Daftar Isi
6 min read

Penerapan Guerilla Marketing pada Bisnis yang Perlu Dicermati

Tayang 05 Apr 2019
Diperbarui 11 Okt 2023

Guerilla marketing atau pemasaran gerilya pertama kali diperkenalkan oleh Jay Conrad Levinson.

Prinsip pemasaran ini membidik target semaksimal mungkin menggunakan peluru seminimal mungkin, seperti melakukan promosi di media-media yang menjangkau banyak viewer.

Agar viewer lebih mudah tertarik, promosi berupa iklan harus dibuat kreatif. Guerilla marketing juga menekankan komunikasi yang sporadis, menggunakan berbiaya rendah, dengan hasil yang optimal.

Dalam perjalanannya, seiring dengan tingginya penetrasi internet, aktivitas marketing jenis  ini telah menjalar ke ranah online atau populer disebut dengan istilah guerilla digital marketing.

Ketahui lebih banyak tentang guerilla marketing dan bagaimana penerapannya pada bisnis.

Konsep Guerilla Marketing Pada Bisnis

Guerrilla marketing merupakan sebuah strategi periklanan yang menggunakan cara yang tidak konvensional dan berbiaya rendah (graffiti, sticker bombing, flash mobs).

Konsep pemasaran gerilya dikembangakan pertama kali sebagai sistem yang tidak konvensional dari promosi yang bersandar pada waktu, energi dan imajinasi daripada anggaran marketing yang besar.

Tujuan dari konsep pemasaran gerilya ini adalah untuk menciptakan sebuah konsep yang interaktif, komunikatif, unik serta menarik orang untuk berpikir.

Semua itu dilakukan untuk menghasilkan buzz, mendorong orang lebih banyak dan intens membicarakan tentang merek dan bisnis Anda.

Strategi Menggunakan Guerilla Marketing

Berikut ini ada beberapa taktik atau strategi khusus untuk menggunakan konsep guerrilla marketing pada bisnis Anda.

1. Mendapatkan sebuah komunitas

Untuk menjalankan konsep pemasaran ini, Anda membutuhkan sebuah komunitas yang sesuai dengan produk atau jasa yang akan Anda tawarkan.

Anda dapat mencari atau membangun komunitas dengan bantuan media sosial. Kemudian pahami dan pelajari apa yang komunitas tersebut sukai.

2. Berpikir outside the box

Pakar marketing, Nathan Dube menjelaskan bahwa guerilla marketing merupakan sebuah kombinasi dari musik, misteri, seni, kultur, humor dan dinamika sosial yang berfungsi sebagai promosi penjualan tetapi tidak terlihat seperti promosi penjualan.

Guerilla marketing juga memiliki taktik yang fleksibel dan selalu mengalami perubahan. Sebagai contoh, jika Anda tinggal di Romania dan Twitter sedang tidak dapat diakses, maka Anda bisa mendapatkan menu KFC secara gratis.

Contoh lainnya adalah adanya Tweetup yang merupakan pertemuan sebuah komunitas Twitter di dunia nyata. Untuk menyelaraskan pertemuan dengan filosofi Guerrilla marketing, maka Anda harus merencanakan sesuatu yang spesial dan menarik.

3. Melakukan flash mob

Flash mob merupakan salah satu bentuk teater jalan yang dilakukan secara mendadak, yang biasanya ditampilkan dengan menarik dan lucu.

Tentu saja, Anda harus menyiapkan dokumentasi sehingga video flash mob ini bisa diposting di youtube dan jejaring sosial lainnya. Semakin menarik sebuah flash mob, maka akan semakin mudah menyebar (viral) di sosial media.

4. Membuat proses transaksi secara lebih mudah

Ternyata sebagian orang memang tidak suka melalui proses transaksi yang repot untuk membeli sesuatu. S

ehingga adanya konsep pemasaran guerrilla dapat diterapkan agar dapat membuat bagian yang repot dan sulit tersebut menjadi sedikit lebih mudah.

5. Siap untuk menangani keluhan dan kritik

Setelah Anda menampilkan bisnis Anda kepada publik melalui media sosial, berarti Anda harus siap untuk menangani keluhan dan kritik. Facebook, twitter dan sejenisnya merupakan tempat umum di internet dimana setiap pengguna memiliki kebebasan untuk menyampaikan pendapat mereka.

Mulai dari feedback positif, sanjungan terhadap layanan Anda, hingga kritik pedas dan keluhan bisa saja Anda dapatkan. Banyak kasus mengenai komplain palsu yang biasanya dilakukan oleh kompetitor bisnis.

Oleh karena itu, Anda harus siap untuk mendiskusikan setiap masalah keluhan melalui pesan pribadi, agar penyampaian penjelasan bisa bersifat lebih pribadi.

Setelah Anda menemukan solusi yang memuaskan, maka posting hasilnya pada sosial media.

Selain itu, bersiaplah untuk melakukan blokir terhadap pihak yang dengan sengaja ingin merusak reputasi bisnis Anda di dunia maya.

Baca juga: 6 Ide Strategi Marketing FOMO yang Bisa Anda Coba!

6. Selalu update terhadap perubahan dan hal baru

Media sosial akan selalu berubah secara terus menerus. Sehingga Anda diharuskan untuk memperhatikan tren, dan bisa memprediksi masa depan. Jangan sampai ketinggalan untuk selalu mengikuti perkembangan guerrilla marketing.

Mulai dari taktik  dan strategi untuk mendekatkan hubungan Anda dengan follower di media sosial. Perhatikan selera pasar, pikirkan ide Anda, serta buatlah rencana strategi.

Setelah semuanya matang, kemudian lakukan implementasi dan lihat hasilnya.

Contoh Kampanye Menggunakan Konsep Guerilla Marketing

Guerilla marketing merupakan sebuah strategi pemasaran dengan menggunakan ide yang kreatif untuk menimbulkan dampak yang besar dengan biaya pemasaran yang rendah.

Strategi ini tentu saja banyak digunakan oleh para pebisnis-pebisnis atau usaha dengan skala yang kecil agar mereka dapat bersaing dalam kompetisi dengan perusahaan-perusahaan yang besar.

Berikut ini merupakan contoh-contoh kampanye yang menggunakan konsep guerilla marketing yang unik.

1. UNICEF Finland, “Be a mom for a moment”

UNICEF Finland ingin menyebarluaskan kesadaran tentang hak asasi anak-anak. Mereka menempatkan beberapa keranjang bayi di tempat-tempat yang sering dilewati oleh orang-orang.

Dan memainkan audio bayi menangis dari dalam keranjang bayi tersebut. Orang-orang yang lewat akan mengecek isi keranjang bayi tersebut.

Kemudian mereka akan menemukan note di dalamnya yang tertulis “Terima kasih sudah peduli. Kami berharap ada banyak orang yang peduli seperti Anda. UNICEF-Be a mom for a moment’”.

Baca juga: Affiliate Marketing dan Tips Menjalankannya Dalam Bisnis

2. Kampanye Film IT tahun 2017

Film remake ini telah melaksanakan kampanye guerrilla mereka dengan cara mengikatkan balon-balon merah di atas saluran air untuk menarik perhatian para pejalan kaki.

Maksud dari balon merah yang diikatkan di atas saluran-saluran air tersebut adalah untuk mengingatkan orang-orang tentang adegan menyeramkan dari film IT tahun 1990.

Dimana seorang tokoh bernama Georgie diserang oleh badut Pennywise dan ditarik ke bawah saluran air. Di dekat display balon merah tersebut diletakkan tulisan “IT lebih dekat dari yang kamu kira, #ITMOVIE akan tayang 7 September”.

Baca juga: Instagram Marketing: Pahami Langkah-langkahnya!

3. Tengkorak naga raksasa di pinggir pantai untuk promosi Game of Thrones

Untuk mempromosikan season ketiga serial TV Game Of Thrones, BlinkBox telah membangun sebuah patung tengkorak naga raksasa di pinggir pantai di Dorset, Inggris, untuk menyebarkan awareness tentang serial TV ini.

4. Kereta Api Indonesia

Kereta Api Indonesia juga telah membuat kampanye guerrilla untuk menyebarkan kesadaran tentang bahaya melintasi gerbang pembatas rel kereta.

Dengan mengubah gerbang pembatas menjadi bentuk pisau dengan tulisan “Jangan Nekat Kalau Mau Selamat”, banyak pengendara yang akhirnya tidak melintasi gerbang pembatas rel.

Mereka lebih memilih untuk menunggu kereta lewat dengan sabar.

Melakukan promosi berupa iklan yang kreatif sebenarnya cukup sederhana. Guerrilla marketing dapat dikatakan berhasil apabila iklan yang dibuat tidak hanya sekedar mengesankan, tetapi juga dapat di share ke berbagai media sosial.

Kelebihan dari konsep pemasaran ini adalah tidak ada batasan baku yang harus dipenuhi. Tim kreatif dan public relation bisa saling berkolaborasi untuk membuat iklan yang menarik, menjual dan akan terus diingat dalam benak konsumen.

Strategi pemasaran yang tepat memang akan menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Hal penting lainnya yang ikut menjadi faktor penentu adalah pengelolaan bisnis secara baik dan benar.

Mengelola keuangan bisnis harus dilakukan dengan teliti dan lengkap. Gunakan software akuntansi terbaik sehingga Anda dapat menjalankan bisnis secara lebih mudah dan nyaman.

Software aplikasi jurnal hadir untuk menunjang kesuksesan para pebisnis di Indonesia. Dapatkan info lengkapnya disini. Atau daftar sekarang untuk mencoba 14 hari gratis.

Dan lihatlah bagaimana fitur-fitur Jurnal akan memberikan keuntungan dan kemudahan pada bisnis Anda.

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Bisnis Lebih Akurat dengan Mekari Jurnal!

Monitor finansial bisnis dan dapatkan insight berharga lewat mekari jurnal!

Konsultasi Gratis

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
WhatsApp Hubungi Kami