Mekari Jurnal
Daftar Isi
6 min read

8 Tips and Trick Menjalankan Strategi Pemasaran Online yang Efektif

Tayang 17 Apr 2024

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) menyebutkan bahwa, hanya sekitar 8% atau sekitar 3,79 juta pelaku UKM yang sudah melakukan strategi pemasaran.

Namun, setelah pandemi COVID melanda Indonesia, pada tahun 2023 ini melonjak tajam hingga mencapai angka 27 juta yang sudah masuk ke ekosistem digital.

Menurut hasil survey, berjualan lewat online bisa memberikan pendapatan 80% lebih tinggi dibanding berjualan lewat offline. Untuk masalah jangkauan, media online pastinya akan lebih luas.

Meskipun begitu, masih banyak pengusaha bisnis khususnya yang baru merintis, kecil dan menengah yang masih kesulitan dalam menerapkan strategi pemasaran online ini.

Ini terlihat berdasarkan hasil survey oleh MSME Empowerment Report pada tahun 2022, di mana menunjukkan bahwa 70% UMKM yang masih kesulitan dalam memasarkan produknya.

Padahal, calon konsumen bisa menemukan produk yang Anda miliki secara lebih mudah melalui jaringan Internet. Oleh karena itu, agar tingkat penjualan produk Anda semakin meningkat di era digitalisasi saat ini, berikut delapan strategi pemasaran online yang sedang tren dan bisa Anda terapkan dalam usaha Anda dengan mudah!

1. Pemasaran Media Sosial

Dari tahun ke tahun pengguna media sosial semakin bertambah. Hal ini membuat media pemasaran lewat media sosial menjadi salah satu yang sangat efektif untuk memperkenalkan produk yang Anda miliki melalui media sosial. Anda hanya perlu membuat akun media sosial, bisa Facebook, Instagram, X (Twitter), dan lain sebagainya.

Bahkan, saat ini juga penggunaan LinkedIn mulai masif digunakan untuk mengenalkan merek dagang Anda secara lebih profesional, sehingga pelanggan akan lebih percaya dan mulai mengeksplorasi produk Anda pada channel streams toko online Anda.

“70% (dari 1.003 responden) UMKM memiliki fokus dan investasi dalam social media ads pada tahun 2022. Platform Facebook masih menjadi yang paling favorit di antara media sosial lainnya.”

Visual Objects 2022 Small Business Advertising Report 

Kemudian isi dengan konten yang menarik dan konsisten mem-posting hal-hal menarik yang diselingi promosi terhadap produk yang Anda miliki.

Misalnya, Anda menjual usaha kuliner, Anda bisa membuat mem-posting makanan yang yang Anda jual semenarik mungkin dan menjelaskan mengenai produk tersebut dengan menambahkan caption menarik didalamnya.

2. Membuat Website Perusahaan

Walaupun sekarang ini banyak media sosial dan forum-forum online yang bisa digunakan untuk melakukan promosi, website tetap menjadi media pemasaran online yang baik untuk jangka panjang.

Dengan memiliki website, pelanggan bisa lebih percaya terhadap usaha Anda.

Mereka akan coba mencari informasi mengenai usaha Anda melalui pencarian Google, dan jika usaha Anda tidak ditemukan didalamnya, pelanggan bisa saja berpikir usaha Anda tidak bagus.

Jika telah memiliki website, Anda juga harus menerapkan teknik SEO dengan baik. Hal ini memudahkan pelanggan menemukan Anda melalui mesin pencarian Google.

“70-80% orang akan meneliti dan mencari tahu terlebih dahulu mengenai informasi bisnis kecil sebelum mengunjunginya atau melakukan pembelian.”

Gitnux Marketdata Report 2024

3. Email Marketing

Email marketing menjadi sarana pemasaran yang efektif dan tertarget. Dengan menggunakan email marketing ini, selaku pemilik UKM Anda bisa mengirimkan info tentang produk baru, promo-promo menarik, dan beberapa info penting lainnya.

Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, Anda juga bisa lebih mendekatkan diri kepada konsumen maupun calon konsumen, sehingga hubungan keduanya bisa terjalin dengan baik.

Hal ini tentu juga bisa berdampak pada tingkat keloyalan pelanggan atau konsumen Anda. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai implementasi strategi ini dengan lebih efektif, simak artikel berikut, ya! Panduan Strategi Email Marketing Efektif Untuk Kembangan Bisnis!

4. Mendapatkan Testimoni dan Review yang Positif

Review dan testimoni dari pelanggan terbukti efektif meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap sebuah produk.

Oleh karena itu, langkah ini cukup efektif sebagai strategi pemasaran online dalam jangka panjang. Apalagi bagi para calon konsumen yang masih memiliki keraguan tentang produk yang akan dibeli apakah bagus atau tidak.

Agar nilai review dan testimoni selalu baik, Anda harus memberikan pelayanan terbaik dan produk dengan kualitas yang baik sehingga konsumen merasa puas dengan produk yang dibelinya.

“85% responden mengemukakan bahwa mereka akan lebih cenderung membeli produk dengan adanya ulasan dari produk dengan jumlah antara 50 dan 500.”

The 2022 Reviews Consumer Survey by Yotpo

5. Buka Program Reseller

Sistem reseller tidak perlu diragukan lagi dalam pemasaran online saat ini. Dengan pemasaran sistem reseller, produk yang Anda miliki akan memiliki jangkauan pasar yang lebih luas dan biaya yang lebih murah.

Namun, perlu diperhatikan agar tidak terjadi perang harga antar reseller, Anda perlu menerapkan harga minimal setiap produk yang terjual lewat reseller.

Selain itu, pemberian bonus kepada reseller terbaik akan meningkatkan kesemangatan reseller untuk memasarkan produk.

6. Ulasan Blogger

Ulasan dari blogger ternama tidak hanya menarik pembaca dari blog mengenai bisnis yang sedang Anda promosikan, melainkan ulasan blogger ini juga berpengaruh untuk menambah rangking dari website yang Anda miliki dan menambah traffic pengunjung baru ke website Anda.

Sebelum memilih blogger untuk mengulas produk, lebih baik Anda mengecek terlebih dahulu kualitas dari blog tersebut, jika dirasa bagus Anda bisa menghubunginya untuk diajak kerja sama.

7. Gunakan Situs Penyedia Iklan

Dengan menggunakan situs penyedia iklan untuk media promosi, maka otomatis Anda harus menyiapkan budget lebih untuk biaya iklan.

Anda bisa menggunakan Google Adwords, Facebook Ads, Instagram Ads, dan jasa iklan lainnya. Walaupun membutuhkan pengeluaran lebih, strategi pemasaran online ini dikenal dapat menghasilkan banyak leads atas penjualan produk.

Dengan menggunakan iklan untuk mempromosikan usaha adalah melakukan targeting sesuai dengan produk yang Anda jual, sehingga biaya yang keluar akan sebanding dengan hasil yang didapatkan.

8. Daftar di Marketplace

Banyak marketplace di Indonesia ini yang bisa Anda coba. Apalagi kebanyakan marketplace yang ada di Indonesia memiliki biaya yang murah bahkan gratis.

Anda hanya perlu fokus kepada produk yang dijual, dan masalah optimasi produk dan promosi akan dilakukan oleh pihak marketplace sehingga Anda tidak perlu repot mengurusinya.

Kesimpulan

Strategi pemasaran online untuk produk UKM sangatlah penting dan masih terbuka lebar. Sebelum memutuskan membuat strategi pemasaran, Anda bisa mulai dengan melakukan pengecekan keuangan usaha Anda.

Dengan melihat laporan keuangan usaha, Anda bisa lebih mudah menentukan strategi pemasaran apa yang bisa Anda lakukan. Tentunya hal ini akan lebih mudah jika memanfaatkan aplikasi pembukuan usaha kecil yang akurat.

Miliki juga kontrol terhadap inventory anda dengan lebih mudah menggunakan aplikasi inventory berbasis online.

Mekari Jurnal adalah software akuntansi UKM yang siap membantu Anda dalam mengurus laporan keuangan hingga mengelola bisnis lebih mudah, cepat, aman, dan nyaman.

Daftar sekarang juga dan dapatkan free trial selama 7 hari untuk pengguna baru software akuntansi terbaik ini, untuk informasi lebih lengkap segera konsultasi secara gratis dengan tim ahli kami!

Konsultasi Gratis dengan Tim Mekari Jurnal Sekarang!

 

 

 

Referensi:

Kominfo, “Kemenkop UKM: 3,79 Juta UMKM Sudah Go Online”

DPR RI, “Puteri Komarudin Ajak Pelaku UMKM Masuk ke Ekosistem Digital”.

 

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal