Salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan promosi, seperti mengiklankan produk bisnis melalui media konvensional maupun digital. Saat ini, promosi dapat dilakukan secara lebih mudah dengan adanya media sosial. Anda dapat memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk Anda, dengan iklan berbayar maupun iklan gratis.

Baca juga: Mengenal Istilah Field Marketing dalam Dunia Bisnis

Di era digital seperti saat ini, kegiatan pemasaran online sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Dengan media online berbasis internet, suatu barang atau jasa yang ditawarkan akan lebih cepat diketahui oleh masyarakat luas. Barang atau jasa yang ditawarkan dapat dilihat secara langsung oleh masyarakat luas dari perangkat PC, laptop atau bahkan dalam ponsel mereka di mana pun mereka berada melalui perangkat seluler.

Iklan yang dilakukan oleh para pebisnis untuk meningkatkan penjualan memiliki peran yang sangat besar. Fungsi dan peran dari iklan memang untuk membantu memperkenalkan produk yang akan dijual kepada konsumen. Semakin dikenal produk tersebut, maka biasanya kepercayaan masyarakat juga akan lebih meningkat. Fungsi lainnya dari iklan adalah untuk menarik minat para pembeli, membantu mengidentifikasikan produk, hingga untuk membangun rasa cinta pada produk itu sendiri. Iklan tidak selalu berbayar, Anda bisa mengiklankan produk atau jasa Anda secara gratis. Berikut penjelasannya:

1. Iklan Gratis

Iklan gratis merupakan iklan yang tidak membutuhkan biaya apa pun dalam pelaksanaannya. Jenis iklan ini sangat cocok bagi bisnis baru yang memiliki modal terbatas, sehingga tidak perlu mengeluarkan dana yang besar untuk melakukan promosi. Meskipun gratis, bila Anda melakukannya dengan tepat, iklan gratis bisa menjadi efektif.

2. Iklan Berbayar

Bagi perusahaan berkembang dengan anggaran promosi yang cukup, tidak ada salahnya menggunakan iklan berbayar. Tingkat efektifitasnya tentu saja akan lebih tinggi daripada iklan gratis. Karena dapat memapar audiens atau calon konsumen yang lebih luas dan atau tersegmentasi. Contoh dari iklan berbayar adalah iklan yang ditayangkan di TV, radio, surat kabar, dan reklame.

Mengukur Efektifitas Iklan

Salah satu kiat yang harus diterapkan dalam mengiklankan produk adalah mengukur efektifitas iklan. Lalu, bagaimana kita bisa menilai efektifitas iklan yang kita buat? Berikut ini ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu mengetahui tingkat efektifitas iklan:

  1. Mengajukan pertanyaan pada para konsumen mengenai beberapa hal, seperti dari mana ia bisa mengetahui produk, menanyakan bagian mana yang menarik dari iklan Anda, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih setiap kali berkomunikasi dengan para konsumen.
  2. Jangan lupa untuk mencatat atau mengumpulkan data mengenai komentar konsumen tentang iklan Anda.
  3. Buatlah kesimpulan dari data-data yang telah Anda kumpulkan, dari sana Anda akan mengetahui tingkat efektifitas iklan untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Mengiklankan Bisnis Secara Gratis

Pemanfaatan kemajuan teknologi internet untuk beriklan dinilai jauh lebih efisien untuk mengembangkan bisnis. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan iklan gratis:

  1. Memanfaatkan media sosial untuk beriklan, dimulai dari memperkenalkan bisnis, memberikan promosi seperti diskon akhir pekan, hingga memberikan penawaran yang menarik seperti beli 1 gratis 1.
  2. Memanfaatkan blog untuk membantu mengiklankan bisnis, dengan cara menjelaskan bisnis secara detail dan menarik.
  3. Mengaplikasikan SEO di website atau blog.
  4. Aktif di YouTube untuk beriklan secara kreatif dan menarik.
  5. Menyebarkan press release.
  6. Membangun WOM (word of mouth), dimulai dengan cara menawarkan promosi dari mulut ke mulut, membuat iklan gratis untuk masyarakat sekitar dan memanfaatkan penulis atau penerbit untuk mempromosikan iklan.
  7. Menyebarkan promosi lewat auto e-mail.

Baca juga: Peranan Sosial Media untuk Meningkatkan Profit Usaha

Demi membantu meningkatkan penjualan, pemilihan jenis iklan sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan perusahaan, apakah iklan gratis atau iklan berbayar. Pemilihan iklan akan sangat memudahkan para pelaku bisnis untuk menentukan media periklanan yang paling sesuai dengan kemampuan perusahaan. Untuk perusahaan baru yang belum memiliki banyak anggaran untuk iklan, maka iklan gratis adalah solusi yang tepat. Anda harus mampu mengukur keuangan bisnis Anda untuk memilih kegiatan promosi yang tepat.

Agar lebih mudah mengelola bisnis Anda agar terus berkembang, tidak ada salahnya mulai menggunakan bantuan software akuntansi online seperti Jurnal. Jurnal akan memberikan Anda berbagai kemudahan dan keuntungan untuk pengelolaan bisnis. Selain pencatatan keuangan bisnis Anda rapi dan sistematis, melalui Jurnal Anda dapat dengan mudah melihat laporan keuangan tanpa perlu menghitung keuangan secara manual. Sehingga pengambilan keputusan untuk kegiatan promosi pun dengan cepat terselesaikan.