8 Hal yang Harus Dilakukan dalam Menjalankan Strategi Pemasaran Online

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan bahwa, hanya sekitar 8% atau sekitar 3,79 juta pelaku UKM yang sudah melakukan strategi pemasaran online. Sedangkan total UKM di Indonesia tahun 2017 adalah sekitar 59,2 juta. Artinya, masih banyak pelaku UKM yang belum melakukan strategi pemasaran online.

 

Menurut hasil survey, berjualan lewat online bisa memberikan pendapatan 80% lebih tinggi dibanding berjualan lewat offline. Untuk masalah jangkauan, media online pastinya akan lebih luas. Konsumen  bisa menemukan produk yang Anda miliki di mana saja asalkan terhubung dengan jaringan Internet. Sebelum Anda melakukan pemasaran secara online, ada baiknya Anda mengetahui 8 hal yang harus Anda lakukan untuk melakukan pemasaran online.

 

Social Media

Dari tahun ke tahun pengguna social media semakin bertambah. Hal ini membuat social media menjadi salah satu media pemasaran yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk yang Anda miliki melalui social media. Anda hanya perlu membuat akun social media, bisa Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya. Kemudian isi dengan konten yang menarik dan konsisten mem-posting hal-hal menarik yang diselingi promosi terhadap produk yang Anda miliki. Misalnya, Anda menjual usaha kuliner, Anda bisa membuat mem-posting makanan yang yang Anda jual semenarik mungkin dan menjelaskan mengenai produk tersebut dengan menambahkan caption menarik didalamnya.

 

Buat Website

Walaupun sekarang ini banyak social media dan forum-forum online yang bisa digunakan untuk melakukan promosi, website tetap menjadi media pemasaran online yang baik untuk jangka panjang. Dengan memiliki website, pelanggan bisa lebih percaya terhadap usaha Anda. Mereka akan coba mencari informasi mengenai usaha Anda melalui pencarian Google, dan jika usaha Anda tidak ditemukan didalamnya, pelanggan bisa saja berpikir usaha Anda tidak bagus. Jika telah memiliki website, Anda juga harus menerapkan teknik SEO dengan baik. Hal ini memudahkan pelanggan menemukan Anda melalui mesin pencarian Google.

 

Email Marketing

Email marketing menjadi sarana pemasaran yang efektif dan tertarget. Dengan menggunakan email marketing ini, selaku pemilik UKM Anda bisa mengirimkan info tentang produk baru, promo-promo menarik, dan beberapa info penting lainnya. Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, Anda juga bisa lebih mendekatkan diri kepada konsumen maupun calon konsumen, sehingga hubungan keduanya bisa terjalin dengan baik. Hal ini tentu juga bisa berdampak pada tingkat keloyalan pelanggan atau konsumen Anda.

 

Review & Testimoni Pelanggan

Review dan testimoni dari pelanggan terbukti efektif meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk. Apalagi bagi para calon konsumen yang masih memiliki keraguan tentang produk yang akan dibeli apakah bagus atau tidak. Agar nilai review dan testimoni selalu baik, Anda harus memberikan pelayanan terbaik dan produk dengan kualitas yang baik sehingga konsumen merasa puas dengan produk yang dibelinya.

 

Buka Program Reseller

Sistem reseller tidak perlu diragukan lagi dalam pemasaran online saat ini. Dengan pemasaran sistem reseller, produk yang Anda miliki akan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dan biaya yang lebih murah. Namun, perlu diperhatikan agar tidak terjadi perang harga antar reseller, Anda perlu menerapkan harga minimal setiap produk yang terjual lewat reseller. Selain itu pemberian bonus kepada reseller terbaik akan meningkatkan kesemangatan reseller untuk memasarkan produk.

 

Ulasan Blogger

Ulasan dari blogger ternama tidak hanya menarik pembaca dari blog mengenai bisnis yang sedang Anda promosikan, melainkan ulasan blogger ini juga berpengaruh untuk menambah rangking dari website yang Anda miliki dan menambah traffic pengunjung baru ke website Anda. Sebelum memilih blogger untuk mengulas produk, lebih baik Anda mengecek terlebih dahulu kualitas dari blog tersebut, jika dirasa bagus Anda bisa menghubunginya untuk diajak kerja sama.

 

Gunakan Situs Penyedia Iklan

Dengan menggunakan situs penyedia iklan untuk media promosi, maka otomatis Anda harus menyiapkan budget lebih untuk biaya iklan. Anda bisa menggunakan Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, dan jasa iklan lainnya. Dengan menggunakan iklan untuk mempromosikan usaha adalah melakukan targeting sesuai dengan produk yang Anda jual, sehingga biaya yang keluar akan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

 

Daftar di Marketplace

Banyak marketplace di Indonesia ini yang bisa Anda coba. Apalagi kebanyakan marketplace yang ada di Indonesia memiliki biaya yang murah bahkan gratis. Anda hanya perlu fokus kepada produk yang dijual, dan masalah optimasi produk dan promosi akan dilakukan oleh pihak marketplace sehingga Anda tidak perlu repot mengurusinya.

 

Strategi pemasaran online untuk produk UKM sangatlah penting dan masih terbuka lebar. Sebelum memutuskan membuat strategi pemasaran online, Anda bisa mulai dengan melakukan pengecekan keuangan usaha Anda. Dengan melihat laporan keuangan usaha, Anda bisa lebih mudah menentukan strategi pemasaran apa yang bisa Anda lakukan. Jurnal adalah software akuntansi online yang siap membantu Anda dalam mengurus laporan keuangan hingga mengelola bisnis lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman. Daftar sekarang juga dan dapatkan free trial 14 hari untuk pengguna baru, untuk info selanjutnya silakan Anda klik di sini.


PUBLISHED12 Mar 2018
Eril Obeit Choiri
Eril Obeit Choiri

SHARE THIS ARTICLE: