Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, membangun bisnis adalah hal yang mudah dilakukan oleh siapa pun. Jika di zaman dulu hanya orang yang memiliki modal yang bisa menjalankan bisnis, kini siapapun bisa menjalankan bisnis meski tanpa modal. Perkembangan teknologi lah yang bisa membuat semua orang bisa dengan mudah memulai bisnis. Hanya dengan bermodalkan waktu untuk mem-posting barang jualannya melalui e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan sebagainya, semua orang bisa memulai usaha dengan lebih mudah.

Bukan hanya akses yang semakin mudah, menjalankan bisnis juga semakin mudah dengan dukungan teknologi yang membantu dalam permasalahan bisnis, mulai dari pencatatan penjualan dengan mesin kasir seperti Moka dan Pawoon atau dengan bantuan software keuangan seperti Jurnal.

Fakta di atas juga didukung karena perkembangan pengguna Internet di Indonesia. Hootsuite menemukan bahwa pengguna internet di Indonesia di Tahun 2019 berjumlah 56% dari total populasi Indonesia. Angka ini mengalami pertumbuhan hingga 13% dari angka yang didapatkan di Januari 2018. Data tersebut menjelaskan bahwa penetrasi pasar sudah sangat signifikan berada pada dunia digital dan akan selalu berkembang di setiap tahunnya.

Kota Besar dengan Kemajuan Teknologi Bisnis

Di bawah ini adalah beberapa kota besar yang telah memanfaatkan teknologi untuk kemajuan bisnis mereka.

1. Jakarta

Jakarta merupakan Ibu Kota sekaligus pusat perekonomian Indonesia. Hal tersebut menjadikan Jakarta memiliki daya saing lebih dibandingkan dengan kota-kota Indonesia lainnya. Banyaknya perusahaan asing yang berlokasi di Jakarta membuat perusahaan-perusahaan dalam negeri menjadi lebih cepat mengadopsi teknologi yang dibawa oleh perusahaan luar, guna bersaing pada pasar yang kompleks. Kawasan di Jakarta yang merupakan pusat dari bisnis adalah daerah Sudirman, SCBD, dan TB Simatupang. 

2. Bandung

Bandung yang dikenal dengan kota bunga ternyata menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak pebisnis pada bidang industri kreatif. Banyaknya pebisnis ini menjadi salah satu pendongkrak perekonomian di Jawa Barat. Bisnis-bisnis Bandung didominasi dengan bisnis konveksi, wisata, makanan dan kesenian. 

3. Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar ke-2 di Indonesia dengan populasi berjumlah 3 juta penduduk. Surabaya termasuk sebagai kota metropolitan dan merupakan Ibu Kota dari provinsi Jawa Timur. Sebagai kota metropolitan, Surabaya kaya dengan keragaman etnis dan pusat perekonomian. Pertumbuhan perekonomian di Surabaya didominasi oleh pertumbuhan baru dari industri asing. 

4. Medan

Kota Medan merupakan pintu gerbang Indonesia di bagian Barat. Medan merupakan salah satu di antara kota metropolitan di Indonesia yang memiliki banyak pebisnis-pebisnis sukses seperti Anif Shah. Sebagai ibu kota dari Sumatera Utara, kota Medan didominasi oleh bisnis perkebunan seperti kelapa sawit, karet, dan sumber daya alam lainnya. 

Mekari Hadir di 4 Kota Besar Indonesia

Mekari percaya bahwa bisnis dan UKM Indonesia memiliki potensi besar untuk terus berkembang dan maju. Dengan berkembangnya UKM, perekonomian Indonesia juga turut berkembang. Karena latar belakang inilah Mekari hadir dan terus membantu UKM Indonesia dan berkeinginan melipatgandakan pertumbuhan bisnis melalui pemanfaatan teknologi digital dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dan keuangan (finansial) dan perpajakan (tax).

Mekari bersama Jurnal hadir di beberapa kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Bagi para pebisnis di kota Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Medan, kini saatnya beralih ke teknologi untuk mempermudah bisnis Anda. Konsultasikan kebutuhan pengelolaan keuangan bisnis Anda pada tim kami yang berada pada booth Mekari dan Jurnal di lokasi:

Jakarta

  • Pondok Indah Mall 1 mulai tanggal 11 November – 8 Desember 2019.
  • Mall Kelapa Gading 3 mulai tanggal 9 Desember – 22 Desember 2019.

Bandung

  • Trans Studio Mall mulai tanggal 11 November – 8 Desember 2019 dan
  • Mall Paskal mulai tanggal 9 Desember – 29 Desember 2019. 

Surabaya

  • Galaxy Mall 1 mulai tanggal 11 November  – 24 November 2019
  • Tunjungan Plaza 3 mulai tanggal 11 November – 15 Desember 2019

Medan

  • Plaza Medan Fair mulai tanggal 18 November – 8 Desember 2019
  • Sun Plaza Medan mulai tanggal 1 Desember 15 Desember

Promo Khusus Hanya di Booth Mekari

Mekari juga akan memberikan berbagai macam promo dan kegiatan seru yang bisa Anda ikuti, mulai dari promo hingga 35%. Anda juga dapat mencoba pengalaman menggunakan Jurnal secara langsung dengan permainan Jurnal Xperience.

Detail promo:

Potongan hingga 35% (berlaku di kota Medan, Surabaya, dan Bandung), dan 30% untuk di kota Jakarta.

Ayo kunjungi booth Mekari terdekat dan dapatkan konsultasi bisnis, juga pengalaman mengelola bisnis lebih baik lagi bersama Jurnal.

Author