5 Tips Membangun Strategi Pemasaran Online Bagi Pengusaha UKM Berikut ini adalah 5 kiat membangun strategi pemasaran online UKM UMKM bagi wirausahawan yang baru saja memulai bisnisnya dari blog Mekari Jurnal. Baca disini ya! Rata-rata Usaha Kecil Menengah (UKM) memiliki tujuan dan tantangan yang sama dengan jenis bisnis lainnya yaitu menghasilkan prospek yang baik dan meningkatkan penjualan. Namun, satu hal yang membedakannya adalah terkadang pengusaha UKM belum memiliki pengetahuan atau kemampuan untuk mengembangkan dan mengelola program pemasaran online atau digital yang efektif. Zaman sekarang, internet menawarkan para pebisnis UKM berbagai peluang dalam melancarkan usaha pemasarannya. Hal ini juga diikuti oleh semakin banyaknya konsumen yang berselancar secara online untuk mencari produk dan jasa yang diinginkan dan dibutuhkan. Maka dari itu Anda perlu memperluas wawasan Anda terkait strategi pemasaran online. Pakai Aplikasi Mekari Jurnal untuk Toko Online Anda! Terhubung dengan Marketplace dan Lacak Transaksi Keuangan Lebih Mudah! Saya Mau Coba Gratis Mekari Jurnal Sekarang! Berikut lima kiat dalam membangun strategi pemasaran online: Pertahankan Posisi Bisnis dengan Memanfaatkan Fitur & Platform Pemasaran Online Banyak pebisnis berinvestasi untuk mengembangkan teknik pemasaran online daripada metode pengiklanan tradisional. Karena semakin banyak pebisnis dengan brand yang menarik juga menggunakan fitur-fitur seperti SEO (Search Engine Optimization), AdWords, dan berbagai jenis media sosial ke dalam strategi pemasaran online UKM UMKM mereka, sehingga bidang pemasaran online menjadi bersifat lebih kompetitif. Di dalam dunia pemasaran online terdapat juga perangkat intelijen yang sangat penting untuk menentukan posisi (Standing Point) di pasar Anda. Salah satunya adalah Google Alerts yang tugasnya mengungkapkan strategi pemasaran dan produk terbaru kompetitor Anda. Sebagai pengusaha UKM, tentunya Anda tidak boleh melewatkan untuk menggunakan perangkat seperti itu. Baca Juga : Forstok x Jurnal: Permudah Integrasi Marketplace Untuk Bisnis Online Kenali Traffic Market Pelanggan Anda Berkat Internet, permasalahan seperti batas geografis tidak lagi menjadi masalah bagi pemasar dan bisnis. Anda dapat dengan mudah menjangkau ribuan pelanggan di berbagai tempat hanya dengan “satu klik”. Platform serba online memungkinkan UKM untuk berinteraksi dengan pasar yang lebih besar, yang konon sulit dijangkau dengan menggunakan metode tradisional. Anda bisa menggunakan berbagai Software baik yang berbasis akuntansi maupun manajemen untuk membantu kiat pemasaran online Anda. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan dari Software tersebut, Anda bisa mengolah data Traffic Market Anda secara otomatis dan realtime untuk terhubung dengan orang-orang yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan Anda. Baca Juga : Strategi Pemasaran yang Efektif untuk UKM Manfaatkan Word of Mouth dari Situs Web, Media Sosial, dan Platform lainnya. Mendapatkan pelanggan baru sangat penting untuk meningkatkan profitabilitas dan pendapatan penjualan bisnis Anda. Kiat strategi pemasaran online UKM UMKM menunjang pencapaian tujuan tersebut dengan mudah melalui media sosial, situs web, dan atau kanal YouTube. Iklan-iklan yang dimunculkan secara online adalah jenis Word of Mouth yang baru, konsumen yang datang di situs web atau akun media sosial Anda dapat meninggalkan komentar atau review yang tentunya akan memengaruhi konsumen lain yang mengunjungi situs Anda. Baca Juga : Cara Mudah Membuat Laporan Keuangan UKM Sederhana Raih Review Positif di Platform Reviewer Masih terkait dengan poin sebelumnya, calon pelanggan akan mempelajari bisnis Anda melalui berbagai review yang tertinggal di akun media sosial ataupun situs web Anda. Atau mungkin bisnis Anda bisa masuk di platform reviewer seperti Google Place, Tripadvisor, dan lainnya sehingga calon pelanggan tidak akan sulit menemukan dan memberi review terhadap bisnis Anda. Review dan peringkat yang dihasilkan jelas akan mencerminkan dan membangun reputasi bisnis Anda. Baca Juga : Kiat-Kiat Managerial Untuk Para Pendiri Usaha Maksimalkan Peran Customer Service Dalam Strategi Pemasaran Online UKM UMKM Anda Kiat pemasaran online juga secara simultan akan meningkatkan jasa Customer Service (CS) Anda. Terlibat lebih baik dengan pelanggan atau klien dengan fitur chat online jelas akan memberikan User Experience khusus bagi pelanggan. Kenali klien Anda secara instan dan gunakan feedback dari konsumen untuk meningkatkan pelayanan Anda. Itulah kelima kiat yang bisa dimasukkan dalam strategi pemasaran online bisnis Anda. Ingat, tidak ada cara yang baku dalam menerapkan strategi pemasaran. Semakin Anda kreatif dan fleksibel, maka jangan kaget bila pelanggan datang berbondong-bondong untuk membeli produk bisnis Anda. Namun jangan lupa, Anda juga harus memaksimalkan sisi keuangan Anda. Manfaatkan Software Mekari Jurnal Untuk Maksimalkan Pengelolaan Keuangan Di zaman yang serba online ini, Anda bisa mencoba menggunakan Software Akuntansi dari Mekari Jurnal. Akses terhadap Laporan Keuangan, terutama Laporan Laba Rugi lebih mudah Anda dapatkan kapan pun dan di mana pun Anda berada. Karena Jurnal mengolah seluruh transaksi bisnis menjadi Laporan Keuangan secara realtime. Konsultasi Gratis Ke Tim Mekari Jurnal Sekarang! Silahkan klik di sini untuk melihat informasi lebih lanjut terkait fitur dan solusi produk Mekari Jurnal. Nah, diatas adalah 5 kiat membangun strategi pemasaran online UKM UMKM bagi wirausahawan yang baru saja memulai bisnisnya dari blog Mekari Jurnal. Semoga informasi ini berguna, dan jangan lupa untuk dibagikan di sosial media.