yang memudahkan Anda mengelola keuangan perusahaan.

Selain itu, Jurnal memiliki fitur aplikasi inventory barang yang juga dapat membantu Anda dalam mengelola persediaan barang Anda.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Lihat informasi lebih lengkap tentang fitur aplikasi Jurnal, dengan klik di sini.

Nah, tentu sekarang Anda bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait Strategi Pemasaran Gagal ini seperti:

  • Langkah-langkah apa yang harus dilakukan jika kinerja pemasaran itu tidak lagi sesuai dengan target pemasaran perusahaan?
  • Apa yang kalian lakukan jika pemasaran yang kalian lakukan kurang tepat sasaran?
  • Langkah untuk meminimalkan resiko kegagalan produk dengan cara riset kualitatif, pengkategorian dan segmentasi untuk mengetahui peta persaingan dalam industri tersebut, alasan mengapa konsumen membeli produk tertentu, bagaimana mereka menggunakan suatu produk dan kebutuhan mana yang belum terpenuhi disebut langkah apa?
  • Seorang wirausahawan gagal menjalankan usahanya karena kesulitan dalam memasarkan produknya. bagaimana solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, dan silahkan dibagikan di sosial media.

 

Kategori : Bisnis

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo