Bisnis kecil bisa berkembang semakin besar, bila dikelola dengan tepat. Layaknya sebuah perusahaan besar, setiap usaha UKM seharusnya memiliki manajemen usaha yang baik dan kinerja tinggi supaya bisnis cepat berkembang menjadi lebih besar. Di bawah ini akan kita akan jabarkan 5 cara melakukan manajemen UKM agar menjadi lebih besar.

 

Buat Business Plan yang Tepat

Memiliki sebuah business plan atau perencanaan program kerja, walaupun terkesan sederhana, namun sangat penting keberadaannya bagi sebuah manajemen usaha. Adanya sebuah business plan dalam usaha, akan membuat semua program kerja dalam perusahaan akan terarah dan terhindar dari pemborosan biaya. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki business plan yang baik sejak awal, maka akan sulit bagi semua karyawan maupun pihak yang terkait dengan usaha, untuk menentukan kegiatan operasional, biaya, tujuan, dan peluang yang akan diraih pada periode usaha berikutnya.

 

Miliki Standard Operating Prosedur

Standard Operating Procedure atau SOP sebenarnya sangat dibutuhkan dalam bisnis UKM untuk sebuah pembiasaan. Layaknya perusahaan waralaba, bisnis UKM pun harus mampu menciptakan standarisasi kerja. Tujuannya untuk menjaga kualitas produk tetap baik dan membiasakan karyawan memiliki sebuah panduan sistem kerja yang terarah sehingga lebih mudah bagi pihak perusahaan untuk melakukan kontrol. SOP adalah salah satu alat manajemen usaha untuk meningkatkan kinerja karyawan menjadi lebih baik.

 

Lakukan Segmentasi Pasar

Dalam merancang suatu produk, UKM harus menjalankan segmentasi pasar. Cara ini dilakukan oleh usaha-usaha besar dalam mempersiapkan produknya. Sebuah produk atau jasa, harus membidik pasar tertentu agar manfaat dari sebuah produk bisa maksimal dirasakan konsumen. Setiap market punya kebutuhan yang berbeda. Dengan melakukan segmentasi pasar, usaha kecil menengah bisa lebih mengoptimalkan setiap produk yang dikeluarkannya.

 

Tingkatkan Penggunaan Internet

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa saat ini Internet hampir tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Perusahaan UKM pun harus menyadari hal ini dan menjadikaannya sebagai salah satu strategi manajemen peningkatan usaha. Penggunaan Internet sebagai salah satu strategi pemasaran akan menjadikan usaha berjalan efektif, memiliki visibilitas yang luas dan yang terpenting, membuat anggaran perusahaan tidak terkuras.

 

Tingkatkan Kapasitas Informasi Teknologi (IT)

Dunia informasi teknologi saat ini telah terkait oleh banyak hal dalam sebuah proses industri. Dari mulai tingkat produksi sampai konsumsi, dari pemasaran sampai keuangan, semuanya membutuhkan kemajuan di bidang teknologi informasi agar proses usaha berjalan lebih cepat dan segala keputusan maupun perencanaan bisa diambil secara tepat.

Dalam bidang keuangan misalnya, perusahaan harus bisa menggunakan teknologi software akuntansi untuk mulai mengelola semua transaksi keuangan agar dapat diolah lebih cepat menjadi sebuah laporan yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan program pembiayaan sebuah rencana bisnis ke depan.

 

Jurnal software akuntansi online dapat menjadi salah satu solusi manajemen usaha di bidang penggunaan informasi teknologi. Dengan Jurnal, dapatkan kemudahan untuk mengolah semua transaksi keuangan menjadi informasi yang tepat untuk perencanaan dan peningkatan usaha Anda. Dapatkan semua informasi yang Anda butuhkan tentang Jurnal di sini dan coba gratis 14 hari sekarang juga.

 
 
Author