Jurnal Enterpreneur

Pengelolaan Biaya Simple dengan Akuntansi Software Online

Ketika Anda menjalankan bisnis kecil, akan sangat sulit untuk berurusan dengan pajak, faktur, rekening dan segudang tugas akuntansi lainnya. Akuntansi adalah proses yang memakan waktu, tapi jangan biarkan hal itu menakutkan Anda. Caranya adalah dengan memecah prosesnya menjadi bagian-bagian kecil untuk lebih mudah dikelola. Berikut adalah lima tips tentang cara untuk menyederhanakan akuntansi untuk usaha kecil:

  • Hitung keuntungan bulanan minimum dan catat keuntungan ideal bulanan Anda. Menyimpan catatan dari semua faktur dan pembayaran yang terjadi untuk mendapatkan informasi dari apa yang Anda kerjakan selama satu bulan. Dan berapa yang usaha butuhkan untuk membuat aktivitas terus berjalan. Ini adalah langkah pertama untuk membuat hal itu terjadi. Melacak catatan ini akan menunjukkan saat faktur dibayar, berapa lama waktu yang dibutuhkan pelanggan untuk membayar, dan apa kesulitan yang dialami saat mengumpulkan pembayaran dari pelanggan tertentu.
  • Pisahkan dan awasi keuangan pribadi dan bisnis. Kesalahan terbesar adalah mencampur pengelolaan keuangan bisnis dengan pribadi, yang membuatnya sulit untuk mengetahui keadaan sebenarnya dari keuangan bisnis. Hindari menggunakan kartu kredit bisnis Anda untuk membayar pengeluaran pribadi. Mempertahankan rekening bank terpisah untuk bisnis Anda dan keuangan pribadi akan menghemat waktu dalam jangka panjang dan membuatnya lebih mudah untuk melacak pengeluaran.
  • Menjaga catatan (pembukuan). Sangat penting untuk selalu menjaga semua penerimaan, faktur, tagihan, laporan bank, dan lain sebagainya. Jika Anda menuliskan angka untuk biaya kantor hari ini dan lupa untuk menjaga penerimaan Anda, beberapa bulan dari sekarang Anda tidak akan ingat dari mana pengeluaran itu datang. Menjaga penerimaan dan dokumen keuangan secara terorganisir akan memudahkan dalam menemukan transaksi.
  • Membentuk rutinitas. Akuntansi mungkin menjadi tugas yang menakutkan bagi para profesional yang tidak memiliki pengetahuan mumpuni dalam hal akuntansi, tetapi sangatlah penting untuk tetap menjalankannya. Lebih mudah untuk melakukan akuntansi Anda sekali setiap minggu daripada membiarkan hal-hal ini menjadi menumpuk. Sisihkan waktu setiap minggu untuk melihat keuangan Anda, bahkan jika itu hanya 15 menit. Mengetahui secara persis bagaimana bisnis Anda berjalan, memungkinkan Anda untuk membuat keputusan keuangan yang lebih tepat. Saat waktu mengurus pajak tiba, Anda akan lebih terorganisir dan siap jika Anda telah menjadikannya sebuah rutinitas dan selalu diikuti.
  • Timbang manfaat antara mempekerjakan seseorang atau melakukannya secara mandiri. Mengurus akuntansi secara mandiri dalam beberapa kasus usaha kecil terdengar lumrah, tetapi seorang akuntan pun dapat membantu bisnisnya sehingga memungkinkan pemilik untuk lebih fokus pada pertumbuhan bisnis.

Dengan perangkat yang tepat, pengelolaan akuntansi secara mandiri dapat dibuat dengan mudah dan membantu Anda memotong biaya serta mendapatkan informasi keuangan lebih luas. Setelah bisnis Anda tumbuh melewati suatu titik tertentu, Anda mungkin akan lebih mudah untuk menyewa akuntan. Bookkeeper atau akuntan akan membantu Anda membangun sistem pembukuan, meminimalkan kewajiban pajak serta menghemat waktu dan uang.

Apakah pembukuan Anda dilakukan secara real-time? Akuntansi berbasis cloud mungkin mempermudah untuk memasukkan transaksi dan faktur setiap hari. Dengan lebih fokus pada keuangan pebisnis setiap hari, mereka akan memiliki lebih banyak informasi ke dalam bisnis, memiliki kemampuan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih akurat, dan memiliki semua transaksi yang terorganisir. Kembangkan bisnis lebih cepat dengan pembukuan dan proses akuntansi yang lebih efisien dan sederhana dari sekarang!

Kategori : Produk

Kembangkan bisnis Anda dengan Jurnal sekarang

https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-invite-to-office.svg

Coba Gratis

Akses seluruh fitur Jurnal by Mekari selama 14 hari tanpa biaya apapun

Coba Gratis 14 hari
https://d39otahjdwbcpl.cloudfront.net/wp-content/uploads/2021/04/ic-demo-interaktif.svg

Jadwalkan Demo

Jadwalkan sesi demo dan konsultasikan kebutuhan Anda langsung dengan sales kami

Jadwalkan Demo