Mekari Jurnal
Daftar Isi
5 min read

Perbedaan Sales dan Marketing yang Perlu Diketahui Pengusaha

Tayang 18 Nov 2019
Diperbarui 12 Oktober 2023

Masih bingung apa sebenarnya perbedaan sales dan marketing adalah di mana? Simak artikel dari Blog Jurnal by Mekari ini!

Dalam sebuah perusahaan tentu memiliki departemen, bagian, atau divisi yang memiliki tugas masing-masing, misalnya saja customer service, sales, marketing, programer, dan masih banyak lagi.

Bagian atau divisi yang sering menjadi perdebatan adalah sales dan marketing. Banyak orang mengira bahwa sales dan marketing adalah bagian yang sama karena fungsi dan tugasnya dianggap sama.

Tidak hanya dari sisi pekerja saja, beberapa perusahaan juga terkadang mencampuradukkan fungsi dari kedua bagian pekerjaan ini.

Pastikan Anda Sudah Pakai Aplikasi Jurnal! Software Akuntansi Online Terpercaya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Perbedaan Sales dan Marketing

Walaupun marketing dan sales merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai revenue, tapi keduanya jelas-jelas berbeda.

Apa perbedaan sales dan marketing? Apakah sales dan marketing adalah hal yang sama? Untuk beberapa orang yang belum memahami kedua bidang tersebut mungkin akan menganggap sama.

Umumnya masyarakat melihat sales dan marketing sama yakni menjual produk. Sales dan marketing memang bagian dari strategi perusahaan untuk mencapai target.

Namun, fokus kegiatan antara kedua perkerjaan ini merupakan hal yang berbeda. Agar lebih memahami berikut merupakan perbedaan sales dan marketing:

Pengertian Sales dan Marketing

Agar lebih mudah memahaminya, poin pertama yang dibahas yakni tentang pengertiannya.

Sales didefinisikan sebagai bagian dari suatu perusahaan yang kegiatannya menjual, memastikan produk yang terlihat ataupun yang tidak terlihat laku dengan harga yang sesuai dengan perencanaan awal yang sudah ditetapkan tetapi juga dengan persetujuan dan kesepakatan konsumen.

Sementara marketing adalah keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis seperti merencanakan produk, menetapkan harga, mempromosikan produk dan mendistribusikan barang dengan tujuan untuk memuaskan konsumen.

Secara singkat, sales ini merupakan penjualan dan marketing merupakan strategi untuk meningkatkan penjualannya.

Inilah aplikasi accounting yang dapat membantu pengusaha mengelola bisnis

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Proses kerja 

Proses kerja Sales dan Marketing

Selanjutnya, Anda akan membedakan sales dan marketing dari sisi proses kerjanya.

Merujuk pada pengertian sales yang merupakan penjualan, maka proses kerja sales yaitu langsung menghadapi konsumen.

Namun, selain secara langsung, sales atau penjualan juga bisa dilakukan dengan melalui media, seperti telepon, media sosial atau apapun.

Pada dasarnya kegiatan sales ini yakni aktivitas langsung atau interaksi langsung, asal kedua belah pihak menyetujui maka tidak menjadi masalah.

Agar tim sales dapat melakukan tugasnya dengan baik maka dibutuhkan tim marketing untuk melakukan analisis pasar atau mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Sehingga marketing ini merupakan kegiatan dibelakang sales. Mereka yang memikirkan cara promosi, pangsa pasar, identifikasi kelebihan dan kekurangan produk, dan sebagainya.

Dengan kata lain, perbedaan sales dan marketing ini adalah bertugas menyiapkan konsep, alat, strategi untuk membuat konsumen tertarik dan sales bertugas melayani para konsumen agar produk laku terjual.

Baca juga: Pentingnya Business Development & Marketing dalam Bisnis

Prioritas & Fungsi

Dalam prioritas kerja, perbedaan sales dan marketing dapat dilihat dari target kegiatan.

Prioritas marketing yaitu mendapatkan konsumen, menjangkau konsumen dan membangun hubungan yang baik sehingga mereka setia.

Jika konsumen atau pelanggan Anda banyak maka pendapatan perusahaan juga akan meningkat.

Adapun fungsi dari sales adalah melayani konsumen dan membantu mereka mendapatkan produk yang dicari.

Dari prioritas dan fungsi keduanya  dapat disimpulkan bahwa sebenarnya keduanya merupakan dua kegiatan yang saling berkaitan dan bersinergi.

Proses Akuntansi Otomatis Minim Risiko Human Error dengan Jurnal. Pelajari selengkapnya!

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Ruang Lingkup Kerja

Ruang Lingkup Kerja Sales dan Marketing

Sales dan marketing juga dapat dibedakan dari sisi ruang lingkup kerjanya. Sales atau penjualan jangka waktu kerjanya pendek (short term).

Ya, lihat saja jika Anda melakukan transaksi jual beli, hanya sebatas itu saja kan? Setelah proses transaksi selesai, tim sales sudah tidak bertanggung jawab lagi dengan konsumen.

Sementara marketing jangka waktu kerjanya lebih lama (long term). Hal ini karena marketing harus menjaga hubungan yang baik dengan para konsumen ataupun vendor.

Sehingga setelah kegiatan marketing dilakukan, tim masih bertanggung jawab menjaga hubungan agar loyalitas pelanggan tidak hilang.

Bahkan sebenarnya, tim marketing harus menjadi hubungannya dengan konsumen sejak sebelum transaksi terjadi.

Adapun lingkup pekerjaan marketing seperti customer satisfaction, market research, dan public relations.

Tujuan

Perbedaan selanjutnya yang sangat terlihat mengenai tujuannya. Dalam marketing atau pemasaran, tim wajib menjaga brand image produk atau perusahaan.

Sehingga keputusan konsumen untuk membeli produk karena mengetahui kualitas atau brand produk tersebut.

Sedangkan, dalam bidang sales atau penjualan menjaga brand bukanlah hal yang penting.

Tujuan sales adalah produk perusahaan laku terjual dan target penjualan yang telah ditetapkan terpenuhi.

Itulah perbedaan sales dan marketing. Perusahaan tidak akan berhasil jika hanya mengandalkan sales, karena sales tidak akan tercipta tanpa adanya marketing yang baik.

Karenanya agar perusahaan terus berkembang dibutuhkan perencanaan dan pengelolaan yang benar, baik terkait produksi, marketing, sales, keuangan dan sebagainya.

Untuk membantu Anda mengelola keuangan, Anda dapat menggunakan bantuan software akuntansi.

Baca juga: 24 Tools Digital untuk Bisnis Lebih Modern dan Berkembang

Jurnal adalah salah satu software akuntansi online yang mudah dan dapat membantu Anda mengelola keuangan dan melakukan proses akuntansi.

Jurnal menyediakan berbagai macam fitur untuk melakukan pengelolaan keuangan seperti menginput penjualan, pembelian, mencetak faktur, mencatatkan akuntansi perusahaan dagang, pencatatan persediaan, online invoice dan laporan keuangan secara mudah, cepat, aman dan terotomatis.

Selain itu, Jurnal juga dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Menarik bukan? Nikmati juga kesempatan free trial selama 14 hari. Informasi lengkapnya, silahkan klik di sini.

Saya Mau Coba Gratis Jurnal Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Jurnal Sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal