Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

5 Strategi Pemasaran Di Masa Sulit Agar Bisnis Tetap Mendapatkan Untung

Tayang 26 Oct 2022
Diperbarui 19 Oktober 2023

Berikut strategi pemasaran di masa sulit agar bisnis Anda tetap mendapatkan keuntungan. Seperti apa? Blog Mekari Jurnal akan mengulasnya.

Dalam keadaan dan kondisi ekonomi apapun, sebuah perusahaan harus tetap beroperasi agar roda kehidupan perusahaan tetap berputar dan mendapatkan keuntungan yang terus meningkat.

Mungkin dalam kondisi normal atau stabil, menjalankan perusahaan bukanlah hal yang sulit.

Namun, pernahkan Anda menjalankan usaha dalam kondisi sulit atau sedang mengalami krisis?

Pada masa krisis atau sulit biasanya perusahaan akan mengalami kesulitan seperti menurunnya penjualan, menurunnya produktivitas, dan masalah lainnya sampai terkadang juga ada yang mengalami kebangkrutan.

“Banyak jalan menuju roma” layaknya pepatah tersebut, masih banyak cara untuk mengatasi berbagai macam masalah.

Nasihat tersebut cukup populer dan dapat dijadikan sebagai motivasi agar Anda semakin kuat dan yakin dapat terus menjalankan usaha dan mengatasi masalah-masalah yang timbul meskipun kondisi sedang sulit atau krisis.

Salah satu kunci keberhasilan perusahaan untuk tetap menjalankan usahanya yakni mengenai pemasarannya.

Meskipun kondisi dalam masa sulit, pendapatan mulai menurun, penjualan menurun serta daya beli masyarakat menurun, Anda harus tetap melakukan pemasaran dan jangan pernah berhenti untuk melakukan pemasaran.

Strategi pemasaran tidak boleh dihilangkan saat perusahaan dalam masa sulit bahkan seharusnya strategi pemasaran masa sulit harus lebih baik dari masa sebelumnya.

Nah, membaca tulisan ini Anda akan bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait topik yang dibahas seperti :

  • Jalan apakah yang ditempuh oleh perusahaan jika penjualan dan keuntungan menurun?
  • Apa alternatif yang dapat dilakukan ketika penjualan menurun?
  • Bagaimana jika sistem pemasaran dirasa kurang populer, jelaskan?
  • Ketika terjadi penurunan jual beli konsumen apa yang seharusnya kita lakukan?
  • Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran adalah?
  • Apabila perusahaan mengalami penurunan penjualan maka kegiatan yang harus dilakukan perusahaan adalah melakukan?
  • Hal apa yang harus dilakukan seorang pengusaha jika mengalami penurunan penjualan produknya?
  • Strategi pemasaran yang efektif untuk menghadapi pasar yang mengalami penurunan?

5 Strategi Pemasaran Di Masa Sulit Agar Bisnis Tetap Untung Adalah Sebagai Berikut

Apa saja strategi pemasaran di masa sulit atau krisis? Simak cara-cara berikut ini.

1. Pemasaran dengan Biaya Rendah

Berikut strategi pemasaran di masa sulit agar bisnis Anda tetap mendapatkan keuntungan. Seperti apa? Blog jurnal by Mekari akan mengulasnya.

Pada masa-masa sulit, menekan biaya merupakan hal yang harus dilakukan.

Oleh karena itu, Anda juga dapat  menerapkan strategi pemasaran dengan biaya rendah bahkan jika mungkin gratis tanpa biaya.

Di era digitalisasi seperti sekarang, metode pemasaran dengan biaya rendah atau gratis akan mudah dijalankan.

Sehingga Anda harus memanfaatkan semua social media.

Selain itu, ada pula strategi pemasaran lain dengan biaya rendah seperti frequent program, public relation, up-selling dan pemasaran lokal dapat menjadi referensi.

2. Mengubah Menu

Mengubah menu ini dapat menjadi salah satu cara meningkatkan keuntungan untuk usaha kuliner.

Buatlah daftar menu yang kurang dan tidak diminati kemudian ubah menu tersebut dengan ide-ide baru tetapi usahakan biaya bahan bakunya rendah.

Selain itu, Anda juga dapat mengurangi porsi produk Anda yang sangat laku.

Dengan begitu, Anda akan tetap mendapatkan keuntungan.

3. Hindari Program Diskon Adalah Salah Satu Strategi Pemasaran Di Masa Sulit

Hindari Program Diskon Adalah Salah Satu Strategi Pemasaran Di Masa Sulit

Jika biasanya diskon diberikan untuk menarik perhatian pembeli atau konsumen.

Pada masa sulit, lebih baik Anda tidak memberikan program diskon karena program diskon dapat berdampak buruk di masa depan.

Jika di masa sulit Anda memberikan diskon, kemudian pada saat normal harga kembali normal maka pelanggan atau konsumen akan merasa harga tersebut lebih mahal dan mereka tidak tertarik membeli produk karena menunggu ada diskon lagi.

Baca Juga : Cara Mendapatkan e-FIN Pajak dengan Mudah

4. Fokus pada Pelayanan Maksimal Untuk Menjaga Pelanggan Yang Sudah Ada

5 Strategi Pemasaran Di Masa Sulit Agar Bisnis Tetap Untung Adalah Sebagai Berikut

Meskipun Anda sedang pusing memikirkan perusahaan, namun tetaplah berikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan atau konsumen.

Terlebih untuk pelanggan yang secara reguler memang menggunakan produk Anda.

Memberikan pelayanan yang terbaik dapat mempertahankan pelanggan untuk tetap membeli produk.

Anda juga dapat memberikan produk tambahan seperti minuman, permen, kue atau apapun sambil menunggu antrian.

Baca Juga : SPT Pajak : Panduan Lengkap yang Harus Anda Ketahui

5. Memberikan Solusi pada Pelanggan

Dalam kondisi ekonomi yang buruk atau sedang mengalami krisis, yang mendapatkan dampak bukan hanya pengusaha tetapi juga masyarakat keseluruhan.

Jadi yang merasakan kesulitan ekonomi sebenarnya bukan hanya Anda.

Anda dapat menggunakan kesempatan itu sebagai peluang untuk mendapatkan keuntungan.

Berikan relaksasi lebih dari yang usaha bisnis Anda berikan pada saat keadaan normal.

Contohnya, misal usaha Anda bergerak di bidang makanan dan minuman, maka Anda dapat memberikan menu makanan pembuka atau penutup dengan gratis.

Tentu saja dengan perhitungan menu tersebut memiliki biaya yang cukup rendah dalam pembuatannya.

Itulah beberapa strategi pemasaran pada masa sulit yang dapat Anda lakukan untuk tetap mendapatkan keuntungan.

Pada sebuah bisnis, melakukan strategi pemasaran saja tidak cukup, Anda juga harus membuat laporan keuangan serta memantau stok gudang dengan aplikasi gudang.

Dengan membuat laporan keuangan, Anda bisa terhindar dari kegagalan bisnis, dan mungkin saja Anda bisa membuat strategi baru dengan melakukan analisa laporan keuangan bisnis Anda.

Bagi Anda yang khawatir dan tidak bisa membuat laporan keuangan, sekarang Anda dapat membuat laporan keuangan dengan menggunakan software akuntansi.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal

Jurnal merupakan software akuntansi yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dengan cepat, mudah, dan aman.

Daftarkan bisnis Anda sekarang juga di aplikasi catatan keuangan dari Jurnal dan nikmati free trial selama 14 hari.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Nah, diatas adalah strategi pemasaran di masa sulit agar bisnis Anda tetap mendapatkan keuntungan seperti yang diulas oleh Blog Mekari Jurnal.

Sekarang setelah membaca tulisan ini Anda akan bisa menjawab beberapa pertanyaan terkait topik yang dibahas diatas seperti :

  • Jalan apakah yang ditempuh oleh perusahaan jika penjualan dan keuntungan menurun?
  • Apa alternatif yang dapat dilakukan ketika penjualan menurun?
  • Bagaimana sistem pemasaran dirasa kurang populer, jelaskan?
  • Ketika terjadi penurunan jual beli konsumen apa yang seharusnya kita lakukan?
  • Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jangkauan pemasaran adalah?
  • Apabila perusahaan mengalami penurunan penjualan maka kegiatan yang harus dilakukan perusahaan adalah melakukan?
  • Hal apa yang harus dilakukan seorang pengusaha jika mengalami penurunan penjualan produknya?
  • Strategi pemasaran yang efektif untuk menghadapi pasar yang mengalami penurunan?

Semoga informasi ini bisa berguna untuk Anda, dan jangan lupa untuk membagikannya di sosial media.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal