Jurnal Enterpreneur

6 Tips Manajemen Keuangan Bisnis Untuk UKM

Manajemen keuangan bukan hanya sebatas bagaimana sebuah usaha dapat mengelola kas, tapi bagaimana sebuah perusahaan mampu mengelola kekayaan untuk menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal tersebut untuk membiayai usaha.

Meski sederhana, pengusaha kecil dan menengah perlu menerapkan prinsip-prinsip manajemen keuangan.

Usaha Kecil Menengah atau UKM merupakan bisnis yang juga memerlukan pengelolaan keuangan juga pelaporan laporan keuangan yang baik.

Setiap bisnis akan membutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat agar bisnis tetap bisa berjalan dengan lancar. Berikut beberapa tips manajemen keuangan bagi UKM.

Rencanakan Penggunaan Uang

Sesuaikan rencana pengeluaran dengan target-target penjualan dan penerimaan kas. Lakukan evaluasi terhadap rencana-rencana belanja yang menggunakan modal, jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan atau menurunkan biaya-biaya.

Lakukan analisa “cost and benefit” atau “untung-rugi” untuk meyakinkan bahwa penggunaan uang perusahaan tidak akan sia-sia dan memberikan return yang menguntungkan.

Perencanaan merupakan bagian penting dalam membangun perusahaan. Jika sudah direncanakan dengan matang, kemungkinan rugi akan lebih kecil. Tentunya perencanaan bagaimana produk terjual keras di pasaran juga harus diperhitungkan agar bisnis tidak merugi.

Buat Pencatatan Keuangan

Meskipun usaha UKM yang Anda miliki berada pada taraf sedang berkembang, namun untuk  manajemen keuangannya tidak cukup dikelola berdasarkan ingatan, melainkan dengan catatan yang lengkap.

Minimal, sebuah usaha wajib memiliki buku kas yang mencatat keluar masuknya uang. Lakukan pencocokan saldo dengan catatan keuangan usaha untuk mengontrol arus kas dan pastikan tidak ada perhitungan yang tertinggal.

Setiap transaksi harus dicatat dengan detail agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaporan keuangan. Transaksi bisnis yang dicatat dengan tepat juga akan memudahkan proses perhitungan laba dan rugi.

Setiap bukti transaksi akan menjadi catatan tentang berapa banyak produk yang terjual dan berapa keuntungan yang didapat.

Untuk membantu melakukan pencatatan keuangan, Anda dapat memanfaatkan Jurnal sebagai software akuntansi online.

Dengan Jurnal, Anda hanya perlu mencatat seluruh transaksi usaha dan Jurnal akan menyediakan seluruh laporan keuangan yang bisa Anda dapatkan secara instan, mulai dari laporan arus kas, neraca, laba-rugi, perubahan modal, hingga laporan stok barang dan aset perusahaan.

Hitung Pembiayaan dengan Benar

Menghitung keuntungan dengan tepat sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri. Namun yang sering terlupakan dari penghitungan keuntungan ini adalah kesalahan terkait pengeluaran biaya yang dikeluarkan perusahaan.

Jika perusahaan memiliki kesalahan pencatatan pembiayaan, maka secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh pada kesalahan perhitungan keuntungan yang didapat.

Terdapat tiga hal pembiayaan yang harus diketahui dan dihitung secara cermat, yaitu pembiayaan yang sedang terjadi, pembiayaan yang akan datang, dan pembiayaan akibat adanya penyusutan.

Pencatatan pembiayaan yang dihitung secara  cermat memudahkan pemilik usaha untuk mengontrol keuangan dan transaksi yang terjadi dalam sebuah bisnis.

Putar Arus Kas Lebih Cepat

Manajemen keuangan meliputi bagaimana Anda mengelola utang, piutang, dan persediaan barang dagangan. Banyak usaha mengalami kesulitan kas meski catatan akuntansi mereka menunjukkan angka yang bagus.

Perhatikan perputaran arus kas, karena putaran kas akan  melambat jika termin penjualan kredit ternyata lebih lama ketimbang masa restock atau penambahan barang dagangan. Seimbangkan perputarannya.

Lakukan Pengawasan Harta, Utang, dan Modal

Periksa persediaan di gudang secara berkala dan pastikan semuanya dalam keadaan lengkap dan baik. Buatlah sistem administrasi yang memadai untuk mengontrol hal tersebut.

Lakukan hal yang sama  terhadap piutang-piutang kepada pembeli dan tagihan-tagihan dari supplier. Jangan sampai terdapat tagihan macet atau pembayaran ganda kepada supplier tanpa sepengetahuan perusahaan. Buatlah pencatatan keuangan yang baik.

Gunakan Keuntungan untuk Kembangkan Usaha

Meskipun bisnis telah berjalan lancar bukan berarti semua keuntungan berhak digunakan di luar kepentingan usaha. Sebagai UKM, maka strategi manajemen keuangan yang penting adalah terkait pengembangan.

Rencanakan investasi tambahan, kenali bidang-bidang yang masih menguntungkan dan dapat memperluas nilai aset perusahaan. Gunakan keuntungan secara bijak dan sisihkan sebagian untuk memperbesar perusahaan.

Keberhasilan bisnis tidak hanya ditentukan oleh kemampuan menjual, melainkan juga mengatur keuangan. Untuk mempermudah manajemen keuangan UKM Anda, maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan software akuntansi online seperti Jurnal.

Jurnal memiliki fitur Stok Barang yang dapat membantu pencatatan dan pelacakan stok yang terjual maupun yang tersimpan di gudang.

Fitur laporan keuangan dalam aplikasi pembukuan sederhana milik Jurnal, untuk segala keperluan jenis laporan keuangan, serta fitur biaya untuk menghitung semua pengeluaran yang telah dan akan terjadi. Dapatkan semua informasi tentang Jurnal melalui aplikasi invoice.

Kategori : Keuangan

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo