Mekari Jurnal
Daftar Isi
3 min read

Pengelolaan Biaya Simple dengan Sebuah Sistem Akuntansi Online

Tayang 22 Apr 2016
Diperbarui 10 Oktober 2023

Ketika Anda menjalankan bisnis kecil, akan sangat sulit untuk berurusan dengan pajak, faktur, rekening dan segudang tugas akuntansi lainnya. Akuntansi adalah proses yang memakan waktu, tapi jangan biarkan hal itu menakutkan Anda.

Caranya adalah dengan memecah prosesnya menjadi bagian-bagian kecil untuk lebih mudah dikelola. Berikut adalah lima tips tentang cara untuk menyederhanakan akuntansi untuk usaha kecil:

1. Hitung keuntungan bulanan minimum dan catat keuntungan ideal bulanan Anda

Menyimpan catatan dari semua faktur dan pembayaran yang terjadi untuk mendapatkan informasi dari apa yang Anda kerjakan selama satu bulan.

Dan berapa yang usaha butuhkan untuk membuat aktivitas terus berjalan. Ini adalah langkah pertama untuk membuat hal itu terjadi.

Melacak catatan ini akan menunjukkan saat faktur dibayar, berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk membayar, dan apa kesulitan yang dialami saat mengumpulkan pembayaran dari pelanggan tertentu.

2. Pisahkan dan awasi keuangan pribadi dan bisnis

Kesalahan terbesar adalah mencampur pengelolaan keuangan bisnis dengan pribadi, yang membuatnya sulit untuk mengetahui keadaan sebenarnya dari keuangan bisnis.

Hindari menggunakan kartu kredit bisnis Anda untuk membayar pengeluaran pribadi.

Mempertahankan rekening bank terpisah untuk bisnis Anda dan keuangan pribadi akan menghemat waktu dalam jangka panjang dan membuatnya lebih mudah untuk melacak pengeluaran.

3. Menjaga catatan (pembukuan)

Sangat penting untuk selalu menjaga semua penerimaan, faktur, tagihan, laporan bank, dan lain sebagainya.

Jika Anda menuliskan angka untuk biaya kantor hari ini dan lupa untuk menjaga penerimaan Anda, beberapa bulan dari sekarang Anda tidak akan ingat dari mana pengeluaran itu datang.

Menjaga penerimaan dan dokumen keuangan secara terorganisir akan memudahkan dalam menemukan transaksi.

Dengan aplikasi Mekari Jurnal, Anda akan mendapatkan berbagai template dan contoh laporan pembukuan bulanan yang mudah digunakan oleh siap saja.

4. Membentuk rutinitas

Akuntansi mungkin menjadi tugas yang menakutkan bagi para profesional yang tidak memiliki pengetahuan mumpuni dalam hal akuntansi, tetapi sangatlah penting untuk tetap menjalankannya.

Lebih mudah untuk melakukan akuntansi Anda sekali setiap minggu daripada membiarkan hal-hal ini menjadi menumpuk.

Sisihkan waktu setiap minggu untuk melihat keuangan Anda, bahkan jika itu hanya 15 menit.

Mengetahui secara persis bagaimana bisnis Anda berjalan, memungkinkan Anda untuk membuat keputusan keuangan yang lebih tepat.

Saat waktu mengurus pajak tiba, Anda akan lebih terorganisir dan siap jika Anda telah menjadikannya sebuah rutinitas dan selalu diikuti.

5. Timbang manfaat antara mempekerjakan seseorang atau melakukannya secara mandiri

Mengurus akuntansi secara mandiri dalam beberapa kasus usaha kecil terdengar lumrah, tetapi seorang akuntan pun dapat membantu bisnisnya sehingga memungkinkan pemilik untuk lebih fokus pada pertumbuhan bisnis.

Dengan perangkat yang tepat, pengelolaan sistem akuntansi secara online dapat dibuat dengan mudah dan membantu Anda memotong biaya serta mendapatkan informasi keuangan lebih luas.

Setelah bisnis Anda tumbuh melewati suatu titik tertentu, Anda mungkin akan lebih mudah untuk menyewa akuntan.

Bookkeeper atau akuntan akan membantu Anda membangun sistem pembukuan, meminimalkan kewajiban pajak serta menghemat waktu dan uang.

Apakah pembukuan Anda dilakukan secara real-time? Akuntansi berbasis cloud mungkin mempermudah untuk memasukkan transaksi dan faktur setiap hari.

Dengan lebih fokus pada keuangan pebisnis setiap hari, mereka akan memiliki lebih banyak informasi ke dalam bisnis, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih akurat, dan memiliki semua transaksi yang terorganisir.

Kembangkan bisnis lebih cepat dan pembukuan dan proses akuntansi yang lebih efisien dan sederhana dengan aplikasi akuntansi terbaik dari sekarang!

Kategori : Business Management
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal
Kelola Keuangan Lebih Optimal, Dapatkan Penawaran Terbatas Ini
Jurnal software akuntansi terpercaya

 

Dapatkan free trial sekarang!

 

Ikuti akun media sosial resmi dari Mekari Jurnal