Iklan merupakan salah satu sarana promosi terbaik yang sangat efektif digunakan untuk meningkatkan penjualan. Dari waktu ke waktu, teknologi untuk melakukan pengiklanan semakin canggih. Saat ini sudah ada konsep iklan advertorial yang menawarkan produk barang ataupun jasa secara halus. Sebenarnya konsep iklan ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu sebagai bentuk kreatif dari iklan pemasaran.

Namun kini jenis iklan advertorial semakin populer. Iklan dalam bentuk advertorial ini sudah semakin banyak digunakan oleh para pelaku usaha professional untuk memikat pasar dengan cara yang lebih halus. Bahkan, kini semakin banyak bermunculan penyedia jasa penulisan iklan advertorial untuk memenuhi kebutuhan di kalangan pelaku usaha. Kenali iklan advertorial secara lebih lengkap agar Anda semakin mudah dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat.

Ciri, Syarat, dan Jenis-jenis Iklan

Iklan Advertorial Sebagai Stategi Pemasaran Terbaik Sebelum membahas tentang jenis-jenis iklan, sebaiknya Anda mengetahui apa ciri-ciri dan syarat-syarat pembuatan iklan. Iklan memiliki beberapa ciri yang menonjol, diantaranya adalah pilihan kata yang digunakan sangat menarik, tepat, logis, dan sopan. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak ramai. Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan pilihan kata yang digunakan tepat menunjukan sasaran. Sementara syarat-syarat iklan, diantaranya adalah objektif dan jujur, jelas dan mudah dipahami, tidak menyinggung pihak lain, dan tentu saja harus menarik perhatian orang banyak.

Iklan dapat dibedakan berdasarkan beberapa hal, seperti iklan berdasarkan media yang digunakan, dan iklan berdasarkan tujuannya. Iklan berdasarkan media yang digunakan terdiri dari iklan cetak, dan iklan elektronik. Sementara iklan berdasarkan tujuannya, dapat dibedakan menjadi iklan komersial, iklan taktis, dan iklan strategis.

Iklan Advertorial

Kenali Iklan Advertorial Secara Lebih Lengkap Sebagai Stategi Pemasaran Terbaik

Iklan Advertorial merupakan bentuk periklanan yang disajikan dengan gaya bahasa jurnalistik. Advertorial ini berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris yaitu Advertising dan Editorial. Advertising merupakan penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa. Sementara editorial merupakan pernyataan tentang opini yang merupakan sikap resmi dari redaksi.

Tujuan utama dari iklan advertorial adalah untuk memperkenalkan serta mempromosikan suatu kegiatan, produk, atau jasa dari perusahaan kepada khalayak umum. Sedangkan fungsi utamanya adalah untuk pendamping, penerjemah, sekaligus penafsir iklan yang terdapat di media massa. Biasanya dalam membuat iklan advertorial, terdapat dua fokus promosi yang bisa dikembangkan, yaitu:

  1. Promosi aktivitas perusahaan, seperti aktivitas pengabdian masyarakat atau bahkan acara gathering yang digelar. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan intensitas perusahaan dalam menjalankan fungsi pengabdian masyarakat atau bahkan untuk menunjukkan seberapa banyak klien atau nasabah dari perusahaan tersebut.
  2. Promosi produk, seperti informasi mengenai khasiat tertentu dari kandungan produk, masalah yang sering muncul di masyarakat dan teratasi berkat produk tersebut, atau masih banyak lagi. Secara langsung, iklan ini menggiring pembaca untuk menganggap bahwa produk tersebut memang berkualitas, berkhasiat dan menjadi solusi terbaik.

Jenis dan Sifat-sifat Iklan Advertorial

Kenali Iklan Advertorial Secara Lebih Lengkap Sebagai Stategi Pemasaran Terbaik

Jenis iklan advertorial dibedakan berdasarkan materi pesan yang disampaikan dalam penulisannya, yaitu advertorial produk, advertorial jasa, advertorial korporat atau perusahaan, dan advertorial pemerintah. Advertorial produk, membahas mengenai produk apa saja yang ingin disajikan ke masyarakat. Advertorial jasa, menyajikan jasa yang ditawarkan pada khalayak umum. Sedangkan advertorial korporat atau perusahaan, dalam penulisannya membahas tentang keberadaan dan kegiatan suatu perusahaan atau instansi yang bersangkutan. Dan advertorial pemerintahan membahas mengenai aktivitas di bidang pemerintahan atau potensi suatu daerah. Sifat-sifat advertorial terdiri dari:

  1. Informatif, yaitu iklan memiliki sifat memberitahukan atau memperkenalkan produk, jasa, dan kegiatan yang ditawarkan. Advertorial informatif ini menggunakan gaya penulisan langsung atau straight news.
  2. Eksplanatif, yaitu bersifat menjelaskan dan menguraikan produk, jasa, dan kegiatan secara langsung.
  3. Interpretif, yaitu bersifat menginterpretasikan informasi atas produk, jasa, dan kegiatan yang dilakukan dengan memberikan sejumlah komentar atau keterangan.
  4. Persuasif, yaitu bersifat membujuk khalayak umum untuk mengikuti apa yang dikehendaki oleh penulis atau pembuat iklan.
  5. Influentif, yaitu bersifat mendorong adanya aksi dari khalayak umum dan mengarahkan timbulnya suatu tindakan.
  6. Memuji, yaitu bersifat memberikan pujian atas informasi yang diberikan agar khalayak umum menjadi mudah untuk tertarik.
  7. Argumentatif, yaitu bersifat membuktikan sesuatu dengan pemberian argumen dan uraian-uraian yang analitis.
  8. Eksploratif, yaitu bersifat mengungkapkan dan menjelaskan secara mendalam informasi yang diberikan pada khalayak umum.

Tips Membuat Konsep Iklan Advertorial

Kenali Iklan Advertorial Secara Lebih Lengkap Sebagai Stategi Pemasaran Terbaik

Berikut ini beberapa panduan dalam membuat konsep sebuah iklan advertorial yang dapat Anda coba.

  1. Biasanya berita atau artikel advertorial sengaja ditulis untuk menjadi informasi selingan dalam sebuah muatan blog, majalah, surat kabar, atau lainnya. Oleh karena itu, format advertorial harus ringan, tidak berkepanjangan dengan muatan bahasan yang tidak terlalu padat. Apabila tulisan yang disajikan terlalu padat dan berat, maka pesan utama dari advertorial tidak akan tersampaikan dengan baik. Dan pada akhirnya pembaca hanya akan dibuat bingung oleh materi tulisan.
  2. Iklan jenis ini harus dibuat atau ditulis dalam format layaknya sebuah berita atau artikel. Anda juga perlu menyampaikan informasi secara tulus untuk membuat pembaca mendapatkan informasi mengenai khasiat, manfaat dan informasi penting lainnya. Selain itu, advertorial juga harus disajikan dengan gaya penulisan yang membuat para pembaca tidak menyadari bahwa tulisan tersebut hanya iklan semata.
  3. Sebaiknya hindari penggunaan bahasa pemasaran secara langsung. Bahasa pemasaran langsung yang penuh bujukan frontal seperti “segera dapatkan” atau “beli sekarang juga” dan sejenisnya, bukan merupakan bahasa yang layak dalam sebuah advertorial. Yang perlu Anda lakukan adalah mencuri perhatian pembaca dengan judul yang membuat mereka berpikir bahwa artikel yang Anda buat akan sarat informasi dan dapat menggiring opini pembaca secara eksplisit untuk menyukai produk atau perusahaan bersangkutan dengan penutupan yang sedikit menggugah.

Kelebihan Iklan Advertorial Sebagai Strategi Pemasaran

Iklan Advertorial Sebagai Stategi Pemasaran Terbaik

  1. Lebih disukai karena terkesan tidak menggurui pembaca tentang suatu produk atau informasi penting lainnya.
  2. Dapat menimbulkan kesan yang lebih meyakinkan kepada pembaca karena iklan ditulis dengan memperhatikan kaidah jurnalistik. Sehingga cara yang digunakan untuk menggiring pembaca adalah dengan bahasa persuasif, seperti menjabarkan contoh pengalaman nyata atau fakta di lapangan.
  3. Iklan jenis ini memiliki potensi yang lebih besar dalam mencapai target penjualan.
  4. Biaya untuk pembuatan iklan jenis ini cenderung lebih murah dibanding dengan iklan display.

Jenis iklan advertorial menyajikan hal yang berbeda dalam beriklan karena dibuat dalam bentuk tulisan editorial atau artikel yang dimuat di media cetak, jurnal, atau website. Dengan penggunaan iklan seperti ini, pembaca akan lebih mudah dalam menerima informasi seperti layaknya membaca artikel, padahal  yang dibacanya adalah iklan terselubung. Pesan iklan yang disampaikan secara halus dan memang seringkali tidak disadari oleh pembaca.

Advertorial memang cukup menarik untuk Anda jadikan sebagai salah satu strategi pemasaran. Menyusun strategi pemasaran yang tepat memang sangat penting untuk menunjang kemajuan perusahaan Anda. Selain itu, pengelolaan keuangan yang baik juga harus Anda terapkan. Jurnal menyediakan layanan software akuntansi online yang aman dan andal. Kini Anda dapat memanfaatkannya untuk semakin menunjang kesuksesan perusahaan. Dengan bantuan Jurnal, proses pengelolaan keuangan perusahaan seperti pembukuan, pengadministrasian dan operasional perusahaan akan lebih mudah dan hemat waktu. Pelajari selengkapnya di sini!