Tips Terapkan Manajemen Usaha untuk Bisnis Kecil

Mengelola suatu usaha bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Anda sebagai seorang pengusaha harus memastikan roda usaha berjalan dengan baik dan tentu saja mencapai target yang telah dibuat. Untuk itu, menerapkan manajemen usaha merupakan hal yang wajib dilakukan.

Manajemen usaha adalah salah satu kegiatan untuk mengatur segala hal dalam menjalankan usaha sehingga tujuan-tujuan yang diharapkan dapat tercapai. Manajemen usaha tidak hanya diterapkan untuk bisnis besar saja, semua lini bisnis dari usaha kecil sekalipun sebaiknya menerapkan manajemen usaha.

Pada perusahaan-perusahaan besar, manajemen usaha biasanya dikelola oleh profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya. Lalu, bagaimana dengan usaha-usaha kecil? Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan manajemen usaha untuk usaha kecil agar berkembang dan sukses.

Tetapkan Strategi Pemasaran

Berikut yang perlu Anda perhatikan dalam menerapkan manajemen bisnis untuk usaha Anda terutama dalam perencanaan pemasaran;

a. Tentukan pasar menggunakan STP

Kesalahan yang paling banyak dilakukan oleh calon pengusaha adalah “idealism above consumer“. Maksudnya, pengusaha seringkali hanya berfokus pada manfaat produk namun kurang memperhatikan konsumen.

Gunakan strategi STP (Segmentasi, Target, dan Posisi Produk). Siapa saja segmen konsumen Anda, Tentukan target konsumen, dan juga posisikan produk Anda pada kebutuhan dan keinginan konsumen. Strategi STP sangat penting dalam membangun produk Anda agar dapat memasuki pasar yang sudah ada bahkan menciptakan pasar sendiri.

b. Jangan lupakan aspek marketing mix: 7P!

Hal yang juga sering dilupakan oleh pengusaha adalah kurang memperhatikan aspek-aspek marketing mix yaitu 7P (price, place, product, promotion, people, physical product, dan process). Aspek marketing mix juga berguna untuk mengatur strategi pemasaran dan manajemen personali  dalam usaha Anda.

c. Tentukan marketing tools yang akan digunakan.

Marketing tools berguna sebagai alat promosi, pemantau, dan juga evaluasi dalam pengembangan bisnis Anda. Tools tergantung dengan anggaran dan juga kebutuhan bisnis. Penggunaan tools yang tergesa-gesa dan serampangan hanya akan merugikan usaha Anda. Misalnya, Anda hanya berjualan online hanya menggunakan Instagram, Anda tidak perlu menggunakan tools melalui out-of-home advertising.

Mencari Investor untuk Pendanaan

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah masalah pendanaan. Jangan menginvestasikan uang sendiri pada bisnis yang akan Anda buka. Carilah partner atau investor yang dapat membantu memberikan dana. Partner dapat menjadi sekutu, di mana Anda akan bekerja bersama.

Jadi jika ada masalah, akan ada partner yang membantu Anda. Selain itu, buatlah tim dalam bekerja agar memudahkan pekerjaan dan dapat saling berbagi beban.

Bekerja Keras dan Disiplin

Anda harus memiliki sikap pekerja keras dan disiplin akan waktu. Jika Anda tidak bersedia untuk bekerja keras, lembur, tidak disiplin, dan sikap-sikap baik lainnya, maka sebaiknya Anda tidak usah menjadi seorang pengusaha. Untuk mengelola dan memanajemen sebuah bisnis, Anda harus memiliki kemampuan organisasi. Termasuk didalamnya mengorganisasi diri sendiri dengan sikap-sikap tersebut. Putuskanlah, untuk bekerja secara efisien dan efektif.

Jual Kelebihan dan Kualitas

Jika Anda baru memulai usaha, biasanya Anda akan mengalami masalah yang berkaitan dengan marketing atau pasar. Maka dari itu, cobalah untuk menjual kelebihan dan kualitas yang baik, selain itu kemampuan komunikasi yang baik juga akan memberi nilai tambah untuk menjelaskan produk yang dipasarkan. Ke depannya, penjualan akan meningkat seiring dengan kelebihan dan kualitas yang diberikan kepada pembeli.

Rekrut Karyawan yang Baik dan Berkualitas

Seiring dengan perkembangannya, bisnis Anda tentu saja akan semakin besar bukan? Oleh karena itu, merekrut karyawan akan sangat dibutuhkan. Untuk melakukan rekrutmen sebaiknya dilakukan secara hati-hati. Carilah karyawan yang baik dan berkualitas agar dapat bekerja sama sehingga tujuan bisnis akan tercapai.

Selain itu, karyawan yang baik akan mudah jika Anda berikan pengarahan sebagai salah satu fungsi manajemen. Kemudian, jangan lupa untuk menganggap bahwa karyawan merupakan aset perusahaan bukan sebagai tenaga.

Perlakukan Vendor dengan Baik

Vendor atau supplier merupakan salah satu hal penting yang menentukan rantai bisnis Anda, jadi perlakukan mereka sebaik mungkin. Mereka adalah salah satu penentu faktor penjualan bisnis, jika supplier telat mengirimkan barang saja, Anda dapat menderita kerugian. Selain itu, jika Anda menjaga hubungan baik dengan supplier, mungkin saja Anda akan diistimewakan seperti mendapatkan diskon, pengiriman gratis atau apapun yang dapat menguntungkan bagi usaha bisnis Anda.

Menggunakan Teknologi

Teknologi merupakan alat yang sangat membantu kehidupan manusia, tidak terkecuali juga di dalam dunia bisnis. Selain dapat mempercepat kerja manusia, teknologi juga dapat digunakan sebagai fungsi manajemen controlling atau pengendalian. Yang kecanggihan teknologi sekarang ini dapat membantu Anda untuk melakukan pengendalian atas operasional perusahaan.

Manajamen usaha dalam sebuah perusahaan sangat dibutuhkan. Dengan mengetahui komponen-komponen penting yang ada di dalamnya, bukan tidak mungkin Anda selaku pengusaha akan bisa mendulang kesuksesan dalam mengembangkan bisnis ke depannya. Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan bantuan teknologi berupa software akuntansi untuk menghandle pekerjaan administratif.

Belakangan ini banyak bermunculan aplikasi atau software dan penyimpanan data dilengkapi cloud technology dengan biaya yang sangat murah. Hal ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh perusahaan kecil sehingga perusahaan kecil dapat bersaing juga dengan perusahaan besar. Salah satu jenis software akuntansi yang dapat membantu Anda melakukan manajemen usaha adalah Jurnal.

Jurnal merupakan software akuntansi online yang berbasis Cloud yang membantu Anda menyimpan data keuangan secara otomatis. Dengan Jurnal, Anda bisa mendapatkan kemudahan pencatatan untuk keperluan bisnis kapan pun dan di mana pun. Tidak hanya pencatatan transaksi, Jurnal juga menyediakan fitur pembuatan faktur secara otomatis, pelacakan ketersediaan barang, dan manajemen aset yang akan membantu mengembangakan nilai aset bisnis Anda di masa depan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang Jurnal, bisa Anda dapatkan di sini.

[adrotate banner=”19″]

Kategori : BisnisInspirasi

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://www.jurnal.id/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo